10 Cara Mudah Mengatasi Insomnia Agar Hidup Lebih Sehat Dan Fresh di Pagi Hari

4 minggu lalu, by blogunik

Cara Mudah Mengatasi Insomnia

Pengen tidur tapi nggak bisa tidur? Gangguan tidur pada malam hari alias insomnia ini memang sangat mengganggu dan merugikan kesehatan. Pasalnya tidur merupakan kebutuhan alamiah manusia karena baik untuk kesehatan tubuh, termasuk otak. Apabila seseorang mengalami insomnia, performa bisa menurun dan rentan terkena penyakit.

Sebenarnya, waktu yang dibutuhkan untuk tidur bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung usia gaya hidup, serta faktor lingkungan. Namun secara umum, orang dewasa membutuhkan tidur malam setidaknya 7-8 jam dalam satu hari. Insomnia ditandai dengan gejala susah tidur, sering terbangun di malam hari, serta tidak bisa tidur meski merasa lelah.

Karena hal tersebut banyak orang yang memilih mengonsumsi obat tidur berbahan kimia demi memiliki kualitas tidur yang baik. Akan tetapi, cara tersebut cukup berbahaya dan dapat memberikan efek samping atau berdampak buruk terhadap kesehatan. Lantas, bagaimanakah cara meningkatkan kualitas tidur? Jangan khawatir guys, sebab tanpa obat tidur, kamu bisa memiliki waktu tidur yang berkualitas dan terbebas dari insomnia dengan cara mudah dan alami lho. Berikut adalah cara mengatasi insomnia dengan mudah secara alami yang baik bagi kesehatan. Let’s check it out guys!

1. Mulai ubah gaya hidup menjadi lebih sehat

Cara Mudah Mengatasi Insomnia - Mulai ubah gaya hidup menjadi lebih sehat

photo via doktersehat.com

Cara pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi insomnia yang mengganggu adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Kebiasaan merokok, konsumsi kafein berlebihan, makanan tidak sehat, hingga kurang bergerak bisa meningkatkan risiko gangguan tidur menyerang. Untuk mengatasinya, coba terapkan gaya hidup sehat, misalnya dengan berhenti merokok dan mulailah mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan nutrisi.

2. Terapkan jadwal tidur yang teratur

Cara Mudah Mengatasi Insomnia - Terapkan jadwal tidur yang teratur

photo via fennecandfriends.com

Cara mudah mengatasi insomnia selanjutnya adalah dengan menerapkan jadwal tidur yang teratur. Pergi tidur dan bangun tidur dalam jam yang sama setiap hari akan membuat tubuh kamu terbiasa untuk tidur nyenyak. Cara mengatasi insomnia secara alami adalah dengan memilih jam saat kamu merasa paling lelah dan mengantuk setiap malam. Biasanya, para orang dewasa akan tidur pukul 10.00 atau 11.00 malam.

3. Mandi air hangat

Cara Mudah Mengatasi Insomnia - Mandi air hangat

photo via ayurvedaupay.com

Cara lain yang efektif untuk mengatasi insomnia adalah dengan mandi air hangat sebelum tidur. Hal ini dikarenangakan setelah mandi badan air hangat, badan akan menjadi jauh lebih rileks dan membuat kamu lebih cepat mengantuk.

4. Minum susu hangat

Cara Mudah Mengatasi Insomnia - Minum susu hangat

photo via sleepsugar.com

Jika mandi air hangat belum membuatmu mengantuk dan jatuh tertidur, maka kamu bisa meminum segelas air hangat sebagai cara mudah lainnya untuk mengatasi insomnia. Perlu diketahui, salah satu penyebab seseorang mengalami insomnia adalah karena adanya gangguan pada melatonin, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur pola tidur dan bangun tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi segelas susu hangat pada malam hari atau menjelang waktu tidur, sangat membantu karena susu mengandung kalsium yang membantu otak memproduksi hormon melatonin, sehingga masalah insomnia bisa dihindari.

5. Berolahraga

Cara Mudah Mengatasi Insomnia - Berolahraga

photo via timesofindia.indiatimes.com

Mengatasi insomnia juga bisa dilakukan dengan rutin melakukan aktivitas fisik alias berolahraga. Rutin berolahraga akan melepaskan kortisol yang menjadi pengganggu pola tidur alami. Cara mengatasi insomnia secara alami adalah dengan melakukan olahraga di pagi hari seperti berjalan, peregangan, atau yoga. Kamu juga bisa melakukan olahraga ringan, peregangan dan pemijatan yang akan membantu melancarkan aliran darah kamu. Jika kamu memilih berolahraga pada malam hari, pastikan waktu olah raga tersebut berjangka waktu minimal 3 jam sebelum tidur. Rutin berolahraga sudah terbukti bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berolahraga bisa membantu mengatur suasana hati, memberi energi lebih pada tubuh, menurunkan berat badan, serta membuat tidur lebih berkualitas.

6. Membaca buku sebelum tidur

Cara Mudah Mengatasi Insomnia - Membaca buku sebelum tidur

photo via nypost.com

Cara mudah mengatasi insomnia selanjutnya adalah dengan membaca buku sebelum tidur. Membaca buku merupakan cara yang cukup efektif untuk mengundang rasa kantuk. Cobalah untuk membaca buku dengan topik yang ringan. Jika kamu tidak dapat tidur setelah 20-30 menit, beralih ke tempat lain dari kasur, lalu mulailah membaca. Hindari membaca dari gadget karena cahaya biru yang dipancarkan dari layar dapat mengganggu produksi hormon melatonin. Hormon ini memberikan sinyal pada tubuh untuk tahu kapan saatnya tidur dan bangun.

7. Singkirkan ponsel dan gadget lainnya menjelang tidur

Cara Mudah Mengatasi Insomnia - Singkirkan ponsel dan gadget lainnya menjelang tidur

photo via learningaxis.com

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, cahaya biru yang dipancarkan dari layar gadget dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang berfungsi memberikan sinyal pada tubuh untuk tahu kapan saatnya tidur dan bangun. Maka dari itu, hindari memainkan gadget pada waktu-waktu menjelang tidur. Meski sulit kebiasaan ini perlu diterapkan karena ini merupakan cara mengatasi insomnia secara alami yang efektif. Pasalnya cahaya yang dipancarkan ponsel bersifat merangsang otak dan akan membuat kamu susah terlelap.

8. Matikan sumber cahaya dan buat suasana kamar yang nyaman

Cara Mudah Mengatasi Insomnia - Matikan sumber cahaya dan buat suasana kamar yang nyaman

photo via naturallyyoursmd.com

Membuat kamar tidur menjadi gelap alias mematikan lampu adalah salah satu cara mudah untuk mengatasi insomnia. Cobalah untuk memastikan tidak ada sumber cahaya di area tempat tidur. Baik itu cahaya biru lembut dari ponsel, tablet atau televisi, karena hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab kamu kesulitan untuk terlelap. Atur suhu, pencahayaan, dan keheningan di kamar agar membuat suasana yang kondusif untuk tidur. Jauhkan tempat tidur dari perangkat elektronik seperti TV, radio, laptop, atau alat komunikasi lainnya. Jika kamu mempunyai hewan peliharaan, usahakan jangan membawa hewan tersebut untuk tidur bersama kamu.

9. Makan malam lebih awal

Cara Mudah Mengatasi Insomnia - Makan malam lebih awal

photo via npr.org

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia atau susah tidur dimalam hari adalah dengan memakan makan malammu lebih awal. Makan malam lebih awal akan membuat kamu merasakan rasa kantuk lebih cepat di malam harinya karena energi dari makanan yang benar-benar terserap. Cobalah makan malam sekitar 3-4 jam sebelum tidur. Jangan biasakan langsung tidur setelah makan malam, karena pada saat perut terisi penuh asam lambung akan meningkat dan dapat mengaktifkan sistem pencernaan yang membuat kamu tetap terjaga. Selain itu, minum banyak cairan sebelum tidur dapat membanjiri kandung kemih, sehingga bisa sering-sering ke kamar mandi yang bisa mengganggu tidur kamu.

10. Singkirkan beban pikiran

Cara Mudah Mengatasi Insomnia - Singkirkan beban pikiran

photo via bondwithkarla.com

Sau lagi cara mudah mengatasi insomnia yang bisa kamu coba untuk mendapatkan waktu tidur berkualitas adalah dengan menyingkirkan beban pikiran. Kamu tidak perlu memikirkan hal-hal yang akan terjadi besok, kamu harus benar-benar dalam kondisi yang rileks sebelum tidur. Cobalah tenangkan pikiran dan fokus untuk tidur, pikirkan sesuatu yang menyenangkan dan tanpa beban. Untuk mempermudah, kamu bisa melakukan beberapa jenis relaksasi yang akan membantu mengurangi stres atau mandi air hangat supaya tubuh lebih rileks.

Nah itulah 10 Cara mudah dalam mengatasi insomnia yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat dan fresh di pagi hari. Jika cara-cara di atas tidak mengubah apapaun, maka jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Artikel Terkait