10 Crazy Rich Indonesia Yang Menginspirasi

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Mungkin selama ini, orang terkaya di Indonesia yang kita tahu adalah Hotman Paris, Sisca Kohl, Raffi Ahmad yang dijuluki sultan Andara, Jennifer Ipel yang dijuluki sultan Ancol atau mungkin Ala Alatas yang merupakan sosialita ternama sekaligus pengusaha ternama Indonesia. Padahal, orang terkaya di Indonesia bukanlah mereka lho.

Pasalnya Forbes baru saja resmi merilis nama-nama orang terkaya di Indonesia untuk tahun 2021 dalam laporan “Indonesia’s 50 Richest. Nah orang-orang terkaya se Indonesia versi Forbes inilah yang layak disebut sebagai Crazy Rich Indonesia karena kekayaan yang dimiliki tidak lagi terhitung milyaran rupiah, melainkan triliunan rupiah.

Kekayaan mereka merupakan hasil dari kerja keras dan bukanlah hasil dari mencari sensasi. Penasaran siapa saja mereka? Berikut 10 besar Crazy Rich Indonesia versi Forbes yang menginspirasi, so let’s check it out guys!

1. Robert Budi Hartono dan Michael Hartono – US$42.6 miliar

Deretan Crazy Rich Indonesia Yang Menginspirasi

photo via artikel.rumah123.com

Hartono bersaudara yakni Robert Budi Hartono dan Michael Hartono menduduki posisi pertama orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan yang diperkirakan mencapai US$42.6 miliar atau setara dengan Rp 612 triliun.

Crazy Rich bersaudara ini tercatat sebagai pemilik perusahaan rokok Djarum dan juga pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BBCA) lewat PT Dwimuria Investama Andalan. Hartono bersaudara ini juga memiliki usaha di sektor peralatan elektronik lewat merk Polytron yang tentunya sudah gak asing ditelinga kita. Selain itu, aset yang dimiliki oleh Hartono bersaudara adalah salah satu mall terbesar di Jakarta yakni Grand Indonesia.

2. Widjaja family – US$9.7 miliar

Deretan Crazy Rich Indonesia Yang Menginspirasi

photo via detakindonesia.co.id

Widjaja family berada di posisi kedua sebagai orang terkara di Indonesia berasarkan Forbes 2021 ranking. Keluarga Crazy Rich ini tercatat memiliki kekayaan mencapai US$9.7 miliar atau setara dengan Rp 139 triliun.

Keluaraga Widjaja sendiri merupakan pengelola bisnis dan pewaris bisnis Grup Sinar Mas. Selain dibidang perbankan, keluarga crazy rich ini juga memiliki kerajaan bisnis yang cukup banyak, mulai dari properti, agribisnis, manufaktur, finansial, telekomunikasi dan pertambangan.

3. Anthoni Salim – US$8.5 miliar

Deretan Crazy Rich Indonesia Yang Menginspirasi

photo via forbes.com

Crazy rich Indonesia berikutnya yang menduduki peringkat ketiga orang terkaya di Indonesia adalah Anthoni Salim. Berdasarkan data Forbes, Sabtu 18 Desember 2021, Anthoni Salim tercatat memiliki total kekayaan sebanyak US$8,5 miliar atau setara Rp 121,5 triliun.

Nah jika kamu merupakan salah satu pelanggan Indomaret, maka kamu merupakan salah satu penyumbang kekayaan dari orang terkaya ketiga di Indonesia ini. Ya, Anthoni Salim merupakan pemilik ritel ternama Indonesia yakni Indomaret. Selain itu, ia juga mengepalai Grup Salim, dengan investasi di bidang makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, dan energi. Tak hanya itu, Anthoni Salim juga merupakan CEO Indofood yang kian sukses dengan produk mie instannya. Bahkan hanya dengan Indofood, Anthoni Salim mampu membukukan pendapatan senilai US$5,8 miliar.

4. Sri Prakash Lohia – US$6.2 miliar

Deretan Crazy Rich Indonesia Yang Menginspirasi

photo via id.wikipedia.org

Dengan kekayaan mencapai US$6.2 miliar atau setara Rp 89 triliun, Sri Prakash Lohia disebut sebagai salah satu crazy rich Indonesia, bahkan berdasarkan data terkini dari Forbes, Sri Prakash Lohia tercatat menduduki peringkat keempat orang terkaya di Indonesia.

Crazy rich Indonesia ini merupakan pendiri perusahaan petrokimia dan tekstil, Indorama Corporation (PT Indorama Syntetics Tbk/INDR). Perusahaan tersebut bergerak dibidang pembangkit listrik tenaga petrokimia, membuat produk industri, seperti pupuk poliolefin, bahan baku tekstil, dan sarung tangan medis.

5. Prajogo Pangestu – US$6.1 miliar

Deretan Crazy Rich Indonesia Yang Menginspirasi

photo via forbes.com

Berdasarkan data Forbes 18 Desember 2021, Prajogo Pangestu tercatat menduduki posisi kelima sebagai orang terkaya di Indonesia. Dirinya tercatat memiliki kekayaan sebanyak US$6.1 miliar atau setara dengan Rp 87,6 triliun.

Crazy rich Indonesia ini memulai bisnis lewat bisnis kayu pada akhir 1970-an. Iapun menamai bisnis kayunya tersebut dengan nama Barito Pacific Timber pada tahun 1993. Namun ditahun 2007, ia tidak lagi berbisnis kayu sehingga ia mengubah nama perusahaannya menjadi Barito Pacific.

Barito Pacific kemudian mengakuisisi perusahaan petrokimia Chandra Asri yang kemudian merger dengan Tri Polyta Indonesia. Perusahaan ini kini menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia. Tak sampai disitu, di tahun 2015 lalu, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) juga telah menjalin kerjasama dengan Michelin, pabrikan ban asal Prancis, di Indonesia. Sehingga kian menambah sumber kekayaan dari seorang Prajogo Pangestu.

6. Chairul Tanjung – US$5.5 miliar

Deretan Crazy Rich Indonesia Yang Menginspirasi

photo via uc.ac.id

Crazy rich Indonesia selanjutnya adalah Chairul Tanjung. Ia tercatat sebagai orang terkaya se Indonesia yang menduduki peringkat keenam berdasarkan datar Forbes 18 Desember 2021. Chairul Tanjung diketahui memiliki total kekayaan mencapai US$5.5 miliar atau setara dengan Rp 79 triliun.

Nggak heran sih, pasalnya Chairul Tanjung memang dikenal memiliki kerajaan bisnis yang tidak bisa dianggap remeh. Chairul Tanjung merupakan pemilik CT Corp dengan sejumlah diversifikasi bisnis. Beberapa perusahaan yang menjadi portofolio investasi CT Corp adalah PT Bank Mega Tbk (MEGA), PT Bank Mega Syariah, PT Mega Capital Sekuritas, PT Mega Asset Management, PT Mega Finance, PT Asuransi Umum Mega (Mega Insurance), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA), Trans Resort Bali, CT Agro, Transmedia, dan The Trans Luxury Hotel Bandung.

Tak sampai disana, ia juga memiliki perusahaan media, termasuk online dan televisi. Memiliki bisnis ritel melalui Carrefour dan Transmart, bahkan crazy rich ini juga mengontrol franchise Wendy’s di Indonesia, Versace, Mango dan Jimmy Choo.

7. Susilo Wonowidjojo – US$4.8 miliar

Deretan Crazy Rich Indonesia Yang Menginspirasi

photo via uhnwasia.com

Susilo Wonowidjojo juga merupakan seorang crazy rich Indonesia yang menduduki peringkat ke-7 sebagai orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Crazy rich ini mengantongi kekayaan mencapai US$4.8 miliar atau setara dengan Rp 68,9 triliun.

Susilo Wonowidjojo sendiri merupakan pendiri Gudang Garam dan perusahan rokok kretek di Kediri, Jawa Timur. Selain di industri tembakau, pria kelahiran 18 November 1956 di Kediri, Jawa Tengah ini juga memiliki perusahaan Makin Group yang bergerak di industri kelapa sawit.

8. Boenjamin Setiawan – US$4.2 miliar

Deretan Crazy Rich Indonesia Yang Menginspirasi

photo via ekonomi.bisnis.com

Daftar orang terkaya di Indonesia berikutnya adalah Boenjamin Setiawan. Berdasarkan data Forbes, 18 Desember 2021, Boenjamin Setiawan menduduki peringkat ke-8 sebagai orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai US$4.2 miliar atau sekitar Rp 60,3 triliun.

Crazy rich Indonesia ini lebih dikenal dengan julukan “Dr. Boen” dan merupakan seorang pengusaha paling berpengaruh di Indonesia. Ia bersama 6 saudaranya, mendirikan PT Kalbe Farma, yang bergerak dibidang farmasi. Perusahaan tersebut lantas berkembang menjadi Kalbe Group.

9. Jogi Hendra Atmadja – US$4.1 miliar

Deretan Crazy Rich Indonesia Yang Menginspirasi

photo via cnbcindonesia.com

Jogi Hendra Atmadja juga menjadi salah satu nama crazy rich Indonesia yang tercatat sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia menurut Forbes dengan kekayaan mencapai US$4.1 miliar atau sekitar Rp 58,8 triliun.

Jogi Hendra Atmadja merupakan pendiri PT Mayora Indah Tbk yang merupakan salah satu raksasa industri makanan dan minuman ringan di Indonesia. Perusahaan ini biasanya kita kenal dengan produk biskuit, permen, wafer, mi intan, minuman instan, kopi, hingga air mineral. Bahkan produk Mayora tak hanya dijual di Indonesia tetapi juga merambah 90 negara.

Selain bergerak dibidang makanan ringan, perusahaan crazy rich ini juga merambah bisnis keuangan dengan mendirikan Bank Mayora.

10. Bachtiar Karim – US$3.5 miliar

Deretan Crazy Rich Indonesia Yang Menginspirasi

photo via money.id

Bachtiar Karim menempati posisi ke-10 dengan total kekayaan US$3,5 miliar atau Rp 50,05 triliun berdasarkan data Forbes 18 Desember 2021. Nggak heran jika Bachtiar Karim disebut sebagai salah satu crazy rich Indonesia yang menginspirasi.

Konglomerat kelahiran 1957 ini mendirikan perusahaan Musim Mas Group bersama saudaranya yakni Burhan dan Bahari. Dari perusahaan tersebut, mereka membuka kilang minyak sawit pertama di Indonesia pada 1970 silam. Atas usahanya tersebut, Bachtiar Karim masuk kedalam 10 besar orang terkaya di Indonesia menyusul 9 orang terkaya se Indonesia lainnya.

Nah itu dia deretan crasy rich Indonesia yang menginspirasi. Bagaimana menurut kalian? Tertarik menjadi crazy rich seperti mereka?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.