Cara Merawat Kaki Kering Dan Kusam

Dibuat oleh blogunik

Selain kulit wajah yang harus diperhatikan kesehatannya dan dirawat, kulit bagian kaki juga mesti kamu perhatikan. Terkadang beberapa orang mengabaikan kesehatan kaki sehingga menyebabkan kulit kaki menjadi kusam, kering, pecah-pecah atau bersisik. Jika hal ini sampai terjadi padamu, tentunya akan membuat penampilan tidak seimbang.

Kulit wajah terlihat terawat dengan baik, tapi jika diperhatikan kebawah kulit kaki kasar, kering bahkan pecah-pecah. Selain mengganggu penampilan, kaki yang semakin kering dan pecah-pecah ini juga dapat menimbulkan rasa nyeri ketika berjalan dan jika luka dapat menyebabkan infeksi.

Nah, kamu tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini cara merawat kaki kering dan kusam

1. Menjaga Kebersihan Kaki

Cara Merawat Kaki Kering Dan Kusam

photo via fiddlerselbowgrease.co.uk

Sebagai langkah awal, kamu dapat memulainya dengan cara yang paling termudah yaitu menjaga kebersihan kaki. Membersihkan kaki tidak hanya dengan air saja, namun juga harus menggunakan sabun.

Ketika membersihkan kaki dengan menggunakan sabun jangan pernah menggosoknya terlalu keras karena dapat mengurangi minyak alami di dalam kulit. Jika kulit kaki sudah benar-benar bersih, lalu keringkan dengan menggunakan handuk.

Buat kamu yang sering menggunakan kaos kaki ketika beraktivitas, pastikan kaos kaki yang kamu gunakan bersih dan kering serta jangan lupa untuk menggantinya setiap hari.

2. Eksfoliasi

Setiap hari terdapat jutaan sel kulit mati pada kaki, jika sel-sel kulit mati ini dibiarkan begitu saja maka akan menumpuk. Sel-sel kulit mati yang menumpuk ini akan menyebabkan kulit kaki menjadi kusam. Untuk mengatasi ini, kamu dapat melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel-sel kulit mati.

Cara ini cukup ampuh dan ada berbagai macam produk ekfoliasi yang dapat kamu gunakan agar kulit kaki menjadi lebih bersih. Meskipun ampuh, kamu tidak dapat melakukan cara ini ketika kulit kaki sedang terluka.

Selain menggunakan produk, kalian juga bisa memanfaatkan batu apung untuk mengatasi kaki kapalan dan pecah-pecah. Batu apung ini efektif dalam mengangkat sel kulit mati dan mengangkat kulit yang mengeras.

3. Gunakan Pelembap

Cara Merawat Kaki Kering Dan Kusam

photo via bebeautiful.in

Permasalahan kulit kaki yang umumnya terjadi adalah kulit kaki yang kering. Kulit kaki yang kering ini dapat membuat kaki menjadi pecah-pecah bahkan mengelupas. Untuk itu cara yang ampuh untuk mengatasi kulit kaki yang kering ini dengan menjaganya agar tetap lembab. Kamu bisa menggunakan produk pelembap sesering mungkin sesuai dengan kebutuhan. Biasakan gunakan pelembab pada kaki setelah mandi. Selain membuatnya lembab, kulit kaki juga akan terasa lebih halus.

4. Perhatikan Penggunaan Sepatu

Pemilihan sepatu juga mempengaruhi kulit kaki, karena sepatu dapat melindungi kulit kaki dari sinar matahari atau kotoran. Jika salah memilih sepatu kaki pun dapat lecet, jamuran, kulit melepuh hingga kaki bau.

Pilihlah jenis dan ukuran sepatu yang tepat agar kulit kaki tidak lecet atau melepuh. Jika kamu bekerja menggunakan sepatu, luangkan waktu sebnetar untuk membiarkan kulit kaki bernafas lega dengan membukanya. Selain itu, pastikan jika sepatu serta kaos kaki yang kamu gunakan tetap bersih.

5. Obati Permasalahan Kulit Kaki

Cara Merawat Kaki Kering Dan Kusam

photo via erinmillshealth.com

Permasalahan kulit kaki yang sering menyerang yaitu kutu air, jamur kaki atau jamur kuku kaki. Nah, jika kamu mengalami permasalahan ini, jangan pernah mengabaikannya. Karena jika kamu mengabaikannya, tidak hanya dapat mempengaruhi penampilan saja namun kondisi yang sudah parah akan sulit untuk ditangani.

Untuk itu obati permasalahan kulit kaki tersebut, kamu dapat menggunakan obat-obatan yang bisa kamu beli tanpa resep dokter. Namun jika masalahnya tidak juga membaik, sebaiknya pergi ke dokter spesialis kulit.

 

Itulah beberapa cara merawat kaki kering dan kusam. Selamat tinggal kaki kering dan kusam!!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *