10 Tempat Angker Yang ada di Surabaya



Kisah seram selalu menarik untuk ditelusuri asal usulanya dan diceritakan ke orang – orang sekitar. Berbagai legenda maupun kisah nyata yang berhubungan dengan hantu tentu saja menjadi daya tarik sendiri dalam kumpulan kisah – kisah horor yang ada. Salah satu sumber kisah – ksiah nyata yang biasa dijadikan cerita seram ataupun horror adalah kisa tempat – tempat angker yang tentunya berhantu.

Banyak orang biasanya setelah mendenganrkan kisah bagaimana angkernya suatu tempat, pasti ingin mmencoba tahu lebih banyak baik dengan cara mencari informasi di internet ataupun datang langsung ke lokasi untuk mendapatkan pembuktian yang lebih real. Tempat angker di sebuah daerah ataupun kota juga biasanya identik dengan legenda ataupun cerita – cerita urban legend yang mendampingi dari saksi bisu tersebut. Nah kali ini, kita akan menyajikan beberapa tempat di surabaya yang konon katanya angker dan banyak hantu yang bergentayangan dan berbagai kisah mistis juga menyeliputi dari tempat – tempat angker tersebut. Penasaran dimana saja tempat – tempat angker tersebut, berikut ini daftarnya :

1. Rumah Hantu Darmo

photo yukepo.com

Penah nonton film Malam Suro di Rumah Darmo? nah film hantu tersebut syuting di rumah yang satu ini. Konon katanya rumah yang satu ini dimiliki oleh sebuah keluarga Belanda yang amat kaya raya. Namun kekayaan yang mereka miliki tersebut didapat dari pesugihan ataupun ilmu hitam. Menurut masyarakat sekitar juga, keluarga ini juga ingkar janji dengan mahluk halus tersebut dan mereka kabur dengan kapal. Namun kapal yang mereka tumpangi akhirnya tenggelam bersama seluruh penumpang dan awak kapal didalmnya. Sejak saat itu rumah megah itu menjadi kosong dan tak berpenghuni. Karena dibiarkan kosong berlama-lama, rumah itu kini ditinggali banyak mahluk halus yang kerap kali mengganggu warga sekitar ataupun orang yang mencoba masuk ke dalamnya.

2. Jembatan Merah

photo via : foponsi.wordpress.com

Tempat angker selanjutnya di Surabaya adalah Jembatan merah yang merupakan sebuah tempat saksi bisu tewasnya Brigjen A. W. S. Mallaby di tangan arek-arek Surabaya. Dalam masa perjuangan tersebut, perwira muda dari kerajaan Inggris yang dikirim oleh pasukan sekutu tersebut dapat dikalahkan oleh para arek – arek suroboyo. Mengenai kenapa nama jembatan tersebut diberi nama jembatan merah, sebenarnya ada banyak versi mengenai hal tersebut. Ada yang mengatakan asal nama Jembatan Merah, karena dari awal memang warnanya memang merah, tapi ada juga cerita lainnya yang menyebutkan karena percikan darah para pejuang melawan pasukan penjajah. Nah jika dilihat dari cerita yang kedua ini lah muncul cerita horor didalmnya dimana setiap malam, di jembatan ini selalu tercium bau anyir darah dan juga bau bangkai yang amat menyengat hidung.

3. Tugu Pahlawan

photo via : wikipedia.org

Surabaya memang memiliki julukan sebaga sebuah kota pahlawan dan untuk mengenang hari pahlawan, di kota ini dibangun sebuah tugu pahlawan di jalan tembaan di depan kantor gubernur Surabaya. Tugu pahlawan yang dibangun disini dibangun untuk menghormati para prajurit Surabaya yang gugur dalam masa peperangan besar masa lalu. Meskipun Tugu pahlawan ini sebenarnya digunakan untuk menghormati jasa para pahlawan di Surabaya, siapa sangka jika tugu pahlawan yang ada di surabaya terkenal angker. Memang jika di siang hari tidak terlihat tanda – tanda adanya hantu di daerah tersebut. Namun begitu malam tiba, warga sekitar mengatakan banyak hantu yang berkeliaran mengganggu para warga. Dan yang laing sering diketahui mengganggu para warga sekitar adalah hantu pocong.

4. Delta Plaza Surabaya

photo via : yiyissyafrieahlimisteri.blogspot.com

Siapa yang menyangka jika salah satu Mall yang ada di jalan pemuda surabaya ini ternyata merupakan bekas rumah sakit simpangyang terdapat berbagai kisah misteri dan horor di dalamnya. Selain itu, saat tempat ini masih menjadi sebuah rumah sakit, ada cerita dimana seorang perawat yang meninggal dengan cara terjebit di tengah lift yang ada di rumah sakit ini. Mungkin kalian sudah pernah mendengan atau menonton film suster ngesot. Nah hantu yang sering muncul di tempat ini adalah hantu suster / perawat tersebut yang berbentuk gepeng diakrenakan terjepit lift tua. Karena penampakannya yang gepang, hantu ini sering dipanggil suster gepeng.

5. Penjara Kalisosok

photo via : pesonacagarbudayasurabaya.wordpress.com

Penjara yang satu ini merupakan penjara yang ada di Surabaya dan tempatnya masih ada di dekat wilayah dari jembatan merah. Penjara yang memiliki dinding dengan ketabalan 10cm ini siapa yang sangka ada kisah kelam dan menyeramkan yang terjadi di penjara ini. Tak heran jika penjara ini disebut sebagai penjara terangker di Indonesia. Penjara ini dibangun 1 September 1808 pada saat kepemimpinan Herman Willem Daendels. Saat itu tempat ini bukan hanya sekedar penjara untuk mengurung napi, tapi juga dijadikan sebagai tempat penyiksaan. Berjalannya waktu, penjara ini sudah tidak terawat, bahkan temboknya sudah berlumut dan usang yang membuatnya nampak angker. Kisah seram yang beredar hampir setiap malam sering terdengar suara rintihan meminta tolong dari dalam penjara.

6. Pantai Kenjeran

photo via : www.hotelmurahindonesia.com

Selain keindahan pasir pantai dan deburan ombak yang ada di pantai ini, mungkin tak banyak orang yang tahu, jika pantai iin juga memiliki kisah menyeramkan di dalamnya. Padahal dulu dari sinilah sumber kekuatan terbesarnya Surabaya. Konon ada kerajaan Ular di daerah sini.Pantai lama, pantai baru, serta di tikungan dari pantai lama menuju arah Nambangan, disinlah yang selalu memakan korban. Percaya atau tidak setiap tahun selalu ada saja orang tewas di 3 tempat tersebut. Memang beanr – benar angker pantai yang astu ini. Jadi harus hormat dan mawas diri saat memasuki wilayah ini.

7. Pintu Air Jagir

photo via : karinaclaudy.blogspot.com

kalau kalian penggemar acara misteri seperti mister tukul jalan-jalan, nah tempat angker yang satu ini dulu pernah diliput oleh mas tukul dalam acaranya tersebut. Dalam acara tersebut mereka melakukan sebuah uji nyali mengenai daerah tempat tersebut dan hasilnya, mereka memang merasakan banyak aura negatif di tempat tersebut. Kabarnya juga pintu air Jagir tersebut dihuni oleh seekor buaya putih dan menurut warga sekitar, buaya putih yang ada disana kerap kali meminta tumbal dengan jalan menenggelamkan orang – orang yang biasanya beraktivitas disektiaran arealt ersebut. Dan lebih seramnya lagi, jika ada yang tenggelam disana jasadnya tidak bisa ditemukan dan oleh karenanya sulit untuk dimakamkan.

8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

photo via : www.eduday.osmansasi.com

Sebagai salah satu Universitas terbesar dan terkenal di Indonesia, ITS terkenal sebagai universeitas yang menghasilkan lulusan – lulusan yang berkualitas dan para lulusan mereka juga gampang untuk mendapatkan pekerjaan. Hanya saja dibalik cerita sukses uniersitas ini ternyata menyimpan berbagai kisah mistis.
Kisah yang paling terkenal adalah salah satu kamar di asramanya yang pernah dijadikan tempat bunuh diri oleh seorang mahasiswa yang tertekan karena skripsi. Bahkan, lapangan gedung Statistika ITS juga digadang-gadang sebagai pusat berkumpulnya banyak mahluk astral. Selain di kawasan kampus, jalan kembar yang berada di depan ITS juga dihuni oleh sosok kuntilanak yang sering menampakkan diri. Namun, kini jalan kembar tersebut sudah diberi penerangan yang memadai dan mulai ramai dilewati oleh banyak orang.

9. Rumah Hantu Kupang

photo via : wisatalah.com

Kalau yang ini mungkin sudah tidak perlu ditanyakan lagi kenapa termasuk tempat angker. Dari namanya saja, Rumah Hantu Kupang sudah termasuk rumah yang amat ditakuti karena tentu saja pasti ada hantu di rumah ini. Gedung tua dengan warna putih kusam ini berada di kampung Banyu Urip Wetan, Surabaya. Dari tampangnya saja sudah bisa kita lihat kesan seram dan horor dari temapt yang satu ini. Dan berdasarkan warga sekitar juga mengatakan jika tempat ini disebut sebagai gedung setan atau rumah setan, sebab banyak kisah seram yang terjadi di gedung tua ini. Adapun cerita – cerita serama dari tempat ini adalah konn katanya di gedung tua ini sering terdengar suara rintihan anak meminta tolong. selain itu juga ada spookhuis yang sering meneror wisatawan yang lewat rumah tersebut. Spookhuis adalah seorang budak yang konon katanya disiksa hingga tewas secara mengenaskan oleh majikannya di gedung tua itu.

10. Gedung GRAHADI

photo via : situsbudaya.id

masih berkutat dengan bangunan tua, bangunan yang satu ini merupakan bangunan peninggalan jaman Belanda, gedung Grahadi sejatinya adalah rumah dinas Gubernur Jawa Timur. Sebagai bangunan lama, Grahadi dulu difungsikan sebagai peristirahatan pejabat Belanda. Semakin berjalannya waktu, kisah horor di Grahadi semakin muncul. Seperti seringkali ada sosok hantu Belanda berjalan di antara lorong. Bahkan karena seramnya gedung yang meskipun merupakan rumah dinas dari Gubernur Jawa Timur, jarang sekali ditempati dan bahkan orang yang menjabat Gubernur Jawa Timur enggan sekali untuk tinggal di tempat ini.

Recent search terms:

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >