5 Hal ini menentukan cepat atau lambatnya smartphone kamu

    Teknologi
Iklan

Siapa yang tidak suka smartphone dengan spesifikasi tinggi ? apalagi kalo smartphone yang kamu punya sekarang sering banget macet ataupun lelet saat buka game ataupun aplikasi lainnya. Rasanya pasti pengen banting saja, beberapa diantara kalian mungkin akan menghapus beberapa aplikasi yang sudah ada di smarphone kamu ataupun langsung factory reset smartphone punyamu. Tapi ada juga yang memilih untuk membeli smartphone baru yang lebih cepat dan dengan spesifikasi yang tinggi.

Tapi tunggu dulu yah, sebelum kamu membeli smartphone baru yang lebih cepat, ada baiknya kamu baca 5 hal ini dulu supaya kalian ga salah pilih nantinya. Karena cepat atau lambatnya smarphone yang akan kamu beli nantinya ditentuin sama 5 hal ini :

1. RAM (Random-Access Memory)

RAM memang bukan segalanya, tapi RAM yang semakin besar jelas akan memberikan performa yang lebih baik. Soalnya, RAM bukan hanya untuk menjalankan aplikasi, tapi juga menampung aplikasi sistem.

Saat membeli smartphone dengan RAM 4GB, jangan heran jika yang bisa digunakan cuma sekitar 2GB. Soalnya, sisa RAM smartphone kamu sudah digunakan untuk menjalankan sistem operasi. Dengan semakin besar RAM kamu, semakin besar sisa RAM yang bisa digunakan untuk membuka aplikasi atau game.

2. CPU (Central Processing Unit)

Bisa dibilang CPU adalah juru dapur yang bertugas memasak semua jenis masakan. Namun, semakin banyak masakan yang harus dimasak oleh CPU, maka semakin lambat prosesnya. Jadi saat membuka banyak aplikasi, jangan heran jika smartphone jadi panas dan terasa lambat, karena dapur pacu kamu padat.

Snapdragon, Exynos, MediaTek, Intel dan Kirin adalah beberapa nama CPU yang banyak digunakan smartphone. Dari semuanya, yang paling populer mampu menyajikan performa smartphone cepat adalah Snapdragon dan Exynos.

3. GPU (Graphics Processing Unit)

Berbeda dengan CPU yang mampu memasak banyak masakan, GPU fokus hanya memasak satu jenis masakan, yaitu grafis. Jenis GPU yang digunakan smartphone kamu, akan mempengaruhi seberapa cepat smartphone-mu mengelola gambar atau video, seperti foto dan main game. Smartphone dengan GPU Adreno dikenal lebih baik dibanding yang menggunakan Mali atau PowerVR.

4. Clock Speed

Ini nih yang kadang lepas dari perhatian saat membeli smartphone. Kebanyakan selalu melihat RAM dan jenis prosesor tanpa memperhatikan clock speed CPU-nya. Padahal, clock speed ini juga mempengaruhi kecepatan smartphone.

Misal, prosesor Octa-core 1.0GHz VS prosesor Quad-core 2,5GHz lebih cepat mana? Jawabannya, Quad-core 2,5GHz. Karena itu artinya ada 4 inti prosesor yang masing-masing bekerja di kecepatan 2,5GHz; jika bekerja bersamaan maka akan dihasilkan clock speed 10GHz.

5. UI (User Interface)

UI ini bisa dibilang launcher. Tampilan yang dijalankan smartphone kamu jelas mempengaruhi performanya. Misal MIUI milik Xioami itu lebih ringan dan cepat jika dibandingkan dengan Zen UI ASUS, tapi lebih boros RAM.

Tapi jika bosan dengan UI bawaan, pengguna smartphone Android bisa dengan mudah mengubahnya menggunakan berbagai aplikasi launcher terbaik. Selain mempengaruhi kecepatan, launcher juga bisa mempengaruhi baterai smartphone loh!

Save

Facebook Comment

similar posts