Daftar Makanan Yang Enak Namun Buruk Bagi Kesehatan



Makanan yang enak menurut praktisi kesehatan adalah yang mengandung gula tinggi, garam, tepung, berlemak, pengawet, vetsin, MSG dan kurang serat. Makanan enak belum tentu baik bagi kesehatan, bisa saja makanan enak itu menjadi hal yang menakutkan bagi tubuh. Berikut ini daftar makanan yang enak namun buruk bagi kesehatan :

1. Roti Tawar Putih

Photo via : https://ramesia.com

Roti Tawar biasanya dijadikan sarapan pagi, namun ternyata roti ini harus dihindari. Tepu terigu memang berasal dari gandum tetapi dengan kandungan biji dan serat yang sangat rendah. Proses pembuatan roti menghilangkan kandungan serat dalam tepung, dan justru menambah kandungan gulanya.

 

2. Jus Buah Kemasan

Photo via : medicalnewstoday.com

Jus buah memang asupan sehat yang berasal dari buah. Jus buah alami memang tidak bermasalah namun beda halnya dengan jus buah dalam kemasan yang di jual bebas di swalayan. Jus ini mengandung gula yang sangat tinggi walaupun kandungan vitamin dan mineralnya tetap ada. Ada baiknya kamu membuat jus buah sendiri.

 

3. Soda

Photo via : https://www.ydr.com

Minuman bersoda memang memiliki kandungan gula tinggi pada setiap kalengnya. Kandungan gula yang terdapat disoda ini menjadi salah satu pemicu obesitas dan diabetes. Selain itu kandungan pewarna karamel yang ada pada minuman soda menjadi salah satu penyebab munculnya sel kanker dan beberapa penyakit lainnya. Jika kamu ingin sesekali meminumnya ada baiknya memilih soda yang rendah gula dan padukan dengan potongan buah segar.

 

4. Keripik Kentang dan Kentang Goreng

Photo via : http://www.tokomesin.com

Keripik kentang dan kentang goreng memang camilan yang sangat disukai semua orang. Namun makanan ini juga memiliki resiko bagi kesehatan konsumennya. Efeknya adalah naiknya berat badan karena satu ons keripik kentang polos mengandung setidaknya 150 kalori. Tak hanya itu saja, keripik juga sangat rendah gizi dan memiliki kadnungan natrium yang dapat menyebabkan resiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan lainnya. Selain itu juga menyebabkan kolesterol tinggi karena kadnungan lemaknya tinggi.

 

5. Coklat

Photo via : http://moneyinc.com

Makanan satu ini memang memberikan efek positif untuk tubuh. Namun coklat juga memberikan resiko bagi kesehatan kita. Satu bar coklat susu yang memiliki 1,55 ons atau 44 gram mengandung 235 kalori, 13 gram lemak dan 221 gram gula. Satu ons coklat saja mengandung 156 kalori, 9 gram lemak dan 13 gram gula. Kandungan yang terdapat di coklat ini beresiko obesitas dan gagal jantung, selain itu dapat menimbulkan resiko diabetes dan gigi berlubang.

 

6. Gorengan

Photo via : foody.id

Banyak resiko yang ditimbulkan dari makanan yang di goreng seperti penyakit jantung, diabetes, gastroenteritis, obesitas, memperlambat tingkat metabolisme. Gorengan yang dimaksud adalah jenis makanan yang proses memasaknya dengan cara digoreng.

 

7. Produk Susu

Photo via : taste.com.au

Keju, yogurt dan mentega adalah produk-produk yang terbuat dari susu yang baik dikonsumsi oleh tubuh. Namun tidak baik jika kadar pengonsumsian terlalu berlebihan. Efek yang ditimbulkan macam-macam seperti perut kembung, mual dan gangguan saluran pencernaan.

 

8. Permen

Photo via : hubstatic.com

Permen atau manisan memiliki kadar gula yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kerusakan gigi, menaikkan berat badan hingga diabetes jika dikonsumsi secara berlebihan. Ada baiknya membatasi mengkonsumsi permen sebanyak 1 atau 2 buah sehari untuk anak-anak atau dewasa.

 

9. Daging Babi

Photo via : https://timedotcom

Bagi kalian yang suka makan daging babi khususnya dalam bentuk bacon, mohon agar lebih berhati-hati. Daging babi atau yang disebut bacon ini merupakan salah satu makanan favorit di Amerika Serikat. Daging babi ini ternyata berbahaya bagi tubuh karena mengandung nitrat dan nitrit. Kedua kandungan tersebut berkaitan dengan penyakit kanker dan penyakit darah.

 

10. Sushi

Photo via : http://news.gunadarma.ac.id

Sushi dikenal sebagai makanan sehat karena mengandung Omega-3 dengan sedikit kalori. Namun dibalik kelezatannya, makan sushi yang sembarangan bisa berdampak buruk buat kesehatanmu. Mengkonsumsi ikan mentah mengakibatkan masuknya nematoda(cacing) ke dalam tubuh. Cacing ini dapat mempengaruhi saluran pencernaan, mereka bisa masuk ke lambung, kerongkongan atau usus. Ikan tuna dan Salmon sendiri mengandung merkuri yang merupakan polutan racun bagi sistem saraf, dampak terburuk dari merkuri yaitu bisa meningkatkan resiko penyakit jantung.

 

11. Granola

Photo via : http://thepioneerwoman.com

Granola adalah salah satu makanan sehat yang biasanya dipilih sebagai menu untuk diet. Namun ketika granola diolah menjadi sereal maka kandungan gizinya akan hilang termasuk seratnya. Biasanya granola yang dijual di pasaran mengandung sirup jagung atau gula, maka dari itung kamu harus hati-hati agar kamu tidak menumpuk gula dan kalori yang kosong karena indeks glikemiknya tinggi.

 

12. Pizza

Photo via : http://www.valentinosct.com/

Pizza merupakan salah satu makanan terkenal di dunia karena rasanya yang enak. Namun tidak semua pizza baik untuk kesehatan kamu, tergantung dari bahan-bahan yang digunakan. Pada umumnya pizza yang dijual memiliki kalori yang tinggi karena bahan-bahannya kurang sehar seperti tepung terigu yang sangat halus untuk membuat adonannya dan daging yang sudah diproses.

 

13. Kue Kering

Photo via : http://losangeles.cbslocal.com

Kue kering merupakan camilan yang enak dan cocok untuk menemani disaat sedang bersantai. Namun sebagian besar kue kering sangat tidak sehat. Hal ini dikarenakan pada umumnya dibuat dengan gula halus, tepung gandum halus dan lemak tambahan.

 

14. Makanan Cepat Saji

Photo via : http://emaksuper.com

Di kota besar, makan cepat saji merupakan makanan favorit karena rasanya enak dan beraneka ragam menu. Namun makanan ini atau disebut juga Junk Food bisanya mengandung gula, minyak tidak sehat dan biji-bijian seperti pati jagung atau tepung tapioka. Tepung/pati halus ini menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat dan memiliki nutrisi penting yang rendah.

 

15. Sirup

Photo via : https://www.blibli.com

Minum sirup di saat cuaca panas memang sangat menyegarkan, dan khusus buat umat muslim sirup adalah salah satu minuman yang sudah pasti ada pada saat perayaan idul fotri. Namun di balik enak dan segarnya minuman sirup, ternyata sirup tak baik buat tubuh kamu. Sirup merupakan pemanis yang memiliki berbagai varian rasa. Sirup adalah pemanis yang sangat halus yang sangat tinggi fruktosa. Jumlah fruktosa yang tinggi dari sirup ditambah pewarna makanan dan kandungan yang lain, memberikan efek negatif buat tubuh.

 

16. Yoghurt Rendah Lemak

Photo via : eatthismuch.com

Kebanyakan yogurt yang dijual tidak bagus untuk tubuh. Walaupun rendah lemak, tapi banyak sekali kandungan gulanya untuk menutupi kekurangan rasa yang diberikan oleh lemak. Dengan begitu kandungan lemak susu sehat pada yogurt terbuang dan digantikan dengan sesuatu yang buruk. Banyak juga yogurt yang tidak mengandung bakteri probiotik. Mereka sering dipasteurisasi setelah fermentasi yang mengakibatkan membunuh semua bakteri.

 

17. Es Krim

Photo via : https://italystories.org

Es krim merupakan salah satu makanan yang sangat digemari oleh anak-anak dan dewasa. Tapi es krim juga merupakan salah satu makanan yang tidak sehat, sebagian besar es krim di pasaran sarat dengan gula. Selain itu es krim juga tinggi kalori dengan rasa yang enak membuat seseorang bisa ketagihan. Bahkan memakannya sebagai menu penutup bisa lebih buruk lagi.

 

18. Keju Olahan

Photo via : http://creamery.psu.edu

Keju memang kaya akan nutrisi, dalam satu irisan keju mengandung semua nutrisi yang sama dengan segelas susu. Namun tidak dengan keju olahan, kebanyakan keju olahan dibuat dengan mencampurkan bahan-bahan dan dibuat agar memiliki tampilan dan tekstur yang sama dengan keju.

 

19. Pop Corn

Photo via : https://www.simplyrecipes.com

Nonton film dibioskop kurang pas jika tidak ditemani dengan popcorn. Tapi tahukah kamu, jika popcorn beresiko untuk kesehatan kamu. Popcorn yang bahaya bagi tubuhmu adalah, popcorn yang dibuat dengan cara memanaskannya ke dalam microwave. Kemasan popcorn banyak dilapisi dengan zat kimia yang disebut dengan perfluorooctanoic acid (PFOA). Tak hanya itu saja, popcorn yang memiliki varian rasa juga tida baik buat kesehatan karena menjadi camilan yang tidak rendah kalori lagi. Banyak popcorn yang harus dipanaskan dalam microwave juga mengandung minyak trans yang berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan penyakit serius lainnya.

 

20. Sayur Kalengan

Photo via : https://www.meetdoctor.com

Sayur memang sehat bagi kesehatan namun beda halnya dengan sayur kalengan. Sayur kalengan tidak baik bagi kesehatan karena Bisphenol A yang merupakan senyawa organik yang digunakan untuk membuat berbagai plastik ditemukan disebagian besar produk makanan kalengan. Bisphenol A dapat melindungi kaleng dari korosi logam dan bakteri tapi dapat menganggu perkembangan saraf pada janin, gangguan endokrin, penyakit jantung dan kanker.

 

21. Daging Olahan

Photo via : https://www.traegergrills.com

Daging sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, namun beda halnya dengan daging olahan. Saat ini sering dan lumrah kita temui daging olahan di pasar tradisional maupun swalayan. Daging olahan seperti sosis, nugget, bakso dan sejenisnya bisa meningkatkan  resiko terkena penyakit serius seperti penyakit kanker, usus besar, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Untuk itu janganlah terlalu sering makan makanan yang terbuat dari daging olahan.

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >