Berbagai Festival Unik dan Seru di Dunia Yang Selalu Ramai Dikunjungi


    Unik, Aneh & Lucu


Masing – masing negara di dunia, memiliki daya tariknya masing – masing bagi wisatawan lokal maupun asing. Selain daya tarik alam maupun objek wisata bangunan, negara – negara yang menjadi destinasi wisata biasanya juga memiliki sebuah acara, event ataupun festival yang diadakan tiap tahunnya. Dengan digelarnya sebuah festival yang secara reguler dilakukan tiap waktu, tentu saja akan mendatangkan wisatawan baik lokal maupun manca negara.

Dan berikut ini adalah festival – festival unik dan seru di dunia yang selalu ramai dikunjungi :

1. Festival Holi – India

photo via : ucaecho.net

Festival Holi sebenarnya adalah sebuah upacara keagamaan Hindu yang dilakukan di India. Namun perayaan Holi ini jauh lebih dikenal dengan sebutan festival warna ataupun festival Cinta yang menandakan musim semi telah tiba. Perayaan ini diawali dengan doa di hari pertama, lalu penyalaan kembang api di malam harinya. Keesokan harinya, seluruh kota di India akhirnya berubah warna saat orang – orang mulai melemparkan pewarna ataupun cat air di dalam balon dan juga pistol air di sekeliling mereka. Festival Holi ini, sendiri dinikmati oleh banyak orang, baik itu penduduk lokal maupun wisatawan asing yang membuatnya menjadi festifal yang selalu ramai dikunjungi oleh orang – orang.

2. Festival Selada – Hampshire, Inggris

photo via : www.visit-hampshire.co.uk

Biasanya di hari munggu ketiga pada bulan Mei, Sebuah desa di Hampshiere Inggris akan mendadak menjadi ramai dan berubah menjadi sebuah festival. Dalam festival ini, para petani yang ada akan datang sambil membawa banyak sayuran segar ke desa. Selain para petani, para koki juga ikut andil dalam festival ini dimana mereka menunjukkan kepiawaiannya dalan mengolah bahan makanan. Hal yang paling menakjubkan dari festival ini adalah adanya kedatangan Raja dan juga Ratu Watercress sekitar pukul 10.30 siang sembari ikut serta membawa begitu banyak sayuran segar dalam sebuah kereta kuda yang diiringi juga dengan barisan Marching band.

3. Songkran – Thailand

photo via : www.krabi-hotels.com

Jika penanggalan tahun baru menggunakan kalender masehi, maka tahun baru jatuh tepat setiap tanggal 1 januari. Namun perayaan perubahan tahun masehi di Thailand tidaklah semeriah di negara lainnya. Jika di Thailand, mereka menggunakan kalender Budha untuk menentukan tahun baru, hampir mirip dengan tahun baru Hijriah untuk musliim, tahun baru imlek untuk china ataupun tahun baru saka yang diperingati setiap hari raya nyepibagi umat Hindu di Bali. Untuk kalender Budha yang di gunakan di Thailand ini sendiri, sama seperti tahun baru lainnya, posisinya bisa berubah – ubah dan tidak tepat di satu tanggal atau bulan tertentu jika dibandingkan dengan menggunakan kalender masehi.

Tahun baru Budha yang digunakan di Thailand ini sendiri lebih cepat beberapa ratus tahun daripada kalender masehi. Nah pada saat perayaan tahun baru Budha inilah kota – kota di Thailand akan dipenuhi berbagai acara dan event – event yang tersebar. Semua orang – orang akan banyak memenuhi jalan – jalan di Thailand dan mereka akan saling menyiramkan air ke orang – orang di sekitarnya secara suka cita untuk menyambut datangnya tahun baru ini tentunya.

4. Festival Banteng – Spanyol

photo via : www.voaindonesia.com

Dulu mungkin sering kalikita melihat adegan adu banteng ataupun pertandingan banteng. namun sebenarnya hal tersebut memeang terjadi dan salah satu perayaan banteng ini terjadi di Spanyol yakni festival banteng. Jika dalam adu banteng hanya gladiator ataupun penakluk banteng saja yang berhadapan dengan hewan ini, namun saat festival banteng, semua banteng – banteng yang ada dilepaskan di kota – kota di Spanyol. Saat para banteng ini dilepaskan maka orang – orang akan berusaha untuk menghindari amukan dari banteng – banteng yang dilepas dijalanan kota ini. Saking meriahnya festival banteng ini, tiap tahunnya hampir satu juga orang ikut serta dalam festival yang rutin digelar tiap tahun ini. Namun saat ini mungkin festival ini agak dipertanyakan tentang keamanan dari festival ini, dikarenakan tiap tahunnya ada saja warga ataupun peserta yang menjadi korban dari festival banteng ini.

5. Carnaval Rio de Janeiro – Brazil

photo via : www.conclusion.com.ar

Untuk festival yang satu ini pasti kalian pernah atau sering melihatnya di telvisi yakni karnaval Rio De Jeneiro Brazil. Festival ini termasuk dalam karnaval yang paling banyak dan sering dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal. Tiap tahunnya hampir satu juga orang ikut serta dan juga menonton acara ini. Berbagai bernuk pertunjukan ditampilkan dalam acara karnaval ini. nah buat yang ingin sedikit membandingan kemeriahan dari festival ini, jika kamu bandingakan carnaval Rio de Jeneiro dengan pembukaan olimpiade Rio yang sebelumnya juga dilaksanakan di sana, maka untuk karnaval ini lebih meriah lagi acaranya jika dibandingkan dengan acara pembukaan tersebut. Bisa dibayangkan mungkin seberapa menarik dan meriahnya acara karnaval Rio de Jeneiro ini.

6. Festival Layang – Layang di Bali

photo via : www.vietmaz.com

Festival yang satu ini merupakan salah satu festival yang banyak disukai dan juga dinikmati oleh para penduduk lokal dan juga turis asing. Festival ini dilaksanakan tiap tahun antara bulan Juli hingga Oktober saat mulai musim panas dan angin sedang kencang – kencangnyal. Berbagai kreasi layangan ditampilkan dalam festival ini tiap tahunnya. Mulai dari layangan lokal khas bali hingga berbagai bentuk layangan kreasi dengan bentuk – bentuk yang beraneka ragam. Adapun acara puncak dari festival layang – layang ini adalah diadakannya International Bali Kite Festival. Sesuai dengan namanya, festival ini menarik peserta dari manca negara dengan berbagai layangan international yang dimainkan.

7. Festival musim semi – Tiongkok

photo via : bisniswisata.co.id

DI Tiongkok, festival yang paling ramai dikunjungi adalah festival musim semi Tiongkok. Jika orang – orang kebanyakan mungkin akan berpikir jika Tahun Baru Imlek identik dengan berbaga kegiatan yang dilakukan di pecinan di negaranya tersebut. tapi Festival perayaan tahun baru yang lebih dikenal dengan Festival musim semi ini merupakan perayaan yang amar meriah. Apalagi sama seprti tradisi mudik di Indonesia, hampir 1 miliar penduduk dari Tiongkok akan melakukan migrasi ke kampung halamannya untuk ikut serta dalam acara festival musim semi di kampung halaman miliknya.

8. Black Friday

photo via : theleaker.com

Black Friday adalah festival belanja yang amat ditunggu tunggu oleh warga amerika serikat tiap tahunnya. berlangsung tiap hari jumat, sehari setelah perayaan thanksgiving. thanks giving sendiri dirayakan setiap hari kami keempat di bulan november setiap tahunnya. Pada hari black Friday ini, hampir semua toko – toko akan memberikan diskon gila – gilaan. Oleh sebabnya banyak orang yang mengantre dan berbelanja di hari black friday ini.

9. Ultra Music Festival

Photo via ultramusicfestival.com

Dari sekian banyaknya festival musik di dunia, Ultra Music Festival menjadi yang terbesar sekaligus ditunggu-tunggu. Sejak pertama kali digelar pada 1999, Ultra berhasil menyedot perhatian para pecinta musik elektronik. Festival ini diselenggarakan di Miami, Florida, Amerika Serikat. Lebih dari 300 penampilan yang ada selama tiga hari dengan tujuh panggung yang tersedia. Berbagai pertunjukan musik akan menghiasi panggung festival ini, buat kamu pecinta musik pasti pengen banget bakalan buat pergi dan nonton di festival musik terbesar ini.

10. Loi Krathong

Photo via youtube.com

Loi Krathong adalah sebuah festival paling terkenal di Thailand yang berlangsung sekitar bulan November. Pada perayaan ini, ribuan lampion akan diterbangkan ke udara saat malam hari sehingga menghasilkan pertunjukan cahaya yang sangat indah. Perayaan festival ini paling meriah berlangsung di kota Chiang Mai. dengan berbagai macam lampion dan jumlahnya yang amat banyak membuat festival ini menjadi daya tarik tersendiri yan gmengundang banyak pengunjung baik lokal maupun asing.

11. Festival Tomatina

Photo via tomatofestivalspain.com

Festival Tomatina adalah sebuah festival tradisi lempar tomat yang diselenggarakan tiap tahun di daerah Bunol, Spanyol. Festival Tomatina sendiri diadakan pertama kali di tahun 1945. Festival ini biasanya dihadiri oleh puluhan ribu dari berbagai negara seperti Jepang, Kore Selatan, Australia, Selandia Baru, India dan juga beberapa negara eropa. Di festival ini orang-orang saling melempar tomat dengan penuh kegembiraan. Bisa kita bayangkan jika puluhan ribu orang saling melempar tomat maka berapa banyak tomat yang diperlukan? Dari informasi yang BlogUnik dapatkan, jumlah tomat yang digunakan mencapai ratusan ton dan jika diuangkan akan senilai dengan 3 sampai 4 milyar rupiah. Wow…

12. Festival Onbashira Matsuri

Photo via yummyjapan.net

Festival Onbashira Matsuri tergolong salah satu festival yang berbahaya yang diadakan selama 6 hari setiap 7 tahun sekali di kuil Suwa Taisha, Nagano. Festival ini sendiri telah ada sejak 1.200 tahun yang lalu dan diselenggarakan dengan cara para peserta menuruni gunung dengan menaiki sebatang kayu besar. Bisa kalian bayangkan jika terjadi kesalahan maka para peserta bisa jatuh tergelincir dan kemudian terlindas kayu besar tersebut. Duh..

Recent search terms:

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >