Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia

3 bulan lalu, by blogunik

Guys, kalau ngomongin soal pakaian tradisional, Indonesia pastilah juaranya. Nggak akan cukup waktu sehari untuk kamu membahas tentang pakaian tradisional Indonesia, sebab Indonesia memiliki banyak sekali suku bangsa yang masing-masing memiliki budaya dan tradisi sendiri. Tidak heran jika setiap propinsi di negara kita memiliki pakaian tradisionalnya sendiri. Pakain-pakaian tradisional setiap propinsi di negara kita juga terbilang sangat unik guys, pastinya sebagai warga negara Indonesia kamu sudah mengenal dengan baik seperti apa indah dan meriahnya pakaian tradisional yang ada di Indonesia. Tapi pernahkah kamu menengok pakaian-pakaian tradisional yang ada di belahan dunia lain? Mungkin selama ini kita hanya familiar dengan pakaian tradisional Jepang yakni Kimono ataupun pakaian tradisional Korea yang dinamakan Hanbok, namun sebenarnya masih banyak pakaian tradisional dari negara-negara lain yang tak kalah menariknya guys! Dari sekian banyak negara yang ada didunia ini, ada beberapa negara yang memiliki pakaian tradisional yang unik lho! Kira-kira negara apa saja dan seperti apa pakaian tradisionalnya? Berikut daftar pakaian tradisional terunik didunia. Check this out guys!

1. Sari – India

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Sari - India

photo via shaadisaga.com

Siapa yang tak tahu negara India? Negara yang terkenal akan film Bolliwoodnya ini memang cukup terkenal didunia. India juga memiliki bragam kebudayaan serta seninya. Masyarakat India sangat menjunjung tinggi budaya mereka, termasuk cara berpakaian yang sering kalian lihat di film-film India. Pakaian khas India ini dapat langsung dikenali dari keunikan desain, warna, serta berbagai aksesoris yang melengkapinya.

Pakaian tradisional India biasanya disebut dengan sari. Sari ini dikenakan oleh wanita, terdiri atas lembaran kain yang kemudian dililitkan pada tubuh sang pemakai. Umumnya sari ini terdiri atas lima hingga enam lembar kain. Pakaian ini mempunyai warna serta corak yang cerah serta mempunyai sulaman yang diletakkan pada sebelah bahu kiri pemakai. Kainnya juga sangat indah, sehingga menambah daya tarik bagi pemakainya.

2. Tracht – Jerman dan Austria

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Tracht - Jerman dan Austria

photo via albertsschloss.co.uk

Pakaian Tracht adalah salah satu pakaian tradisional Jerman bagian selatan dan Austria. Tracht berasal dari pengaruh dari kostum yang dipakai oleh para petani. Untuk pakaian ini, ada penggunaan utama dari linen dan bahan Loden.

Busana ini terdiri dari dua jenis yaitu Lederhosen untuk pria dan Dirndls untuk wanita. Ciri khas dari tracht adalah aksen lace up pada bagian depan untuk membentuk badan terlihat lebih langsing. Ada banyak variasi pada desain tracht, kesemuanya disesuaikan dengan daerah dan gaya busana daerah tersebut. Anda juga dapat menemukan beberapa aksesori pelengkap seperti topi pom-pom dan kaus kaki panjang.

3. Kilts – Skotlandia

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Kilts - Skotlandia

photo via lovemydress.net

Pria menggunakan rok mungkin terdengar aneh, namun di Skotlandia, pria maupun wanita sangat lumrah menggunakan rok yang merupakan pakaian tadisional mereka. Pakaian tradisional Skotlandia disebut dengan Kilts. Kilts ini menyerupai seragam yang terdiri dari kemeja putih yang dilapisi vest dan blazer lengkap dengan dasi. Untuk bawahan, busana tradisional ini terdiri dari rok selutut dengan motif kotak-kotak atau biasa disebut dengan motif tartan.

Rakyat Skotlandia biasa dapat menggunakan Kilt dalam bermacam-macam acara. Selain pakaian masyarakat, Kilt juga ternyata pernah digunakan sebagai pakaian militer. Sekarang, Kilt dikenakan di festival-festival kebudayaan Skotlandia atau acara lainnya.

4. Shuka/Kanga – Maasai, Kenya

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Shuka/Kanga - Maasai, Kenya

photo via  theverge.com

Maasai merupakan salah satu kelompok etnis kecil yang ada di Kenya, namun suku ini merupakan suku yang paling dikenal. Reputasi Maasai di seluruh dunia membuat suku Maasai tidak terlihat kecil. Salah satu daya tarik dari suku Maasai adalah pakaian tradisionalnya yang disebut dengan Kanga. Kanga merupakan kain berwarna merah cerah yang keseringan bermotif kotak-kotak ataupun bunga-bunga, yang dikenakan sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah terusan tanpa lengan, kemudian dilayeri dengan kain yang diikat menyerupai sebuah cape. Pakaian tradisional suku maasai ini juga dilengkapi dengan berbagai aksesoris kepala, kalung dan gelang yang memiliki desain yang rumit.

5. Pakaian Tradisional Suku Herero – Namibia

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Pakaian Tradisional Suku Herero - Namibia

photo via instagram.com/global_lens_photos

Suku Herero yang terletak di Namibia juga memiliki pakaian tradisional yang tak kalah uniknya. Keunikan dari pakaian tradisional suku ini terletak pada pakaian tradisional wanitanya. Pakaian tradisional wanita suku ini diadptasi dari pakaian Victoria yang dibawa bangsa kolonial ke Namibia. Busana Herero tampak lain dari busana adat suku lainnya karena busana ini tidak hanya melambangkan identitas suku, tapi juga melambangkan keberanian, kebanggaan dan pengingat sejarah masa lalu Herero. Pakaian Tradisional suku Herero ini terdiri dari atasan dengan lengan puff, rok panjang yang dikenakan dari bawah dada, atau bisa juga berupa maxi dress yang panjang yang dilengkapo dengan ikat pinggang ataupun korset, dan dilengkapi dengan topi yang berbentuk tanduk sapi.

6. Busana Egungun – Yoruba, Nigeria

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Busana Egungun - Yoruba, Nigeria

photo via tuckmagazine.com

Penduduk asli Nigeria disebut dengan Yoruba. Yoruba memiliki sebuah tradisi festival yang sangat menarik. Tradisi ini dinamakan Egungun, yang berarti “powers concealed”, atau kekuatan yang tersembunyi. Yang menarik dari tradisi ini adalah pakaian tradisional ataupun pakaian adat yang digunakan. Busana ataupun kostum tradisi Egungun ini terbuat dari kain-kain yang berbeda, baik lokal tenun maupun industri tekstil. Selain kain, kostum ini dihias dengan bahan-bahan dari logam, manik-manik, kulit, tulang, dan lain-lain. Gaun atau kostum yang semakin rumit dan semakin berlapis mencerminkan kekuatan sosial dan prestise.

Peserta atau perwakilan keluarga yang ikut dalam festival ini harus menutupi seluruh tubuhnya dengan busana Egungun dari kepala hingga kaki, tidak boleh tampak kulitnya sedikit pun. Kemudian, setelah memakai kostum ini, mereka bukan lagi manusia tetapi sudah menjadi jelmaan nenek moyangnya.

7. Gho dan Kira – Bhutan

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Gho dan Kira - Bhutan

photo via blog.sina.com.cn

Gho dan Kira merupakan pakaian tradisional negara Bhutan. Gho dikenakan oleh laki-laki dan Kira untuk wanita. Pakaian ini terbuat dari tenun lokal dan berlapis. Lapisan pertama berupa atasan lengan panjang yang disebut wonju. Lapisan pertama ini bahannya lebih tipis daripada lapisan terluar dan panjang lengannya pun lebih panjang. Selanjutnya di atas wonju, mereka memakai kain tenunnya yang disebut kira. Kira dililitkan ke badan sampai berbentuk seperti terusan, lalu di bagian pinggang ada kain kecil yang berfungsi sebagai ikat pinggang (kera) dan ujung-ujungnya dijepit dengan bros (koma). Lapisan luarnya disebut toego yang berbentuk seperti wonju. Sebagai sentuhan akhir, lengan wonju dilipat menimpa toego. Kedudukan dan kelas sosial menentukan tekstur, warna, dan dekorasi yang menghiasi pakaian. Selendang dan syal juga penanda kedudukan sosial, karena secara tradisional Bhutan adalah masyarakat feodal.

8. Pakaian Tradisional Sardinia – Itali

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Pakaian Tradisional Sardinia - Itali

photo via quora.com

Sardinia adalah pulau terbesar kedua di Italia setelah Sisilia. Sardinia memiliki pakaian tradisional unik yang tercipta dari pengaruh Spanyol dan Moor. Meskipun disetiap desa di Sardinia memiliki gaya pakaian tradisionalnya sendiri namun ada beberapa kesamaan yang umum yang pasti selalu dapat ditemukan dalam pakaian tradisional mereka. Seperti kerudung, topi atau selendang. Ada juga rok panjang plisket atau umum disebut pleated skirt serta blus yang disulam dengan meriah.

9. Kimono – Jepang

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Kimono - Jepang

photo via kyotokimonoyuzen.co.jp

Siapa yang tak tau Jepang? Negara yang dijuluki dengan negara Sakura ini terkenal dengan animasi dan komik manganya yang mendunia. Tapi selain itu, sebenarnya Jepang juga merupakan negara yang menjunjung tinggi seni dan budayanya lho. Meskipun Tokyo Jepang disebut sebagai kota fashion namun penduduk Jepang tetap menjaga busana tradisional mereka lho. Tak jarang saat kamu berwisata ke Jepang, kamu akan menemukan orang-orang yang menggunakan busana tradisional Jepang yang disebut dengan Kimono.

Kimono menurut harfiah adalah baju atau sesuatu yang dikenakan ( ki berarti pakai dan mono berarti barang ). Baju ini memiliki bentuk seperti huruf T yang mirip mantel dan ada kerahnya. Panjangnya dibuat sampai ke pergelangan kaki. Wanita memakai kimono yang berbentuk terusan, sedangkan yang pria mengenakan yang setelan. Kerah bagian kanan harus berada di bawah kerah bagian kiri. Sabuk kain yang disebut obi dililitkan di bagian perut/pinggang dan diikat di bagian punggung kemudian alas kaki sewaktu mengenakan kimono adalah zori atau geta. Kimono sekarang ini lebih sering dikenakan wanita Jepang pada kesempatan istimewa.

10. Hanbok – Korea

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Hanbok - Korea

photo via pikony.com

Hampir sama populernya dengan Kimono, pakaian tradisional Korea satu ini juga terbilang sangat unik. Seperti yang kita tahu pakaian tradisional Korea disebut dengan Hanbok. Hanbok mempunyai makna sebagai “pakaian orang Korea.” Han dimaknai “orang Korea” sedangkan Bok adalah pakaian. Meskipun begitu, pakaian yang satu ini sebenarnya adalah pakaian yang spesifik pada era Joseon saja. Dulunya hanbok merupakan pakaian yang dipakai oleh semua orang mulai dari petani hingga para bangsawan, meskipun kasta menentukan kualitas dan warnanya. Hanbok pun dipakai sebagai pakaian sehari-hari meskipun sekarang lebih sering dipakai untuk acara-acara spesial seperti pesta, pemakaman, dan pernikahan.

Hanbok sendiri merupakan keseluruhan outfit yang umumnya merupakan paduan dari tiga jenis pakaian. Atasan hanbok yang menutup bagian lengan, bahu, dan dada atas disebut degan Jeogori dalam bahasa Korea. Rok model A-line yang melambai dan cantik biasa disebut Chima, sedangkan dalamannya yang berwarna putih biasa disebut dengan nama Sokchima. Hanbok pria biasanya merupakan perpaduan dari Jeogori dan sebuah bawahan khusus bernama Baji.

11. Native American/Indian Costume – Amerika Utara

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Native American Indian Costume - Amerika Utara

photo via travelstyle.gr

Native American atau suku Indian merupakan suku asli dari benua Amerika. Namun saat ini mereka adalah kaum minoritas di benua Amerika, mereka biasanya hidup di daerah-daerah terpencil. Tapi meskipun begitu, suku India memiliki pakaian tradisional yang sangat unik dan menarik guys. Yang menarik disini suku indian memiliki beberapa ciri khas dalam pakaianya yang cenderung terbuka, serta identik dengan bulu-bulu elang sebagai hiasan kepala. Pasalnya orang Indian memiliki ijin khusus untuk mengumpulkan bulu-bulu Elang sementara orang selain Indian tidak diijinkan oleh pemerintah Amerika.

Yang lebih menarik dari pakaian tradisional suku Indian adalah pakaian tradisional wanitanya. Dimana para wanita dari suku indian biasanya menggunakan busana seperti terusan ataupun dress yang berjumbai atau memiliki detail fringe. Pakaian tradisional ini terlihat sangat unik karena memiliki corak yang indah dan rumit. Nah kalau kamu pernah menonton animasi Pocahontas, pastinya kamu sudah nggak asing lagi dengan pakaian tradisional suku Indian ini.

12. Pakaian Tradisional Tahiti

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Pakaian Tradisional Tahiti

photo via cocoabroad.com

Tahiti adalah pulau terbesar di Polinesia Prancis, terletak di Kepulauan Society, di bagian selatan Samudra Pasifik. Tahiti terkenal karena keelokannya yang menawan, dengan pegunungan, hutan dan terumbu, serta budaya pulau yang ramai namun penuh gaya. Nah pakaian tradisional Tahiti juga sangat menarik guys, hampir sama dengan pakaian khas Hawaii. Dulunya penduduk Tahiti mengenakan busana yang terbuat dari daun pandan kering, serat kelapa dan kulit sukun. Baik pria dan wanita biasanya mengenakan busanan ini dipinggang mereka alias sebagai bawahan sedangkan bagian atas dibiarkan terbuka. Namun setelah terjadinya kontak dengan Eropa. Pakaian tradisional Tahiti menjadi sedikit berubah seperti penggunakan bahan kain dan juga untuk wanita mulai dibuat pakaian yang menutupi area dadanya. Pakaian tradisioanl Tahiti ini sering digunakan pada acara-acara tertentu dimana tarian trasdisional tahiti akan dimainkan.

13. Pakaian Tradisioanl Suku Maya Guatemala

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Pakaian Tradisioanl Suku Maya Guatemala

photo via sharechat.com

Suku Maya adalah kelompok suku yang tinggal di semenanjung Yucatan, Amerika Tengah yang berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah barat, dan Laut Karibia di sebelah timur. Saat mereka masih mengenakan pakaian tradisional khas mereka. Memiliki ciri khas corak berwarna cerah dan meriah ke berbagai gaya jubah, kemeja, blus, gaun, dan huipile. Setiap desa memiliki pola tersendiri, sehingga mudah untuk mengetahui dari mana asal pemakainya. Di suku Maya ini, pakaian tradisional masih digunakan sebagai pakaian sehari-hari mereka. Saat kamu berkunjung ke Guatemala, kamu akan menemukan banyak orang yang menggunakan pakaian tradisional khas suku maya ini.

14. Pakaian Tradisional Mongolia

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Pakaian Tradisional Mongolia

photo via happeetravelers.com

Pakaian adat dari bangsa Mongolia ini di kenal dengan nama Deel. Pakaian tradisional ini sudah cukup lama dikenal oleh suku nomadik di Asia Tengah. Di Mongol, Deel memiliki 2 varian, untuk pria dan wanita. Dimana model Deel pria lebih simple dibandingkan wanita. Seiring berjalannya waktu, Deel Mongolia tradisional yang tadinya berbentuk longgar dan berlengan panjang dengan kerah tinggi dan dilengkapi aksen kain menumpuk di bagian depan, sekarang lebih variatif dan fleksible dan umumnya Deel dilengkapi pernak-pernik, jubah, tali pinggang, topi dan sepatu bot yang merupakan ciri khas pakaian bangsa Mongolia.

Mengenai pilihan warna, pria Mongolia lebih memilih biru dan coklat, sementara wanitanya biasanya memilih variasi yang lebih luas dari merah, pink, hijau, dan biru langit. Hal ini mungkin mencerminkan temperamen, wanita Mongolia sering memilih warna yang cerah dan terang. Hiasan kepala yang unik adalah salah satu kegemaran wanita Mongolia. Hiasan kepala ini bervariasi menurut umur, wilayah, dan juga status sosial wanita itu.

15. Pakaian Tradisional Usbekistan

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Pakaian Tradisional Usbekistan

photo via cellcode.us

Di Uzbekistan, pakaian tradisional saat ini dipakai di daerah pedesaan atau saat ada perayaan-perayaan istimewa. Bagian terpenting dari pakaian tradisional pria Uzbek adalah katun longgar mantel, yang disebut khalat. Khalat berlengan panjang, lutut panjang atau lebih, dan terbuat dari kain dengan berbagai warna-warni corak yang meriah. Bagian bawah lengan, tepi pusat, ehem, dan leher dari mantel yang dijahit bulat dengan dekoratif kepang, yang dipercaya untuk melindungi seseorang dari kekuatan jahat. Untuk Perempuan Pakaian tradisionalnya terdiri dari tunik, celana, syal, dan mantel. Panjang, tunik longgar lengan lebar telah mencapai hingga pergelangan tangan. Celana panjang longgar-cut sering dibuat dari kain yang sama sebagai tunik, atau keluar dari kain yang saling melengkapi. Bagian bawah celana itu berkumpul dan dihiasi dengan bordir kepang. Mantel perempuan mirip dengan khalat laki laki.

16. Coiffe – Brittany Prancis

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Coiffe - Brittany Prancis

photo via louisbourdon.com

Disalah satu wilayah yang ada di Pracis yang bernama Brittany memiliki pakaian tradisional yang terbilang unik. Jika dress dengan sulaman dan corak-corak terliat biasa, maka pakaian tradisional di Brittany ini memiliki keunikan pada hiasan kepala mereka. Hiasan kepala yang membuat pakaian tradisional mereka terlihat unik bernama
Coiffe. Coiffe ini merupakan sejenis topi renda berwarna putih yang digunakan oleh penduduk di Brittany. Terdapat berbagai macam bentuk dan ukuran namun yang paling menarik adalah Bigouden Coiffe. Bigouden Coiffe merupakan renda dengan ketinggian hingga 30-40 cm. Pakaian tradisional ini biasanya digunakan saat acara-acara istimewa ataupun festival setempat.

17. Chut Thai dan Phraratchathan, Pakaian Tradisional Thailand

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Chut Thai dan Phraratchathan, Pakaian Tradisional Thailand

photo via keywordbasket.com

Selama ini kita mengenal Thailand dengan film-filmnya yang bergenre komedi dan menarik untuk ditonton, namun ternyata pakaian tradisional Thailand juga sangat unik dan menarik lho. Pakaian adat atau tradisional Thailand bernama Chut Thai Phra Ratcha Niyom yang biasa disebut dengan Chut Thai. Busana adat Thailand ini didesain oleh Ratu Sirikit Akhirnya pada tahun 1964, diluncurkan secara resmi busana tradisional Thailand yang disebut Chut Thai. Ada 8 Chut Thai yang berbeda untuk kaum wanita. Diantaranya Ruean Ton yang merupakan perpaduan blouse dan sarung yang panjangnya hingga mata kaki, ada juga Chit Lada, Amarin, Borom Bhiman, Chakkri, Chakkrabhat, Dusit, Prayook dan Siwalai.

Model busana Siwalai ini terdiri dari kemben dan perpaduan sarung. Setelah itu dilengkapi dengan tambahan selendang yang diletakkan di bagian bahu. Selendang ini menutup salah satu bahu dan menjuntai hingga ke lantai. Dengan tambahan selendang ini, maka kesan mewah segera saja terlihat. Karena itu pula, busana ini biasanya dikenakan pada acara-acara kerajaan dan acara resmi lainnya.

Sedangkan satu busana untuk kaum pria yang disebut phraratchathan. Phraratchathan ini biasanya dipadukan dengan celana panjang bergaya Eropa atau dengan celana khas Thailand. Celana khas Thailand yang disebut Chong Kraben ini berupa selembar kain dengan panjang kurang lebih 3 meter yang dililitkan dipinggang dan di antara kedua kaki sedemikian rupa sehingga mendapatkan bentuk seperti celana. Bawahan seperti ini sering dikenakan kaum pria di masa lalu. Kain yang digunakan biasanya adalah kain berpola atau kain yang kaya warna.

18. Koteka, Pakaian Tradisional Papua, Indonesia

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Koteka, Pakaian Tradisional Papua, Indonesia

photo via : aetos-apokalypsis.com

Pakaian tradisional terunik didunia selanjutnya adalah pakaian tradisional Papua, Indonesia. Baik laki-laki maupun perempuan Papua memiliki pakaian adat dengan aksesoris sebagai pelengkapnya. Jika pada umumnya, seorang laki-laki menggunakan baju dan celana yang rapi dan tertutup namun tidak dengan laki-laki di Papua. Mereka tidak mengenakan baju sama sekali sehingga terlihat seperti telanjang. Meski demikian ternyata mereka mengenakan pakaian adat Papua yang disebut koteka.

Koteka digunakan untuk menutupi bagian kemaluan laki-laki atau alat vital. Koteka sendiri mempunyai arti pakaian dan nama ini digunakan oleh suku di Pantai. Uniknya, nama koteka pun sangat beragam sesuai dengan sukunya. Koteka memiliki bentuk selongsong yang memanjang di bagian depannya dan dikaitkan di pinggang sampai mengarah ke atas. Selain itu, ukuran koteka sangat bervariasi. Semakin tinggi kedudukan seorang laki-laki terhadap adatnya maka semakin besar ukuran koteka yang mereka kenakan. Mereka menggunakan koteka dalam sehari-hari tidak hanya pada acara-acara tertentu saja.

Sedangkan busana tradisional untuk para perempuan Papua identik dengan rok rumbai. Rok rumbai ini merupakan pakaian adat Papua perempuan yang berupa rok dan terbuat dari susunan daun sagu kering dan digunakan untuk menutupi sebagian tubuh bawah. Sama halnya dengan pakaian adat laki-laki, perempuan Papua juga tidak mengenakan pakaian atas. Meskipun demikian, mereka membuat tato atau lukisan yang akan menyamarkan tubuh bagian atas. Motif-motifnya pun beragam dengan ciri khas Papua mengenai lingkungan flora dan fauna.

19. Pakaian Tradisional Romania

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Pakaian Tradisional Romania

photo via rock-cafe.info

Romania adalah salah satu negara besar eropa. Romania terletak di eropa bagian tenggara di ujung utara semenanjung balka, berbatasan dengan negara ukraina dan modova di utara, hongaria di barat laut, dibarat daya Serbia, Bulgaria di selatan, dan laut hitam di sebelah timur. Bucharest adalah ibu kota dan kota terbesar di Romania. Budaya Rumania sangat kaya akan tradisi dan cerita rakyat. Selain itu, Romania juga memiliki pakaian tradisional yang unik dan juga menarik. Pakaian tradisional Romania berbeda-beda disetiap wilayah. Contohnya saja di Transylvania atau Moldova identik dengan atasan putih berenda yang dipadukan dengan rompi dan rok bordir berwarna-warni.

20. Pakaian Tradisional Peru

Daftar Pakaian Tradisional Terunik Di Dunia - Pakaian Tradisional Peru

photo via flickr.com/photos/myplanetexperience

Pakaian tradisional terunik didunia yang terakhir adalah pakaian tradisional dari Peru. Busana tradisional mereka sangat memanjakan mata. Dalam pakaian tradisional Peru sangat identik dengan hiasan kepala sejenis topi. Bagian tradisional dan regional lainnya adalah Lliclla, selendang yang dikenakan di pundak, dan diikat di depan. Rok tenunan tangan disebut polleras. Warna-warna cerah, sulaman, dan kain tenun membuat pakaian tradisional Peru terlihat unik dan meriah.

Itulah beberapa pakaian tradisional terunik didunia yang dapat Blog Unik bagikan pada kalian. Bagaimana menurut kalian guys? Pakaian tradisional mana yang menurut kalian paling unik?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *