Daftar Masakan Berbahan Dasar Buah Dan Sayur Yang Menyegarkan Dan Menggiurkan


    Kuliner


Buah dan sayuran merupakan bahan makanan yang gak boleh dilewatkan setiap harinya, sebab sayur dan buah banyak mengandung vitamin yang tubuh kita butuhkan untuk menjalankan aktifitas sehari-hari. Bagi sebagian orang menyantap sayuran atau buah-buahan secara langsung tanpa diolah akan lebih enak daripada diolah terlebih dahulu. Selain itu akan terasa lebih segar, namun ada juga yang mengolahnya terlebih dahulu menjadi sebuah masakan yang menyegarkan dan menggiurkan, selain memberikan cita rasa lain pada buah dan sayuran, dengan cara ini mereka tak akan bosan dengan rasa buah dan sayuran yang itu-itu saja. Nah berikut ada daftar masakan berbahan dasar buah dan sayuran, yang menyegarkan dan tentu saja membuat kalian tergiur untuk mencicipinya, bahkan kalian yang vegetarianpun bebas memakannya.

1. Sup Ikan Kelapa Muda

photo via : http://bambookitchenbgr.blogspot.co.id

Air kelapa muda memang terkenal dengan rasanya yang menyegarkan, walaupun tanpa es, rasanya yang khas memang mampu menyegarkan ternggorokan yang kering. Nah bagaimana jika kelapa muda digunakan sebagai bahan utama pembuatan sup ikan? Pastinya enak dan menyegarkan dong, Sup Ikan Kelapa Muda itulah menu yang terkenal terbuat dari kelapa muda. Masakan yang satu ini memiliki rasa yang segar dan manis berasal air kelapa menyatu dengan apik saat dipadukan dengan sup ikan. Rasa dan aroma amis dari ikan juga tidak lagi tercium saat sup tersaji dalam batok kelapa muda yang masih lengkap dengan daging buahnya.

2. Pizza Buah

photo via : communitytable.parade.com

Pizza memang bebas diberi topping sesuka selera bukan? Bosan dengan toping daging dan keju di atas pizza kalian bisa menggantinya dengan toping aneka buah kesukaan kalian. Yang jelas rasanya akan sangat berbeda dengan pizza biasanya. Pizza dengan toping buah tentunya akan lebih manis dan segar bahkan pada gigitan pertama.

3. Tempoyak

photo via : http://fruitofmylabour.blogspot.co.id

Indonesia memang kaya akan kuliner khas yang super enak lezat dan tentunya unik. Seperti makanan berikut yang terbuat dari daging buah durian yang fermentasi. Makanan yang terkenal di daerah Bengkulu, Palembang dan Jambi ini sangat cocok disajikan bersama nasi putih hangat atau bisa juga untuk campuran sambal dan pepes.

4. Tumis Sirsak

photo via : www.youtube.com

Beberapa macam buah memang dapat dijadikan sayur, selain buah nangka, dan pepaya, ternyata buah sirsak juga bisa ditumis dijadikan sayur. Buah sirsak yang masih mengkal bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat sayur oleh sebagian masyarakat Sunda. Sayur sirsak ini memiliki rasa yang manis dan segar khas buah sirsak, membuat teksturnya lebih menyerupai nangka muda.

5. Rujak Kuah Pindang

photo via : travelingyuk.com

Yang dari Bali tentunya udah gak asing lagi dengan hidangan satu ini. Yup karena Rujak Kuah Pindang merupakan makanan khas bali yang sangat terkenal selain be tutu. Rujak kuah pindang ini memiliki rasa yang benar-benar khas, segar, masam, manis, pedas dan rasa khas ikan pindang. Masakan rujak kuah pindang ini dibuat dari berbagai macam olahan buah segar seperti kedondong, bengkuang, pepaya, nanas dan mangga serta ditambahkan dengan bumbu seperti gula, garam, cabai, dan terasi. Nah, orang-orang Bali jika memakan Rujak Kuah Pindang biasanya ditambah dengan es batu sehingga rasanya tambah segar dan dingin. Ibu-ibu yang sedang ngidam biasanya mintanya yang kayak gini.

6. Nasi Merah Buah Naga

photo via : http://gayahidup.akurat.co

Buah naga memang enak dan segar jika dijadikan campuran es buah atau dibuat jus, namun ternyata buah naga yang merah pekat juga cocok dicampur dengan nasi. Buah naga yang dihaluskan digunakan sebagai campuran untuk mengaron beras. Jadilah nasi merah buah naga yang rasanya khas serta segar dari buah naga.

7. Acar Nanas

photo via : www.resepimudah.com

Acar nanas merupakan bahan pelengkap makanan yang terbuat dari buah yang dimasak dan tentunya memakai buah nanas yang segar dan sudah matang. Buah yang dipakai tidak hanya nanas, karena ada bahan lainnya yang ditambahkan dalam pembuatannya. Bahan lain yang diperlukan adalah mentimun dan bengkuang serta cabai rawit dan bawang. Hidangan ini biasanya disajikan bersama Nasi Briyani dan Nasi Kebuli atau nasi lemak. Acar Nanas memiliki rasa yang asam, manis, pedas dan segar yang berasal dari buah nanas dan bahan lain didalamnya.

8. Pacri Nanas

photo via : http://www.hungerranger.com

Satu lagi masakan yang terbuat dari nanas yakni pacri nanas. Pacri nanas merupakan makanan khas dari daerah melayu. Olahan buah yang satu ini terbuat dari beberapa potongan buah nanas yang segar kemudian diberi bumbu yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, daun salam dan serai yang dicampur dengan santan. Pada umumnya, masakan pacri nanas ini disajikan dengan bertemankan nasi hangat atau pun nasi kebuli atau nasi lemak.

9. Keripik Bayam

photo via : www.bukalapak.com

Bosan dengan keripik kentang, kalian bisa mencoba olahan keripik dari daun bayam. Yup daun bayam ternyata bisa diolah menjadi keripik yang lezat dan juga cemilan yang sehat. Namun supaya hasilnya bagus, pilih bayam yang daunnya lebar dan besar. Siapkan adonan tepung yang terdiri dari tepung sagu, tepung beras, telur, dan air yang diaduk hingga teksturnya cukup cair. Adonan tepung ini juga bisa ditambahkan aneka bumbu seperti merica, lada, bawang putih, dan kemiri agar keripik bayam kalian memiliki cita rasa yang lebih nikmat. Setelah itu, masukkan daun bayam yang sudah dicuci dan dikeringkan ke dalamnya. Goreng dalam minyak panas dan sajikan dengan saus kesukaan kalian.

10. Carrot Cake

photo via : http://www.hallmarkchannel.com

Mungkin kalian sudah tak asing lagi dengan kue satu ini. Yup kue wortel yang dulu pernah hits ini memang memiliki rasa yang manis dan lebut. Berbeda dengan kue-kue yang lain, Carrot Cake ini terhitung lebih sehat karena rendah kalori. Yang pernah mencicipinya pasti setuju deh kalau rasanya gak kalah sama red velvet. Dalam pembuatannya, wortel tidak perlu dihaluskan melainkan hanya diparut saja sehingga air yang terkandung dalam wortel tidak hilang, melainkan berubah jadi rasa manis alami dan tekstur moist. Selain itu, rasa khas wortel yang bertekstur akan lebih menyebar ke seluruh bagian kue. Carrot Cake biasanya dihiasi dengan berbagai macam toping, namun yang paling umum digunakan adalah buttercream, cream cheese dan taburan kacang diatasnya.

11. Es Loli Buah

photo via : leaf.nutrisystem.com

Tidak ada yang lebih menyegarkan dan adem dari pada es. Tapi kalau kebanyakan makan es, mulai dari es krim, jus, es campur dll, tidak akan menyeharkan justru akan membuat kalian sakit, apalagi es yang dijual-jual dipasaran mengandung banyak gula dan susu. Nah kalau mau makan es tanpa takut kadar gula yang tinggi, kamu bisa mencoba Es Loli buah. Selain segar, buah-buah yang terkandung didalamnya juga menyegarkan. Es ini bisa kalian buat sendiri dirumah loh, resepnyapun bertebaran di internet.

Recent search terms:

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >