Daftar Pekerjaan Yang Akan Hilang Karena Teknologi

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Siap-siap jadi pengangguran! Daftar pekerjaan ini diprediksi akan hilang karena tergantikan oleh teknologi lho!

Seperti yang kita tahu, perkenambangan teknologi saat ini sudah semakin canggih. Setiap saatnya ada saja temuan-temuan terbaru yang semakin canggih dan dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan cepar. Contohnya saja seperti robot pembersih lantai, yang tidak hanya bisa menyapu namun juga dapat sekaligus mengepel lantai. Hal ini tentu sangat meringankan pekerjaan rumah tangga.

Sayangnya, semakin hari temuan-temuan teknologi yang canggih ini bukan lagi sekedar meringankan dan mempercepat pekerjaan manusia, namun lebih menggantikan posisi manusia sebagai tenaga kerja. Nggak heran beberapa tahun belakangan ini semakin banyak orang yang kehilangan pekerjaannya karena perusahaan lebih memilih menggunakan kecanggihan teknologi yang dianggap lebih hemat biaya daripada menggaji seorang karyawan.

Untuk berjaga-jaga, berikut daftar pekerjaan yang diprediksi akan hilang karena teknologi yang wajib kalian ketahui. So let’s check it out guys!

1. Tukang Pos

Daftar Pekerjaan Yang Akan Hilang Karena Teknologi

photo via krjogja.com

Salah satu pekerjaan yang diprediksi akan hilang karena tergantikan teknologi adalah pengantar surat yang selama ini kita kenal dengan sebutan tukang pos. Ini karena surat menyurat dalam bentuk fisik tidak lagi terlalu dibutuhkan karena sudah digantikan oleh email yang memang lebih efisien dan cepat dibanding dengan surat yang harus diantar oleh tukang pos.

Selain itu, adanya perusahaan swasta seperti JNE, TIKI, Go-send, Grab-deliver, hingga FedEx juga menjadi salah satu alasan penyebab jumlah tukang pos semakin hari semakin berkurang. Karena hal tersebut, dalam beberapa tahun ke depan, pekerjaan ini dipresiksi akan hilang dan digantikan oleh teknologi.

2. Bagian produksi dan pekerja pabrik

Daftar Pekerjaan Yang Akan Hilang Karena Teknologi

photo via theguardian.com

Pekerja di bagian produksi dan pekerja pabrik juga dipresiksi akan hilang dalam beberapa tahun kedepan karena kecanggihan teknologi. Bahkan saat inipun sudah banyak proses produksi yang perannya sudah digantikan oleh mesin canggih karena dinilai lebih efisiensi biaya dan mempercepat proses produksi. Untuk bekerja di bagian produksipun akan semakin sulit. Mulai dari produksi pakaian, perakitan otomotif, hingga produksi makanan dan hasil pertanian pun semuanya diprediksi akan digantikan oleh robot.

3. Petugas Pengepakan dan ruang penyimpanan/gudang

Daftar Pekerjaan Yang Akan Hilang Karena Teknologi

photo via dnr.id

Jenis pekerjaan lain yang diprediksi akan punah puluhan tahun mendatang adalaj petugas pengepakan dan petugas ruang penyimpanan atau gudang. Ini karena jenis pekerjaan yang biasa dilakukan manusia ini dapat digantikan oleh robot. Bahkan perusahaan besar seperti Amazon telah menerapkannya agar dapat mengurangi kebutuhan untuk terus-menerus merekrut dan melatih karyawan baru.

4. Operator telepon, telemarketer dan resepsionis

Daftar Pekerjaan Yang Akan Hilang Karena Teknologi

photo via telestarmarketing.com.au

Buat kamu yang saat ini berprofesi sebagai operator telepon, telemarkerter atau mungkin resepsionis, kalian perlu merencanakan usaha mandiri untuk menyiasati jika suatu saat tenaga kalian sudah tidak dibutuhkan lagi. Ini karena jenis-jenis pekerjaan tersebut kemungkinan akan digantikan oleh teknologi voice recognition yang pastinya akan semakin canggih di masa depan.

5. Teller dan Pegawai Bank

Daftar Pekerjaan Yang Akan Hilang Karena Teknologi

photo via usatoday.com

Profesi sebagai Teller atau Pegawai Bank juga diprediksi akan menghilang beberapa tahun ke depan. Ini karena proses transaksi perbankan saat ini sudah bisa dilakukan secara daring sehingga memungkinkan penggunanya untuk tidak mengunjungi bank yang seringkali membuat mengantri.

Tak hanya itu, kebutuhan nasabah seperti setor tunai ke rekening bank, penarikan uang, transfer uang, cek saldo, dan lainnya juga sudah terpenuhi melalui mesin ATM, mobile banking, dan internet banking sehingga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa harus ke Bank.

6. Pustakawan

Daftar Pekerjaan Yang Akan Hilang Karena Teknologi

photo via owlguru.com

Pekerjaan sebagai pustakawan semakin mengalami penurunan, bahkan diprediksi akan menghilang dalam beberapa tahun ke depan. Selain karena minimnya tingkat membaca, adanya perpustakaan digital dan toko buku digital dengan buku berbentuk e-book juga menjadi faktor utama kenapa pekerjaan ini terancam punah.

Apalagi, harga e-book cenderung jauh lebih murah dibandingkan buku secara fisik bahkan para pembaca juga tidak perlu pergi ke perpustakaan atau toko buku untuk mencari buku yang dibutuhkan karena sudah bisa diakses melalui smartphone saja.

7. Kasir

Daftar Pekerjaan Yang Akan Hilang Karena Teknologi

photo via intheknow.com

Jenis pekerjaan yang akan hilang tergerus teknologi berikutnya adalah kasir. Seperti yang kita tahu, saat ini orang-orang sudah banyak memilih bertransaksi menggunakan kartu debit atau dompet digital. Bahkan sebagian toko sudah tak lagi mesin pembayaran yang dijaga oleh seorang kasir. Toko-toko tersebut menggantinya dengan self-checkout atau pelanggan dapat melakukan pembayaran sendiri. Hal inilah yang menyebabkan kemungkinan profesi sebagai kasir tidak akan ada lagi di masa depan.

8. Tukang Parkir

Daftar Pekerjaan Yang Akan Hilang Karena Teknologi

photo via istore.oomph.co.id

Pekerjaan sebagai tukang parkir juga diprediksi akan menghilang di masa depan. Tukang parkir yang dulunya sering kita temui di hampir setiap pertokoan hingga pasar ini kini sudah tak banyak ditemui semenjak pemerintah menerapkan parkir gratis. Bahkan kini sudah ada banyak mesin parkir otomatis sehingga membuat profesi ini semakin tergerus jaman.

9. Travel Agen

Daftar Pekerjaan Yang Akan Hilang Karena Teknologi

photo via urmilamile.com

Saat ini untuk mencari paket wisata di dalam negeri hingga luar negeri sangat mudah dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone. Ini karena adanya aplikasi penyedia layanan booking online, seperti Traveloka, Pegi Pegi, dan lain-lain. Tentu ini menjadi ancaman bagi pekerja travel agen analog dalam menjaga kelestarian profesi mereka.

Apalagi transaksi menggunakan aplikasi online dianggap lebih nyaman dan aman oleh banyak orang. Sehingga nggak heran jika pekerjaan ini diprediksi akan menghilang dalam beberapa tahun ke depan.

10. Supir Bis, Taksi, dan Truk

Daftar Pekerjaan Yang Akan Hilang Karena Teknologi

photo via e-airports.com

Saat ini ada banyak pekerjaan sebagai supir, mulai dari supir taksi. supir bis, supir truk bahkan supir berbasis online. Namun dalam beberapa tahun ke depan, profesi sebagai supir terancam punah karena adanya teknologi otonom. Teknologi otonom ini dapat menggantikan pekerjaan supir bis, taksi, dan truk. Bahkan juga bisa untuk kendaraan berat, seperti buldozer, pengeboran dan pengakutan pertambangan hingga konstruksi.

Hal ini bukan sekedar imajinasi, karena mobil otonom sudah hadir di tengah-tengah kita meski belum beredar di pasaran. Mobil otonom sendiri adalah kendaraan yang mampu merasakan lingkungannya dan beroperasi tanpa keterlibatan manusia. Kita tidak diharuskan untuk mengendalikan kendaraan setiap saat bahkan kita juga tidak diharuskan berada di dalam kendaraan sama sekali.

11. Pilot

Daftar Pekerjaan Yang Akan Hilang Karena Teknologi

photo via idxchannel.com

Teknologi otonom juga bisa mengancam profesi seorang pilot dalam beberapa tahun ke depan lho. Ini karena saat ini sudah hadir drone otonom yang sempat digunakan militer AS untuk melakukan penyerangan tanpa butuh kontrol dari manusia. Karena hal itu, bukan tak mungkin jika drone otonom akan semakin canggih di masa depan hingga menggantikan posisi pilot untuk menerbangkan pesawat.

12. Guru atau Dosen

Daftar Pekerjaan Yang Akan Hilang Karena Teknologi

phoot via theconversation.com

Jenis pekerjaan lain yang diprediksi akan menghilang dimasa depan adalah pekerjaan sebagai guru maupun dosen. Ini karena munculnya teknologi AI (Artificial Intelligence) dan Machine Learning. Teknologi kecerdasan buatan ini akan membantu manusia sebagai solusi dari masalah pendidikan yang saat ini dianggap tidak mampu memenuhi kebutuhan zaman yang begitu cepat. Karena hal tersebut, sekolah, kampus hingga tempat khursus dan les di masa depan diprediksi tidak akan memiliki tenaga pengajar seperti guru ataupun dosen.

13. Penerjemah

Daftar Pekerjaan Yang Akan Hilang Karena Teknologi

photo via mediamaz.co.id

Penerjemah juga termasuk ke dalam daftar pekerjaan yang diprediksi akan punah di masa depan. Ini juga karena adanya teknologi AI atau teknologi kecerdasan buatan dalam bentuk aplikasi alih bahasa yang kini sudah banyak kita temukan di App Store maupun Play Store. Bahkan banyak orang yang memilih menggunakan fitur penerjemah bahasa secara online karena lebih mudah dan efisien dan bisa dilakukan melalui ponsel saja.

Dengan kecanggihan teknologi yang semakin berkembang, bukan tak mungkin aplikasi alih bahasa akan semakin disempurnakan sehingga di masa depan orang-orang bisa menggunakan aplikasi alih bahasa untuk kebutuhan percakapan saat berwisata ke luar negeri maupun kebutuhan untuk dokumen-dokumen penting yang memerlukan tingkat akurasi terjemahan yang tinggi.

14. Akuntan

Daftar Pekerjaan Yang Akan Hilang Karena Teknologi

photo via panelhar.xyz

Profesi sebagai akuntan juga terancam punah karena perkembangan teknologi yang semakin canggih. Ini karena muncul banyak produk dan fitur teknologi yang mengambil alih tugas-tugas tradisional para akuntan, yang sebelumnya harus dikerjakan secara manual, kini dapat dikerjalan dengan otomatis, lebih praktis dan cepat.

Karena hal ini, bukan tak mungkin jika dalam beberapa tahun kemudian, pekerjaan akuntan akan diambil alih sepenuhnya oleh kecanggihan teknologi.

15. Pekerja Farmasi

Daftar Pekerjaan Yang Akan Hilang Karena Teknologi

photo via theleader.com.au

Jenis pekerjaan yang diprediksi akan hilang karena teknologi berikutnya adalah pekerja farmasi. Ini karena sejumpah apotek kini mulai menggantikan teknisi farmasi dengan mesin atau robot. Robot-robot tersebut melakukan pekerjaan seperti memisahkan dan menangani resep para pelanggan dengan akurat. Kecanggihan teknologi ini dinilai dapat membantu mencegah kesalahan saat bekerja.

Nah itu dia beberapa daftar pekerjaan yang diprediksi akan hilang karena teknologi. Untuk menyiasati hal ini, nggak ada salahnya kamu memulai usaha mandiri sehingga jika prediksi diatas benar-benar terjadi kamu tidak menjadi pengangguran. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.