Dari Mana Asal Rasa Manis Gula? Berikut Fakta Unik Tentang Gula

2 tahun, by blogunik

Udah tahu belum kenapa gula terasa manis ? Memang kita tidak akan bisa lepas dari aroma dan juga rasa apalagi rasa manis. Rasa tersebut memberikan suatu hal tersendiri dimana membuat kita merasa ketagihan. Selain rasanya yang manis, gula juga merupakan sebuah sember energi dalam tubuh. Dimana gula lebih mudah untuk dicerna dan diubah menjadi energi oleh tubuh kita sendiri.

Buat kalian yang belum tahu kenapa gula itu rasanya manis, berikut ini merupakan fakta unik tentang gula dan sumber rasa masni dari gula.

1. Jarak ikatan atom hidrogen yang membuat gula memiliki rasa manis

Sedikit belajar kimia, sebenarnya komponen pembentuk gula terdiri dari 2 pasang atom hidrogen yang terlihat seperti cabang keluar dari permukaan. Selanjutanya atom – atom ini akan saling berikatan dengan reseptor perasa dalam lidah kita saat kita makan makanan.  Dari situlah rasa manis yang kita rasakan saat makan makanan seperti kue, es krim dan permin yang mana mengandung banyak gula.

2. Rasa manis dan pahit sebenarnya hanya ditentukan dari jarak hidrogen

Kembali ke pelajaran kimia sedikit, seperti yang kita ketahui sebelumnya rasa manis ditentukan oleh jarak dari ikatan atom hidrogen dalam makanan tersebut saat bertemu dengan resepto perasa dalam lidah kita. Rasa pahit yang merupakan lawan dari manis juga memilki indikator yang sama seperti manis. Jika semakin dekat ikatan dari atom hidron akan membuat makanan terasa manis, makan jika ikatan atom hidrogen tersebut semakain jauh maka akan timbul rasa pahit.

3. Gula sumber kalori

Gula merupakan bahan makanan yang mudah dicerna untuk menjadi kalori ataupun tenaga oleh tubuh saat menjalani aktifitas sehari – hari. Hal tersebut bisa kita lihat seeorang membutuhkan energi yang lebih seperti saat lomba lari, sedang sakit bahkan air imfus pun jika kalian coba pasti akan sedikit terasa manis. Karena semuannya tersebut mengandung gula untuk menambah tenaga seseorang.

4. Kucing tidak mampu merasakan manis

Meskipun kucing memiliki lebih sedikit syaraf reseptor rasa yakni 500 dibandingakan manusia yang berjumlah 9000, kucing memiliki kelebihan dimana mereka mampu merasakan makanan yang tidak mampu dirasakan oleh manusia. Reseptor rasa pada kucing amatlah sensitif pada rasa pahit dan sama sekali tidak mampu merasakan rasa manis.

Rasa manis biasanya ditemukan dalam gula dan karbohidrat yang diperlukan bagi omnivora. Akan tepai bagi kucing yang merupakan hewan karnivora, reseptor rasa tersebut tidak lah penting. Maka dari itu makanan kucing tidak terasa manis, toh mereka tidak bisa merasakan rasa manis.

5. Sukrosa jenis gula yang banyak dikonsumsi manusia

Setiap makanan memiliki jaringan molekul yang berkontribusi memberikan sensasi rasa, entah itu manis, pahit, asin atau gurih. Begitu juga dengan gula yang terdiri dari jaringan molekul yang memberikan rasa manis. Ada banyak jenis gula, contohnya saja glukosa, fruktosa, sukrosa dan sakarin. Tapi dari semua jenis gula tersebut, manusia paling sering merasakan manis pada makanan yang mengandung molekul sukrosa. Perlu kamu tahu yah, sukrosa itu gabungan antara dua komponen yaitu glukosa dan fluktosa. Sakarin juga memiliki rasa manis meskipun rasanya sedikit berbeda tak seperti rasa gula.

Save

Save

Artikel Terkait