6 Pemandangan Indah Yang Ternyata Hasil Dari Pencemaran Lingkungan

3 tahun lalu, by blogunik

Berlibur untuk melihat pemandangan indah adalah salah satu kegiatan yang banyak dilakukan orang. Dengan liburan dapat menghilangkan rasa penat akibat dari rutinitas padat yang selalu dijalani. Oleh karena itu perlu melihat pemandangan indah yang ada di dunia ini. Dari sekian banyak keindahan yang ada di dunia ini,  ada pemandangan indah yang ternyata hasil dari pencemaran lingkungan.   Berikut ini adalah pemandangan indah karena pencemaran :

1.  Morning Glory Hot Spring – Amerika Serikat

Jika di lihat secara langsung mungkin kolam sumber air panas alami ini sangatlah indah, terlebih dengan adanya warna kuning dan hijau menyala yang semakin membuat perpaduan warna kolam sumber air panas tersebut menjadi lebih kontras. Tapi sayangnya di balik keindahan warna yang terbentuk pada kolam sumber air panas ini, ternyata itu adalah merupakan hasil dari pencemaran yang telah terjadi selama sejak puluhan tahun yang lalu. Dahulu Morning Glory Hot Spring ini memiliki warna yang lebih indah ketimbang warna yang sekarang, dengan warna biru cerah seperti bunga morning glory yang sedang mekar di waktu pagi hari. Namun, semenjak terjadinya pelemparan sampah dan koin oleh para wisatawan, warna kolam sumber air panas ini menjadi berubah. Sampah dan koin yang di lemparkan selama bertahun-tahun itulah yang telah menyebabkan penyumbatan dan pada akhirnya menyebabkan suhu kolam tersebut naik secara signifikan, sehingga warnanya kini berubah akibat reaksi dari pencemaran sampah dan koin tersebut. Akibat pencemaran yang terjadi, kini Mornig Glory sering di juluki dengan Fading Glory yang artinya kejayaan yang telah memudar.

 

2. Pantai Ganggang Qingdao – China

Bagi yang tidak mengetahui asal usulnya, pantai yang di selimuti oleh banyaknya ganggang laut berwarna hijau ini memang sangat terlihat unik. Bahkan keberadaan dari banyaknya ganggang hijau ini menjadikan pantai ini seperti di selimuti permadani sehingga sangat indah di lihat. Sejatinya banyaknya ganggang laut yang menyelimuti pantai ini adalah merupakan fenomena alam yang kerap terjadi di setiap tahunnya dan di mulai ada sejak tahun 2007. Sejatinya keberadaan ganggang berwarna hijau cerah ini tidaklah menyebabkan para pengunjung merasa terganggu, justru para wisatawan sangat terhibur dengan keberadaannya. Namun menurut para peneliti, asal usul dari kemunculan ribuan ganggang hijau adalah merupakan indikatordari adanya pencemaran lingkungan akibat limbah. Salah satunya seperti pembuangan dari limbah pertanian dan limbah industri yang terjadi selama bertahun-tahun akhirnya memicu pertumbuhan ganggang laut secara ekstrem. Meskipun ganggang laut ini tidak berbahaya bagi manusia, namun banyaknya ganggang hijau yang tumbuh secara ekstrem ini ternyata dapat mengganggu kelangsungan hidup makhluk laut lainnya. salah satu di antaranya adalah ganggang laut ini akan menyerap persediaan oksigen dan menghalangi sinar matahari.

 

3. Sungai Biru Shing Mun – Hongkong

Sungai biru shing mun adalah merupakan sebuah anak sungai dari sungai Fotan yang berada Sha Tin Hongkong. Sesuai dengan namanya, air di sungai ini memang berwarna biru cerah seperti warna langit. Namun jangan menyangka jika air yang berwarna biru tersebut adalah pertanda bahwa air di sungai tersebut sangat jernih. Warna biru yang ada pada air sungai itu adalah terjadi karena pencemaran limbah industri yang di buang ke sungai hingga menyebabkan warna air di sungai ini menjadi biru. Sungai Shing Mun ini berada di sekitar wilayah industri, oleh sebab itu banyak perusahaan yang membuang limbah secara ilegal sehingga semua limbah akhirnya mengakibatkan pencemaran yang sangat fatal ini. Sekilas memang terlihat sangat indah untuk di lihat, namun sejatinya air sungai tersebut sangatlah beracun karena telah mengakibatkan banyak ribuan ikan di dalamnya mati. Bahkan sungai tersebut juga mengeluarkan aroma yang sangat tidak sedap, baunya sangat menyengat sehingga mengakibatkan penduduk yang tinggal di sekitaran sungai tersebut merasa terganggu.

 

4. Danau Salju Bellandur – India

Sejak mei tahun 2015 yang lalu, salah satu wilayah yang ada di India menjadi sorotan banyak pihak, pasalnya ada danau yang seluruh permukaannya terselimuti busa putih yang mirip seperti salju. Bagi yang tidak mengetahui asal usulnya mungkin ini adalah fenomena ini sangatlah unik untuk di saksikan, pasalnya danau ini menjadi mirip danau salju ketika seluruh bagiannya tertutup oleh busa. Lagi-lagi fenomena yang tergolong unik tersebut terjadi adalah karena pencemaran akibat dari pembuangan limbah indutri secara sembarangan ke wilayah danau Bellandur. Limbah yang di buang di danau Bellandur tidak hanya mengakibatkan bagian danau tertutup oleh busa, tapi juga mengakibatkan air di danau tersebut berubah warna menjadi hitam keruh. Bahkan busa yang menyelimuti danau itu juga sempat mengeluarkan percikan api hingga beberapa kali. Akibat pencemaran yang terjadi di danau tersebut, warga sekitar mengeluh akibat sering merasakan gatal-gatal dan iritasi pada kulit mereka. Dari keluhan penduduk sekitar, para ahli ahli menyarankan untuk tidak menyentuh busa tersebut karena danau tersebut kini telah mengandung minyak dan zat fosfor dari limbah industri yang menumpuk sehingga berbahaya jika tersentuh oleh manusia.

 

5. Sungai Madu Rio Tinto – Spanyol

Disebut dengan sungai madu adalah karena air yang ada di sungai ini memiliki warna yang mirip dengan warna pada madu yaitu merah kecoklatan dan kekuningan. Sekilas sungai ini menjadi sangat unik akibat fenomena warna yang di miliki airnya. Namun di balik keunikannya, ternyata air yang terkandung di sungai Rio Tinto ini sangat beracun karena kadar dari tingkat keasamannya sangatlah tinggi. Dari sejarahnya, sungai Tinto ini adalah sungai yang menyimpan banyak sekali kekayaan alam, salah satunya memiliki kandungan mineral murni. Sudah sejak berabad-abad lamanya sungai ini telah di eksploitasi untuk di ambil kekayaan alamnya yang berupa mineral murni tersebut. Salah satu yang ikut mengeksploitasi sungai tersebut adalah bangsa Romawi yag dulunya mengambil sumber kekayaan di seungai ini untuk di jadikan koi emas dan perak. Akibat tingginya tingkat eksploitasi terhadap sumber daya alamnya, sungai ini menjadi sangat tercemar sehingga merubah warna airnya menjadi seperti warna madu.

 

6. Blue Lagoon Derbyshire – Inggris

Danau yang memiliki warna air berwarna biru kehijauan ini nampaknya tidak jauh berbeda dengan salah satu laguna tropis di film Blue Lagoon atau seperti sumber air panas Blue Lagoon yang ada di Islandia. Sejatinya danau ini adalah Blue Lagoonnya yang di miliki oleh Inggris, nama aslinya adalah danau Far Hill Quarry yang merupakan sebuah danau yang terletak di wilayah Derbyshire. Danau ini adalah sebuah danau yang merupakan bekas lokasi pertambangan. Warna biru dari air danau ini adalah akibat dari tercemarnya dengan zat kimia berbahaya yang disebut dengan kalsium oksida. Bahan kimia tersebut adalah merupakan zat kimia sisa dari proses penambangan yang dulu pernah di lakukan di tempat ini. Meskipun mengandung zat-zat kimia berbahaya, namun ternyata tidak sedikit orang-orang sekitar menjadikan danau ini sebagai tempat populer untuk berenang ketika datangnya masa liburan. Padahal pemerintah telah menghimbau untuk tidak berenang di danau ini dikarenakan zat kimia sangat berbahaya jika bersentuhan langsung dengan tubuh manusia.

 

Sumber :

Busyet!!! 6 Pemandangan Indah ini Ternyata Hasil Dari Pencemaran Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait