Apa Itu Tik Tok dan Mengapa Menjadi Viral ?

1 tahun lalu, by blogunik

Teknologi sekarang ini semakin canggih dan membawa bermacam-macam dampak. Zaman sekarang ini tentunya setiap orang memiliki smartphone dari anak kecil hingga dewasa. Di zaman yang modern ini banyak sekali aplikasi atau platform yang bermunculan. Aplikasi-aplikasi ini juga yang bisa membuat orang mendadak menjadi artis di dunia maya. Bahkan dalam waktu sekejap, seseorang bisa memiliki follower yang banyak. Salah satu aplikasi yang sedang viral saat ini yaitu Tik Tok. Pada awalnya Tik Tok ini digunakan sangat banyak di Tiongkok. Tik Tok sendiri pada awalnya menggunakan bahasa Mandarin, namun sekarang sudah tersedia yang bahasa Inggris.

Photo via : https://music.163.com

Tik Tok adalah sebuah platform sosial video pendek yang didukung dengan musik. Baik itu musik untuk tarian, gaya bebas ataupun performa. Para pengguna di dorong untuk berimajinasi sebebas-bebasnya dan menyatakan ekpresinya dengan bebas dan nantinya bisa dibagikan ke teman atau ke seluruh dunia. Tik Tok sendiri diklam oleh pengembangnya dapat melakukan pengenalan wajah dengan kecepatan tinggi yang akan disugestikan pada fitur wajah menarik seperti ekpresi imut, keren, konyol dan memalukan.

Photo via : https://play.google.com

Tik Tok juga memiliki special effect yang dapat digunakan para penggunanya untuk membuat video-video pendek agar hasil video mereka lebih menarik. Selain itu Tik Tok juga menyediakan background musik dari berbagai artis terkenal dengan berbagai kategori mulai dari DJ, Dance, R&B, Western, Cute, KKC, Addict, Populer dan masih banyak lagi.

Photo via :sohucs.com

Lalu kenapa Tik Tok bisa viral ? Awalnya Tik Tok membawa sebuah tantangan kreasi video viral “Fool in Love” yang diluncurkan bertepatan dengan April Mop. Pada saat itu para pengguna Tik Tok di seluruh Asia mengunggah video iseng dan lucu dengan tagar #foolinlove. Dalam video tersebut Tik Toker melakukan peran lucu dengan meletakkan dagu di tangan dalam berbagai gaya. Aktor Korea Yoo Seon Ho secara kreatif menggunakan saus tomat dan kentang goreng sebagai efek darah untuk menghidupkan skenario di videonya sedangkan Bayu Skak menggunakan efek spesial Tik Tok untuk membuat dan mengedit video yang seram tapi lucu.

Photo via : https://baomoi.com

Dalam 48 jam sejak tantangan berlangsung online, lebih dari 16.000 Tik Toker di seluruh Asia telah membuat satu dari tantangan kreasi video ini dengan total lebih dari 15 juta views. Video pendek dengan tagar #foolinlove ini disebar luaskan lebih dari 240.000 kali di Facebook, Instagram dan jejaring sosial lainnya. Tren ini diawali oleh seorang artis Korea Selatan yaitu Lee Jong Suk yang dimuat dalam aplikasi Tik Tok pada tanggal 14 Februari. Video bertagar #iamyourvalentine tersebut menampilkan Lee Jong Suk yang sedang meletakkan dagunya di atas tangan dalam beberapa adegan dengan senyum yang hangat. Aksi ini memberinya lebih dari 680.000 like dalam rentang waktu satu minggu. Aksi inipun mendorong artis Korea lainnya untuk melakukan tantangan di aplikasi Tik Tok itu termasuk Nam Joo Hyuk, BlackPink, Yoo Seon Ho dan lainnya.

Photo via : http://vsao.com.vn

Tren inipun berkembang karena fitur yang dimiliki oleh Tik Tok sehingga memudahkan siapa saja untuk merekam dan mengedit video dalam durasi 15 detik di smartphone. Aplikasi ini menawarkan serangkaian efek khusus yang membuat orang takjub, didukung dengan teknologi artificial intelligence. Dengan teknologi seperti itu, pengguna dapat menggunakan fitur keren seperti efek kecantikan yang real time dan pemberian efek warna rambut untuk membuat klip yang luar biasa, merekam video bersama teman dan bahkan hewan peliharaan dengan stiker yang menggemaskan.