Serius?! Deretan Artis Korea Ini Diduga Pernah Melakukan Bully di Masa Lalu

2 bulan, by blogunik

Artis Korea tersandung masalah bully

Bukan skandal kencan idol yang ketangkap Dispatch, namun belakangan perhatian para kpopers tengah dicuri oleh kasus bully yang menimpa beberapa artis Korea Selatan. Tak hanya 2 atau 3 orang artis saja yang tersandung kasus bully lho, namun ada banyak nama-nama artis yang terseret kasus bully beberapa hari belakangan dan menggegerkan dunia hiburan Korea. Beberapa dari mereka bahkan telah memiliki nama besar di industri hiburan negeri ginseng tersebut.

Kasus bully yang tengah ramai di Korea ini nampaknya diawali dari kasus bully yang menyeret nama dua atlet voli nasional kembar yang disebut pernah menjadi pelaku bully saat masih bersekolah dulu. Akibatnya, mereka dikeluarkan dari klub dan squad Olympic. Tak lama setelah kasus ini, muncul banyak kasus bullying yang melibatkan beberapa nama artis hingga idol ternama Korea Selatan. Beberapa diantaranya terbukti bersalah, namun ada juga yang kebenarannya masih belum jelas dan masih diselidiki oleh pihak agensi mereka. Bahkan ada beberapa nama artis yang hanya terkena imbas dari trend ini dengan tuduhan yang tidak terbukti benar. Nah berikut deretan artis Korea yang diduga pernal melakukan bully di masa lalu.

1. Jo Byeong Gyu

Deretan Artis Korea Yang Tersandung Kasus Bully

photo via kdramastars.com

Artis pertama yang terseret kasus bullying di masa lalu adalah aktor Jo Byeong Gyu. Ia dituduh melakukan bullying secara verbal saat bersekolah di New Zealand. Tuduhan ini berawal saat seorang netizen yang mengaku mantan teman sekolah Jo Byung Gyu memposting sebuah pengakuan di forum online dengan menuduh Jo Byeong Gyu telah melakukan bullying saat di SMA. Dalam tuduhan tersebut, ia menyebut bahwa bintang “Uncanny Counter” ini mencoba memulai perkelahian dan menghinanya dengan kata-kata kasar. Ia juga menyatakan pernah dipaksa membayar biaya karaoke dan memukulinya dengan mikrofon.

Namun tuduhan ini di bantah dengan tegas oleh agensi Jo Byeong Gyu yakni HB Entertainment dan akan melakukan tindakan hukum terhadap orang yang mencemari nama baik artis mereka. Sementara itu, Jo Byung Gyu telah merilis pernyataan bahwa dia memang pernah satu sekolah dengan netizen tersebut tapi tidak pernah kontak dengannya. Sayangnya, tuduhan tersebut merugikan Jo Byeong Gyu karena ia harus mundur dari sebuah acara reality show.

2. Park Hye Soo

Deretan Artis Korea Yang Tersandung Kasus Bully

photo via soompi.com

Selanjutnya ada aktris cantik Park Hye Soo. Artis yang tengah naik daun ini dituduh melakukan kekerasaan saat ia duduk di bangku sekolah. Menurut para korban, Park Hye Soo kerap bertindak kasar dan menindasnya. Bahkan Park Hye Soo juga dikabarkan suka memalak uang para korbannya.

Agensi Studio Santa Claus yang menaungi Park Hye Soo membantah semua tuduhan itu. Sayangnya, karena kasus ini sejumlah kegiatan promosi serial “Dear.M” yang dibintangi Park Hye Soo dibatalkan dan penayangannya mengalami penundaan. Sementara itu, Agensi akan mengambil tindakan tegas atas penyebar yang menyebarkan isu tidak benar itu.

3. Kim Ji Soo

Deretan Artis Korea Yang Tersandung Kasus Bully

photo via meaww.com

Yang paling heboh adalah kasus perundungan yang melibatkan aktor Kim Ji Soo. Aktor yang telah memiliki nama yang cukup besar di dunia hiburan Korea ini dituduh melakukan pembullyan saat duduk di bangku SMP. Bahkan menurut korban, Jisoo termasuk geng murid berandalan di sekolahnya dulu. Tak hanya itu, Ji Soo juga dituduh melakukan pelecehan seksual kepada beberapa teman wanita di sekolahnya dulu. Namun bukan bantahan, aktor Korea satu ini justru meminta maaf atas perbuatan masa lalunya. Dan skandal inipun berbuntut pada dikeluarkannya ia dari tim drama River Where The Moon Rises yang tengah dibintanginya.

4. Kim Dong Hee

Deretan Artis Korea Yang Tersandung Kasus Bully

photo via koreatimes.co.kr

Selain Ji Soo, aktor Kim Dong Hee juga turut terlibat dalam tuduhan perundungan pada masa sekolah. Aktor satu ini di tuduh pernah menampar murid lain yang difabel atau mengajak teman-teman sekolahnya untuk bermain permainan yang merugikan mereka. Dong Hee juga dituduh akan melakukan kekerasan fisik pada teman-temannya yang lemah dan memaksanya untuk memijatnya. Mengetahui tuduhan tak jelas tersebut, agensi yang menaungi Kim Dong Hee, yakni JYP Entertainment, membantah semua tuduhan dan siap mengambil langkah hukum bagi siapa saja yang menyebarkan rumor tidak benar.

5. Hyuna

Deretan Artis Korea Yang Tersandung Kasus Bully

photo via billboard.com

Baru-baru ini idol solo Hyuna juga terseret kasus bully di masa sekolah. Seorang netizen yang mengaku merupakan korban bully dari Hyuna mengungkapkan bahwa ia pernah mendapat perlakuan kurang menyenangkan oleh HyunA saat dirinya kelas 5 SD. Orang tersebut mengaku pernah ditampar oleh Hyuna dan dua orang teman lainnya secara bergantian. Menanggapi tudingan tersebut, dengan sigap HyunA mengonfirmasi di Instagram pribadinya bahwa ia tidak melakukan hal tersebut dan hanya fokus berlatih menjadi artis di masa sekolahnya.

6. Lee Na Eun April

Deretan Artis Korea Yang Tersandung Kasus Bully

photo via soompi.com

Artis Korea Selatan yang tersandung kasus bully berikutnya adalah Lee Na Eun yang tergabung dalam girl group bernama April. Na Eun dituduh melakukan bullying terhadap salah satu member grupnya yaitu, Hyunjo yang telah keluar dari grup pada 2016 silam. Tuduhan perundungan ini pertama kali diungkap pada 28 Februari 2021 lalu oleh seseorang yang mengaku sebagai saudara lelaki Hyunjoo. Tak hanya sendiri, ia melakukan bullying itu dengan teman grupnya yang lain. Namun karena ia merupakan member yang paling terkenal, spotlight kasus ini pun mengarah padanya.

Akibatnya berbagai perusahaan yang pernah bekerjasama dengan Naeun APRIL, akhirnya memutuskan untuk menarik project dan menghapus Naeun April dalam iklan maupun acaranya untuk menghindari permasalahan lainnya.

7. Mingyu Seventeen

Deretan Artis Korea Yang Tersandung Kasus Bully

photo via soompi.com

Yang paling menggegerkan dunia per’carat’an adalah munculnya tuduhan bullying yang ditujukan pada Mingyu Seventeen. Idol yang tergabung dalam salah satu boy grup ternama di Korea ini dihujani dengan beberapa tuduhan bully dan pelecehan seksual secara verbal saat dirinya masih berada di bangku SMP. Namun dihari yang sama saat tuduhan ini terendus media, beberapa netizen yang mengaku sebagai teman sekolah Mingyu membantah tuduhan tersebut. Kemudian agensi yang menaungi Seventeen yakni Pledis Entertainment turut dengan tegas membantah tuduhan tersebut.

Hal pertama yang bisa dikonfirmasi adalah tuduhan Mingyu melakukan bully terhadap salah seorang siswa berkebutuhan khusus sama sekali tidak benar. Sedangkan untuk kasus lainnya, Pledis mengaku masih belum bisa memberikan keterangan resmi lantaran penyebar berita masih susah untuk dihubungi. Disamping itu, tuduhan yang diunggah di forum online ini juga telah dihapus.

8. Hyunjin Stray Kids

Deretan Artis Korea Yang Tersandung Kasus Bully

photo via soompi.com

Selain Mingyu Seventeen, Hyunjin Stray Kids juga menjadi Idol terkenal yang ikut terseret dalam kasus bully yang beberapa hari belakangan sangat marak di Korea Selatan. Menurut postingan yang beredar di Pann, Hyunjin Stray Kids melakukan tindakan kekerasan dan pelecehan secara verbal kepada salah satu temannya saat masih berada di bangku sekolah.

Menanggapi hal ini, agensi dari Stray Kids yaitu JYP Entertainment, dengan sigap merilis konfirmasi bahwa semua tuduhan itu salah dan berencana mengambil langkah hukum. Sanggahan inipun dikuatkan oleh mantan teman sekolah Hyunjin di SMP yang menyatakan bahwa tuduhan itu memang tidak benar. Dia menyebut Hyunjin justru salah satu murid yang bersinar dan dipercaya oleh teman-temannya.

9. Kihyun Monsta X

Kihyun Monsta X

Photo via weheartit.com

Meramaikan deretan artis yang terseret dalam kasus pelaku bully, kali ini ada Kihyun Monsta X yang dituduh kerap melakukan kekerasan di sekolah dan menindas teman-temannya. Kihyun juga dituduh kerap merampas uang dari teman-temannya untuk dibelikan rokok.

Menanggapi hal ini, agensi yang menaungi Monsta X yakni Starship Entertainment bergerak cepat untuk mencari kebenaran dari kasus ini. Dan faktanya, kasus ini merujuk pada kasus tuduhan bullying yang pernah muncul pada 2015 lalu dan telah terkonfirmasi bahwa tuduhan tersebut tidak benar adanya.

10. Soojin (G)I-DLE

Soojin (G)I-DLE

Photo via biaswrecker.com

Soojin (G)I-DLE menjadi nama artis Korea selanjutnya yang tersandung kasus bully. Beberapa netizen yang mengaku teman masa sekolah Soojin menyebut bahwa anggota (G)I-DLE ini pernah melakukan pembullyan serta merokok saat masih duduk di bangku SMP. Bahkan tuduhan ini diperkuat dengan kabar bahwa artis yang bernama Seo Shin Ae merupakan salah satu korban bullying dari Soojin (G)I-DLE.

Terkait kasus ini Soojin sendiri telah membantah berbagai tuduhan yang ditujukan kepadanya. Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan agensi Cube Entertainment yang membawahi Soojin (G)-I-DLE yang menyatakan kalau tuduhan tersebut tidaklah benar.

11. Soyeon (G)I-DLE

Soyeon (G)I-DLE

Photo via wallpapercave.com

Tak hanya Soojin, anggota (G)I-DLE lainnya yakni Soyeon juga tak lepas dari tuduhan bully di masa sekolah. Seorang netizen yang mengaku mantan teman sekelas Soyeon di SMP mengatakan kalau Soyeon kerap membullynya hingga dirinya merasa tersiksa hingga memutuskan untuk pindah sekolah. Terkait hal ini, Cube Entertainment, agensi yang menaungi Soyeon, belum merilis pernyataan resmi terkait kasus penindasan yang dituduhkan pada artisnya itu.

12. Aisha Everglow

Aisha Everglow

Photo via dbkpop.com

Selanjutnya Aisha yang merupakan salah satu member girlgroup Everglow yang tak lepas dari tuduhan kasus bullying yang tengah marak di Korea Selatan. Seseorang yang mengaku korban bully Aisha menyatakan kalau dirinya di bully Aisha lantaran dirinya sedang menjalin hubungan dengan salah satu siswa yang dulu pernah dekat dengan Aisha. Ia mengaku kalau Aisha kerap melemparkan komentar-komentar yang tidak pantas terhadap dirinya. Menanggapi kasus yang menimpa salah satu artinya, Yuehua Entertainment langsung merilis pernyataan berisi bantahan terhadap tuduhan itu dan akan melakukan tindakan tegas untuk melindungi artis-artisnya.

13. Chuu LOONA

Chuu LOONA

Photo via asianchingu.com

Tak sampai disitu, nama Chuu LOONA juga akhir-akhir ini banyak dibicarakan lantaran rumor bully yang dilakukannya saat masa sekolah. Seorang netizen yang mengaku mantan teman sekolah Chuu membeberkan bahwa Chuu sering mengejek dan menarik rambutnya saat itu. Bahkan dirinya dikucilkan hanya karena Chuu tidak menyukainya. Namun BlackBerry Creative selaku agensi dari LOONA merilis pernyataan dan menyangkal tuduhan tersebut.

14. Hyunjin LOONA

Hyunjin LOONA

Photo via daedalis.de

Hampir sama dengan Chuu, Hyunjin LOONA juga terserat dalam kasus perundungan di masa sekolah. Seseorang yang mengaku teman masa sekolah Hyunjin mengatakan bahwa dia pernah ditendang oleh Hyunjin hanya karena Hyunjin kesal dengannya. Seseorang ini bahkan telah meminta maaf kepada Hyunjin, namun anggota Loona ini tetap melakukan kekerasan kepadanya. Tak ingin masalah berlarut-larut, BlackBerry Creative selaku agensi dari LOONA dengan tegas menyangkal tuduhan tersebut.

15. Sunwoo The Boyz

Sunwoo The Boyz

Photo via sporcle.com

Meramaikan deretan nama artis Korea yang tersandung masalah bullying, kali ini naman Sunwoo The Boyz menjadi perbincangan kpopers dan warga Korea. Seorang netizen yang mengaku menjadi salah satu korban, mengatakan bahwa Sunwoo telah melakukan kekerasan fisik terhadap pacarnya saat berada di tahun pertama sekolah menengah. Dia juga menyatakan bahwa Sunwoo tertawa bersama teman-temannya ketika membuat komentar pelecehan seksual tentang seorang siswi di kelas mereka. Tidak hanya itu, Sunwoo The Boyz dikabarkan pernah meminum alkohol saat masih di bawah umur. Setelah pengakuan tersebut mencuat, agensi The Boyz Cre.ker Entertainment merilis pernyataan resmi dengan membantah tudingan tersebut dan Cre.ker Entertaiment berjanji akan melindungi artisnya lebih baik lagi.

16. Yunhyeong iKON

Yunhyeong iKON

Photo via channel-korea.com

Yunhyeong iKON juga tersandung kasus bully dimana seorang netizen yang mengaku mantan teman sekelas Yunhyeong menyatakan kalau dirinya kerap diintimidasi oleh Yunhyeong. Ia mengaku kalau Yunhyeong sering menyakiti harga diri teman-temannya dengan menilai penampilan mereka. Yunhyeong juga dirumorkan sering bergaul dengan orang-orang dengan reputasi buruk dan sering merokok di toilet.

Namun, beberapa teman sekelas membela Yunhyeong dan menyangkal klaim tersebut. Meraka menyebut kalau Yunhyeong adalah teman yang menyenangkan dan bergaul dengan siapa saja. Sementara itu, agensi yang menaungi Yunhyeong, YG Entertainment, belum merilis pernyataan tentang tuduhan tersebut.

17. Kim Sohye (Mantan anggota I.O.I)

Kim Sohye (Mantan anggota I.O.I)

Photo via soompi.com

Kim Sohye yang merupakan mantan anggota girlband I.O.I baru-baru ini juga tersandung kasus bully. Seorang netizen yang mengaku teman sekelas Kim Sohye menyatakan kalau Sohye adalah seseorang yang kerap mengganggu kedamaian kelas. Ia mengatakan kalau Sohye pernah menjambak rambut teman sekelasnya, memaksanya berlutut, dan memukulnya.

Namun klaim yang dibeberkan oleh orang yang bahkan bukan korbannya langsung ini langsung dibantah oleh agensi yang menaungi Kim Sohye, yakni S&P Entertainment. Pihak agensi bahkan tak ragu untuk mengambil tindakan hukum.

18. Soodam Secret Number

Soodam Secret Number

Photo via weheartit.com

Meski bukan berita baru, namun Soodam Secret Number juga sempat tersandung kasus bully pada tahun 2020 lalu. Soodam dikabarkan pernah melakukan kekerasan pada seseorang di masa lalu dan sejak SMP Soodam selalu minum alkohol sebelum pergi ke sekolah. Menanggapi hal ini, agensi Secret Number yakni Vine Entertainment merilis pernyataan resmi yang membantah bahwa Soodam adalah pelaku bullying dan pecandu alkohol.

Nah itu dia deretan artis Korea yang diduga pernah melakukan bully di masa lalu. Bagaimana tanggapan kalian guys? Apakah kesalahan di masa lalu para artis Korea ini tidak pantas dimaafkan? Bukankah setiap orang memiliki kesalahan? Apakah adil jika kesalahan dimasa lalu ini menghancurkan masa depan sang artis? Lalu apakah adil bagi para korban melihat pelaku yang membullynya dulu kini bersinar dan dipuja banyak orang? Sebagai penggemar yang bijak, yuk share pendapat kalian di kolom komentar ya!

+2
Artikel Terkait