Blackpink vs Twice, Lebih Keren Mana?

Dibuat oleh blogunik

Saat ini tidak dapat dipungkiri jika dunia kpop sedang mendominasi sehingga tak heran di dunia industri kpop terjadi persaingan antara agensi. Agensi-agensi hiburan di Korea berlomba-lomba mendebutkan sebuah idol grup untuk mendominasi musik domestik dan juga internasional. Diantara banyak agensi agensi SM Entertainment, YG Entertainment dan JYP Entertainment lah yang dianggap paling sukses jika mendebutkan girl grup. Seperti SM Entertainment yang mendebutkan Red Velvet, YG Entertainment yang mendebutkan Blackpink dan JYP Entertainment yang mendebutkan Twice.

Dari ketiganya ini, yang paling sering dibicarakan dan dibanding-bandingkan adalah Blackpink dan Twice. Blackpink dan Twice sendiri merupakan idol grup yang saat ini memang sedang naik daun dan sukses mencuri perhatian dunia berkat musik mereka. Setiap mereka comeback, musik video mereka sukses ditonton puluhan juta orang. Tak hanya itu saja, mereka pun berhasil menempati posisi pertama chart album domestik. Meskipun mereka sama-sama sukses, kedua girlgrup ini memiliki perbedaan. Berikut ini perbandingan antara Blackpink dan Twice, lebih keren yang mana?

1. Agensi

  • TwicePerbandingan Antara Blackpink vs Twice - Agensi Twice

    Photo via wikipedia.org

    Twice adalah girlgrup yang dibentuk pada tanggal 20 Oktober 2015 dengan album mini “The Story Begins”. Twice sendiri beranggotakan sembilan orang yaitu Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung dan Tzuyu. Girlgrup ini dibentuk oleh JYP Entertainment, dimana agensi ini dibentuk oleh Park Jin Young pada tahun 1997. JYP Entertainment sendiri dikenal memiliki artis-artis ternama seperti Wonder Girl, 2PM, 2AM, Miss A, GOT7, Stray Kids dan Itzy. Agensi yang menaung Twice ini memang dikenal selalu sukses dalam mendebutkan girlgrup, hal ini bisa dilihat dari pendahulunya.

  • Blackpink

    Perbandingan Antara Blackpink vs Twice - Agensi Blackpink

    Photo via aminoapps.com

    Blackpink adalah girlgrup yang dibentuk pada tanggal 8 Agustus 2016 dengan singel mereka yang berjudul “Square One” yang membuat “Whistle” lagu nomor satu peratma mereka di Korea Selatan. Girlgrup ini dibentuk oleh YG Entertainment, dimana agensi ini menghasilkan artis-artis yang berbakat seperti Sechs Kies, Big Bang, 2NE1, iKON dan Winner. Agensi ini memang dikenal sangat pandai mendebutkan idol, hal ini bisa dilihat dari debut Blackpink. Blackpink sendiri mampu mendapatkan rekor sebagai video musik debut yang paling banyak ditonton oleh artis Korea. Bahkan mereka mempunyai lagu di posisi tertinggi di Billboard Hot 100 dan mereka adalah grup kpop perempuan pertama dan satu-satunya yang memasuki dan memuncaki tangga lagu “Emerging Artist Billboard”. Bagi idol rookie prestasi ini sangat tidak mudah didapatkan.

2. Musik

  • Twice

    Twice sendiri bisa dikatakan memiliki style musik yang sangat berbeda dengan Blackpink. Twice sendiri memiliki konsep musik yang manis, ceria dan imut atau yang biasa dikenal dengan genre musik bubblegum pop. Twice juga bisa dikatakan konsisten dalam membawakan jenis lagu yang ceria, hal ini bisa kalian lihat dari lagu-lagu yang mereka rilis. Meskipun masih mengusung konsep bubblegum pop yang ceria dan manis, hal tersebut bukanlah kendala bagi mereka. Buktinya, fans-fans mereka tetap setia menikmati musik yang dibawakan oleh Twice. Konsep imut dan menggemaskan ini juga ternyata cukup banyak digemari oleh pecinta musik kpop. Tapi tentu saja, banyak orang yang menantikan prubahan musik yang dibawakan oleh Twice nantinya.

  • Blackpink

    Blackpink sendiri bisa dikatakan girlgrup yang cukup berani dalam pemilihan genre musik. Blackpink sendiri mengusung genre musik kpop, hip-hop, r&b, elektronika, dansa dan pop. Genre musiknya pun memang tidak jauh-jauh dari para seniornya karena hal ini memang sudah menjadi ciri khas dari genre musik YG Entertainment. Genre musiknya ini juga sangat mudah diterima khalayak banyak sehingga tak heran Blackpink mampu terkenal hingga ke mancanegara.

3. Aransemen dan Lirik Lagu

  • Twice

    Perbandingan Antara Blackpink vs Twice - Lagu Twice

    Photo via wikipedia.org

    Lagu Twice dikenal memiliki genre yang ceria, tentunya lagu-lagu diciptakan oleh orang-orang yang handal dalam bidangnya. Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Twice sendiri tak lain diciptakan oleh sederet tim produser dan penulis lagu yaitu seperti Black Eyed Pilseung, Park Jin Young dan lainnya. Namun tak memungkiri juga jika member Twice juga dapat menulis lirik lagu, pasalnya beberapa member Twice seperti Jihyo, Chayeoung dan Jungyeon pernah berpartisipasi dalam menulis lagu untuk lagu Twice.

  • Blacpink

    Perbandingan Antara Blackpink vs Twice - Lagu Blackpink

    Photo via scmp.com

    Di balik lagu Blackpink yang hits terdapat bantuan tangan dingin dari sang penulis lagu dan aransemen. Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Blackpink ini diciptakan oleh Teddy, Bekuh Boom dan B.I. Buat para penggemar lagu-lagu dari YG Entertainment tentunya sudah tidak asing lagi dengan singer-songwriter ini yaitu Teddy. Teddy sendiri menjadi produser di YG dan dia menjadi bagian dari tim penulis untuk semua lagu yang ada di dalam dua album Blackpink. Bekuh Boom, ia merupakan singer-singwriter asal Amerika dan ia telah berhasil menulis beberapa lagu hits di Amerika, Eropa dan Korea. Bekuh Boom sendiri terlibat dalam tim penulis lagu Blackpink untuk lagu berjudul “Boombayah” dan “Whistle”. Sedangkan B.I atau yang dikenal Kim Hanbin adalah mantan leader dari iKON yang menjadi rapper, penulis lagu dan produser musik untuk beberapa grup seperti Winner dan Blackpink. B.I sendiri menulis lagu untuk Blackpink yang berjudul “Whistle” namun yang menjadi kontroversial adalah namanya tidak masuk ke dalam daftar penulis lagu “Whistle”.

4. Leader Dalam Grup

  • Twice

    Perbandingan Antara Blackpink vs Twice - Leader Twice

    Photo via yscore.co.kr

    Di grup yang beranggotakan sembilan orang ini, Jihyo adalah seorang leader sekaligus menjadi main vocal. Jihyo sendiri terpilih menjadi leader Twice melalui sistem voting yang dilakukan para member secara anonim dan bukan pilihan langsung oleh JYP. Jihyo sendiri dikenal sebagai pemimpin yang pantang menyerah dan juga kerja keras. Memiliki member yang banyak bukanlah perkara yang mudah untuk diatur namun Jihyo membuktikan semua itu. Ia mampu menjadi leader yang membuat Twice tetap solid dan siap merangkul kapanpun itu. Tak heran jika Jihyo leader yang paling ideal dan terbaik untuk Twice.

  • Blackpink

    Perbandingan Antara Blackpink vs Twice - Leader Blackpink

    Photo via withlalice.blogspot.com

    Berbeda dengan idol grup satu agensinya, Blackpink sendiri menjadi satu-satunya grup YG Entertainment yang tidak memiliki leader. Semenjak mereka debut, Blackpink tidak memiliki sistem leader hal ini bukannya tidak ada satu anggota yang kompeten namun pihak agensi ingin grup ini menjalani semuanya dengan berdiskusi dan musyawarah. Member Blackpink ini juga memiliki jarak umur yang tidak terlalu jauh sehingga mereka sudah dekat satu sama lainnya hingga tidak memerlukan posisi leader.

5. Maknae Dalam Grup

  • Twice

    Perbandingan Antara Blackpink vs Twice - Maknae Twice

    Photo via kpopping.com

    Twice memiliki dua anggota termuda atau yang biasa disebut maknae, mereka berdua adalah si cantik Tzuyu dan Chaeyoung dan dua maknae ini diketahui kelahiran tahun 1999. Banyak yang mengatakan jika menjadi maknae tidak terlalu menyenangkan karena mereka harus menurut dengan perkataan member yang lebih tua dan tak jarang sering disuruh-suruh. Tapi Tzuyu dan Chaeyoung mengatakan jika menjadi maknae juga memiliki sisi positif. Tzuyu mengatakan ia mendapatkan banyak cinta dan perhatian dari para kakak-kakaknya di Twice. Sedangkan Chaeyoung mengatakan para kakaknya di Twice lebih memperlakukannya lebih baik karena ia adalah maknae. Selain itu, para tertua juga akan memimpin wawancara untuk maknae sehingga para maknae merasa sangat berterima kasih.

  • Blackpink

    Perbandingan Antara Blackpink vs Twice - Maknae Blackpink

    Photo via instagram.com/lalalalisa_m

    Di Blackpink Lisa adalah member termuda diantara ke tiga member lainnya. Pada umumnya member termuda atau maknae akan diperlakukan sangat baik atau dimanja oleh member tertuanya. Namun berbeda dengan maknae Blackpink ini, ia tidak mendapatkan perlakuan istimewa dari member lainnya. Justru ia menjadi member dengan loyalitas paling tinggi diantara yang lainnya. Bahkan saat memesan makanan, Lisa kerap mengeluarkan uang pribadinya untuk kakak-kakaknya. Hal ini dikarenakan, Blackpink sering memesan makanan pesan antar menggunakan aplikasi milik Lisa dan karena itu Lisa terpaksa menggunakan uang pribadinya untuk membayar semua tagihan makanan.

6. Rap Line

  • TwicePerbandingan Antara Blackpink vs Twice - Rap Line Twice

    Photo via gotceleb.com

    Di Twice yang menjadi rap line adalah Momo, Dahyun dan Chaeyoung. Jika kalian mendengar lagu-lagu dari idol grup cantik satu ini, pada bagian rap linennya memang tidak sebagus rap line Blackpink. Namun hal itu bukanlah menjadi kendala karena mereka memiliki ciri khas-nya masing-masing.

  • Blackpink

    Perbandingan Antara Blackpink vs Twice - Rap Line Blackpink

    Photo via twitter.com/ratedjenlisa, coppamagz.com

    Di Blackpink yang menjadi rap line adalah Jennie dan Lisa, jika kalian mendengarkan lagu-lagu dari Blackpink bagian rapper mereka memang kedengaran lebih baik dari Twice. Hal ini dikarenakan Jennie dikenal karena keterampilan rap yang sangat baik sejak masih traniee dan banyak yang mengatakan Jennie adalah salah satu rapper wanita terbaik di kpop. Jennie juga termasuk rapper wanita dengan rap 7.88 SPS. Sama seperti Jennie, Lisa juga memiliki kemampuan rap yang luar biasa dibandingkan dengan rap line Twice.

7. Vokal Line

  • Twice

    Perbandingan Antara Blackpink vs Twice - Vokal Line Twice

    Photo via fanpop.com, fun.jjang0u.com, koreaboo.com

    Di grup yang beranggotakan sembilan orang ini yang menjadi vokal line adalah Jihyo, Nayeon dan Jeongyeon. Jihyo memang dikenal memiliki range vokal yang bagus dan suaranya enak didengarkan terutama di lagu-lagu ballad. Nayeon juga memiliki suara yang khas dan kualitas suaranya berada di atas member-meber lainnya sehingga tak heran ia menjadi vokalis utama. dan terakhir Jeongyeon adalah member yang dianggap sebagai calon vokalis utama Twice paling potensial selama masa Sixteen. Namun kini ia berada dibawah member-member lainnya seperti Nayeon dan Jihyo. Meskipun begitu ia bisa memamerkan suara indahnya saat bernyanyi sendiri.

  • Blackpink

    Perbandingan Antara Blackpink vs Twice - Vokal Line Blackpink

    Photo via twitter.com/bsmyq_, yan.vn, theqoo.net

    Di Blackpink member yang berposisi sebagai vokal line adalah Jisoo, Jennie dan Rose. Jisoo dikatakan sebagai vokalis terbaik di Blackpink, ia memiliki timbre suara yang unik dan matang jika dibandingkan dengan vokalis idol kpop lainnya. Jennie adalah member yang memiliki suara yang stabil ketika perform, suaranya cukup kuat dan ada sisi rendah. Suaranya pun sesuai dengan konsep girl crush yang diusung Blackpink. Terakhir ada Rose, Rose adalah member yang memiliki jenis sara yang khas dan hal ini pun menjadi perhatian publik dan juga fansnya.

8. Koreografi

  • Twice

     

    Twice dikenal memiliki koreografi yang unik-unik dan cute, selain itu dance dari Twice pun sangat mudah di tirukan. Sehingga tak heran banyak dari kalangan artis atau pun masyarakat yang mengcover lagu-lagu milik Twice ini.

  • Blackpink

     

    Sedangkan dance dari idol grup Blackpink memiliki koreografi yang powerfull dan style dance mereka berbeda dengan Twice. Jika Twice menampilkan koreografi dengan sisi imut, Blackpink menampilkan koreografi dengan sisi swag khas YG Entertainment.

9. Penjualan Album

  • Twice

    Perbandingan Antara Blackpink vs Twice - Album Twice

    Photo via bukalapak.com

    Twice menjadi girlgroup dengan penjualan album terbanyak lewat album “Feel Special”. Dimana album ini terjual sebanyak 154.028 keping di minggu pertama yang memecahkan rekor sebelumnya sebanyak 151.051 oleh “Fancy You”. Selain itu, Twice juga dinobatkan sebagai girlgroup kpop terlaris di Jepang dengan jumlah penjualan album yang fantastis. Mereka telah menjual sebanyak 3.438.971 keping album di Jepang menurut Oricon Chart.

  • BlackpinkPerbandingan Antara Blackpink vs Twice - Album Blackpink

    Photo via iwonchuu.nl

    Pada tanggal 30 April, tepat satu minggu setelah rilis album baru Blackpink yang berjudul “Kill This Love” sudah terjual sebanyak 146.094 kopi di Hanteo Chart.

10. Prestasi

  • Twice

    Perbandingan Antara Blackpink vs Twice - Prestasi Twice

    Photo via kpopping.com

    Semenjak debut, Twice telah menjadi bagian dari Korean Hallyu yang mampu memikat pendengar musik internasional. Ada banyak sekali prestasi yang telah Twice buat seperti girlband dengan raihan penbonton musik video hingga ratusan juta melalui YouTube. Twice juga sukses meraih puluhan trifu karena berhasil memuncaki tangga lagu. Untuk penjualan album, Twice adalah girlgrup yang jumlah penjualan albumnya fantastis. Tak hanya itu saja, mereka juga meraih Golden Disc Awards hampir setiap tahunnya. Mereka juga berhasil membawa 5 piala dari Japan Golden Disc Awards, mulai dari New Artist of the Year, Best 3 New Artist, Album of the Year, Best 3 Albums dan Song of the Year by Download. Selain itu ada beberapa deretan prestasi lainnya yang diraih oleh Twice yang membuktikan mereka benar-benar memiliki kualitas.

  • Blackpink

    Perbandingan Antara Blackpink vs Twice - Prestasi Blackpink

    Photo via blackpinkupdate.com

    Blackpink menjadi salah satu girlgroup yang popilaritasnya semakin meningkat baik di Korea Selatan maupun di internasional. Blackpink sendiri memiliki banyak sekali prestasi seperti grup kpop dengan jumlah subscriber terbanyak, girlgroup Kpop pertama yang tampil di Coachella, menggelar konser dunia hanya dengan 9 lagu saja. Selain itu, Blackpink juga meraih sejumlah penghargaan dimana pada tahun pertama debut mereka meraih lebih dari lima trofi Rookie of the Year di berbagai ajang penghargaan. Mereka juga meraih penghargaan di level internasional dan sempat menjadi nominasi Favorit International Artist dalam acara Nickelodeon Brazil Kids’ Choice Awards. Blackpink juga berhasil mendapatkan trofi Best Dance Video lewat ‘Ddu-Du Ddu-Du’ dalam acara Japan Gold Disc Award. Mereka juga mendapat ajakan kolaborasi dari penyanyi dunia seperti Halsey, DJ Snake, Diplo, Charli CXC dan Dua Lipa.

11. Skandal

  • Twice

    Perbandingan Antara Blackpink vs Twice - Skandal Mina Twice

    Photo via dkpopnews.fooyoh.com

    Twice merupakan salah satu idol kpop populer dan sukses, dimana dibalik kesuksesannya tersebut mereka pernah terlibat dalam kontroversi. Kontroversi pertama datang dari Nayeon, dimana ia pernah mengunggah foto streaming lagu Taeyeon SNSD yang berjudul “Secret”. Postingan ini mendapat komentar mirip karena akses musik lewat soundcloud ilegal di Korea. Kedua Tzuyu, dalam acara My Little Television Tzuyu mengangkat bendera Taiwan yang tak lain adalah tempat kelahirannya. Namun ternyata hal ini menggemparkan publik dan mereka menuduh Tzuyu sebagai aktivis kemerdekaan Taiwan.

    Ketiga Chaeyoung, Chaeyoung pernah diserang netizen karena menari asal-asalan, beredar juga foto saat di atas panggung dimana Chaeyoung melompat kurang tinggi dibandingkan dengan member Twice lainnya. Selain itu, Chaeyoung juga pernah dituduh sebagai admin blog dimana admin blog yang diduga Chaeyoung menonton film dewasa padahal usianya masih dibawah umur. Keempat Sana, Sana pernah membuat postingan di media sosial yang menyambut kekaisaran Jepang yang memasuki era baru. Ia mengaku sedih dan mengucapkan selamat tinggal sebagai seseorang yang lahir di era Heisei. Karena hal ini banyak warga Korea Selatan yang menganggap ia kurang bijak karena mengunggah hal semacam itu di akun instagram resmi Twice.

    Perbandingan Antara Blackpink vs Twice - Skandal Tzuyu Twice

    Photo via cewekbanget.grid.id

    Kelima Jeongyeon, semua pasti tahu jadwal Twice sangat padat dan hal tersebut membuat para member merasa lelah. Hal ini juga dirasakan oleh Jeonghyeon, pasalnya ia mengaku kesulitan karena harus tampil di konser tur Jepang, syuting video musik di Korea, pemotretan album dan berlatih untuk lagu-lagu baru. Namun sayangnya, pengakuan itu mendapat cibiran dari netizen, netizen mengatakan Jeongyeon tidak sadar diri bertapa beruntungnya dia dapat sebut bersama Twice. Ke enam Momo, kalian yang mengikuti Twice pastinya tahu tentang ini. Sebelum debut, Momo menjadi sorotan karena sebenarnya ia sudah tereliminasi namun terpilih lagi oleh Park Jin Young sebagai anggota Twice. Para penonton bertanya apa yang membuatnya pantas menjadi member Twice dan ternyata Momo terpilih karena ia memiliki skill dance yang luar biasa.

    Perbandingan Antara Blackpink vs Twice - Skandal JihyoTwice

    Photo via wowkeren.com

    Ke tujuh Dahyun, saat dibandara Dahyun pernah menggunakan kaos Marymond. Dimana merek baju ini didesain untuk mendukung korban perbudakan seksual oleh tentara Jepang pada waktu Perang Dunia ke-2. Hal ini pun membuat politisi Jepang murka dan meminta Twice dikeluarkan dari ajang konser. Kedelapan Mina, pada saat fansign Mina diberi topi dan di topi ini terdapat gambar bendera militer yang digunakan Jepang saat menjajah Korea Selatan. Mina un dikritik netizen karena kurang berhati-hati. Selain itu, penggemar juga sempat dihebohkan dengan foto Mina dan BamBam GOT7 diatas ranjang. Namun kemudian pihak agensi mengklarifikasi kalau keduanya hanya berteman saja. Terakhir Jihyo, pada saat konser spesial Hallowen Twice melakukan cosplay dengan dandanan dan kostum unik. Jihyo sukses menjadi perhatian karena menggunakan kostum ala Indian dan menyebut dirinya sebagai Indian Jihyo. Jihyo pun dituduh rasis karena berdandan seperti suku Indian lokal. Selain itu, skandal yang baru ini terjadi yaitu Jihyo ketahuan berkencan dengan Kang Daniel. Mereka pun ternyata telah berpacaran selama 7 bulan sejak awal tahun 2019.

  • Blackpink

    Perbandingan Antara Blackpink vs Twice - Skandal Jennie Blackpink

    Photo via m.matamata.com

    Tak hanya Twice yang pernah terlibat skandal, Blackpink pun pernah terlibat dalam skandal yaitu skandal hubungan asmara Jennie dan Kai EXO yang dibongkar oleh Dispatch. Dispacth merilis foto-foto keduanya ketika sedang berkencan dan hal ini pun membuat para fans EXO dan Blackpink kaget. Namun tak lama setelah kabar berita mereka berpacaran, mereka di gissupkan telah mengakhiri hubungan karena sama-sama sibuk.

Nah, itulah perbandingan antara Blackpink dan Twice. Secara keseluruhan kedua idol kpop ini sama-sama populer dan kuat di industri kpop, selain itu mereka juga memiliki ciri khas masing-masing yang disukai oleh para penggemarnya masing-masing.


Komentar (1)

  1. Fitrya berkata:

    Kenapa T.O.P Bigbang tidak ada…?padahal dia sangat tampan dan jadi idola para rapper

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.