Cara Detox Tubuh Yang Benar dan Alami



Detoksifikasi atau detox adalah cara untuk membersihkan tubuh dari racun. Detox bisa dilakukan dengan berbagai cara, ada yang melakukannya dengan hanya mengkonsumsi jus buah dan sayur dan ada juga yang melakukan dengan cara yang lebih mudah seperti menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, garam, kafein dan alkohol. Nah, agar tubuh kamu terasa lebih baik kamu bisa melakukan detoksifikasi sendiri. Dengan melakukan detox tubuh kamu akan terasa seperti ada perbaikan, lebih muda dan lebih berenergi. Berikut ini ada beberapa cara detox tubuh yang benar dan alami

 

1. Konsumsi Air Lemon Setiap Pagi

Photo via : https://www.israel21c.org

Konsumsilah air lemon sebelum kamu mengawali kegiatanmu. Vitamin C yang terkandung dalam air perasan lemon ini akan meningkatkan kadar glutathione dalam tubuh, dimana senyawa penting ini diperlukan untuk detoksifikasi dalam hari. Air perasan lemon ini dapat membantu membersihkan racun yang menumpuk di dalam tubuh dan mengurangi penyumbatan di kantong empedu. Air lemon dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh, membersihkan tubuh dari racun dan melancarkan pencernaan.

 

2. Tenangkan Hati dan Pikiran

Photo via : https://yogatrade.com

Luangkanlah waktumu selama 10 menit untuk menenangkan diri. Hati dan pikiran yang tenang juga dapat membantu tubuh melakukan detox. Kamu dapat melakukannya dengan tarik nafas dalam-dalam, hal ini akan membantu pari-paru untuk mendapatkan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida lebih baik. Selain itu, hal ini juga dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh sehingga makanan yang kita konsumsi dapat dicerna dengan baik.

 

3. Lakukan Olahraga

Photo via : https://hellosehat.com

Luangkanlah waktumu untuk berolahraga setidaknya satu jam setiap harinya. Keringat yang keluar saat olahraga dapat membantu kamu mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Selain itu dapat membantu melancarkan aliran getah bening dalam tubuh sehingga memabntu tubuh mengeluarkan racun lewat keringat. Olahraga juga merupakan salah satu cara sehat untuk menjaga tubuh tetap bugar.

 

4. Hindari Makanan Olahan

Photo via : https://www.11street.my

Ada baiknya kamu menghindari makanan olahan karena makanan kemasan cenderung sedikit mengandung zat gizi dan kaya akan lemak, garam gula dan zat pengawet. Selain makanan kemasan, kamu juga harus menghindari minuman kemasan seperti minuman soda dan minuman manis. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

5. Berhenti Minum Kopi Untuk Sementara

Photo via : https://www.worldatlas.com

Ada baiknya kamu menghindari kopi untuk sementara selama proses detox karena semakin banyak kopi yang kamu konsumsi maka semakin banyak tekanan yang kamu berikan pada kelenjar adrenal yang membantu mengontrol metabolisme dan tekanan darah. Mengkonsumsi kopi dapat mengganggu metabolisme obat dalam hati dan juga detox alami yang berlangsung di hati.

 

6. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Photo via : https://www.independent.co.uk

Buah dan sayur mengandung banyak zat-zat penting yang dapat membantu fungsi tubuh. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari, kamu juga dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Kandungan serat pada sayuran dan buah dapat membantu tubuh menghilangkan racun. Saat proses detox, disarankan mengkonsumsi buah dan sayur seperti brokoli, bayam, kubis, kale, bokcoy dan lainnya. Kamu juga dapat menambah buah seperti apel, pir, pepaya, jeruk, melon dan lainnya.

 

7. Hindari Minuman Beralkohol

Photo via : https://hellosehat.com

Minuman beralkohol dapat memberi beban yang lebih berat pada tubuh, terutama pada otak dan hati. Hati merupakan organ memecah alkohol sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh. Nah, jika mengkonsumsi alkohol berlebihan bisa merusak hati. Sebaiknya hindari minuman beralkohol untuk membantu meringankan fungsi hati dan menjaga kesehatan hati.

 

8. Berpuasa

Photo via : https://www.stronghealth.com

Kamu yang sering melakukan puasa tentunya tanpa sadar kamu sedang melakukan pembersihan tubuh dari racun. Pada saat puasa, kamu tidak akan minum dan makan selama beberapa jam. Selama itu, tubuh kamu akan membersihkan diri dan juga beristirahat untuk sejenak. Selain itu, tubuh kamu juga akan mengatur ulang fungsinya, pemulihan dan penyegaran. Pada saat ini, ada baiknya kamu menghindari stres sehingga dapat memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat sevara mental dan emosional.

 

9. Minum Air Lebih Banyak

Photo via : https://www.brita.co.uk

Tubuh kita mengandung 80 % air, karena itu kita memerlukan air untuk membantu tubuh menjalankan fungsinya. Air tidak hanya untuk memuaskan dahaga saja, namun juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Minumlah 8-10 gelas air putih per hari sudah cukup dalam menyediakan air untuk tubuh. Namun, kebutuhan air setiap orang berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin dan ukuran tubuh. Kebutuhan air akan meningkat saat ia lebih banyak melakukan kegiatan fisik.

 

10. Kurangi Makanan Yang Mengandung Gula

Photo via : https://hacked.com

Kamu juga harus mengruangi gula termasuk pemanis buatan. Mengurangi gula dapat mengurangi racun dalam tubuh. Mengkonsumsi banyak gula dapat memberatkan kerja pankreas dalam menghasilkan insulin. Sebaiknya kamu pilih makanan sumber gula yang mengandung serat seperti gandum, oat dan beras merah. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

11. Cukup Tidur

Photo via : https://athleticcourage.com

Tidur merupakan waktu tubuh untuk beristirahat sehingga tubuh segar kebali ke esokan harinya. Tidur yang cukup dapat membantu dalam mengurangi racun yang terbentuk dalam tubuh. Pada saat tidur, organ-organ dalam tubuh tidak bekerja sekeras saat kamu bangun, kurangnya tidur dapat melemahkan sistem imun sehingga kamu mudah sakit.

Tinggalkan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >