Inilah Kriteria Dan Ciri Utama Cinta Sejati

7 hari lalu

ciri utama cinta sejati

Setiap orang bisa dengan mudah menemukan cintanya, namun untuk cinta sejati sangatlah sulit untuk ditemukan. Pasalnya cinta sejati itu bukan sekedar “aku cinta kamu” belaka guys. Arti cinta sejati yang paling sederhana adalah cinta yang sempurna. Yang mana, arti sempurna di sini bukan hanya tentang kesempurnaan atau keutuhan saja, tetapi justru lebih kepada dapat menerima kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh pasangan masing-masing dalam menjalin hubungan cinta.

Setiap manusia pasti berharap dapat menemukan cinta sejatinya pada pasangan mereka masing-masing. Berharap bisa terus hidup bahagia bersama sampai maut memisahkan. Namun seperti apa kriteria dan ciri utama cinta sejati tersebut? Buat kamu sang pencari cinta sejati, berikut Blog Unik rangkumkan buat kalian. Check this out guys!

1. Cinta sejati itu rela berkorban

Ciri Utama Cinta Sejati - Rela Berkorban

photo via : colorare.ynccf.net

Cinta sejati juga rela berkorban sekalipun itu berat dan menyakitkan. Pengorbanan yang besar tidak akan terasa seberapa jika bersungguh-sungguh mencintai pasangan. Rasa rela berkorban untuk pasangan juga merupakan cara yang dapat dilakukan untuk membuktikan cinta sejati yang dimiliki. Hal ini biasanya berkaitan erat dengan ego dan emosi masing-masing. Jadi, apabila cintamu terhadapnya memang sejati, maka cobalah untuk meredam ego dan emosi diri sendiri terhadapnya. Salah satunya ialah dengan cara mengalah terhadapnya karena itu merupakan wujud dari sikap berkorban demi pasangan yang paling sederhana. Bahkan ada beberapa kasus cinta sejati yang rela mengorbankan nyawanya untuk menyelamatkan cinta sejatinya.

2. Cinta sejati itu mencintai apa adanya

Ciri Utama Cinta Sejati - Mencintai apa adanya

photo via : www.bustle.com

Kriteria dan ciri cinta sejati selanjutnya adalah mampu menerima apa adanya. Cinta yang tulus dari hati tidak akan memandang fisik dan materi karena mereka benar-benar mencintai kamu apa adanya. Entah itu merupakan kelebihan atau kekurangan yang kamu miliki, mau kamu cacat, hitam, jelek ataupun gendut. Baginya, Kamu tetap merupakan manusia paling sempurna yang memang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri dalam membuatnya jatuh cinta kepadamu.

3. Cinta sejati adalah sebuah pengertian

Ciri Utama Cinta Sejati - Pengertian

photo via : unrealitymag.com

Cinta sejati juga bisa ditunjukan dengan rasa saling pengertian. Kamu tahu semua kebiasaan buruknya, begitupun juga sebaliknya. Semua berjalan normal dan tak ada yang ditutup-tutupi. Kamu dapat menerima dan mengerti karakter aslinya seperti apa. Begitulah saat cinta sejati bertemu, karena mereka sudah paham kedalaman hati masing-masing, dan tak ada yang perlu disembunyikan lagi.

4. Cinta sejati itu tidak memiliki alasan dan tidak bersyarat

Ciri Utama Cinta Sejati - Tidak Bersyarat

photo via : michigancougar.com

Seseorang yang memiliki cinta sejati pada pasangannya tidak akan bisa menjawab kenapa dia mencintai pasangannya. Sebab dia tidak memiliki alasan dan jawaban akan hal itu. Yang dirinya tahu bahwa pasangannya adalah satu-satunya orang yang ia cintai dan ada dihatinya.

Cinta sejati juga tak mengenal syarat dan ketentuan. Banyak orang yang saat mencari cinta menentukan kriteria seperti pasangan yang tampan, kaya, setia, humoris dll. Namun cinta sejati tak perlu semua kriteria tersebut. Sebab kriteria cinta sejati adalah tanpa syarat dan ketentuan.

5. Cinta sejati itu setia pada pasangan hidupnya

Ciri Utama Cinta Sejati - Setia

photo via : http://www.rolereboot.org

Pernah mendengar kisah Romeo dan Juliet? Nah itu adalah salah satu kisah cinta sejati yang menyayat hati. Namun kamu gak perlu sampai bunuh diri untuk tetap bersama demi menunjukkan cinta sejati kamu. Sebab cinta sejati dapat ditunjukkan dengan rasa setia terhadap satu sama lain. Nah setia ini bisa ditunjukan dengan kamu selalu ada disisinya disaat dirinya sedang terpuruk. Masih setia bersamanya meskipun dirinya berubah dari segi fisik, masih setia meskipun dirinya selalu menyusahkan dirimu. Dan kesetiaan dirimu bertahan hingga kalian menua dan hanya maut yang memisahkan kalian. Nah itu baru cinta sejati.

6. Cinta sejati tidak harus memiliki

Ciri Utama Cinta Sejati - Tidak harus memiliki

photo via : www.straitstimes.com

Seperti halnya cinta sejati yang harus rela berkorban demi pasangan, cinta sejati juga tidak harus memiliki satu sama lain. Meskipun cinta mati, namun kamu gak harus menikah dan menjalin hubungan dengannya. Pasalnya seseorang yang memiliki cinta sejati pada pasangannya akan rela melepaskan pasangannya pergi dengan orang lain, bila bersamanya pasangannya tersebut tidak bahagia. Dan dia akan bahagia melihat pasangannya bahagia meskipun bahagianya bukan bersamanya melainkan bersama orang lain.

7. Cinta sejati itu tidak menjerumuskan

Ciri Utama Cinta Sejati - Tidak menjerumuskan

photo via : www.lovepanky.com

Cinta sejati itu tidak akan menjerumuskan. Seseorang yang memiliki cinta sejati pada pasangannya akan selalu menghormati dan menghargai pasangannya. Dia tidak akan pernah mau berbuat hal “dosa” bersama pasangannya sebelum sah menikah. Dia akan selalu menjaga dan memberikan hal yang terbaik bagi pasangannya. Seseorang yang memiliki cinta sejati mampu menolak dengan tegas permintaan pasangannya yang tidak baik dan menyetujui dengan mudah jika itu baik untuk pasangannya. Intinya dia yang menjadi cinta sejatimu akan menunjukkan dan memberikan sikap positif. Dia tidak pernah mengajakmu untuk melakukan hal-hal buruk yang menentang norma dan nila-nilai agama. Orang yang seperti ini bisa menjadi ciri dari cinta sejatimu.

8. Cinta sejati itu sebuah ikatan lahir dan batin

Ciri Utama Cinta Sejati - Sebuah ikatan lahir bathin

photo via : www.self.com

Ikatan cinta yang dijalin oleh pasangan dikatakan sejati apabila ikatan tersebut menimbulkan keterikatan yang tinggi satu sama lain, baik lahir maupun batin. Bahkan ikatan yang tinggi terkadang membuat pasangan menjadi mengerti kemauan atau maksud dari pasangannya walaupun tanpa harus disampaikan melalui kata-kata atau isyarat lainnya. Selain itu, ikatan lahir dan batin yang kuat dalam cinta sejati pasti tidak akan lagi mempersoalkan masalah kekurangan yang dimiliki oleh pasangannya masing-masing. Justru kekurangan tersebut menjadi kekuatan untuk berusaha saling melengkapi.

9. Cinta sejati tidak akan mengekang

Ciri Utama Cinta Sejati - Tidak mengekang

photo via : http://www.liberallylean.com

Orang yang tulus mencintaimu dan sebagai cinta sejatimu dia tidak akan menekanmu sehingga membuatmu merasa tertekan dengan peraturan yang dia buat. Dia justru akan memberikan kebebasan kepadamu. Dia tidak akan melarangmu untuk berkumpul dengan teman-temanmu, dia tidak akan melarangmu melakukan hobimu, dia tidak akan melarangmu untuk melakukan hal-hal positif lainnya. Kebebasan yang diberikan kepadamu merupakan wujud dari kepercayaan dan juga rasa kasih sayang yang dia miliki untukmu.

10. Perasaan cinta tak pernah berkurang

Ciri Utama Cinta Sejati - Perasaan cinta tidak pernah berkurang

photo via : www.aarp.org

Banyak kasus dimana dalam hubungan kekasih, rasa cinta semakin lama semakin berkurang. Hal ini bisa saja terjadi karena rasa bosan, kesalahan yang tak termaafkan, karakter asli yang tak bisa diterima satu sama lain hingga perbedaan pendapat yang dapat mengakibatkan perpisahan. Hal itu bisa saja terjadi dalam hubungan cinta biasa.

Namun dalam cinta sejati hal-hal yang tadi disebutkan tidak akan pernah terjadi. Sebaliknya seseorang yang memiliki cinta sejati pada pasangannya akan semakin mencintai pasangannya dari waktu ke waktu. Rasa cintanya pada sang kekasih akan terus bertambah. Walau bagaimanapun sikap dan kepribadian asli sang kekasih ia akan menerima hal tersebut dengan tulus karena dia mencintai kekasihnya apa adanya.

Nah itu dia beberapa ciri dan kriteria cinta sejati yang wajib kamu ketahui. Bagaimana apa kalian mengalaminya selama menjalin hubungan cinta dengan seseorang? Jika iya, bisa dipastikan rasa cinta yang kamu padanya adalah cinta sejati.

Facebook Comments

Baca Juga