Daftar Festival Perang Paling Unik Dan Seru Di Dunia

2 minggu lalu

Daftar Festival Perang Paling Unik Dan Seru Di Dunia - Festival Holi

Festival merupakan sebuah acara yang diadakan dalam rangka untuk memperingati suatu peristiwa dan biasanya festival tersebut dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Festival ini tentunya menjadi salah satu hal tujuan wisatawan untuk berlibur ke negara-negara tertentu. Di setiap negara tentunya memiliki festival-festival menarik yang sayang sekali jika dilewatkan ketika berkunjung kesana. Ada banyak sekali macam festival-festival di dunia dan salah satunya festival perang, festival perang yang tentunya paling dikenal yaitu festival perang tomat. Selain festival perang tomat, ada banyak lagi festival-festival perang lainnya. Nah, berikut ini daftar festival perang paling unik dan seru di dunia

1. Alevromoutzouroma – Yunani

Daftar Festival Perang Paling Unik Dan Seru Di Dunia - Alevromoutzouroma

Photo via csofikitis.com

Alevromoutzouroma adalah salah satu festival yang berada di Yunani, setiap tahunnya para penduduk lokal Galaxidi menyelenggarakan permulaan Lent sesuai kalender Yunani Ortodok. Di festival ini mereka akan merayakannya dengan cara saling melempar tepung berwarna dan festival ini diberi nama Alevromoutzouroma atau perang tepung.

2. Battaglia delle Arance – Italia

Daftar Festival Perang Paling Unik Dan Seru Di Dunia - Battaglia delle Arance

Photo via innaturale.com

Battaglia delle Arance adalah festival perang jeruk yang di rayakan di Ivrea, Italia. Festival ini digelar selama tiga hari dan ada lebih dari satu juta jeruk dari Italia selatan dan Sisilia yang digunakan. Di festival ini, kita akan saling serang dengan melempar jeruk tanpa ada rasa kesal yang ada hanyalah rasa suka cita. Awalnya, ratusan peserta ini akan dibagi menjadi beberapa tim dan mereka akan saling melempar jeruk. Festival ini juga termasuk festival terbesar di Italia.

3. Boryeong Mud Festival – Korea Selatan

Daftar Festival Perang Paling Unik Dan Seru Di Dunia - Boryeong Mud Festival

Photo via abcnews.go.com

Boryeong Mud Festival adalah salah satu festival yang mampu menarik perhatian wisatawan mancanegara untuk datang, festival unik ini berada di Korea Selatan. Awalnya gagasan ini dibuat oleh perusahaan kosmetik di Korea Selatan. Suatu hari perusahaan ini merilis produk yang terbuat dari lumpur Boryeong dan untuk pemasarannya pihak perusahaan mencari cara agar mereka tidak harus mengeluarkan uang. Sehingga pada akhirnya perusahaan memutuskan untuk menyelenggarakan Mud Festival dimana setiap orang dapat merasakan produk yang terbuat dari lumpur Boryeong ini. Disini kamu bisa melakukan berbagai hal seperti gulat lumpur, maraton lumpur, perosotan lumpur, mandi lumpur dan lainnya.

4. Clean Monday Flour War – Yunani

Daftar Festival Perang Paling Unik Dan Seru Di Dunia - Clean Monday Flour War

Photo via us.starsinsider.com

Jika dilihat festival ini hampir mirip dengan yang di Italia, festival ini bernama Clean Monday Flour War yang berada di Yunani. Clean Monday Flour War sendiri adalah festival menarik dimana orang-orang berlomba-lomba melemparkan tepung yang sudah diberi warna. Menariknya ada sekitar 1,5 ton tepung yang digunakan dan jika kamu ingin mengikuti festival ini diwajibkan membawa masker dan juga kacamata.

5. Els Enfarinats – Spanyol

Daftar Festival Perang Paling Unik Dan Seru Di Dunia - Els Enfarinats

Photo via bikespain.com

Festival Els Enfarinats adalah festival yang diadakan menjelang akhir tahun di kota Ibi, Spanyol. Festival ini diikuti oleh laki-laki dewasa yang sudah berlangsung selama ratusan tahun yang lalu. Awalnya para peserta dibagi menjadi 2 kubu yaitu kelompok Els Enfarinats dan La Oposicio. Kelompok Els Enfarinats ini mencoba mengambil alih kota, sementara La Oposicio mencoba memulihkan ketertiban kota. Lalu Els Enfarinats membuat undang-undang baru yang konyol. Orang yang melanggar undang-undang itu akan didenda. Pertemuan kedua kubu ini akan mengakibatkan saling lempar tepung dan telur. Dan pada akhirnya semua orang akan ikut serta belepotan telur dan tepung. Perlu diketahui campuran telur dan tepung ini sangat lengket sehingga tidak mudah dibersihkan. Denda yang didapatkan oleh Els Enfarinats nantinya akan disumbangkan untuk anak dan dua kubu tersebut akan berdamai.

6. Festival Holi – India

Daftar Festival Perang Paling Unik Dan Seru Di Dunia - Festival Holi

Photo via tripsavvy.com

Siapa yang tidak mengetahui festival Holi? Festival ini merupakan acara umat beragama Hindu yang diselenggarakan pada bulan Maret setiap tahunnya. Holi festival ini bertujuan untuk menyambut musim semi, selain itu festival ini juga simbol untuk mengawali hidup baru dan melepaskan semua konflik dan emosi di masa lalu. Festival holi ini sering disebut juga festival warna, yang menarik dari festival ini adalah saling melempar tepung berwarna baik dengan teman maupun keluarga.

7. Festival Songkran – Thailand

Daftar Festival Perang Paling Unik Dan Seru Di Dunia - Festival Songkran

Photo via apotekasoi11.com

Festival Songkran adalah salah satu festival yang terkenal di Thailand, dimana festival ini diadakan sebagai perayaan tahun baru di negara gajah putih ini. Jika di mancanegara festival ini dikenal dengan pera airnya yang seru dan menyenangkan. Festival ini diadakan selama tiga hari dimana akan disibukkan dengan berbagai kegiatan yang diadakan oleh warga setempat mulai dari ritual mencuci patung Buddha, menawarkan makanan ke biarawan, membuat pagoda dari pasir hingga perang air. Festival perang air ini tidak hanya diikuti oleh masyarakat lokal saja, namun juga para wisatawan.

8. La Tomatina – Spanyol

Daftar Festival Perang Paling Unik Dan Seru Di Dunia - La Tomatina

Photo via travelandleisureindia.in

La Tomatina adalah festival tahunan yang diadakan di kota Bunol, Valencia, Spanyol. Festival ini menjadi salah satu festival yang paling dikenal di seluruh dunia dan festival ini menggunakan tomat sebagai bahan untuk dilemparkan. Berawal dari pertikaian antara para lokal yang masih bocah dimana masing-masing saling melempar tomat ke satu sama lain pada tahun 1945. Hingga saat ini hal ini menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan pada hari Rabu terakhir di bulan Agustus.

9. La Raima – Spanyol

Daftar Festival Perang Paling Unik Dan Seru Di Dunia - La Raima

Photo via blog.misteraladin.com

La Raima adalah festival perang yang menggunakan anggur sebagai bahan lemparan, festival ini di adakan di Desa Pobladel Duc yang masih dari bagian Valencia. Festival ini menggunakan sekitar 40 ton anggur yang bisa kamu manfaatkan untuk melempar ke orang-orang disekitarmu. Festival ini diselenggarakan untuk merayakan musim panen anggur sekaligus menyambut datangnya musim dingin pada tahun itu. Anggur yang digunakan yaitu anggur jenis Garnacha Tintorera.

10. Le Merengada – Spanyol

Daftar Festival Perang Paling Unik Dan Seru Di Dunia - Le Merengada

Photo via catalannews.com

Le Merengada adalah festival yang dikenal sebagai festival melempar permen festival ini diadakan untuk menyambut Lent. Sebelum mereka mulai puasa panjang, para penduduk kota Vilanova La Geltru turun ke jalan untuk melempar pie meringue ke satu sama lainnya. Jika pie meringue sudah abis, mereka akan saling melempar permen.

11. Perang Pandan – Bali

Daftar Festival Perang Paling Unik Dan Seru Di Dunia - Perang Pandan

Photo via baligetaway.co.id

Perang pandan adalah salah satu tradisi yang ada di Desa Tenganan, Karangasem, Bali. Perang padnan ini juga disebut dengan makere-kere. Perang pandan merupakan bagian dari ritual Sasih Sembah, dimana Sasih sembah ini ritual terbesar yang ada di Desa Tenganan. Perang pandan ini diadakan di depan balai pertemuan desa Tenganan, selain itu perang pandan ini berlangsung kurang lebih selama dua hari berturut-turut dan dilaksanakan mulai dari jam 2 sore hingga selesai. Alat yang digunakan untuk perang pandan ini adalah pandan berduri, pandan berduri ini diikat sehingga berbentuk seperti gada. Selain itu, mereka juga menggunakan sebuah tameng dimana tameng ini digunakan untuk melindungi diri dari lawan dan tamengnya sendiri terbuat dari rotan yang dianyam.

Nah itulah beberapa festival perang paling unik dan seru di dunia, jika kamu berkunjung ke negara-negara tersebut jangan lupa untuk mengikuti festival-festivalnya.

Baca Juga