Cara Mengatasi Masalah Yang Datang Bertubi-tubi

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Hidup manusia memang tidak pernah lepas dari masalah dan ujian, sebab disaat seperti inilah seorang manusia dapat dilihat kualitasnya. Apakah ia bisa mengatasi masalah tersebut dengan baik atau justru malah membuat masalah tersebit semakin sulit dan sulit diatasi. Selain itu, besar kecilnya suatu masalah juga tak lepas dari kondisi pikiran sendiri, terkadang tanpa disadari sebuah masalah kecil bisa dibuat menjadi besar akibat dari pikiran. Maka dari itu, ketika masalah menghampiri pastikan jika pikiranmu tidak terbawa arus yang ada dalam masalah itu.

Kebanyakan orang menganggap jika masalah adalah bencana, namun sebenarnya datangnya masalah itu dapat membuatmu mengerti tentang hidup dan selalu bersyukur dengan apapun yang kita miliki. Lari dari masalah hanya ketenangan sementara, tapi bagaimanapun kamu tetap harus melihat kenyataan. Kamu juga harus ingat, tidak ada masalah yang tak memiliki jalan keluar atau solusi. Kamu hanya perlu menenangkan pikiran sejenak untuk mengetahui cara menghadapi masalah yang bertubi-tubi. Buat kamu yang saat ini memiliki masalah yang datang bertubi-tubi, berikut ini cara mengatasinya

1. Tetap Tenang

Cara Mengatasi Masalah Yang Datang Bertubi-tubi

photo via alpas.id

Ketika kamu sedang memiliki masalah yang datang bertubi-tubi, kamu tak boleh panik dan tetaplah tenang agar pikiran tetap jernih. Kondisi mental atau pikiran yang stres serta dipenuhi dengan emosi justru dapat menghalangimu untuk mendapatkan solusi terbaik.

Untuk membuat pikiran tetap tenang, kamu bisa melakukan beberapa teknik relaksasi seperti meditasi, mendengarkan musik atau tidur. Selain itu kamu juga bisa melakukan beberapa aktifitas yang menyenangkan seperti berolahraga.

2. Berserah Diri

Perlu kalian ketahui, disaat pikiran dan hati sedang tidak baik-baik saja kamu tidak akan pernah bisa menghadapi dan mengatasi masalah. Maka dari itu, penting bagimu untuk mengkondisikan pikiran dan hati untuk tenang.

Pikiran yang tenang dapat membuka pikiranmu untuk menghadapi masalah secara positif. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan ketenangan tersebut yaitu dengan berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jangan pernah memiliki semua masalah sendirian, sebab kekuatan manusia untuk menanggung semua masalah ada batasnya.

Meskipun kamu berserah dirim bukan berarti kamu tidak melakukan apa-apa. Berserah diri disini berupaya untuk bisa menemukan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi.

3. Temukan Akar Permasalahan

Cara Mengatasi Masalah Yang Datang Bertubi-tubi

photo via bistum-essen.de

Ketika kamu belum menemukan akar permasalahan, kamu juga tidak akan bisa menemukan cara yang tepat dalam mengatasi masalah hidup tersebut. Itu sebabnya kamu harus mengetahui dan memahami dengan jelas apa masalah yang sedang kamu hadapi.

Masalah dalam hidup bisa diakibatkan dengan berbagai hal mulai dari faktor ekonomi, kesepian hingga kesedihan ditinggal orang tersayang. Dengan mengetahui akar permasalahan dengan jelas, kamu bisa mengetahui dengan benar bahwa upaya yang dilakukan sudah berjalan di jalan yang benar. Jangan sampai kamu berjibaku mencari solusi, namun ternyata tidak ada sangkut pautnya dengan masalah yang kamu hadapi.

Coba deh kamu lebih teliti dan sedikit menoleh kebelakang bagaimana awal mula masalah tersebut bisa muncul atau terjadi. Mungkin saja masalah yang muncuk dari hal-hal yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya. Hal-hal yang selama ini kamu anggap baik-baik saja ternyata justru menjadi pemicu permasalahan.

4. Selesaikan Masalah Satu Per-satu

Setelah kamu mengetahui akar permasalahanmu, kini saatnya untuk menyelesaikan semuanya satu per satu. Kamu bisa memulainya dengan menyelesaikan masalah yang paling realistis untuk diselesaikan terlebih dahulu. Sebab, perubahan positif sekecil apapun itu dapat menambah motivasimu untuk mengatasi cobaan yang lebih besar lagi.

5. Tidak Membesar-besarkan Masalah

Cara Mengatasi Masalah Yang Datang Bertubi-tubi

photo via genpi.co

Cara mengatasi masalah yang datang bertubi-tubi selanjutnya yaitu dengan tidak membesarkan masalah yang ada. Membesar-besarkan masalah yang terjadi dapat membuat masalah menjadi lebih buruk. Mereka yang sering membesar-besarkan masalah biasanya orang yang sering menderita dengan pikirannya sendiri. Sehingga pastikan jika pikiranmu tetap terkontrol dan tidak membuat hidupmu menjadi lebih buruk.

Tapi bukan berarti kamu harus mengecilkan masalah. Berikan porsi yang sesuai dengan permasalahan tersebut. Jangan dilebih-lebihkan dan jangan juga dikurang-kurangkan, sehingga kamu bisa menemukan cara yang tepat dan bijak untuk mengatasi permasalahan itu. Intinya, jangan mempersulit diri dengan membesarkan masalah dari kondisi yang sebenarnya.

6. Lihat Dari Sudut Pandang Yang Lain

Saat masalah menghampiri, kamu hanya terpaku dengan pandangan dan cara berpikirmu sendiri saja. Tapi alangkah lebih baiknya lagi, jika kamu keluar dari sudut pandangmu sendiri dan cobalah mencari sudut pandang lain. Dengan begitu kamu dapat membuka pikiranmu bahwa masalah tersebut tidaklah seberat yang kamu pikirkan. Ketika hati dan pikiran sudah lebih tenang, cobalah untuk melihat sudut pandang orang lain. Disana kamu pasti akan menemukan sesuatu yang berbeda.

7. Berpikir Positif

Cara Mengatasi Masalah Yang Datang Bertubi-tubi

photo via tebuireng.online

Jika pikiranmu masih dipenuhi dengan hal-hal negatif, kamu tidak akan bisa menemukan cara mengatasi masalah. Ketika pikiran negatif memenuhi pikiran dan hati, kamu hanya akan menemukan jalan yang gelap bukannya jalan terang yang dapat membimbingmu mendapatkan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Untuk mengatasi masalah, berpikir positif menjadi salah satu jalan yang harus kamu lakukan. Dengan berpikir positif, pikiran akan jauh lebih terbuka termasuk mau menerima masukan dari pihak lain terhadap masalah yang kamu hadapi.

Selain itu dengan berpikir positif, kamu juga dapat membantu mengurangi beban akibat masalah tersebut. Ketika beban sudah terasa lebih ringan, pikiran akan lebih jernih dan dapat melihat jalan yang harus ditempuh untuk mendapatkan solusi.

8. Terima Kenyataan Pahit

Perlu diketahui, tak selamanya hidup selalu manis-manis saja. Terkadang kita bisa berada diatas (sukses) kadang juga ada dibawah. Ingatlah siklus ini mencoba – sukses – gagal – coba lagi siklus ini merupakan sebuah proses pendewasaan.

Ketika kamu berada dibawah, terimalah kenyataan sambil mengambil pelajaran dari kegagalan tersebut. Tanamankan juga dalam diri, kamu adalah pribadi yang kuat dan akan bangkit dari keterpurukan untuk menjadi orang yang lebih baik dikemudian hari.

9. Minta Bantuan Orang Lain

Cara Mengatasi Masalah Yang Datang Bertubi-tubi

photo via haikudeck.com

Jika kamu saat ini sedang stres dalam menghadapi masalah yang bertubi-tubi menghampiri, jangan memendamnya sendirian. Cobalah untuk mencurahkan isi hatimu kepada orang lain seperti pasangan, orang tua atau pun teman yang kamu percayai.

Setidaknya dengan mencurahkan isi hati kamu tidak akan merasa sendirian dalam menghadapi masalah tersebut. Tapi jika mencurahkan isi hati ke orang-orang terdekat cukup sulit kamu lakukan atau mungkin tidak akan menyelesaikan masalah. Kamu bisa mencoba berkonsultasin dengan psikoloh atau ahli kejiwaan profesional untuk mendapatkan solusi yang tepat.

10. Berdoa Dengan Keyakinan Penuh

Berdoa juga menjadi salah satu cara yang kerap dilakukan banyak orang ketika memiliki masalah dengan hidup. Dengan berdoa seseorang secara langsung menyerahkan masalah yang sedang dihadapi kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Berdoalah dengan keyakinan penuh, walaupun kamu tidak pernah tahu kapan doa itu akan terkabulkan. Sebab hanya Tuhan yang tahu apa yang terbaik untuk kita. Bisa saja hal tersebut kita anggap baik padahal buruk di mata Tuhan. Maka dati itu, mintalah untuk selalu diberi petunjuk jika jalan yang ditempuh memang terbaik untuk kita.

11. Evaluasi Diri

Cara Mengatasi Masalah Yang Datang Bertubi-tubi

photo via lightfieldstudios.net

Apapun masalah yang sedang dihadapi, sebaiknya kita tetap mawas diri. Lihatlah lebih dalam, apakah masalah yang terjadi banyak disebabkan karena kesalahan sendiri atau bukan. Mengevaluasi diri sendiri atas kesalahan yang terjadi menjadi salah satu hal yang tak boleh kamu lewatkan. Dengan melakukan introspeksi diri, kamu juga akan menjauhkan diri dari kemungkinan menyalahkan orang lain atas masalah yang melanda. Tindakan ini jauh lebih bagus daripada kamu melemparkan kesalahan ke orang lain.

12. Besyukur

Tanamkan pada diri sendiri, akan selalu ada hal-hal positif dalam hidup. Bersyukur bisa menjadi cara mengatasi masalah karena sikap ini sekaligus akan mengubah cara pandang atau perspektif terhadap dunia. Ketika kamu banyak bersyukur, cobaan yang bisa terlihat kecil. Energi positif ini akan sangat membantumu berpikir positif dan pada akhirnya keluar dengan berbagai solusi untuk memecahkan masalah.

 

Itulah beberapa cara mengatasi masalah yang datang bertubi-tubi. Setiap masalah pastinya memiliki solusi dalam menyelesaikannya, hanya saja kamu harus memahami sumbernya agar mudah mengatasinya. Selain itu penting untukmu selalu berpikir positif agar tidak tersesat dijalan kegelapan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.