Baju Terbang Ala Ironman di Dunia Nyata

2 tahun lalu, by blogunik

Kalian pasti pernah menonton ironman dengan kostumnya yang luar biasa itu kan? Dengan kostum Ironman tersebut, Robert Downey Jr bisa melakukan banyak hal, mulai dari mengeluarkan laser, kekuatan super layaknya superman, hingga kemampuan untuk terbang. Nah salah satu kemampuan baju ironman yakni mampu terbang ini telah berhasil diwujudkan dalam sebuah kostum oleh Richard Browning.

Dirinya dan kostum yang ia miliki dan kemabangkan mampu membuatnya terbang tanpa menggunakan sayap ataupun lainnya. Berbekal mesin mini jet di bagian punggung dan juga kedua buah tangannya, Richard mampu terbang layaknya Ironman. Kostum yang buat ini dinamakan Gravity suit. Dengan segala teknologi yang digunakan oleh kostum ini dan biaya riset yang banyak dan besar, Gravity Suit akhirnya resmi diproduksi untuk di jual. Ilmuan asal Inggris ini mulai menjual produknya itu secara komersial di pusat perbelanjaan london dengan harga 340.000 poundsterling. atau jika di rupiahkan harganya Rp 6.4 Milyar.

photo via : www.liputan6.com

Harga yang mahal memang, namun itu harga yang pantas untuk sebuah mimpi manusia untuk bisa terbang. Mengingat peralatan dan komponen yang digunakan dalam pakaian ini amatlah mahal juga. Sebut saja mesin mini jet layaknya yang ada di pesawat terbang, namun dengan ukuran yang lebih kecil. kalian bisa membayangkan harga kapal jet itu berapa dan jika diambil mesinnya, berapa kira – kira total harganya.

Gravity suit ini dibuat menggunakan konstruksi material yang dibuat dari hasil cetakan tiga dimensi dengan lima mesin jet miniatur yang masing masing dipasang di lengan dan punggung. Namanya juga mesin jet, kostum inipun memerlukan bahan bakar yang diletakkan di bagian punggung dari Gravity suit ini. Adapun tangki bahan bakar jet ataupun solar ini memiliki kapasitas 15 liter dan jika digunakan, kita bisa terbang dengan kecepatan ingga 50 kilometer perjam dan ketinggian hingga 3600 meter. Meskipun kemampuan Gravity suit ini mampu membuatmu terbang hingga ketinggian 3.600 meter, dalam demonya, Richard hanya menggunakan kostum ini untuk melayang beberapa meter saja dari permukaan tanah.

photo via : www.liputan6.com

Hal tersebut ia lakukan karena tentu saja alasan keamanan dari kostum ini, mengingat kalian terbang ke udara hanya berbekal kostum saja, dana apabila terjatuh entah karen bahan bakar habis ataupun karena kerusakan, akan sangat berbahaya jika jatuh dari ketinggan 3.600 meter. Kematian hampir dapat dipastikan jika hal tersebut sampai terjadi. Faktor konsumtif bahan bakar dan juga keamanan penggunanya masih menjadi dasar pengembangan dari kostum ini selanjutnya.

Mengingat untuk bisa terbang melayang selama 1 menit saja, Gravity suit membutuhkan bahan bakar hingga 4 liter, jadi dengan kapasitas tangki yang hanya 15 liter, kalian tentu saja hanya bisa terbang selama 3 sampai 4 menit saja. Namun apabila dirimu mencoba untuk terbang saat udara dingin, tentu saja kalaian akan mendpatkan dorongan dengan lebih mudah dan saat seperti itu, penggunaGravity suit bisa terbang hingga 9 menit lamanya.

Bagaimana? keren banget kan kostumnya, tertarik membuat membeli kostum ironman ini ? kumpulin uang dulu yah

 

Artikel Terkait