9 Jenis Racun paling berbahaya dan mematikan bagi manusia

2 tahun lalu

Siapa pun tahu bahwa setiap yang bernama racun pasti berbahaya bagi tubuh manusia, tidak terkecuali racun dosis kecil semuanya pasti berdampak buruk terhadap tubuh kita.  Sebenarnya racun bermanfaat selama penggunaanya tidak untuk di masukan kedalam tubuh manusia.

Contohnya racun sianida, racun ini berguna untuk bidang pertanian, fotografi dan juga industri logam, dan memang setiap racun memiliki kadar yang berbeda-beda dari sisi berbahayanya bagi manusia, ada yang racun bersifat ringan, menengah ataun racun yang berat atau sangat mematikan.

Dan berikut ini adalah daftar racun paling membahayakan dan paling mematikan bagi manusia, racun-racun apa saja, berikut daftarnya.

1. Racun Hemlock

Racun Hemlock

Racun hemlock adalah racun paling berbahaya yang berasal dari tumbuhan

Hemlock atau Conium adalah sejenis tanaman berbunga yang sangat beracun, bunga ini bisa di temukan di dataran Eropa dan juga Afrika selatan, bunga ini termasuk salah satu tanaman yang sangat populer di jaman yunani Kuno.

Di jaman Yunani Kuno tanaman ini digunakan untuk membunuh tawanan mereka, mengkonsumsi tanaman ini sebanyak 100mg saja atau sebanyak 8 lembar daunnya mampu membunuh orang dewasa dengan cepat.

Racun ini berkerja dengan cara melumpuhkan semua anggota tubuh anda, walaupun pikiran anda tetap terjaga, namun tubuh anda tidak akan merespon dan akhirnya kemudian menyerang sistem pernafasan yang menyebabkan seseorang kesulitan bernafas dan akhirnya meninggal dunia.

Keracunan Hemlcok yang paling terkenal adalah pada saat filsuf Yunani Socrates di hukum mati pada tahun 399SM, Socrates di beri infus dengan konsentrasi racun hemlock kedalam tubuhnya, yang akhirnya menyebabkan dia meregang nyawa.

2. Racun Aconite

Racun Aconite ini berasal dari sejenis tanaman yang juga di kenal dengan sebutan wolfsbane, racun ini terkenal sangat berbahaya, karena mampu menyebabkan fungsi jantung berhenti hingga menyebabkan seseorang meninggal dunia.

Keracunan terhadap tenaman ini bukan hanya masuk kedalam tubuh, namun menyentuh daun tanaman ini tanpa mengenakan sarung tangan amat sangat berbahaya, karena racun ini mudan dan sangat cepat meresap kedalam tubuh manusia.

Karena sifat racun ini yang sulit di lacak, racun ini sering di jadikan alat untuk membunuh manusia, kasus yang paling populer tentang racun ini adalah saat Kematian Kaisar Romawi yaitu Claudius yang di kabarkan tewas di racun oleh Istrinya Agrippina dengan menggunakan racun Aconite ini.

 

3. Racun Buah Belladonna


Tanaman ini berasal dari Italia, di beri nama Belladonna yang artinya wanita cantik, tanaman ini biasa di gunakan untuk bahan-bahan kosmetik, seperti Blush On.

Namun apabila tertelan tanaman ini akan sangat beracun bagi tubuh manusia, dan tanaman ini biasa di gunakan di mata anak panah untuk memberikan racun, sebenarnya yang paling berbahaya dari tanaman ini adalah buahnya, mengkonsumsi 10 buah dari tanaman ini akan berakibat sangat fatal dan dapat menyebabkan kematian.

 

4. Racun Mercury

Racun jenis ini bersifat sangat lamban, efek dari racun ini tidak langsung mematikan saat itu juga, namun racun ini akan membunuh secara perlahan-lahan. Penyerapan racun merkuri  sebesar 0.1ml terbukti akan berakibat sangat fatal.

Pada saat terkena racun ini , gejalanya mulai menunjukan efeknya setelah berbulan-bulan, dan kabarnya sangat sulit untuk di obati.

Ada tiga bentuk merkuri yang sangat berbahaya. raksa adalah yang biasa anda dapat temukan di kaca termometer, dan itu tidak berbahaya jika disentuh, tapi akan sangat mematikan jika terhirup.

Selanjutnya merkuri anorganik digunakan untuk membuat baterai, dan akan mematikan hanya jika tertelan ke dalam tubuh.

Dan merkuri organik ditemukan pada ikan, seperti tuna dan ikan todak konsumsi harus dibatasi hanya 170g per minggu, tetapi dapat berpotensi mematikan selama jangka waktu yang lama.

Kematian yang terkenal disebabkan oleh merkuri adalah  dari Amadeus Mozart, yang diberi pil merkuri untuk mengobati penyakit sifilis nya.

 

5. Racun Tetrodotoxin

Zat racun tetrodotoxin ini biasa di temukan di tubuh hewan laut, yaitu gurita cincin biru dan juga ikan puffer atau ikan buntal.  Namun zat racun dari gurita cincin biru yang paling berbahaya, karena hewan ini bisa menyuntikan racun tersebut, dan dalam hitungan menit saja mampu membunuh dengan cepat.

Racun dari Gurita Cincin Biru mampu membunuh 26 orang dewasa hanya dalam waktu beberapa menit saja, dan gigitan dari gurita ini pun sangat menyakitkan, efeknya akan menyebabkan tubuh seseorang menjadi lumpuh dan akhirnya menyebabkan kematian.

Sedangkan racun yang berasal dari Ikan Puffer atau Ikan Buntal akan membawa efek yang mematikan apabila anda memakan ikan ini, namun konon apabila anda bisa mengeluarkan racun dari ikan buntal ini sebelum anda memakannya anda bisa selamat, namun bagaimanapun itu tetap akan beresiko bagi anda.

 

6. Racun Polonium

Racun Polonium adalah racun yang berasal dari zat radioaktif, racun ini membunuh secara perlahan dan akan sangat sulit di obati.  Satu gram dari racun Polonium yang menguap di udara mampu membunuh sekitar 1,5 juta orang hanya dalam beberapa bulan saja.

Kasus yang paling terkenal dengan racun ini adalah saat mantan mata-mata Rusia yaitu Alexander Litvinenko terkena racun ini, dimana di temukan racun polonium dalam cangkir tehnya, diketahui racun yang terkandung dalam cangkir tehnya tersebut 200 kali lebih besar dari dosis yang dapat mematikan, dan dalam waktu 3 minggu kemudian akhirnya dia meninggal dunia.

 

7. Racun Sianida

Racun Sianida ini sangat populer dan juga terkenal, dahulu banyak di gunakan oleh seorang mata-mata, dan meminum pil sianida untuk bunuh diri apabila tertangkap.

Racun Sianida banyak di temukan pada zat seperti almond, biji apel, kernel aprikot, asap tembakau, insektisida, pestisida dll.

Dosis paling fatal dari racun sianida bagi manusia adalah 1,5 mg per kilogram dari berat badan, dan hal ini dapat menyebabkan kematian dalam waktu 1 hingga 15 menit saja.

Selain itu Sianida juga sangat berbahaya dalam bentuk gas, hidrogen sianida dahulu di gunakan oleh Nazi Jerman untuk melakukan pembunuhan massal, dimana korban di letakan didalam kamar ber-gas sianida, pembunuhan ini dilakukan pada saat perang dunia II.

Kasus paling terkenal di Indonesia adalah, saat pembunuhan yang dilakukan Jessica terhadap Mirna di sebuah kafe di jakarta, dimana Jessica terbukti bersalah meletakan racun sianida kedalam kopi Mirna yang menyebabkan kematian pada Mirna.

 

8. Botulinum Toxin

Apabila anda pernah menonton film Sherlock Holmes, tentu anda akan tahu tentang racun Botulinum yang satu ini, racun ini bisa menyebabkan Botulisme, yaitu kondisi yang sangat fatal jika tidak segera di obati.  Racun ini  dapat menyebabkan kelumpuhan otot yang akhirnya mengarah pada kelumpuhan sistem pernafasan dan tentunya akan berakibat kematian.

Racun ini bisa masuk kedalam tubuh manusia melalui bakteri atau dengan cara menelan makanan yang terkontaminasi dengan racun ini.

 

9. Racun Arsenik

Racun Arsenik di sebut sebagai “Rajanya Racun”, karena racun ini sangat berbahaya dan juga sangat mematik, racun ini hampir sulit untuk terdeteksi, sehingga sangat sering di gunakan untuk senjata dan juga alat untuk membunuh.

Racun ini bisa di larutkan keadalam air, makanan dan juga sejenisnya, sudah banyak kasus kematian yang disebabkan oleh racun ini, salah satunya yang paling terkenal adalah Napoleon Bonaparte dan Simon Bolivar, dimana mereka meregang nyawa akibat racun ini.

 

source : http://www.adasaja.net/2017/01/9-jenis-racun-paling-mengerikan-dan-mematikan-bagi-manusia.html

Save

Save

Save

Save

Facebook Comments

Baca Juga