Seorang Pria Menemukan Uang 1,3 Miliar Pada Kulkas Bekas Yang Dibeli Online

Uang 1,3 Miliar Pada Kulkas Bekas

Apa yang akan kalian lakukan jika suatu ketika menemukan uang bernilai miliaran rupiah? Apakah akan menyimpannya untuk diri sendiri atau justru melaporkan ke pihak berwajib?

Kalau kamu memilih untuk menyimpannya sendiri, mungkin kamu perlu meniru pria asal Korea Selatan satu ini yang memilih bertindak bijak dengan melaporkannya ke pihak berwajib.

Ya, baru-baru ini, seorang pria asal Korea Selatan menggemparkan dunia maya karena menemukan uang tunai senilai 130.000 dolar Singapura atau setara Rp 1,37 miliar (kurs Rp 10.584) di dalam lemari es bekas yang dibelinya secara online.

Pria itu menemukan uang miliaran rupiah tersebut saat membersihkan lemari es yang baru dibelinya. Namun alih-alih menyimpannya, pria tersebut justru pergi ke kantor polisi untuk mengajukan laporan pada 6 Agustus 2021.

Dari laporan tersebut, kini polisi telah membuka penyelidikan untuk menentukan siapa pemilik dan sumber uang tersebut. Dan untuk sementara, polisi menahan uang tunai itu. Polisi juga mengatakan kalau tak hanya si penemu uang, namun penjual dan mereka yang mengangkut lemari es itu juga akan diikut sertakan dalam penyelidikan.

Dikutip dari MBC News, seorang petugas kepolisian juga menyebut kasus penemuan uang tunai tersebut sangat tidak masuk akal karena nominalnya sangat besar, sehingga perlu diselidiki lebih lanjut.

Sementara itu, pihak Lost and Found Act negara Korea Selatan, mengatakan jika pemilik uang tersebut tidak muncul dalam waktu 6 bulan, maka pria penemu uang tersebut bisa memilikinya namun dikenai pajak sebesar 22% atas temuannya.

Meskipun begitu, jika pemilik uang ditemukan, si penemu tetap akan mendapat ganti rugi antara lima sampai dua puluh persen. Dan jika uang tersebut diketahui berkaitan dengan kejahatan, maka uang itu akan masuk ke negara.

Kisah seorang pria asal Korea Selatan inipun menjadi viral dimedia sosial dan mengundang banyak reaksi dari netizen. Lantas, seperti apa tanggapan kalian mengenai berita ini guys?

Artikel Terkait