Bahaya Makan dan Minum Makanan Manis dan Berminyak Sebelum Tidur



Makanan ataupun minuman manis dan juga goreng – gorenngan memang amat enak untuk disantap baik sebagai cemilan ataupun hidangan yang lainnya. Meskipun makanan dan minuman manis itu enak untuk disantap, ternyata jika terlalu banyak ataupun dimakan disaat yang salah, akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Apalagi jika makanan dan minuman manis serta goreng – gorengan yang disantap di malam hari sebelum kalian tidur. Lebih banyak memberikian efek negatif yang tidak bagus bagi kesehatan. Oleh karenanya, banyak dokter dan juga ahli kesehatan yang tidak menyarankan untuk memakan makanan dan minuman manis ataupun berminyak seperti goreng – gorenagan seblum pergi tidur. Penasaran dengan bahaya apa saja yang menantimu jika terus melakukan kebiasaan ini? berikut ini adalah bahaya makan dan minum makanan dan minuman manis dan berminyak sebelum tidur.

1. Panas Dalam

photo via : kampoengilmu.com

Jika kita terlalu banyak makanan yang berminyak seperti goreng – gorengan atau manis sebelum tidur, hal tersebut akan membuat kita menjadi mudah untuk terserang panas dalam dan tentunya kita akan mudah sariwan. Kondisi panas dalam sendiri terjadi akibat terjadinya ketidakseimbangan asupan makanan panas dan dingin yang masuk ke dalam tubuh. Lemak tak sehat yang terkandung dalam gorengan mampu mengiritasi lapisan mukosa pada tenggorokan kita, sehingga hal tersebut dapat memicu nyeri dan gatal yang mengganggu di tenggorokan. Selain itu, tekstur makanan gorengan yang cenderung kasar dapat melukai dinding mulut yang kemudian memicu adanya sariawan.

2. Diabetes

photo via : fitness-answers.com

penyakin diabetes ataupun penyakit gula ini ini memeang biasanya menyerang disebabkan oleh faktor keturunan. Namun selain keturunan, faktor lainnya yang bisa menyebabkan hal ini adalah pola hidup dan juga pola makan kita yang tak sehat. Untuk penyakit diabetes sendiri memang disebabkan oleh faktor gula dalam darah yang terlalu tinggi yang mana salah satu sumber gula yang sering kita konsumsi adalah makanan dan minuman manis. Makanya para dokter sering kali menyarankan kepada para penderita penyakit diabetes untuk mampu mengontrol makanan yang mengandung gula seperti nasi, eskrim, dan juga makanan dan minuman manis lainnya.

3. Mimpi buruk

photo via : health.usnews.com

Antara mimpi dan juga gula, memang tidak berhubungan satu sama lainnya ataupun memiliki pengaruh secara langsung. Namun makan makanan dan minuman yang terlalu banyak gula mampu memperngaruhi kondisi lainnya seperti hipoglikemia yang mempengaruhi mimpi itu sendiri. Berdasarkan penelitian yang khusus pada anak – anak, kadar gula darah anak memang memperngarui mimpinya, dimana saat kita tertidur dan saat itu gula darah kita rendah, kondisi hipoglikemia ini lebih mudah untuk terjadi. Dan beberapa tanda dari hipoglikemia adalah termasuk mimpi buruk, keringan dan juga merasa kelelahan saat bangun tidur.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

4. Berat badan bertambah

photo via : meetdoctor.com

Kalau kamu saat ini sedang melakukan program diet, sebaiknya memang jangan makan dan minum makanan dan minuman yang manis sebelum tidur. Hal tersebut karena dapat menyebabkan tubuhmu cepat gemuk. Hal tersebut dikarenakan sedikitnya waktu yang diperlukan oleh tubuh kita dalam mencerna makanan sebelum kita tidur dan juga kandungan gula dalam makanan memang agak sulit untuk dicerna dan dipecah dalam tubuh. Selain itu, terdapat juga hubungan yang signifikan antara makan larut malam dan persentase lemak tubuh yang lebih tinggi.

5. Gangguan respon hormon

photo via : hellosehat.com

salah satu hormon yang penting dalam tubuh kita adalah adanya hormon insulin yang mampu memecah dan mengeluarkan glukosa dalam darah. Nah jika kamu makan makanan dan minuman manis sebelum tidur, tentu saja akan menambah kandungan glukosa dalam darah yang membuat hormon insulin yang kamu miliki jadi sulit untuk berkerja alias hormon ini harus bekerja ekstra.

6. Meningkatkan rasa lapar esok hari

photo via : hellosehat.com

jika sudah respon hormon insulin kita terganggu akibat makan makanan manis sebelum tidur, tentu saja membuat kontrol gula dalam tubuh jadi terganggu. Hal ini pun menyebabkan jumlah makanan dan minuman yang kita makan di keesokan harinya menjadi lebih besar. Kalau kamu lagi diet, tentu saja dietmu gagal.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

7. Hormon stres yang meningkat

photo via : www.powerofpositivity.com

Berdasarkpan penelitian yang baru ditemukan, saat kia makan makanan lrut malam, selain hormon insulin, hormon lainnya yang terganggu adalah hormon kortisol. Dimana kebiasaan makan kita tersebut mampu membuat hormon kortisol yang ada jadi lebih tinggi. Hormon kortisol ini sendiri sering disebut sebagai hormos stres dalam tubuh. Selain berbahaya bagi kesehatan, meningkatnya hormon stres dalam tubuh juga beresiko meningkatkan lemak pada bagian perut kita.

8. Penyakit lambung GERD

photo via : www.shopback.co.id

Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD) atau yang dikenal dengan arus balik asam lambung adalah penyakit yang sering terjadi karena kebiasaan makan dan langsung tiduran setelah makan. Perlu diketahui, jika lambung penuh dengan makanan dan posisi kamu tiduran, maka bisa membuat asam lambung mudah naik ke arah kerongkongan.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

9. Penyakit Jantung

photo via : meetdoctor.com

Makan cemilan di malam hari tentu saja bisa menyebabkan penumpukan lemak karena makan terlampau malam sebelum tidur menyebabkan pewnyumbatan pembuluh darah jantung. Selain meningkatkan risiko penyakit jantung, kejadian ini juga membuat kamu berisiko terkena serangan jantung tentunya.

10. Heart Bern

photo via : www.pjnhk.go.id

Kondisi heart burn terjadi ketika merasakan rasa panas dan tidak nyaman pada bagian dada setelah mengkonsumsi makanan pada malam hari sebelum pergi tidur. Hal ini sama-sama disebabkan oleh asam lambung yang naik ke bagian rongga dada, sehingga menimbulkan efek panas dan tidak nyaman pada bagian rongga dada anda. Namun demikian, kondisi heart burn ini jarang terjadi, pada kondisi normal.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

11. Fungsi otak terganggu

photo via : doktersehat.com

Kebiasaan untuk makan makanan manis ataupun berminya sebelum tidur, dapat memperngaruhi kinerja otak kita yang mengkhusus pada penyimpanan memori atau ingatan untuk jangka panjang. Hal ini dikarenakan jika kita makan di malam hari terutama sebelum tidur, tentu saja mampu mengacaukan siklus tidur dan bangun yang akan memberikan pengaruh negatif bagi kesehatan dan fungsi kognitif. Kebiasaan ngemil malam serta sering terlambat makan adalah salah satu pengganggu siklus tidur dan bangun.

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >