Bahan-bahan Makanan Termahal Di Dunia



Di dunia ini banyak sekali bahan-bahan makanan yang bisa kita dapatkan. Pernahkah kamu mendengar sepiring makanan di hargai jutaan rupiah ? Hal itu bisa saja terjadi jika bahan-bahan yang digunakan berkualitas tinggi. Jika bahan makanan yang digunakan berkualitas tinggi, tentunya harga bahan tersebut tidaklah murah. Dimana ada harga disitulah ada rasa yang enak. Dari berbagai macam bahan makanan, ada lho harganya yang bisa buat kamu geleng-geleng kepala. Bahan-bahan apa saja itu ? Berikut ini daftar bahan-bahan makanan termahal di dunia

 

1. Jamur Matsutake

Photo via : https://en.wikipedia.org

Jamur Matsutake adalah bahan makanan yang paling penting dalam masakan Jepang. Jamur ini harganya bisa mencapai 7 jutaan perkilonya. Jamur ini mahal karena berasal dari Jepang dan spesiesnya hampir punah. Setiap tahunnya ada sekitar 1.000 ton jamur matsutake yang di panen dan berkurang setiap tahunnya. Jamur ini sangat sulit ditemukan dan belum bisa di budidayakan sehingga memang harus mencari dan menemukannya di alam.

 

2. La Bonnotte Potato

Photo via : http://www.eurotoques-france.fr

Kentang ini sering disebut dengan The King of Potatoes atau rajanya kentang. Kentang ini memiliki cita rasa asin dari pembersihannya yang menggunakan rumput laut. Kentang ini tergolong mahal, kentang ini dihargai 8,2 juta perkilonya. Kentang ini mahal karena hanya dapat dipanen dan dirawat dengan tangan manusia. Kentang ini hanya tumbuh di bagian barat Prancis yang tergolong sangat langka karena hanya panen 100 ton per tahunnya.

 

3. Almas Beluga Caviar

Photo via : https://www.shiveshskitchen.com

Caviar adalah makanan yang terbuat dari telur ikan. Harga Beluga Caviar terkenal sebagai caviar termahal di dunia, harganya sekitar 330 juta perkilonya. Hal ini dikarenakan jenis ikan Beluga Sturgeon yang menjadi sumber Beluga Caviar resmi diberi predikat sebagai salah satu jenis spesies langka di dunia.

 

4. Wagyu Beef

Photo via : http://www.wagyubeefsingapore.com

Daging Wagyu memang memiliki banyak jenis, namun penamaan Wagyu sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti “Japanese Cow” atau daging sapi dari Jepang. Sapi Wagyu ini biasanya diperlakukan bak seorang raja. Mereka diberikan rumput terbaik, digosok badannya dan disapa setiap hari, hal ini dilakukan agar sapi tidak mengalami stress. Harga perkilo daging Wagyu ini sekitar 500 ribu – 15 juta perkilonya.

 

5. Yubari King Melon

Photo via : https://amazing.zone

Yubari King Melon adalah melon yang berasal dari Jepang. Harga dari Yubari King Melon ini adalah 100 juta per biji. Buah ini mahal karena ditanam secara khusus dan melon ini termasuk melon terlangka di dunia. Gimana mau beli ?

 

6. White Truffles

Photo via : http://istra-truffle.com

White Truffles dari penampilannya saja tidak menarik, namun jangan salah Alba White Truffles ini terkenal sebagai salah satu makanan termahal di dunia. Hal ini karena jamur ini sangat langka dan hanya bisa ditemukan di daerah Piedmont Italia. Jamur ini tidak bisa dikembangbiakan, maka dari itu jika ingin mencari jamur ini diperlukan babi atau anjing yang sudah terlatih. Harga dari Alba White Truffles ini 3,5 juta per-ons.

 

7. Kopi Luwak

Photo via : https://enjoyjava.com

Kopi luwak merupakan kofi termhal yang berasal dari Indonesia. Kopi ini bisa mahal karena proses menunggunya yang lama. Kopi luwak ini tidak didapatkan dari pohon kopi namun dari kotoran luwak. Luwak sendiri terkenal hanya memakan biji kopi terbaik. Biji yang mereka makan selanjutnya dicerna dan dikeluarkan dalam bentuk feses yang nantinya dikumpulkan lalu diproses. Secangkir kopi luwak dijual seharga 1,3 juta percangkir, sedangkan biji kopinya dijual seharga 40 juta perkilogram.

 

8. Bluefin Tuna

Photo via : https://www.npr.org

Bluefin Tuna dihargai 1,5 Miliar per ekor, hal ini dikarenakan kelangkaannya dan menuju kepunahannya. Maka pemerintah Jepang pada akhirnya membuat peraturan untuk menaikan harga tuna yang satu ini. Biasanya di restoran-restoran besar ikan ini digunakan sebagai sushi. Meskipun harganya terbilang sangat mahal, namun masih ada juga yang membelinya.

 

9. Ayam Cemani

Photo via : https://www.fermedebeaumont.com

Ayam cemani merupakan ayam dimana warnanya berwarna hitam bahkan sampai organ dalamnya ikut berwarna hitam. Hitam yang dihasilkan dari ayam ini bukan buatan manusia, melainkan karena hasil pigmentasi dan kondisi genetik, Fibramilanosis. Ayam cemani ini termasuk sangat langka di Indonesia. Harga ayam cemani ini yaitu 33 juta per ekornya.

 

10. Moose House Cheese

Photo via : https://magazine.job-like.com

Moose Cheese merupakan keju yang berasal dari rusa. Keju ini dinobatkan sebagai salah satu makanan termahal di dunia. Keju ini hanya diproduksi oleh satu tempat yaitu Moose House, sebuah peternakan kecil di Swedia. Keju ini dijual seharga 5,3 – 6,5 juta per 500 gram.

 

11. Jamón Ibérico

Photo via : https://spanishdeli.com.au

Jamón Ibérico adalah daging ham termahal di dunia. Hal ini karena babi yang dipotong hanya diberi makan acorns atau biji oak. Harga daging ini 5 juta perkilonya.

 

12. Saffron

Photo via : https://enigmatichealing.com

Saffron adalah bahan makanan yang berkualitas tinggi. Harganya pun bisa berubah-ubah sesuai musim. Harga Saffron yaitu 250.000 per 2 gram. Saffron dihargai mahal karena sangat sulit didapatkan. Saffron merupakan rempah-rempah yang diambil dari benang sari tanaman crocus. Setiap benang sari itu hanya bisa diambil pakai tangan. Untuk menghasilkan 500 gr dibutuhkan tanaman Crocus yang besarnya seperti lapangan sepak bola. Selain itu waktu yang dibutuhkan untuk memanen Saffron yaitu 40 jam.

 

13. White Albino Caviar

Photo via : https://www.pinterest.co.kr

White Albino Caviar adalah kaviar yang dipanen dari ikan Sturgeon albino yang hidup di laut Kaspia. Harga dari kaviar ini sampai 95 juta perkilonya. Harga mahal ini karena Sturgeon albino paling tidak harus berusia 100 tahun dulu untuk bertelur.

 

14. Semangka Densuke

Photo via : https://robbreport.com.my

Semangka Densuke ini berasal dari Hokkaido, Jepang, semangka ini memiliki warna hitam pada kulitnya. Semangka ini dijual sengan harga 80,5 juta dalam sebuah acara lelang. Rasa buah semangka ini lebih manis dari semangka biasa dan biasanya buah ini diberikan ke orang terdekat sebagai hadiah.

 

15. Hati Angsa

Photo via : https://www.meatmeathome.com

Hati angsa merupakan makanan yang terbilang mahal, hati angsa ini dihargai 1.250.000 juta. Hati angsa ini diproses di dalam tubuhnya hidup-hidup. Angsa akan diberikan makanan melalui selang yang dimasukkan ke dalam tenggorokannya. Sebenarnya cara ini sangat menyedihkan. Metode ini akan membuat hati angsa membesar dan dipenuhi dengan lemak.

 

16. Daging Sapi Kobe

Photo via : https://nypost.com

Kobe merupakan kota di Jepang yang menghasilkan daging sapi berkualitas tinggi. Harga daging sapi Kobe ini bisa dibilang sangat mahal yaitu 3 juta setiap setengah kilogram. Hal ini karena sapi-sapi itu mendapatkan perawatan khusus seperti pijatan agar menghasilkan daging yang lembut dan lemak merata.

 

17. Sarang Burung Walet

Photo via : http://www.starpulse.com

Makanan ini sudah tidak asing lagi di Indonesia. Sarang burung merupakan salah satu bahan makanan termahal. Harganya 300 ribu per-porsinya. Sarang burung walet ini mahal karena burung walet perlu waktu 2 bulan untuk membuat sarangnya dan tiap burung walet hanya membuat 2-3 sarang dalam setahun. Selain itu proses mendapatkannya juga lumayan sulit, para pencari sarang walet harus menyusuri gua-gua yang sangat sulit dicari. Jadi tidak heran jika harganya melambung tinggi.

 

18. Aceto Balsamico Tradizionale

Photo via : http://www.compagniadelmontale.com

Cuka balsam adalah bahan masakan penting yang dipakai para koki. Cuka ini hanya dibuat di Modena atu Reggio, Italia. Biasanya bahan ini hanya digunakan oleh chef-chef kelas atas di dunia. Dibutuhkan anggur Trebbiano dalam jumlah yang sangat banyak untuk diolah dan difermentasi selama 12-25 tahun untuk menghasilkan satu botol kecil cuka balsam yang dihargai 1,8 juta untuk botol 100 ml.

 

19. Ikan Fugu

Photo via : https://www.eater.com

Ikan fugu merupakan bahan makanan paling mahal. Ikan ini memiliki duri-duri yang dikenal beracun. Setiap tahunnya, angka kematian akibat duri ikan fugu di Jepang semakin tinggi. Satu duri ikan ini bisa membunuh seorang manusia dewasa. Karena berbahaya, makanan ini menjadi populer di Jepang. Orang yang menyiapkannya bukanlah orang sembarangan. Mereka harus memiliki sertifikat khusus dan telah menjalani berbagai macam pelatihan. Karena serikit saja membuat kesalahan bisa membuat nyawa melayang. Harga ikan ini 1,5 juta per-ekornya.

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >