Viral! Perjuangan Bidan Bantu Ibu Melahirkan Di Tengah Laut, Bikin Terharu

Viral! Perjuangan Bidan Bantu Ibu Melahirkan Di Tengah Laut Dengan Cuaca Yang Kurang Bersahabat

Baru-baru ini sebuah video TikTok viral di media sosial karena memperlihatkan perjuangan seorang bidan yang membantu proses persalinan seorang ibu di tengah laut dengan cuaca yang kurang bersahabat. Video viral inipun menuai beragam reaksi dari warganet.

Video viral tersebut diunggah oleh Antania Ahmad dengan akun TikTok @tania_ahmad. Dalam video berdurasi kurang dari 3 menit tersebut, pemilik akun menceritakan pengalamannya bersama sang teman yakni bidan Wanti saat menjadi tenaga kesehatan di daerah terpencil Banggai Laut, Sulawesi Tengah.

Pemilik akun yang bernama Antania Ahmad ini menceritakan kalau mereka pernah membantu seorang ibu yang hendak melahirkan di daerah terpencil Banggai Laut. Karena ada satu dan lain hal, si ibu harus di rujuk ke rumah sakit rujukan yang berada di kabupaten.

Sayangnya, untuk menuju rumah sakit rujukan, mereka harus menyeberang laut terlebih dahulu. Bahkan cuaca saat itu sangat tidak bersahabat, dimana dari pagi hari sampai sore hari turun hujan terus dan ombak sedang ganas-ganasnya. Awalnya mereka sangat berat hati untuk melakukan perjalanan laut dari kecamatan menuju kabupaten. Untungnya di sore hari, hujan berhenti dan ombak mulai tenang, sehingga mereka langsung merujuk pasien dengan perahu kecil, karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan pada pasien.

Viral! Perjuangan Bidan Bantu Ibu Melahirkan Di Tengah Laut Dengan Cuaca Yang Kurang Bersahabat

photo via tiktok.com/@tania_ahmad

Dalam video, terlihat juga seorang ibu hamil yang terbaring diatas tandu dan digotong untuk dipindahkan ke perahu. Sebelum keberangkatan, merekapun berdoa agar dalam perjalanan tidak turun hujan, ombak tidak terlalu ganas dan pasien tidak melahirkan di dalam perjalanan.

Namun apa yang mereka takutkan ternyata terjadi, setelah menyebrang selama 40 menit, si pasien nyatanya sudah tidak bisa menahan lagi sehingga mereka terpaksa melakukan persalinan di atas perahu dimana posisinya saat itu mereka masih berada di tengah laut dengan ombak yang cukup ganas. Bahkan langit sore hari terlihat sedikit mendung.

Dalam video viral tersebut, pasien tampak berbaring dan memegang perutnya yang tertutup sarung. Nampak juga seorang bidan menggunakan peralatan seadanya untuk membantu persalinan pasien dan melakukan tindakan dengan tenang dan mencoba untuk tidak panik.

Viral! Perjuangan Bidan Bantu Ibu Melahirkan Di Tengah Laut Dengan Cuaca Yang Kurang Bersahabat

photo via tiktok.com/@tania_ahmad

Syukurnya, proses persalinan dapat berjalan dengan lancar dan sang ibu dan bayinya selamat. Raut lega dan bahagiapun jelas terlihat diwajah sang bidan walaupun tertutup masker, karena sudah berhasil melakukan tugasnya dalam suasana yang menegangkan.

Kisah perjuangan bidan bantu ibu melahirkan di tengah laut inipun viral dan mencuri perhatian warganet. Tak sedikit dari mereka yang terharu menyaksikan bagaimana perjuangan sang bidan menyelamatkan nyawa sang ibu dan anak meskipun dalam kondisi dan cuaca yang tidak bersahabat.

Wah bagaimana menurut kalian?

https://www.tiktok.com/@tania_ahmad/video/7002457035111517466

Artikel Terkait