24 Aplikasi Menggambar Terbaik di iPad

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Menggambar merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan untuk segala usia baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Di zaman yang serba modern ini, kegiatan menggambar tidak hanya bisa dilakukan di atas kertas dan alat menggambar saja. Namun dapat juga memanfaatkan teknologi yang ada yaitu menggunakan gadget seperti smartphone ataupun tablet. Khususnya untuk tablet, ada beragam merk yang bisa dipilih salah satunya yaitu iPad.

Produk dari Apple ini tak perlu diragukan lagi kualitasnya. iPad tidak hanya dapat digunakan untuk menonton film dan bermain game saja, tapi dapat juga digunakan untuk menggambar. Produk dari Apple ini banyak disukai karena memiliki layar yang cukup besar untuk menggambar dan memiliki performa yang dapat diandalkan. Maka dari itu tak heran jika banyak orang yang gemar menggambar mulai memanfaatkan iPad sebagai canvas dan alat gambarnya untuk menghasilkan karya-karya terbaik.

Tak hanya itu saja, iPad juga sangat mudah dibawa kemana saja karena ukurannya yang ringkas dan yang terpenting dapat mengurangi penggunaan kertas. Buat kamu yang memiliki iPad dan ingin mencoba menggambar, ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan. Dari sekian banyak aplikasi menggambar, berikut ini aplikasi menggambar di iPad terbaik yang bisa kamu gunakan

1. Affinity Photo

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via affinity.serif.com

Affinity Photo merupakan salah satu aplikasi menggambar untuk iPad terbaik. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit foto, selain itu dapat juga digunakan untuk menggambar karena memiliki fitur yang cukup banyak yang akan membantu para seniman dan desainer.

Affinity Photo ini memiliki layar tak terbatas, teks, vektor, piksel dan lapisan gambar. Bahkan fitur kuasnya juga dapat disesuaikan dengan keinginan sehingga sangat mudah membuat gambar yang kita inginkan. Namun sayangnya harganya sedikit lebih mahal, tapi kamu akan mendapatkan manfaat yang sepadan dengan harganya.

2. Adobe lllustrator Draw

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via adobe.com

Jika membicarakan aplikasi menggambar, Adobe lllustrator Draw tidak boleh dilewatkan begitu saja. Buku sketsa dengan format vektor ini memiliki user interface yang lebih sederhana ketimbang versi PC-nya sehingga membuat sketsa ide dan konsep lebih cepat.

Ada yang menarik dari aplikasi satu ini yaitu aplikasi ini mendukung kanvas hingga ukuran 8K. Untuk mengerjakan detail yang lebih baik, kamu juga bisa memperbesar proyek hingga 64x. Aplikasi ini gratis dapat digunakan untuk menggambar, melukis hingga membuat sketsa dan yang terpenting ada beragam tools yang akan membantu dalam menggambar.

3. Adobe Fresco

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via adobe.com

Masih milik Adobe, Adobe Fresco ini bisa kamu pilih sebagai media menggambar di iPad dan aplikasinya bisa kamu download di App Store. Tools yang dimiliki oleh Adobe Fresco ini bisa dikatakan hampir mirip dengan tools yang ada pada Adobe Photoshop PC.

Di aplikasi ini ada ribuan brush yang bisa kamu gunakan dan ada beragam tools lainnya yang bisa digunakan untuk menggambar. Namun Adobe Fresco ini tidak memiliki opsi teks atau animasi sehingga ada beberapa kekurangan di beberapa area. Tapi untum para pelanggan Creative Cloud, Adobe Fresco ini adalah tambahan yang menyenangkan dan tidak membuatmu harus berpindah-pindah aplikasi.

4. Adobe Photoshop Sketch

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via adobe.com

Memang jika membicarakan tentang aplikasi menggambar digital terbaik, tidak akan jauh-jauh dari produk milik Adobe. Adobe Photoshop Sketch adalah salah satu aplikasi menggambar gratis yang dapat kamu gunakan di iPad atau iPhone. Aplikasi satu ini dikatakan versi ringkasnya dari Photoshop.

Disini kamu bisa memilih lebih dari 24 kuas dengan fleksibilitas untuk mengontrol ukuran, warna, opasitas dan mode blend. Selain itu, kamu juga dapat mengimpor kuas dari Photoshop. Aplikasi mendukung fitur dan ukuran kanvas hingga 8000 px. Buat para pengguna Creative Cloud, kamu bisa mengirim hasil gambar ke Photoshop CC atau lllustrator CC jika ingin melanjutkannya lagi di PC.

5. ArtStudio

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via apps.apple.com

Aplikasi satu ini dikembangkan oleh Lucky Clan dan bisa kamu gunakan sebagai alternatif untuk menggambar di iPad. Tak hanya gratis, tools serta fitur yang diberikan aplikasi ini juga tergolong cukup lengkap. Pengguna pun akan dengan mudah menuangkan inspirasi yang dimilikinya.

6. Autodesk Sketchbook

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via apps.apple.com

Aplikasi menggambar di iPad terbaik ini bisa digunakan untuk tingkat profesional. Tampilan dari aplikasi ini cukup sederhana sehingga terlihat nyaman di lihat dan bersih. Ketika bekerja, tools akan tetap tersembunyi dan kembali ke tampilan saat kamu akan mengganti alat atau media.

Autodesk Sketchbook juga memanfaatkan kamera pada perangkat iPhone dengan baik. Dimana kamu bisa memindai sketsa fisik dengan mengambil gambar. Aplikasi mengimpor pemindaian dengan latar belakang transparan sehingga kamu akan dengan mudah mengerjakan penintaan dan pewarnaan. Ada lebih dari 190 kuas yang bisa kamu sesuaikan mulai dati tekstur atau berbasis bentuk dan Copic Colour Library eksklusif.

7. Asketch

Aplikasi menggambar ini sangat cocok untuk pemula dan seniman tingkat lanjut dari menggambar figur, kartun hingga karya seni abstrak. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk fokus pada gambar. Disini kamu hanya memiliki satu alat gambar dengan opsi warna, satu penghapus, tombol undo, galeri dan sampah.

Asketch ini memanfaatkan fitur gesture sentuhan dengan baik, pembesaran atau pengecilan diaskes melalui jepitan sentihan terbalik saat menu ditampilkan dan setelah itu memungkinkan kamu untuk melakukan pekerjaan detail tanpa pikselasi kuas.

Jepitan lain juga dapat mengubah skala atau memutar gambar, sementara gerakan swipe pada tombol pensil beralih bolak balik antara mode gambar keras dan lembut. Mengetuk pensil yang dipilih juga memungkinkan kamu untuk beralih antara gambar hitam, putih dan berwarna, sementara memutar dengan dua jari akan menambah bobot garis pensil.

8. Clip Studio Paint (CSP)

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via clipstudio.net

Aplikasi ini unggulan komikus profesional maupun ilustrator yaitu Clip Studio Paint. Namun untuk menggunakannya kamu harus berlangganan bulanan atau tahunan di iPad. Meskipun demikian, kamu bisa mencoba bersi gratisnya dulu selama enam bulan.

Clip Studio Paint untuk iPhone ini sama bagusnya dan fiturnya juga lengkap seperti versi PC-nya. Dilengkapi juga dengan integrasi Cloud di seluruh perangkat, ideal untuk pengguna Clip Studio PC dan pengguna iPad yang ingin sedikit mengedit atau menyelesaikan pekerjaannya dengan iPhone.

9. DrawingApp

DrawingApp merupakan aplikasi menggambar di iPad yang mudah digunakan. Penggunanya dapat membuat sketsa mulai dari tersimple hingga terkompleks secara gratis. Tools yang dimiliki aplikasi ini cukup lengkap seperti adanya 40 brush, warna hingga penghapus yang mudah digunakan.

10. Doodle Art

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via apps.apple.com

Aplikasi menggambar yang simple ini cocok sekali digunakan untuk membuat gambaran yang tidak terlalu rumit. Tools yang disediakan aplikasi ini terdiri dari lebih dari 200 stiker, shapes untuk menggambar, warna dan tools lainnya.

11. Doodle Buddy

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via apps.apple.com

Selanjutnya yaitu Doodle Buddy, aplikasi yang bisa digunakan untuk menggambar di iPad. Aplikasi terbaik satu ini bisa dikatakan paling lengkap sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti melukis, membuat sketsa hingga sketsa abstrak. Aplikasi yang dikembangkan oleh Dinopilot ini dapat menghasilkan gambar yang memuaskan karena dilengkapi dengan berbagai macam tools menggambar terlengkap.

12. Drawing Desk

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via apps.apple.com

Aplikasi menggambar di iPad terbaik selanjutnya yang bisa kalian gunakan yaitu Drawing Desk. Aplikasi ini dikembangkan oleh 4 Axis Solutions (Pvt) Ltd. Di aplikasi ini kalian bisa menggambar, melukis hingga membuat sketsa dengan berbagai tools menggambar yang cukup lengkap. Tenang saja, aplikasi ini user friendly dan sangat mudah digunakan.

13. Inspire Pro

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via apps.apple.com

Jika kamu memerlukan aplikasi dengan render yang cepat, maka Inspire Pro bisa menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini memiliki kecepatan render yang tidak akan mengalami crash yang membuat hasil gambar gagal disimpan. Aplikasi ini juga memiliki sekitar 150 jenis brush termasuk cat minyak, airbrush, cat semprot, pensil, krayon, spidol, kapur, arang, pastel hingga cipratan cat. Selain itu, aplikasi ini juga menggunakan mesin lukisnya sendiri yang disebut Sorcery dan calo rendering ultra cepat.

14. iDoodle2 Lite

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via apps.apple.com

Aplikasi gratis yang dikembangkan oleh Josiah Larson ini akan membuat para penggunanya dapat membuat sebuah lukisan absrak yang menarik. Dengan iDoodle2 Lite ini, penggunanya bisa menuangkan inspirasi seni yang dimilikinya dengan mudah. Hal yang menari dari aplikasi ini yaitu hasil gambarnya sangat mirip dengan lukisan yang dibuat diatas kanvas.

15. Infinite Painter

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via apps.apple.com

Menggambar dengan Infinite Painter ini dapat memberikan keunikan tersendiri. Aplikasi ini benar-benar akan membuatmu menggambar diatas kertas. Goresannya tidak kaku, pergerakan kuasnya juga smooth dan tekanan yang dihasilkan juga akan memuaskan para penggunanya.

16. Linea Sketch

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via apps.apple.com

Linea Sketch adalah salah satu aplikasi yang akan memudahkanmu menggambar di iPad. Tak hanya dapat digunakan untuk orang dewasa, anak-anak pun dapat menggunakan aplikasi ini karena sangat mudah digunakan. Fiturnya sendiri meliputi banyak hal mulai dari pensil, brush, tip marker dan background.

17. Medibang Paint

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via apps.apple.com

Aplikasi satu ini sudah tidak asing bagi para pembuat anime yaitu Medibang Paint. Aplikasi ini bisa dikatakan CSP dalam versi yang lebih sederhana dan aplikasi ini wajib masuk daftar. Yang membuat aplikasi ini banyak menarik orang yaitu kamu akan mendapatkan bonus penyimpanan cloud yang tersedia tanpa perlu membayar.

18. My Sketch

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via apps.apple.com

Seperti namanya, aplikasi ini dikhususkan untuk kalian yang membuat lukisan atau gambar hanya berupa sketsa dasar dengan pensil. Aplikasi yang diluncurkan oleh Miinu Limited ini pilihan yang tepat. Dengan menggunakan aplikasi berbasis iOS ini kamu dapat membuat berbagai macam sketsa gambar dengan pensil. Bahkan kamu pun dapat membuat sketsa wajah dengan aplikasi ini.

19. Procreate

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via apps.apple.com

Aplikasi ini sangat populer dikalangan para desain grafis, sebab Procreate ini menyediakan hampir semua kebutuhan untuk menggambar. Mulai dari color picker, opsi layer, zoom cepat dan responsif, opsi corengan/blending yang baik dan lainnya.

Aplikasi ini menggabungkan UI yang tidak mencolok dengan akses mudah yang memungkinkan kita menyesuaikan ukuran brush atau opacity dengan cepat.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu akan lebih menghemat waktu dan memungkinkan kita untuk lebih berkonsentrasi pada apa yang kita lukis. Semua fitur dan tools yang tersedia disini akan membuat hasil gambaran semakin bagus, terlebih jika digunakan untuk menggambar anime.

20. Penbook

Penbook ini dapat digunakan untuk membuat sketsa dan gambar di iPad. Ada banyak tipe alat tulis yang dapat digunakan di aplikasi ini mulai dari blank, kertas berbentuk grafis dan lainnya. Untuk mendapatkan aplikasi ini, kamu bisa mendownloadnya di App Store secara gratis.

21. Paper by WeTransfer

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via apps.apple.com

Aplikasi ini tidak hanya bagus bagi seniman untuk membuat ide sketsa, tapi juga berguna untuk membuat catatan dan membuat diagram. Produk ini juga menawarkan fitur koreksi otomatis untuk sketsa yang lebih bersih. Tampilannya sederhana sehingga kamu bisa fokus pada gambar saja. Untuk kamu yang menginginkan fleksibilitas yang lebih kreatif, tersedia juga dalam versi Pro.

22. Sketch Club

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via apps.apple.com

Meskipun aplikasi ini tergolong premium, rasanya cukup wajar karena fitur yang diberikan lumayan banyak. Fitur yang diberikan berupa preset, filter dan mendukung hingga 64 layer dengan mode blend.

Aplikasi ini memiliki kuas beresolusi tinggi, fitur penyimpanan otomatis dan kamu tidak akan melihat iklan dalam aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merekam kanvas pada 1080p dengan ukuran hingga 16K piksel. Sketch Club juga mendukung seni vektor sehingga dapat memperhalus bentuk dan garis.

23. Tayasui Sketches

Aplikasi Menggambar Di iPad Terbaik

photo via apps.apple.com

Tayasui Sketches adalah salah satu aplikasi menggambar di iPad terbaik yang cukup mudah untuk dipelajari. Aplikasi ini memiliki banyak alat dan fitur menarik yang bisa digunakan untuk menggambar seperti pulpen, pastel minyak, cat air, kuas akrilik dan lainnya. Tayasui Sketches ini mendukung juga penggunaan Apple, Wacom dan Adonit Styluses yang akan memudahkanmu dalam bekerja di iPad.

24. Whiteboard Lite: Colaborating Drawing

Terakhir ada Whiteboard Lite: Colaborating Drawing, aplikasi menggambar yang dikembangkan oleh GreenGar Studios. Aplikasi gratis ini akan memudahkanmu untuk membuat berbagai gambar yang dibantu dengan beragam tools yang akan membuat gambar menjadi menarik. Aplikasi menggambar ini juga sangat mudah untuk digunakan.

Itulah beberapa aplikasi menggambar di iPad terbaik yang dapat kamu gunakan. Dengan adanya aplikasi-aplikasi ini, kamu pun bisa menggambar dimana saja dan kapan saja. Selamat mencoba!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *