Apa itu IG TV dan Bedanya dengan Youtube



Salah satu jejaring sosial media dalam bentuk aplikasi yakni Instagram, baru – baru ini mengeluarkan fitur terbarunya yang disebut IG TV. IG TV sendiri merupakan sebuah fitur dalam aplikasi Instagram yang memungkinkan para penggunanya untuk mengupload dan menonton video dengan dengan durasi lebih dari 1 jam. Jika pada fitur sebelumnya pada aplikasi IG yakni Insta Story, pengguna IG mampu mengirimkan video dengan durasi kurang lebih 15 detik saja.

Fitur IG TV sendiri saat ini telah diimplementasikan oleh para pengembang, hanya saja mungkin belum dapat dinikmati oleh semua user atau pengguna Instagram saat ini. Namun sedikit demi sedikit tentu saja semua user akan bisa menggunakan fitur baru dari Instagram ini.

Untuk Fitur IG TV ini bisa di coba dengan menekan menu IG TV pada aplikasi Instagram yang mana saat membukanya, kamu akan langsung disuguhi dengan video yang dapat dimainkan secara langsung. Sama seperti Tv pada umumnya, video yang berada dalam  IG TV ini akan langsung dimainkan tanpa harus menekan tombol play terlebih dahulu.

photo via : www.entrepreneur.com

Di dalam IG TV ini juga terdapat channel – channel yang dapat dipilih dan di tonton layaknya chanel televisi. Fitur baru dari Instagram ini mungkin bisa dibilang sudah banyak dimiliki oleh aplikasi berbasis video seperti Youtube dan juga Vimeo. Namun tentu saja ada sedikit perbedaan antara keduanya. Berikut in adalah beberapa perbedaan antara IG TV dengan Youtube.

1. Format Video

JIka dibandingkan dengan Youtube, IG TV menggunakan format video vertikal dengan aspek ration 9 : 16. Jadi jika di IG TV kita tidak dapat mengupload video dengan format horizontal. Sedangkan untuk Youtube sendiri, para pengguna bebas mengunggah jenis video apapun, baik vertikal maupun horizontal. Namun utnuk youtub sendiri format video yang bagus tentu saja menggunakan video yang horizontal, karena jika video vertikal akan ada space hitam pada bagian kiri dan kanan dari video

2. Penyatuan platform

Seperti yang sudah diketahui, Instagram merupakan bagian dari Facebook, maka setiap video yang diupload ke IG TV dapat serta merta tampil dalam highlight bagian profil pengguna baik itu di Instagram maupun di Facebook. Selain itu, pengguna IG juga diberikan opsi pilihan apabila video yang ia buat ingin diletakkan di bagian halaman Facebook ataupun tidak.

Sedangkan untuk Youtube sendiri, tidak memiliki fasilitas seperti itu yang mampu membuat konten videonya menyatu dengan aplikasi ataupun sosial media lainnya. Meskipun Youtube bisa membuat penggunanya membagikan video yang mereka unggah sebelumnya pada perangkat lainnya dengan fitur embed yang dimiliki atau cukup dengan melakukan klik share dari youtube itu sendiri.

photo via : instagram-press.com

3. Linimasa Video

Untuk tampilan dari IG TV dan Youtube saat pertama kali dibuka tidaklah berbeda jauh dimana antara satu dan yang lainnya dimana mereka menampilkan video – video yang telah dipublikasi oleh orang – orang yang mereka follow sebelumnya. Selain Video tersebut, mereka juga memberikan suguhan video yang yang membaca minat pengguna. Yakni apabila akun yang kita miliki memiliki minat untuk hal – hal yang berbau tentang olahraga, maka akan dimunculkan video – video dengan kategori serupa.

4. Durasi Video IGTV berbeda dengan Stories.

Pengguna bisa memakai aplikasi terpisah ini untuk mengunggah video dengan durasi yang panjang, hingga maksimal satu jam. Tapi tidak semua orang bisa mengunggah video dengan durasi 1 jam. Di tahap awal ini, pengguna biasa hanya diperbolehkan mengunggah video sepanjang 10 menit saja. Sedangkan video dengan durasi satu jam hanya bisa diunggah oleh kreator konten atau pengguna yang telah memiliki banyak pengikut.  Sementara itu, YouTube menawarkan durasi video yang berbeda. Siapa pun bisa mengunggah video sepanjang 15 menit kapan pun. Tetapi pengguna yang telah diverifikasi memiliki pilihan untuk mengunggah video lebih panjang, dengan ukuran maksimal 128 GB atau 12 jam.

5. Siaran Langsung

Saat ini IGTV tidak bisa digunakan untuk siaran langsung, sebagaimana Instagram Stories. Di sisi lain, YouTube sudah lama memiliki fitur siaran langsung. Sudah banyak sekali yang memakai fitur ini untuk menyiarkan konten videonya di YouTube, mulai dari para vendor gadget saat peluncuran produk mereka hingga berbagai media promosi lainnya. Termasuk stasun televisi konvensional mmemanfaatkan fasilitas yang dimiliki oleh Youtube ini.

Recent search terms:

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >