Teman Toxic Itu Seperti Apa Sih? Ini Lho Ciri-Ciri Dan Cara Menyikapinya

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Bergaul dengan teman-teman toxic sangat merugikan lho, yuk kenali ciri-ciri dan cara mengatasi teman toxic!

Seperti yang kita tahu, manusia merupakan makhluk sosial yang artinya manusia tidak bisa hidup sendirian tanpa kehadiran orang lain. Nggak heran jika banyak yang menganggap kalau memiliki banyak teman maka hidup akan menjadi lebih mudah.

Walaupun tidak memiliki pasangan hidup, setidaknya kita memiliki teman yang akan setia berada disisi kita baik dalam suka maupun duka. Selain itu, melalui teman, kita juga bisa mendapatkan berbagai informasi yang mungkin tidak bisa kita dapatkan seorang diri. Bisa dikatakan juga bahwa banyak teman banyak koneksi, karena kita bisa mendapat bantuan dan memperoleh berbagai informasi mengenai keuangan, pekerjaan, kesehatan, asmara dan masih banyak lagi melalui teman.

Namun semua keuntungan memiliki teman tidak akan berguna jika kalian memiliki teman toxic. Tipe teman toxic ini merupakan tipe yang harus kalian hindari dalam hidup, karena sangat merugikan bahkan membahayakan kesehatan mental kalian.

Lantas apa itu teman toxic dan bagaimana cara mengatasinya? Tenang, kali ini Blog Unik akan mengulas tentang teman toxic, mulai dari apa yang dimaksud dari teman toxic, ciri-cirinya hingga cara mengatasi teman toxic. Berikut ulasannya!

Apa Itu Teman Toxic

Teman toxic alias toxic friend merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut teman yang tidak pernah memberikan dukungan terhadap apapun yang kita lakukan. Mereka juga tidak memberikan kontribusi positif dan justru selalu membawa efek negatif dalam kehidupan kita.

Mereka seorang menjadi sosok beracun yang merusak kebahagiaan dan kesehatan mental kita. Bergaul dengan teman-teman toxic hanya akan membuat stress dan terus-terusan dibuat makan hati dengan perkataan mereka yang cenderung menyinggung daripada mendukung. Tentu tipe teman toxic seperti ini harus dihindari karena sangat merugikan, bahkan membuat masa depan kamu menjadi sangat suram.

Ciri-Ciri Teman Toxic

Ciri teman toxic

Photo via wallsheaven.co.uk

Nah agar kamu tidak terjebak dalam pertemanan toxic, ada baiknya kamu mengetahui beberapa ciri-ciri teman toxic berikut ini.

1. Suka memberikan kritikan dan manipulatif

Ciri-ciri teman toxic yang bisa diketahui dengan mudah adalah mereka suka memberikan kritikan atas apapun yang telah kamu lakukan. Mereka akan selalu memberikan kritik untuk hal hal yang sepele seperti lipstik yang kita gunakan, warna rambut, pakaian yang kita gunakan bahkan makanan yang kita makan.

Semua yang kita lakukan akan selalu dikomentari, bahkan terhadap prestasi besar yang menuai pujian dari orang lain, teman toxic akan akan menemukan hal untuk dikritik. Mereka seolah berusaha memanipulasi kita untuk selalu mengikuti saran dan kemauannya.

Sayangnya kritikan yang mereka berikan bukanlah kritikan yang membangun, melainkan kritikan negatif yang membuat kita menjadi merasa buruk dan tidak PD dengan keputusan diri sendiri.

2. Teman toxic selalu merendahkan kamu

Ciri-ciri teman toxic berikutnya adalah dia akan selalu merendahkan kamu dalam setiap kesempatan. Misalnya saja kamu dipuji karena cantik, maka teman toxic akan merendahkan dirimu dengan mengatakan kalau dirimu cantik hanya karena menggunakan makeup.

Teman toxic tidak akan pernah memuji dirimu ataupun memberikan ucapan selamat ketika kamu meraih penghargaan. Bahkan ketika kamu merasa senang dengan pujian dari orang lain, mereka akan dengan cepat menghilangkan rasa senangmu dengan memberikan komentar yang merendahkan dan membuatmu down.

3. Tidak pernah mau mendengar masukan dari kita

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, teman toxic itu suka mengkritik apapun yang kita lakukan. Namun mereka sama sekali tidak suka mendengar kritikan ataupu masukan dari kita. Cenderung egois bukan?

Namun itulah salah satu ciri-ciri dari teman toxic. Mereka sangat keras kepala dan ingin menang sendiri. Teman toxic selalu merasa bahwa pendapatnya adalah yang paling benar bahkan mereka cenderung tidak mau mengakui kesalahan yang telah mereka perbuat. Mungkin bisa dibilang teman toxic itu hobi mengkritik namun anti dikritik.

4. Selalu ingin dipahami tanpa mau memahami

Nah ini juga merupakan salah satu ciri-ciri dari teman toxic. Mereka selalu ingin dipahami tanpa mau memahami temannya. Contohnya saja ketika diantara kamu dan temanmu, hanya kamu yang harus memahami sikap-sikapnya serta semua kekurangan yang ada pada dirinya. Kamu juga yang harus menanyakan kabarnya duluan hingga kamu yang harus selalu menghubunginya. Seolah dia merupakan orang penting yang selalu kita butuhkan.

Stop menjadikan teman toxic orang penting dalam hidup kalian karena mereka sama sekali tidak pernah memahamimu apalagi mau peduli terhadapmu.

5. Datang disaat ada perlu

Siapa nih yang punya teman tapi datangnya disaat mereka membutuhkan bantuanmu saja? Fix tipe teman ini merupakan tipe teman toxic yang bakal datang disaat ada perlu. Namun disaat kita memerlukan bantuan, keberadaan mereka seperti hilang ditelan bumi. Ada saja alasan untuk menolak permintaan bantuan dari kita ketika mereka dihubungi. Bahkan dia akan meninggalkan dan tidak mempedulikan kita.

6. Tidak memiliki empati

Ciri-ciri teman toxic yang menjengkelkan lainnya adalah mereka tidak memiliki empati. Mereka berstatus teman, namun ketika kita sedang mengalami masa-masa sulit, teman toxic sama sekali tidak akan peduli. Mereka juga tidak bisa memberikan rasa turut berduka cita ketika kita mengalami musibah. Mereka juga bukan teman yang cocok diajak untuk berbagi kesedihan maupun duka, karena mereka akan menjauh. Namun ketika kamu memiliki kabar bahagia maka mereka akan mendekatimu untuk mencari keuntungan.

Nggak heran jika ada teman yang pura-pura tidak mengenal kita ketika kita sedang berada dibawah, namun ketika kita berada diatas, ada banyak orang yang mengaku-ngaku menjadi teman kita. Hati-hati terhadap teman seperti ini ya guys!

7. Toxic friend selalu memprioritaskan dirinya

Hal yang paling mengesalkan dari teman toxic berikutnya adalah dia menganggap kalau dirinya dalah orang yang harus diprioritaskan oleh teman-temannya. Teman toxic menganggap dirinya sangat penting untuk orang-orang sekitar sehingga dalam kondisi apapun, dia selalu ingin diprioritaskan. Bahkan toxic friend akan menyuruh kamu untuk segera meninggalkan apa yang sedang kamu lakukan untuk segera bertemu dengannya.

Misalkan saja, kamu sedang sibuk mencuci pakaian, namun teman toxic memintamu untuk mengantarkannya ke suatu tempat. Bukannya meminta bantuan yang lain, teman toxic justru akan menyuruhmu untuk berhenti mencuci pakaian dan segera mengantarkannya ke tempat tujuan.

8. Toxic friend tidak suka melihat kamu sukses lebih darinya

Ciri-ciri teman toxic yang paling beracun berikutnya adalah mereka tidak suka melihat kamu lebih sukses darinya. Mungkin bisa dibilang mereka iri dengan pencapaian kamu. Meski didepan dia memberikan selamat, namun dibelakang mereka bisa saja membicarakan hal negatif tentangmu.

Bahkan yang menjengkelkannya lagi, teman toxic tidak ragu untuk menghina perjuanganmu untuk meraih kesuksesan dengan kata-kata yang menjatuhkan. Misalnya saja seperti “baru bisa beli motor aja bangga! malu sama Rafathar”.

9. Teman toxic selalu berkompetisi denganmu

Masih berkaitan dengan poin diatas, teman toxic juga akan selalu menganggap kamu saingannya dan mereka akan berkompetisi denganmu. Nggak heran jika mereka tidak pernah memberimu selamat atau pujian ketika kamu berhasil. Mereka malah lebih senang berkompetisi dengan dirimu baik dalam hal pekerjaan, percintaan, atau apapun itu. Dan mereka ingin lebih dari dirimu.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mereka tidak suka jika kamu berhasil dalam suatu hal. Walaupun kamu memiliki profesi yang berbeda, mereka tetap ingin mendapatkan apa yang kamu dapatkan. Bahkan jika teman toxic tidak bisa menggapaimu, maka dia akan menjatuhkan dirimu agar sepadan dengan dirinya.

10. Bercandaan mereka selalu kelewat batas

Ciri-ciri teman toxic berikutnya adalah teman yang kalau bercandanya suka kelewat batas. Bukannya terhibur kita jadi malah tersinggung. Parahnya ketika kita protes tentang candaannya kepada kita, mereka malah menuduh kita baper.

Biasanya teman toxic ini sering melemparkan lelucon yang membuat kita tidak nyaman, mulai dari membuat lelucon tentang bentuk tubuh kita, warna kulit kita, wajah kita, pekerjaan atau tentang keputusan-keputusan yang kita buat. Alih-alih terhibur, kita justru merasa sakit hati mendengar candaan mereka. Teman yang baik seharusnya tau mana yang bisa membuat teman terhibur dan mana yang membuat teman merasa tersinggung. Namun teman yang menuduh kita baper karena candaannya, fix mereka adalah teman toxic.

11. Selalu bersikap negatif

Ketika kamu berada diantara teman toxic, ingatlah yang bermasalah adalah mereka dan bukan dirimu. Pasalnya teman toxic kerap kali akan bersikap negatif dan merasa tidak senang dengan segala hal yang kamu lakukan.

Teman yang toxic selalu merasa kalau kehidupan yang ia jalani penuh dengan ketidak adilan. Tapi bukannya berusaha untuk mengunggulimu dengan kerja keras, mereka lebih memilih untuk menjatuhkan kamu agar sepadan dengan mereka atau lebih jatuh dari mereka. Itulah sebabnya, mereka kerap mengkritik apapun yang kamu lakukan dan tidak pernah mau memuji kamu agar kamu merasa down.

12. Sering memunculkan drama

Ciri-ciri toxic friend berikutnya adalah dia selalu memunculkan drama dalam hidup kamu. Teman yang toxic akan sukar melihat temannya sendiri bahagia. Oleh karena itu, dia suka membuat masalah dan mempersulit hal yang membuat kamu bahagia. Bahkan dia akan memunculkan drama antara kamu dengan orang-orang sekitar sehingga membuat namamu menjadi jelek dimata orang lain, terutama dimata teman-teman yang awalnya baik kepadamu.

13. Awalnya mengkritik, namun diam-diam, dia meniru semua hal tentang kamu

Seperti yang kita tahu, ciri-ciri teman toxic adalah suka mengkritik apapun yang kita lakukan ataupun gunakan. Namun menyebalkannya, setelah mengkritik, mereka justru diam-diam meniru semua hal yang ada dalam diri kita, termasuk hal yang sebelumnya dikritik olehnya. Mulai dari style fashion, makeup, warna rambut, usaha dll. Mungkin bisa dibilang mereka memiliki sifat yang munafik.

14. Hanya ingin didengarkan tanpa mau mendengarkan

Teman toxic adalah tipe teman yang hanya mau didengarkan. Ini sering terjadi ketika kalian terlibat pembicaraan, baik dalam topik yang santai ataupun serius. Teman toxic hanya suka jika kamu mendengarkan cerita darinya. Sedangkan dia tidak mau mendengar cerita darimu. Walaupun memberikan tanggapan, teman toxic biasanya akan menanggapi dengan membandingkan kisahmu dengan kisahnya.

Misalnya saja ketika kamu bercerita bahwa kamu baru saja kehilangan uang Rp 100 ribu. Namun bukannya menenangkan dan menawarkan bantuan untuk mencarinya, teman toxic justru akan menanggapi kalau uangmu yang hilang belum ada apa-apanya dengan uang yang dia hilangkan. Bukannya saling curhat, tapi jadi adu nasib.

15. Toxic friend memperlakukan kamu dan orang lain dengan cara yang berbeda

Teman toxic itu bermuka dua, dia bisa saja menjadi teman yang baik bagi orang lain, tapi menjadi teman toxic bagi dirimu. Ini karena toxic friend memperlakukan kamu dan orang lain dengan cara yang berbeda. Toxic friend ini biasanya memperlakukan orang berdasarkan penampilan, harta dan status sosialnya.

Teman toxic suka ngegosip

Photo via posta.com.tr

Ciri-ciri teman toxic lainnya adalah :

16. Toxic friend selalu memberikan komentar tentang kamu dan ingin kamu berubah sesuai dengan keinginannya.
17. Teman toxic juga suka membicarakan atau menggosipkan orang lain. Termasuk menggosipkan kamu dibelakang bersama teman lainnya.
18. Teman toxic juga suka menuduh orang lain. Mereka suka playing victim dan apapun yang terjadi dalam hidupnya adalah kesalahan teman-temannya.
19. Teman toxic juga suka membandingkan kamu dengan teman lainnya, agar kamu merasa perlu untuk berkompetisi dengan teman lain dalam merebut perhatiannya.
20. Teman toxic tidak segan menjerumuskan kamu ke hal-hal yang negatif dan merusak masa depan kamu.
21. Selain tidak suka melihat kesuksesan kamu, teman toxic juga tidak suka kamu memiliki teman yang baik.
22. Secara garis besar, teman toxic akan selaly membuatmu malu atau insecure dengan komentar-komentarnya yang meremehkan.

Cara Mengatasi Teman Toxic

Setelah mengetahui ciri-ciri dari teman toxic yang sangat berbahaya dan mengerikan. Tidak ada cara lain untuk mengatasinya selain kamu harus menghindarinya atau bahkan tidak terikat hubungan pertemanan dengannya.

Hilangkan pemikiran bahwa menjauh dari teman toxic akan membuat kamu tidak memiliki teman. Jangan takut akan hal itu, karena sejatinya lebih baik tidak memiliki teman daripada kamu dikelilingi oleh teman-teman yang toxic.

Memang tidak mudah untuk bisa langsung lepas, tapi bukan berarti tidak bisa. Mulailah dengan memberi jarak antara kamu dengan teman toxic. Kamu tidak perlu lagi berbagi cerita ataupun curhat masalah pribadi atau hangout dengannya. Cari berbagai alasan yang membuat kamu tidak bisa bertemu dengannya.

Secara perlahan, pastikan diri kamu terlepas dari teman toxic. Cobalah bersosialisasi dan temukan teman lain yang bisa memberikan dampak positif dalam hidup kamu. Jangan takut untuk menjalin pertemanan baru karena masih banyak peluang untuk mendapatkan teman baru yang lebih baik.

Nah itu dia ciri-ciri dan cara menyikapi teman toxic yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari toxic relationship yang merugikan dan membahayakan kesehatan mental. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *