Daftar Buah-Buahan Yang Sudah Susah Di Temukan Saat Ini

3 bulan lalu

Buah merupakan salah satu sumber vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita, dimana buah-buahan ini biasanya di jual di pasar tradisional atau di supermarket. Di dunia ini ada banyak sekali jenis buah-buahan yang tersedia dan mungkin pernah kamu cicipi, nah khususnya di Indonesia karena Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau tentunya banyak sekali jenis buah-buahan yang ada. Ada buah yang sering kita makan seperti semangka, melon, pisang, rambutan dan durian, namun ada juga buah yang saat ini sangat susah di temukan. Kira-kira buah apa saja ya yang  susah ditemukan? berikut ini daftar buah-buahan yang susah ditemukan saat ini

 

1. Buah Carica

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Carica

Photo via : http://bobo.grid.id

Buah Carica merupakan salah satu buah langka dimana buah ini masih kerabat dekat pepaya. Buah ini berada di dataran tinggi basah dan tingginya rata-rata 1-2 meter. Di wilayah Wonosobo buah ini disebut Carica kalau di Bali buah ini disebut Gedang Memedi (berani makan?). Buah ini kaya akan sumber kalsium, gulam vitamin A dan C, selain itu mengandung banyak minyak atsiri. Buah carica ini berwarna kuning-jingga dan rasanya agak asam tetapi harum. Buah ini juga dapat dijadikan sirup, jus, manisan dan selai.

 

2. Buah Cempedak

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Cempedak

Photo via : http://filmi-onlain.info

Buah Cempedak merupakan buah langka yang bentuk buah rasa dan keharumannya seperti nangka. Buah ini juga memiliki nama lain dibeberapa daerah seperti bangkong (cempedak hutan, bentuk liar di Malaysia), baroh (Kep. Lingga dan Johor), Nangka beurit (Sunda), nongko cino (Jawa), cubadak hutan (Minangkabau), tiwasak (Banjar). Buah ini memiliki tinggi pohon yang bisa mencapai 20 m meskipun kebanyakan hanya belasan meter. Buah ini biasanya sering ditemukan di hutan dataran rendah, selain itu buah ini juga biasa ditanam di pekarangan atau kebun.

 

3. Buah Kepel

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Kepel

Photo via : https://www.kebunpedia.com

Buah Kepel adalah salah satu buah langka, dimana buah ini sangat digemari oleh puteri kraton-kraton di Jawa karena membuat keringat beraroma wangi dan air seni tidak berbau tajam. Buah ini memiliki daging berwarna jingga dan mengandung sari buah yang memiliki aroma seperti bunga mawar bercampur buah sawo. Buah ini bermanfaat untuk peluruh kencing, mencegah radang ginjal dan menyebabkan kemandulan (sementara) pada wanita. Buah ini rasanya cukup manis dan memiliki kandungan saponin, flavonoida dan polifenol.

 

4. Buah Bisbul

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Bisbul

Photo via : https://www.visiteiffel.com

Buah Bisbul merupakan salah satu jenis buah yang masih bersaudara dengan kesemek dan kayu hitam. Buah ini memiliki nama lainnya juga seperti buah mentega, buah lemak (bahasa Melayu), sembolo (Bahasa Jawa), kamagong, tabang atau mabolo (Tagalog), marit (Bahasa Thai) dan velvet apple (Inggris). Buah ini dapat tumbuh baik di daerah tropika beriklim muson dan buah ini dapat di panen antara Maret-Mei. Buah bisbul yang sudah masak bisa dimakan dan bisa juga digunakan sebagai campuran rujak. Buah ini memiliki dagung yang berwarna putih dengan tekstur yang kering dan memiliki rasa yang manis dengan aroma yang harum.

 

5. Buah Dewandaru

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Dewandaru

Photo via : https://www.bukalapak.com

Buah Dewandaru merupakan salah satu buah langka yang masih bersaudara dekat dengan jambu air. Buah dewandaru ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita seperti mencegah kerusakan oksidatif yang diakibatkan oleh radikal bebas yang tidak mampu diatasi oleh antioksidan dalam tubuh. Buah ini juga memiliki banyak nama seperti asem selong, belimbing londo atau cereme asam. Buah ini memiliki rasa yang masam segar sehingga banyak diolah menjadi rujak atau asinan dan manisan.

 

6. Buah Cermai

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Cermai

Photo via : http://www.manfaatbuahan.com

Buah Cermai merupakan salah satu buah langka lainnya, buah ini memiliki nama lain di setiap daerah seperti ceureumoe (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan lain-lain. Buah ini sering digunakan rujak atau manisan. Buah ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Buah ini dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis dan menyukai tempat yang lembab. Buah ini ukurannya relatif kecil dan memiliki bentuk seperti buah belimbing wuluh dengan bentuk bulat.

 

7. Buah Rambusa

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Rambusa

Photo via : https://www.amazon.com

Buah Rambusa merupakan salah satu buah langka yang memiliki ukuran buah yang kecil. Buah ini merupakan tanaman liar yang banyak ditemukan di daerah pedesaan dan biasanya tanaman ini tumbuh liar di pekarangan rumah, kebun atau hutan. Ketika sudah matang buah ini akan tertutup dengan jaring atau bulu, namun buahnya yang masih muda beracun. Buah ini berwarna kuning terang jika matang dan memiliki rasa manis sedikit asam.

 

8. Buah Sawo Kecik

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Sawo Kecik

Photo via : https://www.twgram.me

Buah Sawo Kecik merupakan salah satu buah langka yang disebut juga Sawo Jawa. Buah ini dikenal sebagai buah yang baik untuk penyembuhan tradisional. Di Yogyakarta buah sawo kecik ini dijadikan pertanda bahwa orang yang menanamnya adalah abdi dalem keraton. Buah ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan dan rasanya tidak semanis buah sawo pada umumnya. Buah ini mengandung protein, vitamin, karbohidrat, mineral, zat besi, serat dan lainnya.

 

9. Buah Rumbia

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Rumbia

Photo via : https://steemit.com

Rumbia atau juga biasa disebut sagu merupakan salah satu jenis palma penghasil tepung sagu. Pohon rumbia ini biasanya tumbuh di rawa-rawa air tawar, aliran sunga dan tanah bencah lainnya. Pohon rumbia ini batangnya dapat menghasilkan tepung sagu yang merupakan sumber kaborhidrat penting bagi warga kepulauan di bagian timur Nusantara. Pohon ini juga memiliki buah, dimana buahnya seperti salak dan rasanya sepat. Sehingga untuk menghilangkan kelatnya buah ini biasa direndam dulu beberapa hari di lumpur atau air laut sebelum dimakan.

 

10. Buah Rukem

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Rukem

Photo via : https://www.boombastis.com

Buah Rukem merupakan salah satu jenis pohon buah asli Indonesia yang saat ini susah ditemukan. Buah ini memiliki banyak nutrisi seperti vitamin C, lemak, serat dan beberapa nutrisi lainnya. Buah ini memiliki rasa asam dan warna merah sampai ungu. Uniknya cara memakan buah ini yaitu dengan cara memijit buahnya sebelum dimakan untuk menghindari rasa sepat dari buah ini. Pohonnya dapat tumbuh di daerah tropika basah sampai pada ketinggian 1.500 m dpl. Namun di alam liar ditemukan sapat tumbuh pada ketinggian 2.100 m dpl.

 

11. Buah Rambai

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Rambai

Photo via : http://www.flickriver.com

Buah Rambai merupakan salah satu jenis buah langka yang masih bersaudara dekat dengan menteng/kepundung. Buah ini tumbuh liar di kebun-kebun Asia Tenggara. Pohonnya tingginya sekitar 9-12 m dengan tajuk pohon yang lebar. Buahnya berukuran diameter 2 sampai 5 cm dan tersusun seperti rantai. Buahnya berkulit agak beludru dengan warna kuning atau coklat muda berisi 3 sampai 5 biji yang terbungkus oleh daging buah.Buah rambai ini memiliki rasa masam dan sedikit manis dan bisa langsung dikonsumsi.

 

12. Buah Murbei

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Murbei

Photo via : https://www.bukalapak.com

Buah Murbei merupakan salah satu buah yang berasal dari daerah panas sedang dan subtropis. Mayoritas spesies asli berasal dari Asia. Buah murbei ini memiliki bentuk seperti stroberi, berwarna merah hingga hitam. Buah murberi yang berwarna merah memiliki rasa asam manis dan buah murbei yang berwarna hitam memiliki rasa yang manis. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

13. Buah Mundu

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Mundu

Photo via : https://www.goodnewsfromindonesia.id

Buah mundu adalah sejenis buah-buahan asli Indonesia, dimana buah ini sering disebut apel Jawa. Buah ini masih bersaudara dekat dengan buah manggis. Buah mundu ini dipercaya sebagai tanaman buah asli Indonesia yang hanya tumbuh di Jawa dan sebagian Kalimantan. Pohon buah mundu ini dapat tumbuh di hutan-hutan tropik basah yang telah beradaptasi di lingkungan teduh. Buah ini memiliki bentuk bulat sampai oval dan memiliki diameter sekitar 5-8 cm. Daging buah ini berwarna kuning, berair dan rasanya manis-manis asam dan jumlah bijinya 1-4 butir. Buah ini bisa dipanen pada bulan Juli-November.

 

14. Buah Menteng

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Menteng

Photo via : https://www.olx.co.id

Buah menteng atau kepundung merupakan salah satu buah yang mirip dengan buah duku namun tajuk pohonya berbeda. Buah ini memiliki rasa yang biasanya asam namun ada pula yang manis. Buah ini memiliki buah yang sedikit dengan biji tang besar. Buah ini sangat sulit ditemukan sekarang karena masyarakat menanam buah yang lebih disukai.

 

15. Buah Matoa

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Matoa

Photo via : https://www.indonesiakaya.com

Buah Matoa merupakan tanaman buah khas Papua, dimana pohonya rata-rata memiliki tinggi 18 meter dengan diameter rata-rata 100cm. Pohon buah matoa ini bisa tumbuh dengan baik di daerah yang kondisi tanahnya kering dengan lapisan tanah yang tebal. Buah matoa ini memiliki rasa yang manis dengan ukuran yang kecil dan berwarna hijau saat muda dan berwarna kuning kehitaman saat matang.

 

16. Buah Manggis Putih

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Manggis Putih

Photo via : https://inspirasistyana.wordpress.com

Buah Manggis Putih merupakan tanaman buah yang mampu hidup di berbagai macam kondisi. Namun karena manggis putih termasuk tumbuhan tropis, idealnya ditanam di lahan dengan ketinggian sekitar 500 diatas permukaan laut. Buah ini berasal dari Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Seperti namanya, buah ini memiliki warna putih pada kulit nya dan memiliki rasa yang lebih manis dari manggis pada biasanya.

 

17. Buah Manau

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Manau

Photo via : http://www.tanamanlangka.com

Buah Manau merupakan buah dari pohon rotan yang banyak terdapat di daerah kepulauan Bangka, Belitung, Sumatra dan Kalimantan. Buah ini dalam satu pohonnya bisa menghasilkan sampai dengan setengah karung dan biasanya buah ini dijual di pasar tradisional. Buah manau ini memiliki rasa yang asam-asam manis dan bentuknya lonjong mengerucut ke ujung dan kulitnya seperti buah salak.

 

18. Buah Lobi-lobi

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Lobi-lobi

Photo via : https://www.bukalapak.com

Buah Lobi-lobi adalah buah-buahan yang berasal dari kawasan Asia beriklim tropis termasuk Malesia. Buah ini memiliki nama lain yaitu lubi-lubi (Minangkabau) dan balakko (Batak). Buah ini memiliki pohon yang tingginya 3 m hingga 10 m. Buah ini memiliki kulit yang lunak dan licin. Ketika muda buah ini memiliki warna hijau kekuningan dan ketika matang akan berwarna merah tua hingga ungu kehitaman. Buah ini memiliki rasa yang sangat masam namun terkadang manis atau sepat. Buah ini mengandung sedikit air dan bisa dimakan setelah dijadikan rujak, selai, manisan atau lainnya.

 

19. Buah Lai

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Lai

Photo via : https://steemkr.com/fruit/@amarcivil

Buah lai merupakan buah yang mirip dengan durian, nama lai atau lay ini adalah nama khas yang diberikan oleh masyarakat asli Kalimantan Timur. Ciri khas dari buah lai dibanding dengan durian yaitu ukuran daunnya lebih besar dan tebal, panjang daunnya bisa mencapai 20-26cm dengan lebar 5-7 cm. Buahnya serupa dengan durian dimana memiliki ruang dengan buah yang berbentuk lonjong berwarna kuning kusam dan memiliki duri-duri yang agak bengkok. Buah ini panen biasanya pada bulan Januari – Maret dengan puncaknya pada bulan Februari.

 

20. Buah Lahung

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Lahung

Photo via : https://www.goodnewsfromindonesia.id

Buah Lahung adalah buah yang mirip dengan durian, tumbuhan ini endemik dari Kalimantan. Ciri khas buah ini terdapat pada kulitnya yang berwarna merah dan berbau tajam. Cara membuka buah ini yaitu dengan memotongnya secara melintang. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

21. Buah Kemunting

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Kemunting

Photo via : http://ctfand.com

Buah Kemunting merupakan salah satu buah yang susah ditemukan lagi. Buah ini memiliki pertumbuhan yang cepat dan dapat mencapai ketinggian 4-12 m. Buah ini berbentuk lonjong dengan ukuran panjang 1-1,5 cm. Ketika matang buah yang awalnya berwarna hijau akan berubah menjadi merah kecoklatan sampai hitam dan kulit buah ini beludru. Daging buah ini seperti anggur hanya terasa lebih berserat, tak terlalu mengandung air dan rasanya manis.

 

22. Buah Kemayau

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Kemayau

Photo via : https://www.flickr.com/photos/rudyphotos

Buah Kemayau adalah salah satu buah yang saat ini susah ditemukan lagi. Buah ini memiliki kulit yang keras dan memiliki tekstur keras. Buah ini memiliki rasa sepat dan asam. Cara memakan buah ini sangat unik yaitu direbus selama 2-3 menit dan jika sudah lembek baru bisa dimakan, namun sebelum memakannya kulit luar buahnya yang berwarna hitam dibuang dan dagingnya dimakan.

 

23. Buah Keledang

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Keledang

Photo via : https://deskgram.net

Buah Keledang merupakan salah satu buah langka di Kalimantan. Buah ini memiliki pohon yang berukuran sedang dan tingginya mencapai 36 m. Buah ini masih tergolong dalam suku nangka-nangkaan dan memiliki rasa yang manis. Buah keledang ini memiliki daging yang terpisah dengan bijinya seperti nangka.

 

24. Buah Kecapi

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Kecapi

Photo via : https://www.bukalapak.com

Buah Kecapi atau sentul adalah salah satu buah yang susah ditemukan. Pohon buah kecapi ini bisa mencapai 30 m meskipun pada umumnya hanya sekitar 20-an meter. Buah ini berasal dari Indocina dan Semenanjung Malaya. Buah ini memiliki bentuk yang pipih dengan diameter sekitar 5-6 cm. Buah ini memiliki kulit yang berwarna kuning keemasan dan memiliki bulu yang halus. Selain itu, buah ini memiliki rasa yang manis dan asam.

 

25. Buah Genitu

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Genitu

Photo via : https://deskgram.net

Buah Genitu merupakan salah satu jenis buah asli Indonesia yang saat ini sulit ditemukan. Buah ini tinggi pohonnya bisa mencapai hingga 30 meter. Buah ini memiliki rasa yang sangat manis dan legit. Selain itu buah genitu ini sering disebut buah sawo manila oleh orang Lampung.

 

26. Buah Gandaria

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Gandaria

Photo via : https://id.carousell.com

Buah Gandaria merupakan salah satu buah yang berasal dari Indonesia dan Malaysia. Buah ini berwarna hijau ketika masih muda dan sering dikonsumsi sebagai rujak ayai campuran sambal gandaria. Buah gandaria yang sudah matang akan berwarna kuning dan memiliki rasa yang kecut manis. Buah ini menyerupai buah mangga yang kecil dan bulat dengan pohon yang tinggi bisa mencapai 25 m.

 

27. Buah Ciplukan

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Ciplukan

Photo via : https://commons.wikimedia.org

Buah Ciplukan atau ceplukan merupakan salah satu jenis buah kecil yang ketika masak tertutup dengan kelopak bunga. Buah ini pada umumnya tumbuh di kebun, tepi hutan, ladang atau sawah didaerah pedesaan. Buah ini memiliki rasa yang manis dan tentunya sangat digemari oleh anak-anak. Buah ini biasanya daun sampai akarnya di keringkan dulu lalu digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional.

 

28. Buah Delima

Buah-Buahan Yang Susah Di Temukan - Buah Delima

Photo via : http://www.wajibbaca.com

Buah Delima merupakan salah satu buah yang berasal dari Iran, namun telah lama dikembang biakan di daerah Mediterania. Buah ini memiliki tiga macam yaitu delima putih, delima merah dan delima ungu. Buah ini sering ditanam sebagai tanamam hias, tanaman obat atau karena buahnya dapat dimakan. Buah ini dapat dimakan dalam keadaan segar atau dicampur dengan rujak buah. Selain itu buah ini juga berkhasiat untuk kesehatan.

Baca Juga