20 Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Bonsai merupakan tanaman atau pohon kerdil yang hidup dalam sebuah pot. Tanaman bonsai ini tak hanya kerdil namun juga memiliki bentuk yang lucu, unik, dan berbeda dari tanaman pada umumnya. Nggak heran jika tanaman bonsai selalu diburu banyak orang karena memang tanaman ini terlihat elegan dan memiliki nilai seni tinggi.

Bonsai sendiri bisa di buat dari berbagai jenis pohon. Biasanya bonsai dibentuk dari pohon dengan usia yang lama dan dapat tahan dari berbagai perlakuan, mulai dari pemotongan berlebih, tekukan, dan toleran pada macam-macam tanah.

Meski terlihat mudah, namun membuat tanaman bonsai bisa jadi cukup menantang dengan proses lumayan panjang lho. Kamu juga harus tahu teknik khusus untuk memosisikan batang dan cabangnya sehingga menarik dan unik.

Nah buat kamu yang tertarik dengan tanaman bonsai namun kehabisan ide untuk membentuknya seperti apa, beberapa inspirasi bonsai dengan bentuk yang unik dan estetik berikut bisa dijadikan inspirasi!

1. Bonsai dengan bentuk broom style (Hokidachi)

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via pinterest.es/isalombera60

Bentuk bonsai yang unik dan estetik yang bisa kamu coba pertama adalah bentuk broom style atau Hokidachi. Sesuai namanyanya, bentuk bonsai ini dikenal juga dengan gaya sapu terbalik. Hokidachi sendiri merupakan gaya bonsai klasik dengan bentuk batang tegak lurus namun pada bagian atasnya memiliki ranting yang bercabang ke segala arah sehingga membentuk bola. Keunikan dan keindahan bentuk bonsai ini terletak pada bagian percabangan dahan yang sangat rapi dan titik persebaran dahan dan rantingnya terlihat seimbang.

2. Bonsai dengan bentuk formal upright style (Chokkan)

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via pinterest.com/boonrod_2016

Bentuk formal upright style atau gaya chokkan merupakan bentuk Bonsai yang sangat umum. Bentuk bonsai ini tegak lurus dengan batang yang tebal di bagian bawah dan semakin mengecil ke bagian atas. Percabangan dari bonsai ini biasanya dimulai dari 1/4 dari total panjang batang. Bnetuk bonsai ini disebut memiliki cabang ideal saat dilihat dari berbagai sisi.

3. Bonsai dengan bentuk informal upright style (Moyogi)

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via homestratosphere.com

Selanjutnya ada bentuk informal upright style atau yang dikenal dengan istilah Moyogi. Batang bonsai ini tumbuh tegak namun melengkung menyerupai bentuk huruf ‘S’. Dalam setiap lengkungan batang memiliki cabang pohon. Model informal upright style haruslah terlihat jelas lekukan batangnya dengan pangkal batang lebih tebal dari bagian yang lebih tinggi.

4. Bonsai dengan bentuk slanting style (Shakan)

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via bonsaiotaku.com

Ada juga nih bonsai dengan bentuk miring atau slanting style yang juga biasa disebut dengan shakan. Bonsai bentuk ini memiliki gaya miring seolah sedang tertiup angin sehingga membuat tanaman ini terlihat unik. Bonsai ini memiliki batang pohon yang tegak lurus namun miring sekitar 60-80 derajat. Sementara daun dan dahannya tetap tumbuh tegak lurus ke atas.

Cabang pertama bonsai ini biasanya akan tumbuh berlawanan dengan arah pohon, untuk menciptakan rasa keseimbangan visual. Batangnya bisa sedikit ditekuk atau benar-benar lurus, tetapi masih lebih tebal di bagian bawah daripada di bagian atas.

5. Bonsai berbentuk cascade style (Kengai)

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via pinterest.com/emanino

Kamu juga bisa menata bonsai dengan gaya cascade style atau gaya air terjun yang lebih akrab ditelinga warga Indonesia. Bentuk bonsai ini mirip air terjun dengan batang pohon yang menggantung ke bawah.

Untuk mendapatkan bonsai dengan gaya yang juga dikenal dengan nama Kengai ini, pertumbuhan batang pohon harus tegak dan kemudian menekuk ke bawah. Sementara untuk percabangannya harus tumbuh horizontal agar keseimbangan pohon terjaga.

Mungkin sulit untuk mempertahankan pohon yang tumbuh ke bawah karena arah pertumbuhannya berlawanan dengan kecenderungan alami pohon yang tumbuh keatas. Maka dari itu, dibutuhkan pot yang tinggi dan penempatan tanaman bonsai yang tinggi untuk memelihara bonsai ini.

6. Bonsai berbentuk semi cascade style (Han-kengai)

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via steemkr.com

Ada juga nih bentuk bonsai semi cascade atau semi menggantung yang dinamakan dengan Han-kengai. Sedikit berbeda dengan cascade style sebelumnya, pada bentuk ini, batang bonsai menjuntai ke bawah namun hanya setengah dari tinggi pot. Batang bonsai tumbuh tegak dalam jarak yang pendek dengan tinggi batang utama sejajar dengan bibir pot dan tumbuhnya ke samping. Kemudian batang, ranting, atau cabang lainnya menggantung melewati bibir pot.

Berbeda dengan gaya cascade, batang semi cascade tidak akan pernah tumbuh di bawah dasar pot. Sementara untuk mahkota tumbuhnya mengikuti batang utama atau bisa juga sejajar dengan bibir pot bagian samping.

7. Bentuk bonsai literati style (Bunjingi)

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via pinterest.com/levanhunghypy

Inspirasi bonsai dengan bentuk yang unik dan estetik berikutnya adalah bonsai dengan bentuk literati style atau bunjingi. Tanaman bonsai gaya bunjingi ini tumbuh tinggi dengan batang langsing dan pertumbuhan cabang yang sedikit.

Ciri khas yang lebih menonjol dari bentuk bonsai ini adalah terdapat cabang tanpa kulit kayu yang memberikan kesan pohon tua yang lapuk. Tanaman bonsai bergaya literati ini cocok ditanam dalam pot bulat berukuran kecil.

8. Bonsai bentuk windswept style (Fukinagashi)

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via sg.carousell.com

Selanjutnya ada gaya tertiup angin yang disebut dengan windswept style alias fukinagashi. Sesuai namanya, ciri dari bonsai ini adalah pohon dan daunnya dominan miring ke satu arah seperti sedang tertiup angin kencang secara konstan dalam waktu yang lama. Untuk membuat bonsai yang satu ini memang lebih tricky karena diperlukan pemasangan kabel dan pemangkasan rutin. Kamu juga perlu memperhatikan arah paparan cahaya matahari agar bonsai tumbuh hanya pada satu sisi saja.

9. Bonsai dengan bentuk double trunk style (Sokan)

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via pinterest.com/admluciano

Kamu juga bisa membuat bentuk bonsai yang unik dengan mengambil gaya double trunk atau sokan. Gaya bonsai ini masih sangat jarang dibudidayakan, sehingga memiliki nilai yang lebih tinggi jika dijual. Model bonsai batang ganda ini biasanya tumbuh dari satu pohon namun memiliki dua batang yang seperti membelah pohon atau bercabang sehingga membentuk batang ganda.

Kedua batang akan bervariasi dalam ketebalan dan panjangnya, batang yang lebih tebal dan lebih berkembang tumbuh hampir tegak, sedangkan batang yang lebih kecil akan tumbuh agak miring. Bentuk bonsai ini masih sangat langka, sehingga kamu bisa membuatnya sebagai tantangan.

10. Bonsai dengan gaya multitrunk style (Kabudachi)

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via sequoiatrees.com

Selain double trunk style, ada juga multitrunk style atau kabudachi yang memiliki ciri khas dengan memiliki 3 batang atau bahkan lebih. Semua batang tumbuh dari satu sistem akar, dan itu benar-benar satu pohon. Semua batang membentuk satu mahkota daun, di mana batang paling tebal dan paling berkembang membentuk bagian atas. Bentuk bonsai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan pecinta tanaman kerdil.

11. Bonsai dengan gaya forest style (Yose-ue)

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via valavanisbonsaiblog.com

Bonsai dengan bentuk unik dan estetik lainnya yang bisa kamu tiru berikutnya adalah bonsai dengan gaya forest style atau juga disebut dengan yose-ue. Bonsai dalam bentuk hutan ini di dalamnya terdiri dari banyak pohon-pohon yang ditanam dalam satu pot ukuran besar dan dangkal. Di bagian tengah biasanya ditaman pohon dengan ukuran batang paling besar dan pada sisi sebelahnya ditanam pohon dengan batang yang lebih kecil. Kumpulan pohon ini akan membentuk satu mahkota tunggal. Nah untuk mendapatkan kesan yang lebih realistis layaknya hutan beneran, pohon-pohon kerdil ini bisa ditanam dalam pola yang acak.

12. Bentuk bonsai growing on a rock style (Seki-joju)

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via horti.jp

Buat kamu yang sedang mencari contoh bonsai yang unik, kamu bisa banget meniru gaya bonsai growing on a rock style yang di sebut juga dengan nama Seki-joju di Jepang. Pohon bonsai ini memiliki ciri khas tumbuh di atas batu, sehingga menghasilkan daya tarik yang unik dan terkesan purba. Di medan berbatu, pohon terpaksa mencari tanah yang kaya nutrisi dengan akarnya, yang sering ditemukan di celah dan lubang. Akar biasanya akan menyelimuti batu dan mencari tanah untuk bisa bertumbuh.

13. Bonsai dengan bentuk growing in a rock style (Ishisuki)

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via bonsaibark.com

Ada juga yang nggak kalah unik adalah bonsai dengan gaya growing in a rock style atang biasa disebut dengan ishisuki. Hampir sama dengan Growing on a Rock Style yang menggunakan media batu untuk daya tariknya, growing in a rock style juga masih menggunakan batu hanya saja bonsai ini tumbuh di sela-sela batu dan bonsai bisa tumbuh dengan banyak pohon di sela-sela batu.

Jadi akar bonsai tidak akan mencapai tanah sehingga diperlukan perawatan khusus untuk memelihara bonsai satu ini. Penting untuk memupuk dan sering menyiram, karena tidak banyak ruang yang tersedia untuk menyimpan air dan nutrisi. Batu tempat bonsai tumbuh sering ditempatkan di pot dangkal, yang terkadang diisi dengan air atau kerikil halus.

14. Bonsai dengan gaya raft style (Ikadabuki)

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via bonsaibark.com

Bentuk bonsai yang unik dan estetik untuk dijadikan koleksi berikutnya adalah bonsai dengan gaya batang jatuh atau raft style atau biasa juga disebut dengan ikadabuki. Ciri dari bonsai ikadabuki adalah batang tidur yang menyentuh tanah dan berusia sangat tua. Dan batang tidur itu muncul banyak batang yang tumbuh menjadi pohon sehingga terlihat lebih unik. Menariknya lagi, batang tertidur akan menjadi akar yang dapat memberikan nutrisi yang cukup bagi cabang untuk bertahan hidup.

15. Bonsai dengan bentuk shari style (Sharimiki)

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via bonsaibark.com

Nah buat kamu yang ingin memiliki koleksi bonsai yang estetik, maka bonsai bentuk shari style atau sharimiki ini bisa banget kamu jadikan koleksi atau bisa kamu coba buat. Bentuk bonsai ini memiliki ciri khas batang yang tua dengan kulit batangnya yang mengelupas terlihat berwarna putih.

Bagian yang tanpa kulit kayu ini biasanya dimulai dari pangkal batang dan tumbuh semakin tipis saat terus naik ke puncak. Sinar matahari yang intens akan memutihkan bagian-bagian ini sehingga membentuk bagian pohon yang sangat khas. Kamu bisa menghilangkan kulit kayu dengan pisau tajam dan mengolesnya dengan kapur belerang untuk mempercepat proses pemutihan.

16. Bonsai dengan bentuk exposed root style

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via pinterest.com/boonrod_2016

Nggak kalah unik dari bentuk bonsai lainnya, bentuk bonsai exposed root style juga cocok dijadikan koleksi bonsai kamu yang unik dan estetik. Sesuai namanya, karakteristik dari bonsai Exposed Root Style ini adalah akarnya terlihat menonjol dan banyak. Banyak akar dari tanaman ini terbentuk dengan unik bahkan aneh.

17. Bonsai dengan bentuk bankan style

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via bonsaitonight.com

Bonsai dengan bentuk bankan style juga terlihat unik dan estetik untuk kamu jadikan koleksi. Karakteristik dari bonsai ini adakan batangnya yang kasar dengan bentuk yang melingkar ke atas ataupun kesamping sehingga memberikan tampilan yang kasar pada batang. Tetapi untuk membuat bonsai ini harus membutuhkan proses yang cukup rumit.

18. Bonsai model clump style

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via stonelantern.com

Bentuk bonsai model clump style juga cukup unik. Bonsai ini memberikan kesan buah yang berisi beberapa biji jatuh di tanah yang subur kemudian biji-biji tersebut tumbuh menjadi pohon ditempat yang sama. Biji-biji tersebut tumbuh berumpun membentuk pohon dengan banyak batang. Setiap batang secara alami menjulur ke luar untuk meraih cahaya.

19. Bonsai dengan bentuk weeping style

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via bonsaidojo.net

Inspirasi bonsai dengan bentuk yang unik dan estetik berikutnya adalah bentuk weeping style. Bentuk ini memiliki ciri khas ranting dan dedaunan yang menjuntai ke arah bawah. Perlu teknik khusus untuk membuat bonsai model ini, karena kamu harus menggunakan kawat untuk membuat batang pohon yang akan dijadikan bonsai menekuk ke arah bawah dan membuatnya terkesan menjuntai.

20. Bonsai dengan gaya saikei atau landscape

Inspirasi Bonsai dengan Bentuk yang Unik dan Estetik

photo via bonsaitreegardener.net

Satu lagi model bonsai yang unik yang bisa kamu buat dan jadikan koleksi adalah gaya saikei atau landscape. Model bonsai ini tak hanya fokus dengan satu jenis tanaman bonsai, tapi juga dikombinasikan dengan berbagai elemen, seperti bebatuan, rumput, lumut, hingga ornamen-ornamen lainnya sehingga menciptakan landscape yang menawan. Jenis bonsai ini umumnya ditata dalam wadah lebar dan beruas yang sebagian ruasnya diisi air agar mirip seperti pemandangan alam asli dalam versi kecil.

Nah itu dia beberapa inspirasi bonsai dengan bentuk yang unik dan estetik yang bisa kamu coba buat dan jadikan koleksi agar rumah kamu menjadi lebih cantik. Bagaimana menurut kalian guys? Tertarik mengoleksi bonsai?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.