Daftar Sepeda Motor yang Merajai Penjualan Pasar Indonesia Saat Ini



Indonesia merupakan negara yang konsumtif termasuk dalam hal kendaraan bermotor. Tiap tahunnya pertumbuhan jumlah kendaraan kususnya sepeda motor terus meningkat kian waktu. Hal itu bisa dengan gamblang dilihat saat kita keluar rumah dijalanan, hampir tiap kota di Indonesia pernah mengalami kemacetan dan saat kemcetan terjadi, sepeda motor adalah kendaraan yang paling banyak terlihat.

Di Indonesia sendiri, dua produsen motor yang paling banyak dikenal oleh orang – orang adalah Yamaha dan Honda. Kedua produsen motor ini selalu bersaing dalam penjualan motor – motornya. Meskipun ada produsen motor lainnya seperti kawasaki maupun vespa yang ikut serta dalam pasar ini. Mungkin banyak dari diantara kalian yang agak heran jika keluar rumah, jenis kendaraan bermotor yang terlihat di jalanan kebanyakan sama.

Nah, hal itu dikarenakan memang daya beli pasar mengikuti trend, kususnya trend anak muda. mungkin kamu sering melihat honda beat ataupun vario saat ini, berbeda dengan waktu dulu yang kebnayakan mio ataupun yamaha jupiter. Supaya lebih tahu motor apa saja yang diminati oleh orang – orang saat ini, berikut ini adalah daftar seperda motor yang banyak di beli dan merajai pasar di Indonesia awal tahun 2018.

1. Honda BeAT Series: 420.117 unit

Untuk anak – anak muda saat ini, pasti sebagian besar menyukan honda matic Beat series mulai dari yang terdahulu hingga generasi bear baru yakni Hobda Beat eSP. Hal itu terbukti dengan jumlah penjualan yang amat jauh jika dibandingkan dengan sepeda motor lainnya. Pada data yang diambil dari awal januari hingga Maret 2018 ini, jumlah penjualan Honda Beat sangat banyak, yakni hingga mencapai 420.117 unit dalam kuartal pertama di Indonesia.

Sekilas tentang salah satu honda Beat yakni Honda Beat eSP yang dirancang kusus dengan bodynya yang slim dan staylish membuat disukai oleh banyak anak muda untuk menggunakannya. Hon da Beat eSP ini sendiri memeiliki berbagai desain baru dan keunggulan dibandingkan honda beat series lainnya yakni honda matic seri ini telah menggunakan teknologi canggih, yaitu Enhanced Smart Power yang diklaim akan lebih hemat dalam bahan bakar dan ramah lingkungan. Selain pembaharuan di mesin dan desain bodinya, orang – orang banyak yang menggandrungi motor ini juga diakarenakan harganya yang lebih murah dari jenis Honda yang linnya yakni hanya seharga 14 hingga 15 jutaan untuk varian yang berbeda.

2. Honda Scoopy: 198.566 unit

Di posisi kedua, juga masih ditempati oleh produsen motor yang sama yakni Honda. Disini ditempati oleh Honda Scoopy yang merupakan skuter matic yang memiliki desain inovatif tersendiri yang berbeda dengan yang lainnya. Sekilas jika dilihat dari belakang, scoopy mungkin mirip dengan skuter matik buatan vespa yang terbaru namun scoopy memiliki perbedaan yang mencolok pada bagian speedometer yang dimilikinya. Dengan desain yang kekinian dan warna yang ngejreng, membuat skuter matik ini juga banyak digunakan oleh kalangan anak muda.

Mungkin berbeda dengan honda beat yang sepertinya lebih banyak disukai oleh remaja wanita, untuk honda scoopy sendiri lebih banyak disukai oleh remaja pria karena terlihat lebih elegan walaupun bukan motor sport. Jika diantara kelas motor skuter matik lainnya dari produsen lainnya, hanya scoopy saja yang memiliki desain yang paling berbeda dengan yang lainnya. Untuk harganya sendiri, Honda Scoopy ini dijual dengan harga sekitar 16 juta hingga 17 jutaan.

3. Honda Vario 125: 157.936 unit

Bukan rahasia umum lagi jika bisa dikatakan honda vario merupakan skuter matik pertama honda yang paling melejit dan disukai oleh banyak orang. Bahkan sebelum munculnya seri beat dan juga scoopy, vario sering kali berada di puncak penjualan mootor di Indonesia khususnya motor metik. Hingga saat ini, Honda terus berinovasi dalam mengembangkan produknya. Salah satu seri dari honda vario yang berada di posisi ke tiga dengan penjualan terbanyak adalah honda vario 125.

Untuk saat ini, seri honda vario 125 yang terbaru adalah honda vario 125 eSP. Dengan desain yan gberbeda, memiliki banyak sudu dan juga bentuk desain yang curve. Selain itu, untuk honda vario 125 eSp yang terbaru ini juga memiliki desain yang sedikit bulky atau besar dibagian depannya dan ramping dibagian belakangnnya. Untuk harganya sendiri, kusus untuk honda vario 125 eSP yang terbaru memiliki harga sekitar 19 hingga 20 jutaan rupiah.

4. Yamaha Nmax: 103.411 unit

Melejit dengan desain baru lain dari yang lain, Yamaha masuk ke pasar Indonesia dengan varian motornya yang baru dan canggih langsung menarik minta pasar untuk membelinya. Adalah Yamaha NMax yang saat ini meemang sedang banyak disukai oleh orang – orang. Motor besar yang mirip seperti jetski ini samat diminati oleh para pria karena saat mengendarainya akan terlihat lebih maco dalam menggunakannya.

Yamaha NMax berada di posisi ke empat dengna tinggkat penjualannya yang mencapai 103.411 unit yang dihitung oleh statistik sejak awal januari hingga maret 2018 ini. Saat ini untuk sei NMax Yamaha belum ada banyak perubahan yang dilakuakn oleh pihak Yamaha. Hanya saja mungkin penambahan varian warna dalam jenis NMax ini. Hampir mirip seperti motor sport, harga Yamaha NMax bisa dibilang cukup mahal. Dengan CC yang dimiliki hinggaa 155cc, Yamaha NMax dibandrol seharga sekitar 26 jutaaan untuk yang biasa dan 30 jutaan untuk yang versi ABS.

5. Honda Vario 150: 93.948 unit

Di tempat ke lima untuk motor dengan tingkat penjualan terbanyak adalah honda vario 150. Motor jenis Honda ini telah terjual 93.948 unit saat ini dan sepertinya akan terus naik sejalan dengan tren skuter matik vario yang terus tumbuh. Sama seperti seri honda varip 125, Honda Vario 150 yan g terbaru adalah Honda vario 150 eSP yang memiliki bentuk yang hampir mirip dengan Honda Vario 125 eSP.

Perbedaan yang paling mencolok diantara kedua jenis motor ini tentu saja ada di bagian jumlah atau CC yang dimiliki oleh motor ini, dimana untuk seri honda vario ini menggunakan 150 CC. Tentu saja sejalan dengan meningkatnya CC yang dimiliki oleh motor ini, harganya pun semakin mahal. Honda Vario 150 eSp ini dibandrol seharga 22 jutaan.

6. Yamaha Mio M3 : 75.010 unit

Menguntit di posisi ke 6 dikelas motor metik, ada motor produksi Yamaha dengan Yamaha Mio M3 miliknya. Yamaha Mio M3 tela terjual sebanyak 75.010 unit sejak awal januari yang lalu hingga maret kemarin. Meskipun yamaha mio M3 ini telah lama di rilis, pesona mio sepertinya tidak pernah luntur di mata para penggemar skuter metik. Jika dilihat dari sejarahnya skuter metik di Indonesia, Kuter metik pertama yang hadi di Indonesia adalah Yamaha Mio, baru selanjutnya setelah Honda mengeluarkan 2 varian metiknya yakni varia dan juga Beat.

Sejak kemunculan dua jenis motor tersebut, penjualan mio terus menurun namun tidak drastis. Saat ini, meskipun tidak se jaya sebelumnya, mio tetap dicari oleh para konsumen. hal itu terbukti dengan mio tetap berada di poissi 10 teratas penjulan motor quartal pertama tahun ini. Untuk harga varian baru Yamaha Mio M3 ini berada di kisaran 15 juta hingga 16 jutaan rupiah.

7. Yamaha Aerox 155: 40.183 unit

Di posisi ke 7 kita di diami oleh produk baru motor metik yamaha yakni Yamaha Aerox 155. Seri motor metik yang satu ini memenag banyak diminati khususnya oleh para rider karena bentuknya yang sporti meskipun seperti motor metik biasa pada umumnya. Desain sporti pada motor metik ini membuat Aerox jadi disukai oleh banyak komunitas motor metik sporti. Bahkan mereka banyak yang melakukan modifikasi pada motor seri ini agar lebih terlihat maco.

Memang sejak awal kemunculan motor metik aerox ini sepertinya dikususkan bagi para konsumen pria yang ingin tetap terlihat jantan dan maco meskipun menggunakan motor skuter metik yang biasanya amat lekat dengan image seorang wanita. Ketenaran itu terbukti dari jumlah motor yang berhasil dijual oleh Produsen Yamaha awal tahun ini yakni sekitaran 40.183 unit. Untuk harganya sendiri, Yamaha Aerox memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dari harga skuter metik biasanya yakni sekitar 23 hingga 27 jutaan rupiah.

8. Honda Revo: 36.112 unit

Honda Revo mungkin bisa dibilang salah satu motor bebebk yang masih diminati oleh orang – orang. Mengingat saat ini orang – orang mulai beralih menggunakan motor skuter metik, Honda Revo memberikan sebuah nuansa berbeda didalamnya. Dengan adanya honda revo yang merupakan honda bebek ini, mungkin kita akan mengingat bagaimana dulu honda bebek merajai pasar otomotif, sebelum digeser oleh skuter metik.

Honda Revo sendiri saat ini telah memasuki era baru dan telah mengalami berbagai perbaikan – perbaikan dan  saat ini untuk Honda Revo yang terbaru adalah honda Revo X. Meskipun tidak sebanyak dulu peminatnya, peminat motor bebeb kususnya dari Honda masih cukup banyak. Hal itu bisa kita lihat dari jumlah penjualannnya yan gmencapaiu 36.112 unit. Untuk harganya sendiri, Honda Revoini dapat dibeli seharga 13 sampai 15 jutaan rupiah.

9. Yamaha Fino: 34.938 unit

Untuk menyaingi scoopy milik honda, Yamaha membuat sebuah motor skuter varian baru yang bernama Yamaha Fino. Yamaha Fino ini memiliki desain unik yang sedikit mirip dengan Scoopy milik honda. Sejak pertama kali diluncurkan, Yamaha Fino sedikit demi sedikit mulai merangsek pasar otomotif dan naik keatas. Hal itu bisa kita lihat dari jumlah penjualannya yang terus meningkat dan saat ini telah masuk 10 besar sepeda motor yang paing banyak di beli oleh masyarakat Indonesia.

Saat ini saja, Yamaha Fino telah terjual sebanyak 34.938 unit dan telah emnduduki peringkat ke 9 penjualan motor terbanyak di quartal pertama. Dengan desainnya yang kekinian dan kece banget, tentu saja motor ini jadi disukai oleh semua kalangan, kususnya anak muda jaman sekarang. Untuk harganya, Yamaha Fino sendiri memeiliki harga yang tidak jauh berbeda dari skuter scoopy milik honda yakni seharga 17 jutaan.

10. Honda Supra X 125: 27.354 unit

Nah daftar terakhir kita untuk seri motor yyang banayk diminati oleh orang Insodnesia adalah Honda Supra X 125. Sepertinya jika dilihat dari statistik jumlah penjuaan ini, masyarakat Indonesia sebagian besar lebih sula dengan motor honda ketimbang Yamaha. Namun bukan berarti Yamaha Jelek loh. Tapai tetap saja Honda memang lebih banyak dibeli oleh orang – orang, bahkan motor honda bebek terdapat dua varian yang masuk dalam jajaran 10 besar, sedangkan Yamaha tidak ada.

Untuk motor Honda Supra X 125 ini merupakan motor produksi Honda yang cukup banyak diminati dengan jumlah penjualan untuk motor jenis ini telah mencapai 27.354 unit.  Dari sekian banyak perkmebangan motor honda supra X 125 ini, saat ini terdapat 3 jenis motor supra 125 X. Ketiga varian tersebut adalah Supra X 125 Spoke FI, Supra X 125 CW Luxury dan Supra X 125 Helm In. Untuk harganya sendiri ketiga jenis ini memiliki harga yang bervariasi. Namun kamu dapat membeli motor honda supra X 125 ini dengan harga kisaran 17 hingga 18 juta rupiah.

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >