14 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Di Indonesia, tanaman pepaya sangat umum ditemukan dan dapat tumbuh mulai dari 5 meter hingga 10 meter. Dari seluruh bagiannya, buahnya menjadi bagian yang paling sering dikonsumsi. Tapi selain buahnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Daun pepaya juga dapat dikonsumsi dan baik untuk kesehatan karena mengandung Vitamin A, Vitamin B, Vitamin B12, kalsium, magnesium, natrium, kalium, mangan dan zat besi. Meskipun rasanya sedikit pahit, daun pepaya ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat daun pepaya

1. Melancarkan ASI

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

photo via gyn.hk

Buat para ibu yang sedang menyusui, daun pepaya ini dapat dikonsumsi untuk melancarkan ASI. Sebab dalam daun pepaya mengandung quercetin yang mampu membuat hormon prolaktin yang bertugas memproduksi ASI menjadi aktif.

Tak mesti diolah menjadi jamu atau jus, daun pepaya ini dapat diolah menjadi makanan. Namun pastikan cara mengolahnya benar agar rasa pahit dari daun pepaya tidak terlalu terasa.

2. Memperbaiki Saluran Pencernaan

Daun pepaya memiliki kandungan serat dan papain, kedua kandungan ini bermanfaat untuk pencernaan agar tetap sehat. Dalam sebuah studi Research Center of The International Scientific Group of Preventive Medicine di Austria menemukan jika penggunaan bubuk papain yang berasal dari daun pepaya dapat mengurangi masalah pencernaan seperti mulas dan sembelit. Papain dikenal karena kemampuannya memecah protein besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil dan lebih mudah untuk dicerna. Maka dari itu, daun pepasa ini dapat digunakan untuk meringankan gejala pencernaan yang tidak nyaman.

3. Mengobati Jerawat

Jerawat menjadi salah satu permasalahan kulit yang banyak dialami orang terutama pada remaja. Untuk mengatasinya selain dapat menggunakan skincare, kalian juga bisa mencoba menggunakan daun pepaya. Buatlah masker dengan mencampurkan daun pepaya dan air dalam blender, haluskan hingga mejadi pasta kemudian oleskan ke wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

photo via diabetesincontrol.com

Manfaat daun pepaya bagi kesehatan selanjutnya yaitu dapat menyeimbangkan kadar gula darah. Bagi penderita diabetes, kalian bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai obat melawan diabetes. Sebab daun pepaya mengandung antioksidan yang melimpah dan baik untuk mencegah kelebihan glukosa dalam aliran darah. Selain itu dapat juga mengurangi kerusakan organ, saraf dan luka yang diderita oleh penderita diabetes.

5. Mengobati Gejala Demam Berdarah

Hingga saat ini tidak ada pengobatan secara khusus yang dapat menyembuhkan demam berdarah. Umumnya pengobatan akan berfokus pada peningkatan cairan tubuh dan trombosit pada pasien serta meringankan gelaja lain yang muncul. Dalam sebuah penelitian berjudul “Effect of Carica papaya Leaf Extract Capsule on Platelet Count in Patients of Dengue Fever with Thrombocytopenia”, daun pepaya terbukti dapat meningkatkan trombosit pada pasien demam berdarah. Pengobatan dengan daun pepaya ini juga tidak memiliki efek samping sehingga dapat digunakan untuk penderita demam berdarah.

6. Menyembuhkan Bekas Luka

Untuk menyembuhkan bekas luka, kalian juga bisa menggunakan daun pepaya karena enzim di dalam daun pepaya yang disebut papain memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Enzim papain ini dapat digunakan secara topikal sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati sehingga dapat mengurangi penyumbatan pori-pori.

7. Membantu Pertumbuhan Rambut

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

photo via sscbeauty.com

Selanjutnya, daun pepaya dapat digunakan sebagai bahan alami untuk membantu pertumbuhan rambut. Seduhan daun pepaya ini dapat digunakan sebagai campuran pada shampo. Kandungan dari daun pepaya ini dapat menguatkan rambut hingga ke dalam kulit kepala. Terdapat kandungan Magnesium yang membantu mengurangi kerontokan dan menguatkan rambut. Daun pepaya mengandung beberapa senyawa yang bersifat antioksudan. Selain itu daun pepaya juga dapat mencegah ketombe.

8. Memiliki Sifat Antikanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia, penyakit ini dapat menyebabkan sel-sel tubuh tumbuh dan berkembang tidak terkendali sehingga dapat menyebar dan merusak jaringan yang sehat. Dalan jurnal Frontiers in pharmacology, daun pepaya berpotensi dapat menghambat sel kanker pada payudara, kulit dan prostat. Sebab dalam daun pepaya terdapat senyawa aktif yang bersifat sitoktoksik yang dapat membunuh sel kanker dengan merusak sel tersebut.

9. Menyediakan Energi Untuk Tubuh

Walaupun rasa dari daun pepaya agak pahit, tapi manfaatnya untuk tubuh cukup beragam. Daun pepaya memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat memberikan energi tambahan pada tubuh. Kamu pun akan lebih bersemangat dalam menjalani hari-hari. Selain karbohidrat, daun pepaya juga mengandung serat yang membuatmu kenyang lebih lama.

10. Melawan Infeksi Jamur

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

photo via prolekare.cz

Siapa saja bisa terserang jamur disekitar permukaan kulit, infeksi jamur ini dapat diobati dengan obat anti jamur. Selain menggunakan obat, daun pepaya juga dapat melawan infeksi jamur. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan etanolik, flavonoid, alkaloid dan terpene yang memberikan manfaat untuk menghambat jamur Fusarium spp. dan C. gloeosporioides. Memang sifat antijamurnya tidak terlalu kuat, tapi bisa digunakan untuk pembasmi jamur.

11. Meredakan Kram Menstruasi

Sebagian besar wanita ketika menstruasi akan mengalami kram perut. Rasa sakit ini pun terkadang membuat aktivitas menjadi terganggu. Untuk meredakan kram ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan salah satunya yaitu merebus satu lembar daun pepaya dengan garam dan asam jawa. Kemudian setelah mendidih, diamkan hingga hangat dan minum. Mengkonsumsi ramuan ini dapat membantu meredakan rasa nyeri haid. Agar maksimal, minumlah rebusan daun pepaya ini beberapa kali dalam sehari.

12. Meredakan Peradangan

Peradangan dapat terjadi dibagian tubuh manapun, tapi yang sering terjadi yaitu peradangan sendi. Sendi yang sedang meradang disebut dengan arthritis, orang yang mengalami radang sendi ini sering mengalami nyeri sendi, ruam kulit dan pembengkakan. Buat kalian yang sering mengalami radang sendi, dapat menggunakan daun pepaya untuk meredakannya. Daun pepaya ini dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi peradangan internal dan eksternal termasuk nyeri otot, nyeri sendi dan ruam kulit. Ada berbagai nutrisi dan senyawa dalam daun pepaya yang dapat meredakannya yaitu vitamin E, flavonoid dan senyawa papain.

13. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

photo via hollashop.com

Manfaat daun pepaya bagi kesehatan selanjutnya yaitu dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Rebuslah lima lembar daun pepaya hingga mendidih, lalu pisahkan air rebusannya untuk dikonsumsi. Jika kamu tidak suka dengan rasa pahitnya, bisa tambahkan sedikit madu kedalamnya.

14. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Daun pepaya kaya akan vitamin A, C dan E, dimana kandungan ini mampu menutrisi kulit dan menjaga kelembapannya. Untuk mendapatkan manfaatnya ini kamu bisa rajin mengkonsumsi daun pepaya. Selain dikonsumsi secara oral, daun pepaya juga dapat dijadikan pasta untuk meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan papain yang terdapat di daun pepaya dapat digunakan sebagai exfoliation. Daun pepaya ini dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati dan berpotensi mengurangi terjadinya pori-pori yang tersumbat dan jerawat.

Itulah beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh. Meskipun rasanya sedikit pahit, ada segudang manfaat yang baik untuk kesehatan yang didapatkan. Untuk itu tak ada salahnya menjadikan daun pepaya sebagai makanan pendamping.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *