Penting! Deretan Film Kartun Yang Tidak Cocok Ditonton Anak-Anak

1 bulan lalu

Film Kartun Yang Tidak Cocok Ditonton Anak-Anak

Film kartun memang diidentikkan dengan anak-anak kecil, film kartun ini banyak disukai anak-anak karena diisi dengan petualangan seru dan juga imajinasi yang tidak ada batasnya. Tapi meskipun film kartun ini dikhususkan untuk anak-anak, bukan berarti para orang tua lepas tangan ketika anak-anak sedang menonton. Seharusnya para orang tua tetap mengawasi buah hatinya pada saat menonton agar tidak kecolongan karena tidak menutup kemungkinan dalam film kartun tersebut terdapat adegan yang bisa menjadi contoh buruk untuk anak-anak. Apalagi anak-anak kecil itu pada umumnya sangat suka sekali meniru apa saja yang dilihatnya. Nah, berikut ini ada beberapa film kartun yang tidak cocok ditonton oleh anak-anak.

1. SpongeBob SquarePants

Film Kartun Yang Tidak Cocok Ditonton Anak-Anak - SpongeBob SquarePants

Photo via : https://www.imdb.com

Film kartun satu ini sangat populer dikalangan anak-anak, meskipun film kartun spone kuning yang berteman dengan bintang laut ini sangat populer dikalangan anak-anak namun film kartun yang satu ini tidak cocok untuk ditonton anak-anak. Kepopuleran sebuah film bukanlah menjadi tolak ukur apakah film ini cocok ditonton oleh anak-anak atau tidak. Film ini mungkin masih saja ditayangkan di televisi, namun film kartun SpongeBob SquarePants ini memiliki beberapa adegan yang menggunakan bahasa yang tidak pantas untuk anak-anak. Hal ini terbukti dari adanya penggunaan kata-kata tidak pantas dalam beberapa percakapan. Dan untuk mensensor kata-kata yang tidak pantas tersebut maka digunakanlah suara seperti lumba-lumba untuk menutupinya. Di film kartun SpongeBob SquarePants juga banyak humor-humor sindiran yang akan membingungkan anak-anak.

2. Happy Tree Friends

Film Kartun Yang Tidak Cocok Ditonton Anak-Anak - Happy Tree Friends

Photo via : https://www.eco-fusiondesign.com

Siapa yang mengira film kartun yang memiliki karakter kartun yang lucu-lucu dan menggemaskan ini justru tidak cocok untuk anak-anak. Film kartun yang bergenre komedi ini menampilkan adegan-adegan yang sangat sadis. Karena memiliki adegan-adegan yang sangat sadis ini, film kartun ini selalu tayang tengah malam di Amerika Serikat. Jangan sekali mencoba memberikan ijin buat anak-anak untuk menontonnya karena setiap adegannya menampilkan darah dan kekerasan serta kematian yang sangat sadis, film ini tidak ragu-ragu lagi menampilkan bagian tubuh yang terputus, otak yang keluar dari kepala dan hal mengerikan lainnya. Film kartun ini juga tidak diterima oleh negara tertentu karena memuat konten kekerasan yang akan memberikan dampak buruk pada anak-anak.

3. Tom & Jerry

Film Kartun Yang Tidak Cocok Ditonton Anak-Anak - Tom & Jerry

Photo via : https://fanart.tv

Tom & Jerry pastinya menjadi film kartun favorit banyak anak-anak karena sering sekali tayang di televisi kesayangan kita dirumah. Tapi siapa yang mengira film kartun kucing dan tikus ini ternyata tidak cocok ditonton oleh anak-anak kecil. Meskipun terlihat lucu dan dapat membuat kita tertawa, ternyata ada beberapa adegan dalam film ini tidak pantas di tonton oleh anak-anak. Adegan tersebut seperti memukul, menendang, melempar dan lainnya. Film ini akan memberikan dampak buruk bagi anak-anak yang sangat suka meniru ini, ditakutkan nantinya mereka akan melakukan hal yang sama dengan apa yang mereka tonton di televisi.

4. Looney Tunes

Film Kartun Yang Tidak Cocok Ditonton Anak-Anak - Looney Tunes

Photo via : https://fanart.tv

Siapa yang tidak mengenal tokoh kartun Bugs Bunny dan Davy Duck? Mereka berdua adalah salah satu karakter kartun yang ada di Looney Tunes. Kartun ini juga sempat tayang di stasiun televisi Indonesia tapi entah sekarang masih ada apa tidak. Film kartun Looney Tunes ini menjadi salah satu film kartun yang tidak layak ditonton oleh anak-anak. Film yang memiliki karakter kelinci ini menampilkan beberapa adegan kekerasan yang brutal, film kartun ini terdapat aksi kebut-kebutan, tembak menembak bahkan ada adegannya menggunakan bahan peledak. Hal ini terbilang wajar saja dalam kartun ini, namun berdampak buruk bagi anak-anak yang menontonnya.

5. The Simpsons

Film Kartun Yang Tidak Cocok Ditonton Anak-Anak - The Simpsons

Photo via : https://www.imdb.com

The Simpsons merupakan salah satu film kartun terkenal di Amerika Serikat, dimana film kartun ini menceritakan tentang kehidupan keluarga Simpsons yang memiliki keunikan masing-masing. Selain itu, The Simpson menjadi film kartun yang membawakan konten humor dewasa dan membahas beberapa topik yang lagi hangat di Amerika Serikat, bahkan dalam suatu adegan terlihat tulisan BTS dan Army. Alasan mengapa film kartun ini tidak cocok untuk anak-anak karena film kartun ini secara jelas menceritakan bagaimana korupnys sistem pemerintah serta polisinya yang membiarkan kejahatan itu terjadi dan masih banyak lainnya yang tak layak ditonton oleh anak-anak.

6. South Park

Film Kartun Yang Tidak Cocok Ditonton Anak-Anak - South Park

Photo via : https://www.comedycentral.la

South Park merupakan film kartun yang bertema tentang anak sekolah dasar yang terkenal dikalangan orang dewasa. Film kartun South Park ini bergenre komedi dimana berasal dari Amerika Serikat. Kartun ini cukup populer namun tidak layak ditonton oleh anak-anak karena humornya sangat tidak cocok untuk anak-anak kecil. Kartun ini lebih cocok untuk anak-anak yang sudah dewasa karena kontennya dewasa.

7. Futurama

Film Kartun Yang Tidak Cocok Ditonton Anak-Anak - Futurama

Photo via : https://www.etsy.com

Film kartun ini mungkin tidak begitu familiar namun kartun ini bisa dibilang legendaris. Kartun ini menceritakan tentang kehidupan Philip J. Fry seorang pengantar pizza yang tidak sengaja membeku di tabung cryogenic ke abad ke 31. Film kartun ini memiliki konten humor komputer, matematika, fisika. Bahkan salah satu penulis kartun ini membuat teorema yang terbukti tentang bertukar tubuh. Maka dari itu kartun ini tidak cocok untuk anak-anak karena konten filmnya sangat berat diterima oleh anak-anak kecil yang belum mengerti apa-apa.

8. Rick and Morty

Film Kartun Yang Tidak Cocok Ditonton Anak-Anak - Rick and Morty

Photo via : https://www.gbposters.com

Rick and Morty adalah film kartun bergenre sci-fi yang sangat populer. film kartun ini menceritakan tentang perualangan berbahaya Rick dan Morty yang melewati alam semesta melalui dunia parallel, kosmos dan lainnya. Rick sendiri adalah seorang ilmuwan gila dan pemabuk, sedangkan Morty adalah cucunya yang lemah dalam hal belajar. Film kartun ini tidak cocok ditonton anak-anak karena memuat konten tentang unsur-unsur sarkasme, kekerasan, seksual dan lainnya.

9. Beavis and Butthead

Film Kartun Yang Tidak Cocok Ditonton Anak-Anak - Beavis and Butthead

Photo via : https://www.ebay.com

Beavis and Butthead adalah film kartun lucu yang menampilkan kelucuan dari segi kebodohan, kejelekan dan tingkat kekasaran yang ditampilkan oleh setiap karakter dalam kartun tersebut. Tokoh utama dalam film kartun ini yaitu Beavis dan Butthead yang bisa mengajarkan hal-hal yang tidak benar kepada anak-anak. Hampir semua yang ada dalam kartun ini tidak ada moral dan humor yang ditunjukkan benar-benar tidak pantas didengar oleh anak-anak.

10. Family Guy

Film Kartun Yang Tidak Cocok Ditonton Anak-Anak - Family Guy

Photo via : https://www.imdb.com

Family Guy adalah salah satu film kartun series komedi yang tayang di saluran Fox di Amerika Serikat. Film ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari keluarga Griffin yang tinggal disebuah kota bernama Quahog di negara bagian Rhode Island, Amerika Serikat. Keluarga ini menampilkan sosok keluarga yang tidak beres dengan ayah yang luar biasa bodoh, istri yang menyebalkan dan anak-anak yang sifatnya tak jauh dari orang tuanya. Film kartun ini menampilkan humor konyol yang berhubungan dengan budaya di Amerika.

11. Betty Boop

Film Kartun Yang Tidak Cocok Ditonton Anak-Anak - Betty Boop

Photo via : https://www.abposters.com

Betty Boop menjadi kartun yang tidak cocok ditonton oleh anak-anak selanjutnya. Kartun ini sangat terkenal pada tahun 1930an dan mungkin saja saat ini hanya beberapa orang yang masih mengingatnya. Kartun ini menampilkan sosok perempuan yang seksi dan sangat tidak cocok ditonton oleh anak-anak. Film ini juga sempat dilarang penayangannya karena disalah satu asegannya menampilkan penggunaan obat-obatan terlarang. Tak hanya itu saja, bahkan ada juga adegan Betty yang sedang menari seksi yang bisa mengundang hawa nafsu.

12. The Ren & Stimpy Show

Film Kartun Yang Tidak Cocok Ditonton Anak-Anak - The Ren & Stimpy Show

Photo via : https://www.imdb.com

Dalam saluran tv berbayar ada channel yang bernama Nickelodean dimana channel ini khusus menampilkan acara-acara kartun untuk anak-anak. Tapi salah satu kartunnya yang berjudul The Ren & Stimpy Show tidak cocok untuk anak-anak. Memang lucu kartun ini, tapi kartun ini mengandung konten yang berbau pornografi dan mengandung pesan-pesan yang tidak layak untuk anak-anak. Bahasa yang digunakan pun kasar dan menampilkan sejumlah adegan kekerasan.

Jadi sangat penting untuk memilih tontonan yang sehat, mendidik dan baik untuk anak atau adik kalian yang masih kecil. Karena mereka dapat mencontoh tiap adegan menjadi prilaku keseharian mereka. Dan yang paling penting lakukanlah pendampingan setiap anak atau adik kalian menonton sebuah tayangan dan berilah penjelasan apabila dirasa diperlukan.

Facebook Comments

Baca Juga