Berani Coba! Ini Lho Deretan Makanan Pedas Asal Korea yang Wajib Kamu Cicipi

4 hari, by blogunik

Makanan pedas Korea

Ngomongin soal Korea emang nggak pernah ada habisnya deh. Mulai dari idol grupnya, K-dramanya, K-fashion, hingga K-beauty semua memiliki penggemarnya masing-masing. Tapi kalau menyangkut tentang masakan Korea, tentu semua kalangan akan menyukai makanan khas Korea Selatan yang terkenal memiliki penampilan yang menggugah selera dan bercita rasa lezat. Sebagian makanan Korea pun identik dengan rasa yang pedas. Salah satu makanan pedas asal Korea yang cukup terkenal adalah buldak yang memiliki cita rasa pedas yang nendang namun mampu membuat kamu ketagihan.

Nah buat kamu yang penggemar makanan Korea sekaligus penikmat makanan pedas, berikut deretan makanan pedas asal Korea yang wajib kamu cicipi! So let’s check it out guys!

10 Makanan Pedas Asal Korea

1. Buldak

Deretan Makanan Pedas Asal Korea


photo via chickchicksite.wordpress.com

Makanan Korea yang terkenal memiliki cita rasa yang pedas diawali dengan Buldak. Bul dalam bahasa Korea berarti api, sedangkan dak artinya ayam. Jadi bisa dibilang Buldak adalah sajian ayam berapi, atau hidangan dengan olahan ayam yang pedas. Olahan ayam ini diberi bumbu kemerahan yang pedas menyengat. Rasa pedasnya yang menggigit namun menggugah selera begitu disukai berbagai kalangan terutama pecinta pedas. Apalagi cara penyajian buldak yang kerap ditaburi dengan keju mozarella sehingga membuatnya kian lezat saat dinikmati.

2. Dakbal

Deretan Makanan Pedas Asal Korea

photo via atlasobscura.com

Selain buldak, di Korea juga terkenal dengan olahan ceker ayam super pedasnya yang disebut dengan Dakbal. Rasa super pedasnya berasal dari saus pedas merah khas Korea. Makanan super pedas Korea ini menjadi salah satu makanan favorit perempuan Korea lho! Dakbal sendiri bukan sebagai makanan utama di Korea Selatan. Kuliner satu ini menjadi camilan sebagai pendamping bagi orang yang tengah minum-minum alkohol.

3. Jjamppong

Deretan Makanan Pedas Asal Korea

photo via thelazyholiday.com

Selanjutnya ada Jjamppong yang menjadi makanan bercita rasa pedas asal Korea yang kepopulerannya tidak perlu diragukan lagi. FYI, walaupun Jjamppong populer di Korea, nyatanya Jjampong adalah makanan asli dari China lho guys! Makanan berkuah pedas ini sering terlihat di drama-drama Korea, hingga variety show dengan kuahnya yang merah, dan isiannya yang melimpah ruah. Jjamppong sendiri adalah sebuah mi kuah pedas Korea yang disajikan dengan campuran seafood dan sayuran. Rasa pedas dari mie kuah ini berasal dari bubuk cabai merah khas Korea yang dikenal dengan nama gochugaru.

4. Tteokbokki

Deretan Makanan Pedas Asal Korea

photo via pickledplum.com

Siapa sih yang belum pernah mendengar Tteokbokki? Makanan khas Korea yang memang paling popouler termasuk di Indonesia ini memang bisa sangat mudah ditemukan dalam bentuk frozen food, instan hingga bisa dengan mudah ditemukan di restoran-restoran Korea. Sebenarnya Tteokbokki merupakan kue beras yang dibentuk silinder lalu dibumbui gochujang yang membuatnya berwarna merah dan rasanya sangat pedas. Teksturnya yang kenyal terasa sangat lezat saat dimasak dengan saus pedas Gochujang. Selain itu Tteokbokki juga biasanya diberi campuran fishcake atau oden sehingga rasanya lebih nikmat.

5. Bibim naengmyeon

Deretan Makanan Pedas Asal Korea

photo via mykoreankitchen.com

Selanjutnya ada Bibim naengmyeon yang merupakan hidangan bercita rasa pedas yang populer di Korea. Sebenarnya Bibim naengmyeon adalah kuliner khas Korea Utara yang populer di Korea Selatan. Bentuknya berupa mie yang terbuat dari tepung gandum dengan bumbu serta diolah dengan cara khusus dan diberi potongan daging mentah. Kemudian dilengkapi dengan kuah khas dari kaldu daging sapi, sehingga rasanya gurih alami. Rasanya pun beragam termasuk bumbu ekstra pedas yang menambah cita rasanya. Selain itu juga biasa diberikan saus pedas manis yang dapat menggugah selera. Bibim Naengmyeon ini biasa dinikmati pada musim panas, sehingga ada paduan mie dingin dengan rasa panas dari cabai.

6. Galbi jjim

Deretan Makanan Pedas Asal Korea

photo via koreanbapsang.com

Makanan pedas asal Korea yang wajib kamu cicipi selanjutnya adalah Galbi jjim. Galbi jjim merupakan olahan daging sapi yang biasanya diberi sedikit taburan saus manis. Namun kini ada banyak Galbi jjim yang dijual dengan cita rasa pedas yang ekstrem. Galbi jjim juga biasanya dimasak bersama potongan wortel dan kentang. Selain rasa pedasnya yang menggugah selera, Galbi jjim juga mempunyai tekstur yang kenyal serta lembut, sehingga pas sekali dengan lidah kamu.

7. Nakji bokkeum

Deretan Makanan Pedas Asal Korea

photo via tasteatlas.com

Sebagian dari kalian mungkin sudah sering memakan gurita, namun pernahkah kamu mencicipi sajian gurita goreng pedas khas Korea? Namanya Nakji bokkeum, merupakan olahan gurita goreng yang disajikan bersama bumbu pedas. Rasa pedas tersebut pun berasal dari saus gochujang khas Korea yang pedasnya bikin nagih. Gurita dipotong-potong kecil kemudian tumis dengan saus gochujang pedas. Kuliner ini biasa disajikan serta dimakan dengan nasi, tauge, hingga minyak wijen.

8. Kimchi jjigae

Deretan Makanan Pedas Asal Korea

photo via koreanbapsang.com

Makanan pedas Korea yang nikmat disantap disegala musim berikutnya adalah Kimchi jjigae. Kimchi jjigae adalah makanan Korea berupa sup pedas yang direbus di dalam panci bersama kimchi dan air cabai dari kimchi dan saus pedas gochujang. Sup ini berisi sayuran, tahu, dan makanan laut atau daging babi. Kimchi jjigae merupakan masakan yang sering dibuat orang Korea di rumah sebagai lauk teman makan nasi.

9. Maeuntang

Deretan Makanan Pedas Asal Korea

photo via maangchi.com

Meski tak sepopuler Tteokbokki, namun Maeuntang menjadi makanan wajib bagi para pecinta makanan pedas. Maeuntang adalah masakan sup ikan pedas khas Korea yang direbus dengan saus gochujang. Asal nama maeuntang adalah kata maeun yang berarti pedas dan tang yang berarti sup. Bahan utama maeuntang adalah ikan air tawar atau ikan laut segar, saus gochujang, bubuk gochugaru, sayuran, bawang, lobak, tahu, dan berbagai rempah-rempah lainnya. Selain pedas, cita rasa lezat dan menghangatkan akan kamu dapatkan dalam makanan satu ini.

10. Spicy Donkatsu

Deretan Makanan Pedas Asal Korea

photo via edition.cnn.com

Buat kamu yang suka tantangan, maka Spicy Donkatsu wajib kamu coba. Donkatsu merupakan potongan daging babi yang diselimuti tepung dan digoreng kering. Umumnya, dontaksu di jual biasa tanpa rasa pedas. Namun, kini beberapa restoran menghadirkan menu Spicy Donkatsu yang merupakan donkatsu super pedas dengan saus merah yang menyerap hingga bagian daging terdalam donkatsu.

Nah itu dia deretan makanan pedas asal Korea yang wajib kamu cicipi terutama bagi para pecinta kuliner pedas. Jadi tergiur inngin mencicipi yang mana nih?

0
Artikel Terkait