Berbagai Makanan Jepang Yang Populer Di Indonesia

3 bulan lalu

Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki kebudayaan yang khas dan sangat kental. Selain kebudayaannya, Jepang juga memiliki makanan khas yang sangat terkenal. Bahkan beberapa kuliner Jepang sudah sangat terkenal di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri kita bisa menemukan banyak sekali restoran Jepang yang menyajikan berbagai macam makanan khas Jepang yang enak. Ada berbagai macam jenis menu makanan Jepang yang populer di Indonesia mulai dari makanan ringan hingga makanan yang akan membuat kita kenyang. Inilah berbagai makanan Jepang yang populer di Indonesia

1. Sushi

Makanan Jepang Yang Populer Di Indonesia - Sushi

Photo via : http://www.makesushi.com

Sushi merupakan salah satu makanan khas Jepang yang sangat terkenal di Indonesia. Makanan ini terbuat dari nasi yang dibentuk bersama lauk yang terdiri dari seafood, sayur, daging yang mentah atau sudah dimasak kemudian digulung dengan nori. Makanan ini dapat kamu temukan di berbagai restoran Jepang dan varian sushi beraneka ragam namun yang paling populer di Indonesia yaitu california roll, salmon sushi, rainbow roll dan dragon roll.

2. Takoyaki

Makanan Jepang Yang Populer Di Indonesia - Takoyaki

Photo via : https://www.amazon.com

Takoyaki merupakan salah satu makanan Jepang yang populer di Indonesia. Terbuat dari tepung dan berisi gurita selain itu terdapat juga pilihan berisi keju, ayam, cumi-cumi, udang dan lainnya. Selain itu takoyaki ini juga diberi topping seperti beni shoga, katsuobushi, potongan nori, mayoes dan saus takoyaki. Makanan ini dengan mudah kamu dapatkan di restoran jepang ataupun di pinggir jalan.

3. Okonomiyaki

Makanan Jepang Yang Populer Di Indonesia - Okonomiyaki

Photo via : https://www.blueapron.com

Okonomiyaki merupakan makanan khas Jepang yang populer di Indonesia. Makanan ini berupa tepung terigu dicampur dengan air yang berisi sayuran, daging, ikan dan lainnya kemudian di panggang diatas plat besi dan diatasnya diolesi dengan saus. Okonomiyaki sendiri memiliki dua macam yang terkenal yaitu Okonomiyaki ala Kansai yang dibuat dengan mengaduk bahannya dengan tepung terigu lalu dipanggang, sedangkan Okonomiyaki ala Hiroshima dibuat tanpa diaduk bahan makanan dan tepung terigunya tetapi langsung ditumpuk dan dipanggang diatas plat besi panggangan.

4. Onigiri

Makanan Jepang Yang Populer Di Indonesia - Onigiri

Photo via : https://www.theartfulappetite.com

Onigiri merupakan makanan Jepang yang populer di Indonesia, makanan ini berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat berbentuk segitiga, bulat atau seperti karung beras. Makanan ini biasanya berisi suiran salmon, ayam, telur ikan, umeboshi kemudian dibungkus dengan nori. Makanan ini biasanya menjadi salah satu bekal makanan yang hampir dibawa semua pelajar atau pekerja kantoran. Jika kamu baru pertama kali makan onigiri, disarankan memilih yang tuna dengan mayonese atau ayam mayones karena rasanya cocok untuk lidah orang Indonesia.

5. Dorayaki

Makanan Jepang Yang Populer Di Indonesia - Dorayaki

Photo via : http://www.daftarresepkue.com

Dorayaki adalah salah satu makanan Jepang yang populer di Indonesia berkat Doraemon, selain itu kue ini termasuk kedalam kue tradisional Jepang. Kue ini berbentuk bulat yang sedikit tembam, dibua dari dua lembar pankek yang didalamnya terdapat isian kacang merah yang enak. Namun di Indonesia, kue favorit doraemon ini dimodifikasi menjadi dorayaki keju dan coklat. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

6. Yakiniku

Makanan Jepang Yang Populer Di Indonesia - Yakiniku

Photo via : http://www.hirokoliston.com

Yakiniku adalah istilah bahasa Jepang untuk daging yang dipanggang atau dibakar diatas api. Yakiniku juga mencakup berbagai masakan daging sapi, babi atau jeroan yang dipanggang. Yakiniku biasanya dibentuk atau dipotong segi empat dan ditusuk lalu di panggang atau dibakar. Namun makanan ini berbeda dari sate dari Indonesia karena dagingnya ditusuk besar-besar.

7. Mochi

Makanan Jepang Yang Populer Di Indonesia - Mochi

Photo via : https://theculturetrip.com

Mochi adalah salah satu kue Jepang yang sangat populer di Indonesia, kue mochi ini berbahan dasar beras ketan dimana beras ketan ini ditumbuk hingga lembut dan lengket. Setelah itu adonan dari beras ketan ini dibentuk bulat-bulat, dan biasanya di Indonesia memiliki beraneka ragam warna sehingga terlihat sangat cantik. Kue mochi ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut sehingga banyak orang menyukainya. Di Indonesia sendiri kue mochi banyak memiliki variasinya seperti mochi es krim.  Jika di Jepang, kue mochi ini dibuat dan dimakan pada saat peraaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang.

8. Ramen

Makanan Jepang Yang Populer Di Indonesia - Ramen

Photo via : http://seonkyounglongest.com

Ramen merupakan salah satu makanan Jepang yang sebenarnya berasal dari Cina, namun menjadi makanan yang sangat populer di Jepang. Ciri khas ramen adalah bentuk mie yang tipis dan berwarna kuning. Selain itu rame ini memiliki kaldu atau kuah yang memiliki 4 macam jenis yaitu shoyu (kecap), shio(garam), miso (pasta kacang fermentasi) dan tonkotsu (daging babi). Di Indonesia sediri rame dengan mudah kita dapatkan entah itu di restoran maupun instan pun juga ada.

9. Shabu-Shabu

Makanan Jepang Yang Populer Di Indonesia - Shabu-Shabu

Photo via : https://la.eater.com

Shabu-Shabu merupakan makan Jepang jenis Nabemono berupa irisan daging sapi yang dicelup ke dalam panci yang berisi air panas dan dilambai-lambaikan di dalam kuah beberapa kali sebelum dimakan bersama saus yang mengandung wijen. Biasanya di dalam panci tersebut terdapat sayur-sayuran, tahu dan lainnya. Makanan ini bisa kamu dapatkan di restoran masakan Jepang yang ada di Indonesia.

10. Edamame

Makanan Jepang Yang Populer Di Indonesia - Edamame

Photo via : https://en.wikipedia.org

Edamame adalah salah satu super foods yang kaya akan vitamin A, vitamin C, serat dan protein. Makanan ini pada umumnya di Indonesia dikenal dengan kedelai dari Jepang yang dikukus atau direbus dan diberi sejumput garam untuk menambah rasa. Makanan ini biasanya dapat ditemui di restoran Jepang dan ada juga dijual-jual di supermarket. Di negara asalnya, kedelai ini termasuk tanaman tropis dan dijadikan sebagai sayuran serta camilan kesehatan.

11. Tempura

Makanan Jepang Yang Populer Di Indonesia - Tempura

Photo via : https://www.taste.com.au

Tempura adalah makanan Jepang berupa makanan laut, sayur-sayuran atau tanaman liar yang kemudian di balut dengan adonan yang berupa tepung terigu dan kuning telur kemudian di goreng dengan minyak goreng. Makanan ini biasanya bisa kamu dapatkan di restoran mahal dan biasanya disajikan baru matang, makanan ini hanya dibumbui dengan garam saja.

12. Sup Miso

Makanan Jepang Yang Populer Di Indonesia - Sup Miso

Photo via : https://www.youtube.com

Sup Miso merupakan salah satu makanan Jepang yang berupa sup dengan bahan dasar dashi dan tambahan miso dan tahu. Miso dendiri merupakan produk bumbu khas Jepang yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Makanan ini dianggap penting untuk sarapan di negara asalnya. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

13. Soba

Makanan Jepang Yang Populer Di Indonesia - Soba

Photo via : https://cooking.nytimes.com

Soba merupakan salah satu jenis mie yang ada di Jpang, dimana mie ini terbuat dari tepung gandum kuda. Soba ini biasanya dinikmati dengan kecap asin atau kecap manis.Selain itu mie soba ini dicampur dengan kakesoba atau kuah soba. Saat kita memakan mie soba ini sampai mengeluarkan suara, berarti dianggap sebagai pujian kepada orang yang memasaknya.

14. Sukiyaki

Makanan Jepang Yang Populer Di Indonesia - Sukiyaki

Photo via : https://www.frolichawaii.com

Sukiyaki merupakan salah satu makanan Jepang yang populer di Indonesia, makanan ini berupa irisan tipis daging sapi, sayur-sayuran dan tahu di dalam panci besi yang dimasak dengan cara direbus. Sukiyaki ini biasanya dimakan dengan mencelupkan irisan daging ke dalam kocokan telur ayam. Sayuran yang digunakan untuk sukiyaki adalah bawang bombay, daun bawang, sawi putih, shungiku, jamur shitake dan jamur enoki. Sukiyaki sendiri memiliki dua versi yaitu versi daerah Kansai dan daerah Kanto. Sukiyaki versi Kansai, Sukiyaki hanya dimasak dengan bumbu kecap asin dan gula pasir, sedangkan Sukiyaki versi Kanto dimasak menggunakan saus Warishita yang merupakan campuran dashi, kecap asin, gula pasir, dan mirin yang dimasak terlebih dulu.

15. Udon

Makanan Jepang Yang Populer Di Indonesia - Udon

Photo via : https://www.thespruceeats.com

Udon merupakan salah satu jenis mie yang sudah sangat dikenal di Jepang sejak dulu, mie ini terbuat dari tepung gandum. Biasanya udon memiliki ukuran mie yang lebih besar ketimbang mie lainnya. Selain itu mie udon memiliki bentuk yang tipis. Udon ini banyak dimakan sebagai pengganti nasi dan harganya cukup murah di negara asalnya. Udon biasana dimakan bersama kuah yang dibuat dari dashi dengan tambahan kecap asin yang disebut tsuyu.

Facebook Comments

Baca Juga