Aneka Makanan Korea Dengan Rasa Yang Super Lezat Dan Wajib Kalian Coba

4 bulan lalu

Korea Selatan dikenal memiliki idol kpop dan artis-artis yang cantik-cantik dan juga tampan. Selain dikenal memiliki idol kpop, Korea Selatan juga memiliki banyak hal menarik lainnya seperti fashion, keindahan alam, tempat wisata dan makanan. Korea Selatan bisa dibilang sangat pintar mempromosikan negaranya sehingga banyak orang yang ingin mengunjungi negera ini. Seperti halnya makanan, disadari atau tidak dalam setiap drama pastinya ada saja makanan khas yang menyelip disana dan hal ini pun membuat kita yang menontonnya jadi tertarik untuk mencobanya juga. Di Korea Selatan ada banyak sekali makanan yang enak-enak yang wajib sekali dicoba, kira-kira makanan Korea Selatan apa saja yang lezat-lezat? Berikut daftarnya

1. Yangnyeom-tongdak

Makanan Korea Dengan Rasa Yang Super Lezat - Yangnyeom-tongdak

Photo via : http://www.cknia.com

Yangnyeom-tongdak adalah salah satu makanan enak Korea yang berupa ayam goreng yang memiliki rasa pedas, manis dan diatasnya ditaburi dengan biji wijen. Ayam goreng ini berbeda dari ayam goreng lainnya karena ayam goreng ini disiram dengan saus khas Korea yang nikmat. Bahan utama yang digunakan untuk membuat sausnya yaitu gochujang, sehingga tidak heran ayam goreng ini memiliki warna yang merah dan menggiurkan.

2. Nakji Bokkeum

Makanan Korea Dengan Rasa Yang Super Lezat - Nakji Bokkeum

Photo via : http://gmarket.co.kr

Buat kamu yang menyukai olahan seafood kamu bisa mencoba makanan satu ini yaitu nakji bokkeum. Makanan satu ini paling banyak diburu wisatawan yang berkunjung ke Korea Selatan. Nakji Bokkeum ini menggunakan bahan atama gurita dengan bumbu yang terdiri dari kecap, minyak wijen, merica dan bawang putih. Namun buat kamu yang menyukai rasa pedas kamu bisa mencoba nakji bokkeum yang menggunakan chungyang gochu.

3. Bulgogi

Makanan Korea Dengan Rasa Yang Super Lezat - Bulgogi

Photo via : https://meatboxbc.com

Bulgogi adalah olahan daging yang berasal dari Korea, dimana daging yang digunakan adalah daging sirloin atau bagian daging sapi pilihan. Untuk bumbunya sendiri menggunakan campuran kecap asin dan gula dan sedikit rempah-rempah lainnya tergantung dari daerah di Korea. Bulgogi ini dapat kita temukan di restoran-restoran yang menjual makanan Korea.

4. Mudfish Soup

Makanan Korea Dengan Rasa Yang Super Lezat - Mudfish Soup

Photo via : https://www.youtube.com

Mudfish Soup atau Chueo-tang adalah salah satu makanan yang terbuat dari pond loach, ikan air tawar. Makanan ini sering menjadi hidangan utama dalam perjamuan untuk orang tua. Cara membuatnya yaitu ikan tersebut direbus dalam air sampai sangat empuk dan diayak untuk menghilangkan tulang dan kulit. Dagingnya kemudian diayak bersama kaldu sapi atau ayam yang kemudian direbus kembali dan dibumbui dengan gochujang, doenjang, parutan jahe dan lada hitam bubuk selain itu terdapat juga bahan lainnya sebagai pelengkap.

5. Dotori-muk

Makanan Korea Dengan Rasa Yang Super Lezat - Dotori-muk

Photo via : http://www.10000recipe.com

Dotori-muk adalah makanan Korea yang terbuat dari jelly yang berwarna coklat yang berasal dari sari biji pohon ek. Dimana jelly ini dipotong kecil-kecil dan dicampr dengan berbagai macam sayuran seperti lettuce, bawang bombai, daun bawang, zucchini, cabai hijau dan cabai merah besar dan saus yang terdiri dari kecap, gula atau madu, cabai bubuk, bawang putih dan minyak wijen. Makanan ini biasanya disajikan pada saat musim gugur.

6. Naengmyeon

Makanan Korea Dengan Rasa Yang Super Lezat - Naengmyeon

Photo via : http://www.ohfun.net

Naengmyeon adalah salah satu makanan khas Korea yang sudah ada sejak zaman dinasti Joseon. Jika dulu makanan ini dapat disantap pada saat musim dingin, tapi saat ini makanan ini banyak disantap pada saat musim panas tiba. Makanan ini terbuat dari mie gandum yang disajikan dengan kuah kaldu sapi dan ditambah dengan es batu. Selain itu ada pun pelengkapnya seperti potongan buah pir, lobak, ketimun dan telur rebus.

7. Bossam

Makanan Korea Dengan Rasa Yang Super Lezat - Bossam

Photo via : https://anywater.net

Bossam adalah salah satu jenis ssam dalam masakan Korea yang berupa daging babi yang direbus dan dimakan setelah diatasnya diberi kimchi dan dibungkus dengan daun selada. Makanan ini biasanya dilengkapi dengan saus, ssamjang, bawang putih mentah, irisan bawang bombay atau tiram segar. Untuk dagingnya sendiri menggunakan daging babi bagian perut yang direbus dengan jahe dan bawang putih, bau amis dari dagingnya dihilangkan dengan merebusnya bersama-sama dengan garam, merica, cheongju, doejang, daun bawang, lobak dan bawang bombay. Untuk kimchi yang digunakan untuk bossam bisa dibilang khusus yang bernama bossam kimchi. Kimchi ini ditambah bahan berkualitas seperti gurita, udang dan tiram.

8. Japchae

Makanan Korea Dengan Rasa Yang Super Lezat - Japchae

Photo via : http://www.10000recipe.com

Siapa yang tidak mengetahui makanan Korea satu ini yaitu Japchae, makanan ini sering sekali muncul di drama-drama Korea. Japchae adalah makanan yang menggunakan sohun yang terbuat dari ubi jalar dan dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Sayuran yang biasaya digunakan seperti wortel, paprika, jamur shitake, bawang bombay dan spinacia dimana bahan tersebut di potong memanjang dan ditumis secara terpisah untuk mempertahankan rasa dan aromanya. Untuk bumbunya sendiri menggunakan bawang putih, kecap asin dan gula pasir ditumis dengan minyak wijen bersama daging sapi.

9. Dakgalbi

Makanan Korea Dengan Rasa Yang Super Lezat - Dakgalbi

Photo via : https://amyzzung.tistory.com

Dakgalbi atau ayam tumis pedas merupakan makanan yang populer, makanan ini dibuat dengan daging ayam yang dipotong dadu. Sebelumnya daging ayam ini sudah diasinkan dalam rendaman saus gochujang dan dicampur dengan ubi jalar, kol, daun perila, daun bawang, tteok dan lainnya. Makanan ini biasanya disantap dengan selada dan daun perila untuk membungkus dakgalbi.

10. Galbi

Makanan Korea Dengan Rasa Yang Super Lezat - Galbi

Photo via : http://www.10000recipe.com

Galbi adalah salah satu makanan Korea yang berupa daging iga sapi panggang yang dipotong pendek-pendek. Galbi bisa dibumbui atau dimasak tanpa bumbu, jika dibumbui biasanya daging iga direndam dalam saus yang terbuat dari sari buah pir asia, arak beras, kecap asin, bawang putih, minyak wijen dan gula. Cara menyantapnya yaitu dagingnya dibungkus dengan daun selada, daun perila atau sayuran lainnya dan dicelupkan ke dalam ssamkang yaitu saus yang terbuat dari campuran pasta kacang kedelai dan cabai merah.

11. Seolleongtang

Makanan Korea Dengan Rasa Yang Super Lezat - Seolleongtang

Photo via : http://www.서민상회.com

Seolleongtang adalah sup yang terbuat dari kaldu tulang sapi yang direbus dalam waktu lama. Selain tulang sapi, sup ini juga terdapat bagian lainnya seperti kaki, kepala, rusuk dan usus yang direbus dalam waktu yang lama sehingga supnya berwarna putih susu. Untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada sapi ditambahkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan jahe. Untuk mendapatkan seolleongtang yang cocok, harus direbus dengan takaran air yang cukup dan nyala api yang kecil dan semakin lama seolleongtang direbus maka semakin gurih dan kaya akan kandungan gizinya.

12. Maeuntang

Makanan Korea Dengan Rasa Yang Super Lezat - Maeuntang

Photo via : https://twitter.com/youngok0206

Maeuntang adalah sup ikan pedas khas Korea yang direbus dengan saus gochujang. Makanan ini menggunakan ikan air tawar atau laut segar yang direbus bersama saus gochujang, gochugaru (bubuk cabai), sayur hijau seperti selada air, ssuk-gat serta bawang, lobak, dagingg sapi, cabai, zucchini, tahu dan bumbu lainnya.

13. Samgyetang

Makanan Korea Dengan Rasa Yang Super Lezat - Samgyetang

Photo via : http://news.ebs.co.kr

Samgyetang adalah sup ayam ginseng Korea dimana sup ini berisi ayam muda utuh yang direbus dengan api kecil selama 2-3 jam hingga daging empuk. Sup ini dimakan dengan tambahan merica, garam dan kimchi yang disediakan diatas meja. Karena direbus sangat lama sehingga dagingnya mudah lepas dari tulang. Untuk kuahnya sendiri biasanya tidak dihabiskan semua dan biasanya dimasukan nasi ke dalam supnya tersebut. Bahan dari samgyetang ini terdiri dari kastanye, kacang cemara, buah jujube kering, bawang putih, daun bawang, jahe dan tak lupa ginseng.

14. Jjamppong

Makanan Korea Dengan Rasa Yang Super Lezat - Jjamppong

Photo via : http://egloos.zum.com

Jjamppong adalah mie kuah pedas Korea yang dicampur dengan makanan laut dan gochugaru (bubuk cabai). Mie yang digunakan untuk jjamppong ini terbuat dari tepung gandum. Makanan ini juga kerap muncul di dalam drama Korea dan hampir kebanyakan restoran menyediakan jjampong dengan rasa pedas.

15. Budae Jjigae

Masakan Korea Enak dan Lezat - Budae Jjigae

Photo via : foodnetwork.com

Budae Jjigae atau sup pangkalan militer adalah masakan Korea yang terbuat dari sup yang dimasak dengan ham dan daging kalengan. Makan ini berawal saat berakhirnya perang Korea dan ketika itu rakyat kekurangan bahan pangan dan mereka pun memanfaatkan kelebihan bahan makanan dari pangkalan militer Amerika Serikat yang berupa daging kalengan dan ham. Bahan tersebut dikombinasikan dengan bumbu khas Korea seperti gochujang dan merebusnya. Saat ini ada banyak variasi dengan menambahkan bahan-bahan seperti sayuran, jamur, mie, tteok, kimchi, makaroni, keju dan lainnya.

16. Samgyeopsal

Masakan Korea Enak dan Lezat - Samgyeopsal

Photo via : http://hub.zum.com

Samgyeopsal adalah salah satu makanan Korea yang berupa panggangan daging babi yang berlemak dan tebal. Biasanya dagingnya ini tidak diberi bumbu dandipanggang sendiri diatas pemanggangan yang sudah tersedia di ruang makan di restoran. Cara memakannya pun biasanya bersama dengan daun selada dan irisan bawang putih mentah, selain itu sering juga disajikan bersama daun perilla, irisan cabai hijau, irisan daun bawang, irisan bawang bombay dan kimchi. Tak hanya itu saja, terkdang bawang putih, bawang bombay dan kimchi ikut dipanggang bersama daging.

17. Kalguksu

Masakan Korea Enak dan Lezat - Kalguksu

Photo via : http://gmarket.co.kr

Kalguksu adalah mie kuah Korea dimana mienya dibuat dengan tangan, bahan yang digunakan untuk membuat mie ini yaitu tepung gandum. Untuk kuahnya sendiri biasanya menggunakan air rebusan ayam, namun ada juga yang menggunakan air rebusan ikan anchovy dan ada juga yang menggunakan kerang sebagai bahan membuat kaldu. Mie ini juga dihidangkan dengan potongan dagi diatasnya.

18. Ganjang Gejang

Masakan Korea Enak dan Lezat - Ganjang Gejang

Photo via : http://blog.daum.net

Ganjang Gejang adalah salah satu makanan laut mentah yang direndam dengan kecap asin. Makanan ini juga disebut dengan pencuri nasi karena jika sudah menikmati makanan ini kalian tidak akan sadar sudah menghabiskan banyak nasi. Makanan ini juga banyak yang menyukainya tapi buat orang asing makanan ini dikatakan aneh.

19. Sundubu-Jjigae

Masakan Korea Enak dan Lezat - Sundubu-Jjigae

Photo via : https://imglogy.com

Sundubu-Jjigae adalah makanan yang bahan utamanya menggunakan tahu sutera, selain itu ada juga bahan lainnya seperti kerang, jamur, jeotgal dan telur rebus. Untuk kuahnya sendiri dibumbui dengan kecap asin dan disajikan panas-panas di dalam ttukbaegi. Makanan ini lebih banyak disukai orang tua karena memiliki tekstur makanan yang lembut dan enak.

20. Kongguksu

Masakan Korea Enak dan Lezat - Kongguksu

Photo via : http://cn.ccckorea.com

Kongguksu adalah makanan Korea yang terdiri dari mie kuah kacang kedelai dingin. Kuahnya sendiri terbuat dari kedelai putih yang dihaluskan dan memiliki ciri khas rasa manis dan kandungan protein yang tinggi. Makanan ini biasanya dinikmati pada saat musim panas.

21. Gamjatang

Masakan Korea Enak dan Lezat - Gamjatang

Photo via : https://m.post.naver.com

Gamjatang adalah makanan Korea yang berupa sup pedas dengan isian kentang dan juga daging babi, selain itu makanan ini juga berisi sayuran. Karena makanan ini panas dan pedas sehingga sangat nikmat jika disantap pada saat musim dingin untuk menghangatkan tubuh.

22. Gopchang

Masakan Korea Enak dan Lezat - Gopchang

Photo via : https://deskgram.net

Gopchang adalah salah satu makanan khas Korea yang berasal dari usus binatang ternak seperti ayam, sapi atau babi yang dipanggang. Dulu makanan ini sangat sedikit penggemarnya, namun setelah salah satu artis Korea memakannya. Gopchang pun menjadi viral di Korea dan membuat makanan ini menjadi laris di seluruh Korea.

23. Haejangguk

Masakan Korea Enak dan Lezat - Haejangguk

Photo via : https://fryeee.tistory.com

Haejangguk adalah makanan dimana pada zaman dulunya dimakan untuk menyadarkan diri dari rasa mabuk akibat minum sul sehingga dinamakan sulguk juga. Dengan seiring berjalannya waktu, makanan ini dikenal sebgai hidangan populer di malam hari. Makanan ini memiliki cara masak yang berbeda di setiap daerahnya, seperti halnya di Seoul makanan ini ditambah dengan doenjang, tulang sapi, kol cina dan darah segar. Di Jeonju, makanan ini dimasak dengan kecambah dan kuah dari kaldu, telur dan jeotgal.

24. Kimchi Jjigae

Masakan Korea Enak dan Lezat - Kimchi Jjigae

Photo via : http://www.zipbanchan.co.kr

Kimchi Jjigae adalah makanan yang berupa sup pedas yang direbus di dalam panci bersama kimchi dan air dari kimchi. Makanan ini biasanya dilengkapi dengan sayuran seperti sawi putih, daun bawang, tahun dan makanan laut atau daging babi. Makanan ini biasnaya disajikan bersama dengan nasi hangat dan makanan ini juga sering dibuat di rumah karena bahan-bahannya sangat mudah di dapat.

25. Dubu Kimchi

Masakan Korea Enak dan Lezat - Dubu Kimchi

Photo via : https://m.blog.naver.com

Dubu Kimchi adalah makanan yang terdiri dari tumisan kimchi dan tahu putih, makanan ini cukup populer di Korea dan biasanya dimakan sebagai anju. Makanan satu ini terbilang cukup sederhana karena bahannya pun tidak terlalu banyak hanya kimchi dan tahu putih saja.

26. Gyeran Jjim

Masakan Korea Enak dan Lezat - Gyeran Jjim

Photo via : https://www.youtube.com

Gyeran Jjim adalah salah satu makanan yang berupa telur yang dikukus, cara membuatnya pun cukup mudah. Kocok telur bersama dengan air sampai campuranya benar-benar seperti krim, namun terkadang kaldu rumput laut atau ikan teri bisa digunakan sebagai ganti air. Lalu tambahkan jamur, kacang polong, bawang bombay, zucchini, worel dan sayuran lainnya sesuai selera. Untuk bumbunya sedniri bisa dibumbui dengan saeu-jeot(udang asin), myeongnan-jeot (roe pollock asin) atau garam dan lada hitam saja. Sebelum dihidangkan biasanya diatasnya diberi daun bawang, gochugaru dan biji wijen panggang.

Baca Juga