15 Anime Detektif Terbaik Yang Menarik Ditonton

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Animasi asal Jepang atau yang dikenal dengan nama anime ini memang banyak sekali digemari. Ada beragam genre yang disuguhkan, tapi salah satu genrenya yang banyak disukai yaitu detektif.

Berbicara tentang detektif, tentunya tak lepas dari sosok yang cerdas dan jenius. Tapi ada juga yang digambarkan sebagai sosok yang aneh, pemalas dan terkesan bodoh. Dalam anime detektif ini, para penonton juga seolah-olah diajak untuk fokus menemukan bukti dan petunjuk yang nantinya digunakan untuk menebak siapa pelaku dibalik kejahatan tersebut.

Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi anime detektif terbaik yang menarik untuk ditonton. Apa saja itu? Berikut ini daftarnya.

1. Detektif Conan (1996)

Anime Detektif Terbaik

photo via myanimelist.net

Dari dulu hingga saat ini Detektif Conan masih menjadi salah satu anime detektif favorit banyak orang. Anime ini bercerita mengenai detektif SMA bernama Shinichi Kudo yang tubuhnya menjadi kecil ketika menyelidiki sebuah organisasi misterius.

Semenjak kejadian itu, Shinichi menggunakan identitas Conan Edogawa yang terinspirasi dari Arthur Conan Doyle dan Ranpo Edogawa.

Meskipun tubuhnya mengecil, itu tidak menghentikan Conan untuk memecahkan berbagai misteri di kotanya. Untuk memecahkan kasus tersebut ia pun memanfaatkan detektif Kogoro Mouri dengan meniru suara dari ayah teman masa kecilnya itu dan berbagai karakter lainnya yang ia tiru. Meskipun anime ini sudah sangat tua dan kuno, namun ceritanya masih seru untuk ditonton.

2. Detective Kindaichi (2000)

Anime Detektif Terbaik

photo via myanimelist.net

Penampilan Hajime Kindaichi yang tidak teratur dan sifatnya yang lemah memberikan kesan siswa SMA pada umumnya, namun sebuah buku tidak boleh dinilai dari sampulnya.

Hajime adalah cucu dari pria yang pernah menjadi detektif terhebat du Jepang dan kini ia juga menjadi seorang detektif yang luar biasa.

Dengan bantuan sahabatnya yaitu Miyuki Nanase dan inspektur Isamu Kenmochi, ia melakukan perjalanan ke pulau-pulau terpencil serta kota-kota.

Misi hidupnya adalah untuk mengungkap kebenaran di balik beberapa misteri paling licik, melelahkan dan mengganggu yang pernah dihadapi dunia.

3. Detective School Q (2004)

Anime Detektif Terbaik

photo via myanimelist.net

Anime detektif terbaik selanjutnya yang bisa kamu tonton yaitu Detective School Q. Kyuu adalah laki-laki biasa yang memiliki kemampuan logika dan penalaran, ia memutuskan untuk tidak melanjutkan ke SMA.

Sebenarnya ia ingin menjadi seorang detektif, kemudian Kyuu mengetahui tentang keberadaan Detective School (DDS). Di sekolah ini bersama Megumi, Minami, Kintaro Toyama, Kazuma Narusawa dan Ryu Amakusa menangani banyak kasus kejahatan dan konflik dengan organisasi kriminal bernama Meiosei.

4. Death Note (2007)

Anime Detektif Terbaik

photo via myanimelist.net

Selain Detective Conan, Death Note juga menjadi salah satu anime yang banyak disukai orang-orang. Death Note ini menceritakan tentang pembunuhan brital, pencurian kecil-kecilan dan kekerasan yang tidak masuk akal mencemari dunia manusia. Sebaliknya, alam dewa kematian adalah sarang perjudian yang membosankan dan tidak berubah.

Diceritakan siswa Jepang berusia 17 tahun yang cerdik bernama Light Yagami dan dewa kematian sadis bernama Ryuk memiliki satu kenyakinan yaitu dunia mereka busuk.

Pada suatu hari Ryuk menjatuhkan “Death Note” miliknya ke dunia manusia. Light pun menemukannya dan menganggap catatan didalam buku tersebut konyol “manusia yang namanya tertulis dalam catatan ini akan mati”. Namun akibat dari godaan yang terlalu besar, Light pun mencoba menulis nama pejahat dan itu berhasil.

5. Kuroshitsuji (2009)

Anime Detektif Terbaik

photo via myanimelist.net

Diceritakan Ciel Phantomhive yang dikenal sebagai “The Queen’s Guard Dog” ia mengurus banyak kejadian yang meresahkan di Inggris. Dibantu oleh Sebastian Michaelis, Kepala Pelayan setianya dengan kemampuan yang tampaknya tidak manusiawi. Ciel menggunakan cara apapun untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Di masa lalu Ciel membuat sebuah kontrak dengan Sebastian yang merupakan iblis, ia menawar jiwanya dengan imbalan balas dendam kepada orang-orang yang bersalah padanya. Kini Sebastian bukanlah hanya seorang Kepala Pelayan hebat tapi juga pelayan yang sempurna untuk melaksanakan perintah tuannya.

Saat keduanya bekerja untuk mengungkap misteri di balik rantai kemalangan Ciel, ikatan terbentuk di antara mereka yang tidak dapat dipisahkan oleh surga maupun neraka.

6. Shinrei Tantei Yakumo (2010)

Anime Detektif Terbaik

photo via myanimelist.net

Anime bergenre horor, misteri dan supernatural ini menceritakan tentang seorang mahasiswa bernama Saitou Yakumo yang lahir dengan warna mata yang berbeda. Mata kirinya berwarna merah yang memberinya kemampuan khusus untuk melihat hantu dan roh. Yakumo percaya jika hantu dan roh terikat ke bumi karena sebab tertentu dan hanya dengan menghilangkan penyebab itu mereka akan beristirahat dengan damai.

Setelah pesta kelulusan, Ozawa Haruka dan teman-temannya pergi ke sebuah gedung sekolah untuk mengikuti tes keberanian, namun salah satu dari mereka dirasuki oleh jiwa dan dua orang lainnya bunuh diri dua hari kemudian. Demi menyelamatkan temannya, Ozawa Haruka meminta bantuan Saitou Yakumo yang memiliki indra ke-enam. Awalnya Haruka tidak ingin meminta bantuan karena ia melihat sendiri kecurangan yang dilakukan Yakumo ketika menunjukkan kemampuannya.

7. Gosick (2011)

Anime Detektif Terbaik

photo via myanimelist.net

Kazuya Kujou adalah mahasiswa asing di Saint Marguerite Academy yaitu sebuah sekolah asrama mewah di Sauville, Eropa Selatan. Ia memiliki rambut hitam dan mata coklat gelap, hal ini membuat teman-temannya menjauhinya dan memberinya julukan “Black Reaper” berdasarkan legenda urban populer tentang pengelana yang membawa kematian di musim semi.

Pada suatu hari, Kujou mengunjungi perpustakaan sekolah yang mewah untuk mencari cerita hantu. Namun fokusnya segera berubah disaat ia menjadi penasaran dengan sehelai rambut emas di tangga. Langkahnya ini membawanya ke sebuah taman besar dan seorang gadis cantik seperti boneka yang dikenal sebagai “Victorique de Blois” yang memungkinkan dia untuk memprediksi masa depan.

Sepanjang cerita, keduanya memecahkan berbagai misteri yang ada dari misteri pembunuhan diatas kapal hingga memecahkan serangkaian pembunuhan berantai.

8. Hyouka (2012)

Anime Detektif Terbaik

photo via myanimelist.net

Selanjutnya ada Hyouka sebagai salah satu anime detektif terbaik yang menarik untuk ditonton. Anime detektif slice of life ini menceritakan tentang empat anak sekolah, Oreki Houtarou yang selalu bosan dan terlihat tidak memiliki energi dan Chitanda Eru yang selalu penasaran dengan segala sesuatu.

Oreki diseret untuk memecahkan satu demi satu misteri yang ada disekolahnya, dimana ini dimulai dari klub sekolah mereka yang ternyata sudah berusia 45 tahun. Mereka berempat saling bekerja sama untuk bisa memecahkan misteri yang ada di depan mata.

9. Psycho Pass (2013)

Anime Detektif Terbaik

photo via myanimelist.net

Anime ini memiliki konsep tentang baik dan jahatnya manusia, serta alasan mengapa manusia seperti itu. Dengan sistem Sybil, para karakter di dalam anime dapat mengukur biometrik jiwa manusia untuk menilai orang-orang tertentu.

Diceritakan Akane Tsunemori merupakan seorang wanita muda yang memiliki keinginan mulia untuk menegakkan keadilan. Tapi ketika ia bekerja dengan Shinya Kougami, ia langsung mengetahui jika Sibyl tidak sesempurna yang dibayangkan.

Dengan semua yang dia ketahui, Akane bergulat dengan pertanyaan tentang apa sebenarnya keadilan itu dan apakah keadilan itu dapat ditegakkan melalui penggunaan sistem yang mungkin sudah korup.

10. Terror In Resonance (2014)

Anime Detektif Terbaik

photo via myanimelist.net

Dicat dengan warna merah dengan kata “VON” yang tertinggal setelah serangan teroris di fasilitas nuklir di Jepang. Pemerintah dihancurkan dengan ketidakmampuan mereka untuk bertindak dan polisi dibiarkan panik mencari cara untuk menindak para pelaku.

Publik tidak tahu apa-apa hingga senam bulan kemudian sebuah video aneh muncul di internet. Di dalamnya, dua remaja laki-laki yang menyebutkan diri mereka sebagai “Sphinx” menantang polisi, mengancam akan menyebabkan kehancuran dan kekacauan di Tokyo.

Kepanikan pun menyebar ke seluruh kota dan polisi putus asa mencari petunjuk dalam penyelidikan mereka. Polisi pun berjuang untuk melawan para teroris ini dengan bantuan seorang detektif bernama Kenjirou Shibazaki yang memiliki kecerdasan sebanding dengan para teroris ini.

11. Boku Dake Ga Inai Machi (2016)

Anime Detektif Terbaik

photo via myanimelist.net

Boku Dake Ga Inai Machi atau dikenal juga dengan nama Erased merupakan anime detektif yang menceritakan tentang Satoru Fujinuma seorang pengantar pizza. Tak ada seorang pun yang tau jika ia memiliki kemampuan revival, kemampuan untuk kembali ke 5 menit di masa lalu. Kemampuannya ini aktif kapanpun ia sedang berada dalam bahaya, tapi sayangnya ia tidak bisa mengontrolnya.

Namun, ketika dia secara salah dituduh membunuh seseorang yang dekat dengannya, Satoru dikirim kembali ke masa lalu sekali lagi, tetapi kali ini ke 1988, 18 tahun yang lalu.

Dia pun menyadari bahwa pembunuhan itu mungkin terkait dengan penculikan dan pembunuhan salah satu teman sekelasnya yaitu Kayo Hinazuki yang soliter dan misterius, yang terjadi ketika dia masih kecil. Ini adalah kesempatannya untuk memperbaiki keadaan.

12. Bungou Stray Dogs (2016)

Anime Detektif Terbaik

photo via myanimelist.net

Selama berminggu-minggu panti asuhan Atsushi Nakajima diganggu oleh harimau mistis. Dalang dibalik kejadian aneh ini yaitu seorang remaja berusia 18 tahun yang tiba-tiba diusir dari panti asuhan dan dibiarkan kelaparan, kehilangan tempat tinggal dan berkeliaran di kota.

Ketika kelaparan di tepi sungai, Atsushi menyelamatkan seorang pria bernama Osami Dazai yang nyaris tenggelam. Kemudian Dazai telah menyelidiki harimau tersebut. Bersama dengan Dazai, Doppo Kunikida mereka memecahkan misteri tersebut.

Ketika berbagai peristiwa aneh terjadi, Atsushi dipaksa untuk bergabung dengan perusahaan penyelidik supernatural mereka, mengambil kasus-kasus tidak biasa yang tidak dapat ditangani polisi, bersama dengan banyak rekan kerjanya yang penuh teka-teki.

13. The Beginning 5 (2018)

Anime Detektif Terbaik

photo via dafunda.com

Anime ini memiliki dua cerita yang berjalan secara bersamaan. Yang pertama tentang seorang detektif yang dipanggil untuk bertugas demi menemukan pembunuh berbahaya. Yang kedua tentang manusia super dan kekuatan supernatural-nya yang membahayakan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Anime ini memiliki banyak plot twist dan membuat penonton menebak-nebak apa yang akan terjadi.

14. The Millionaire Detective Balance: Unlimited (2020)

Anime Detektif Terbaik

photo via myanimelist.net

Anime detektif terbaik ini menceritakan tentang Daisuke Kanbe, seorang pria dengan kekayaan luar biasa yang ditugaskan ke Markas Besar Pencegahan Kejahatan Modern sebagai detektif.

Di sanalah dia bermitra dengan Haru Katou, seorang detektif manusiawi yang menghargai keadilan di atas segalanya. Keduanya bertolak belakang dan moral mereka berbenturan berkali-kali.

Haru membenci Daisuke karena menggunakan kekayaan moneter untuk menyelesaikan kasus, karena dia percaya bahwa uang bukanlah segalanya. Namun, keduanya harus menggabungkan upaya mereka untuk memecahkan misteri yang menghadang.

15. Tantei wa Mou, Shindeiru (2021)

Anime Detektif Terbaik

photo via myanimelist.net

Terakhir ada Tantei wa Mou, Shindeiru, anime ini menceritakan tentang Kimihiko Kimizuka yang menemukan dirinya secara tidak sengaja terjerat dalam berbagai kejahatan lebih dari yang dia ingat.

Suatu hari, seolah-olah itu bukan hal yang luar biasa, sekelompok pria tak dikenal menculiknya, memaksanya untuk naik pesawat dimana dia juga menghadapi pembajakan. Namun, di tengah kekacauan yang terjadi, Kimizuka bertemu dengan wanita cantik berambut perak bernama Siesta, yang kemudian menyelamatkan hari itu.

Mengaku sebagai detektif legendaris, Siesta meminta Kimizuka menjadi sidekick-nya. Meskipun Kimizuka menolak pada awalnya, tapi dengan desakan Siesta dia akhirnya bergabung dengannya. Ini menandai dimulainya petualangan besar yang mencakup seluruh dunia, mencegah berbagai ancaman yang dapat menyebabkan malapetaka bagi umat manusia di sepanjang jalan.

Sayangnya, setelah tiga tahun kebersamaan mereka yang tak terduga namun menyenangkan, Siesta tiba-tiba meninggal. Bingung, Kimizuka mencoba untuk meninggalkan semua kenangan tentang dirinya, tapi saat ia mulai bertemu lebih banyak orang, tampaknya pengaruh Siesta tidak akan pernah benar-benar mati.

Itulah deretan anime detektif terbaik yang menarik untuk ditonton. Dari deretan anime detektif diatas, kira-kira mana yang ingin kamu tonton saat ini?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *