Profil Mulan Jameela

    Profil Artis

Sejak kecil Mulan sudah memiliki bakat, untuk meraih impiannya sebagai penyanyi ia pergi ke Bandung. Mulan sempat membuat album solo pada tahun 2000 bertajuk Kekal, namun sayang album ini gagal di pasaran. Namun Mulan tidak menyerah, Mulan tetap melantunkan nada-nadanya dari kafe ke kafe, ia juga pernah bergabung dengan beberapa grup band seperti Swara Coustic, Dimensi Band dan Bandung All Star.

Namun, namanya mulai melejit setelah ia memenangkan audisi Duo Ratu pada tahun 2005 untuk menggantikan posisi Pinkan Mamboo. Nah, dari sinilah pemilik nama Raden Terry Tantri Wulandari diganti menjadi Mulan Kwok. Dengan Maia Estianty, Mulan mengawali karirnya dan debut pertamanya dalam Duo Ratu dengan merilis album berjudul Ratu & Friend dengan single andalan “Teman Tapi Mesra” dan “Di Dadaku Ada Kamu”.

Selang setahun, Duo Ratu kembali merilis album yang bertajuk No.Satu dengan single andalan “Lelaki Buaya Darat” dan “Dear Diary”. Dan lagi-lagi hanya dalam seminggu rilis, album tersebut laku sebanyak 500 ribu kopi. Hal ini membuat Mulan dan Maia sukses menjadi grup musik wanita tersukses kala itu.

Namun sayang sekali, Mulan harus mengalami konflik internal dengan Maia dan Manajemen Ratu. Selain masalah pemecatan manager Ratu, Ramona Vitalia oleh Ahmad Dhani yang kala itu menjadi suami Maia. Mulan juga mengeluhkan ketidak transparanan manajemen Ratu terhadap honor yang diberikan untuknya.

Pada tahun 2007, Mulan hengkang dari Ratu dan memulai karir solonya, ia menjauh dari Maia namun mendekat ke Ahmad Dhani dan ia pun bergabung dengan Republik Cinta Managemen Artis (RCMA) milik Ahmad Dhani. Dengan keluarnya Mulan dari Ratu, Mulan tidak lagi menggunakan nama Mulan Kwok dan Mulan harus membayar royalti jika ingin menyanyikan lagu ciptaan Maia.

Dengan bergabungnya Mulan dengan RCMA membuat konflik rumah tangga Ahmad Dhani dan Maia memanas. Keberadaan Mulan di duga menjadi salah satu konflik yang terjadi antara Maia dan Dhani.

Pada tahun 2008, Mulan berganti nama menjadi Mulan Jameela, nama tersebut merupakan nama pemberian dari Ahmad Dhani. Mulan pun merilis album self titled pertamanya dengan lagu andalan “Makhluk Tuhan Paling Sexy”, “Wonder Women”, “Bukannya Aku Takut”, dan “Jatuh Cinta Lagi” berhasil mencetak rekor penjualan fantastis sehingga diganjar platinum oleh EMI.

Karena Mulan memiliki khas unik, Mulan terkenal hingga ke Malaysia dan Singapura dan menjadi satu-satunya solois Indonesia yang dinominasikan pada MTV Asia Award 2008 di Genting, Malaysia.

Selain berkarya di dunia tarik suara, Mulan pun menjajal dunia akting. Ia sempat bermain di beberapa sinetron, FTV, dan Film. Berkat peran perdananya dalam film “Maaf Saya Menghamili Istri Anda” yang dirilis 2007, Mulan berhasil masuk ke dalam nominasi Actress/Actor Breaktrough dalam ajang MTV Indonesia Movie Awards 2007.

Selain di dunia tarik suara dan akting, Mulan juga merambah ke dunia bisnis interior dengan menggandeng Ahmad Dhani sebagai partner bisnisnya. Mulan membuka galeri furniture HER DESIGN yang berlokasi di bilangan Kemang, Jakarta Selatan pada tahun 2009. Dan pada tahun yang sama, terdengar kabar jika Mulan dan Dhani telah resmi menikah secara siri. Hingga tahun 2016, mereka telah di karuniai dua anak yaitu Safeea dan Ahmad Syailendra Aerlangga.

Photo via : https://www.instagram.com/mulanjameela1

 

Nama Asli : Raden Terry Tantri Wulansari
Nama Panggung : Mulan Jameela
Tempat Tanggal lahir : Garut, 23 Agustus 1979
Zodiac : Leo
Kewarganegaraan : Indonesia
Ayah : R HE Komar
Ibu : Titi Aisyah
Pasangan :
– Harry Indra Nugraha (cerai 2005)
– Ahmad Dhani (musisi, sejak 13-Mar-09)
Anak-anak
– Tyarani Savitri (perempuan),
– Muhammad Rafly Aziz (laki-laki),
– Safeea (perempuan),
– Ahmad Hasil (laki-laki, m. 01-Sep-12, premature),
– Ahmad Syailendra Aerlangga (laki-laki, 04-Jun-16)
Media Sosial
Instagram
Twitter

Album Solo
Kekal (2000)
Mulan Jameela (2008)
99 Volume 1 (2013)

Album bersama Ratu
Ratu & Friends (2005)
No. Satu (2006)

Album Kompilasi
The Best Of Republik Cinta Artists Vol. 1 (2008)
D’Plong: Sensasi Rock’n’Dut (2009)
The Best of Republik Cinta Artists Vol. II (2009)

Filmografi
Maaf Saya Menghamili Istri Anda (2007)

Sinetron
Pasangan Heboh (2007)

FTV
Primadona Mencari Surga (2006)
Bodyguard Sang Penyanyi (2007)
Penyanyi Yang Difitnah (2007)
Habis Manis Suami Dibuang (2007)
Serumah Tapi Musuh (2007)

 

Foto Mulan Jameela

Photo via : https://www.instagram.com/mulanjameela1

Photo via : https://www.instagram.com/mulanjameela1

Photo via : https://www.instagram.com/mulanjameela1

Photo via : https://www.instagram.com/mulanjameela1

Photo via : https://www.instagram.com/mulanjameela1

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

Profil Sherina Munaf
Profil Afgan
Profil Raisa Andriana
Artis yang Memiliki Gaya Rambut Aneh
Profil Rinni Wulandari (Rinni Idol)

+ VIDEO PILIHAN MORE >