Deretan Influencer Dengan Aksi Yang Keterlaluan, Semuanya Demi Koten

3 minggu, by blogunik

Aksi keterlaluan Influencer demi konten

Siapa nih yang sering mendengar kata influencer? Sebagian besar dari kalian tentu sudah mengetahui apa arti dari influencer, namun bagi kalian yang belum mengetahuinya, influencer adalah seseorang yang bisa memberikan pengaruh di masyarakat. Influencer ini bisa merupakan seorang selebritis, blogger, selebgram, youtuber, ataupun seorang public figure yang dianggap penting di komunitas tertentu.

Nah mereka ini disebut influencer karena memiliki kekuatan untuk mempengaruhi orang lain, baik itu para penggemarnya, atau masyarakat umum yang melihat konten ataupun kegiatan para influencer ini. Para influencer ini bahkan mampu menciptakan trend setter baik di skala kecil maupun besar. Jadi nggak heran kalau banyak perusahaan yang menggandeng influencer untuk mempromosikan produk mereka. Inilah sebabnya, kenapa selebgram, youtuber hingga para selebritis sekarang banyak yang mengendors produk dari sebuah perusahaan tertentu. Tujuannya tak lain tak bukan adalah untuk mempengaruhi calon konsumen untuk menggunankan produk yang mereka promosikan.

Banyak juga influencer yang membuat konten kebaikan untuk mempengaruhi penggemarnya dan masyarakan agar melakukan hal-hal yang baik. Namun bagaimana jika seorang influencer justru melakukan hal-hal yang keterlaluan atau mengenalkan aksi yang bisa dibilang negatif kepada para penggemarnya? Seperti deretan influncer dengan aksi keterlaluan demi sebuah konten dibawah ini, yang pastinya akan membuat kamu geleng-geleng kepala. Berikut ulasannya!

1. Denise Chariesta – artis TikTok dengan konten sombong yang terkesan menghina orang yang kurang mampu

Deretan Influencer Dengan Aksi Yang Keterlaluan

photo via tiktok.com/@denise.chariesta

Influencer pertama yang pernah viral karena kontennya yang kontroversi adalah Denise Chariesta. Artis TikTok dengan follower 2,7 juta orang ini membuat banyak netizen kesal dan emosi karena unggahan videonya di TikTok dianggap menghina orang yang kurang mampu. Bukan hanya sekali, bahkan Denise berulang kali mengunggah video yang membuatnya dirinya terlihat sombong dengan merendahkan mereka yang kurang mampu.

Beberapa di antaranya adalah video ketika dirinya memamerkan iPhone 11 pro dan iPhone 11 pro max milik dirinya, dan mengatakan kalau pengguna HP Xiaomi tercium tidak mampu. Selain itu ada juga unggahan video Denise Chariesta yang sedang nongkrong bersama teman-temannya. Dalam video tersebut dirinya mengatakan kalau orang kaya seperti dirinya nongkrongnya di mall mewah bukan dipinggiran. Unggahran Denise ini sontak membuat netizen geram, dan iapun mendapat banyak hujatan dari netizen Indonesia.

2. Sarah Salsabila – selebgram dengan unggahan lelang keperawanan untuk donasi Covid-19

Deretan Selebgram Dengan Aksi Yang Keterlaluan

photo via instagram.com/sarahkeihl

Sarah Salsabila merupakan seorang selebgram dengan akun Instagram @sarahkeihl dan telah memiliki lebih dari 500 ribu followers. Sebagai seorang influencer, Sarah terkenal memiliki style yang fashionable, berwajah cantik dan memiliki bentuk tubuh yang seksi. Namun unggahannya pada Mei 2020 lalu, membuat namanya viral. Bagaimana tidak, dalam unggahan Instragramnya, Sarah secara terang-terangan mengatakan kalau dirinya akan melelang keperawanannya untuk donasi COVID-19. Tak hanya itu, Sarah bahkan menghargai keperawanannya mulai harga 2 milyar rupiah. Ungghannya ini sontak menjadi perbincangan hangat dikalangan netizen dan menuai reaksi negatif di media sosial. Namun akhirnya, Sarah mengaku khilaf dan meminta maaf setelah menuai banyak kritik atas ulahnya tersebut.

3. Ferdian Paleka – YouTuber dengan konten sembako sampah

Deretan YouTuber Dengan Aksi Yang Keterlaluan

poto via fotokita.grid.id

Siapa nih yang masih ingat dengan Ferdian Paleka? YouTuber yang sempat viral karena kontennya yang sangat keterlaluan. Saat 2020 lalu, media sosial di ramaikan dengan ulah Ferdian Paleka bersama dua orang rekannya. Melalui sebuah video berjudul “Prank Kasih Makanan ke Banci CBL” yang ia unggah di channel YouTubenya, Ferdian menuai banyak kecaman dan hujatan dari netizen karena dinilai tak manusiawi dan kurang ajar. Bagaimana tidak, ia dan dua rekannya membagikan kardus menyerupai bantuan sembako, yang isinya sampah dan batu ke beberapa waria dan anak kecil.

Karena kelakuannya tersebut, Ferdian dilaporkan ke Polrestabes Bandung oleh sejumlah waria yang menjadi korban keisengannya. Dua rekan Ferdian pun ikut diamankan dalam kasus ini. Namun setelah ditahan, kini dia dibebaskan usai pencabutan laporan pengaduan korban video prank. Iapun telah mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada para korbannya.

4. Hasan Abdillah – YouTuber dengan konten prank ojol dan tantangan membatalkan puasa dengan upah Rp 10 juta

Deretan Influencer Dengan Aksi Yang Keterlaluan

photo via publica-news.com

Selain Ferdian Paleka, ada juga Hasan Abdillah yang merupakan YouTuber dengan 5,6 juta subribers sekaligus selebgram dengan 888 ribu followers. Influencer satu ini sempat viral dengan video prank ojek online atau ojol di kanal YouTube-nya. Dalam video prank tersebut, Hasan memesan enam kotak pizza dengan total harga mencapai Rp 1 juta. Namun saat orderan tiba, YouTuber ini mengaku bahwa dirinya tidak membuat orderan tersebut. Ulahnya ini bahkan membuat driver ojol menangis.

Tak lama kemudian, uang driver ojol tersebut diganti dan 6 kotak pizza yang dipesannya diberikan kepada driver ojol. Meskipun video ini dibuat dengan niatan untuk bercanda, namun konten prank ojol dari Hasan ini tetap mendapatkan banyak hujatan dari warganet. Banyak yang mengkritik kalau aksinya tersebut sangatlah tidak pantas. Menanggapi hal ini, Hassan kemudian menghapus videonya dan mengakui kesalahan dengan permintaan maaf.

Bukan hanya itu, Hasan Abdillah bahkan kembali berulah dengan membuat tantangan kepada orang-orang untuk membatalkan puasa Ramadan dan menawarkan Rp 10 juta bagi siapa saja yang bersedia membatalkan puasanya. Hal ini ia unggah melalui kanal YouTube-nya “Hasanjr11”. Sontak saja konten tersebut menuai banyak hujatan dari warganet karena dinilai merupakan suatu bentuk pelecehan. Dan lagi-lagi, ulahnya tersebut hanya berakhir dengan permintaan maaf.

5. Dinda Safay – influencer yang memviralkan tips anti corona yang salah

Deretan Selebgram Dengan Aksi Yang Keterlaluan

photo via youtube.com (Dinda Shafay)

Nama Dinda Safay beberapa waktu lalu juga sempat viral karena kerap membagikan konten yang dianggap missinformasi soal coronavirus. Melalui akun media sosialnya, Dinda sering memviralkan berbagai tips anti corona yang salah. Beberapa diantaranya adalah membagikan DIY ( Do It Yourself ) membuat hand sanitizer dengan komposisi yang ngawur. Ia juga dikritik usai memakai sarung tangan lateks saat belanja demi mencegah virus Corona. Selebgram satu ini juga memviralkan tutorial menahan napas selama 10 detik untuk mengetahui apakah terinfeksi virus corona atau tidak yang jelas-jelas salah dan bertentangan dengan WHO.

Tak sampai disana, Dinda Safay juga pernah viral dan menuai banyak kritikan karena aksi gilanya yang mencampurkan cairan dettol dengan air sebagai diffuser. Cara itu salah kaprah karena cairan antiseptik hanya untuk pemakaian luar, bukan “dimasukkan” ke dalam tubuh manusia lewat uap yang dihasilkan oleh diffuser. Sontak saja kontennya tersebut menuai banyak hujatan dari para warganet.

6. Kumpulan selebgram refill hand sanitizer di Uniqlo

Deretan Influencer Dengan Aksi Yang Keterlaluan

photo via youtube.com (Juju Onyols – Sikonyols)

Saat awal marak-maraknya Covid 19, hand sanitizer menjadi salah satu barang langka setelah masker. Meski begitu, ada bebrapa tempat umum seperti halte, stasiun, dan pusat perbelanjaan yang menyediakan hand sanitizer di beberapa sudut untuk digunakan oleh siapapun. Masyarakat pada umumnya tentu akan menggunakannya secara bijak, karena itu disediakan untuk umum dan siapapun bisa menggunakannya. Namun beda lagi dengan sekumpulan selebgram satu ini.

Sekumpulan selebgram tersebut diketahui merupakan selebgram asal Bandung, mereka terdiri dari 6 orang remaja pria dan 1 orang remaja perempuan. Mereka membuat netizen geram karena terkesan bermain-main dengan fasilitas hand sanitizer di sebuah toko baju, Uniqlo. Dalam video yang beredar, mereka terlihat sedang me-refill hand sanitizer milik mereka dengan hand sanitizer yang disediakan oleh Uniqlo. Sontak saja aksi keterlaluan mereka mendapat hujatan dari warganet.

7. Stas Reeflay – YouTuber asal rusia yang mengunci pacarnya diluar rumah saat cuaca dingin hingga meninggal dunia

Deretan Influencer Dengan Aksi Yang Keterlaluan

photo via highxtar.com

Beberapa waktu lalu, media sosial juga dihebohkan dengan aksi berujung maut seorang YouTuber asal Rusia bernama Stas Reeflay. YouTuber yang diketahui kerap melakukan Live Streaming ini dikenal sebagai sosok YouTuber yang cukup populer di Rusia. Aksi keterlaluannya ini terjadi saat dirinya tengah melakukan live streaming di platform lain untuk mengumpulkan uang donasi.

Sayangnya, demi mendapatkan donasi dari para penggemarnya, ia tega mengunci kekasihnya diluar rumah selama 15 menit dalam keadaan hanya mengenakan baju dalam padahal saat itu, kota Moscow, Rusia sedang menghadapi suhu dingin bahkan bisa di bawah nol derajat celsius. Karena aksinya tersebut, sang kekasih yang bernama Valya meninggal dunia karena hipotermia. Parahnya, saat mengetahui kalau kekasihnya sedang sekarat, Stas Reeflay masih melanjutkan siaran live streamingnya bahkan saat tim paramedis datang ke rumahnya dan memeriksa keadaan Valya hingga menyatakan kalau Valya meninggal dunia, Stas masih melakukan live streamingnya. Atas aksinya itu, Stas Reeflay menghadapi ancaman tuntutan 15 tahun penjara.

8. Monalisa Perez dan Pedro Ruiz – YouTuber dengan konten menembak yang akhirnya membuat Pedro Ruiz meninggal dunia

Deretan Selebgram Dengan Aksi Yang Keterlaluan

photo via mirror.co.uk

Aksi nekat para influencer yang berujung maut berikutnya terjadi pada sepasang YouTuber asal Amerika serikat bernama Monalisa Perez dan Pedro Ruiz. Monalisa dan Pedro populer karena aksi mereka saling mengerjai dan melakukan prank atau lelucon yang semuanya diunggah ke kanal YouTube mereka hampir setiap hari. Dalam video terakhirnya, Pedro mencoba meyakinkan Monalisa untuk menembaknya dari jarak sekitar 3 meter dengan sebuah pistol Desert Eagle kaliber 50 milimeter. Untuk menahan terjangan peluru, Pedro akan memegang sebuah buku setebal 3,8 sentimeter di dadanya.

Monalisa Perez lantas menyetujui permintaan Pedro dengan menembakkan pistol 50 cal pada dada Pedro Ruiz dalam jarak satu kaki. Sementara Pedro memegang sebuah ensiklopedia sebagai pelindung. Sayangnya peluru tersebut menembut buku dan membuat Pedro terbunuh. Aksi ini dilakukan dengan tujuan bisa meraih banyak pengikut di media sosial dan menjadi terkenal. Bahkan video yang mereka ambil pada hari Ruiz tewas tetap diunggah dengan judul “Melakukan aksi menakutkan di depan umum”. Karena aksinya ini Monalisa Perez menerima hukuman 6 bulan penjara.

9. Sam Pepper dan Colby Brock – YouTuber dengan konten prank tembak mati sahabat

Meski tidak menyebabkan kematian, namun konten prank yang dilakukan oleh Sam Pepper dan Colby Brock kepada Sam Goldbach ini membuat Goldbach trauma. Konten inipun menuai banyak kecaman dari warganet karena dianggap sangat keterlaluan. Dalam video berjudul “Killing Best Friend Prank” yang diunggah di kanal YouTube mereka, Colby Brock dan Sam Pepper menculik Sam Goldbach, lalu mengikatnya di kursi di atas atap. Lebih parah lagi Pepper yang menggunakan topeng kemudian berpura-pura menembak mati Colby Brock di depan Goldbach. Goldbach yang nggak sadar kalau itu hanya prank mengalami trauma berat dan nggak sedikit netizen yang berkata kalau prank tersebut sangatlah melewati batas. Menanggapi cacian dari publik, Golbach sebagai “korban” mengaku tidak trauma dan tidak membenci Colby atau Sam.

10. Toy Freaks – Seorang YouTuber dengan akun bernama Toy Freaks yang mengunggah video yang tidak sesuai bagi anak-anak

Deretan Influencer Dengan Aksi Yang Keterlaluan

photo via dailymotion.com

Satu lagi influencer dengan aksi keterlaluan hanya demi konten dan meraup keuntungan adalah YouTuber dengan kanal YouTube bernama Toy Freaks. Toy Freaks didirikan sejak 2015 oleh Greg Chism dari Illinois, Amerika Serikat. Sebelum dihapus, akun ini telah mengumpulkan sekitar 8,3 juta pelanggan dan masuk daftar 100 akun YouTube yang paling banyak ditonton.

Pihak YouTube memutuskan untuk menghapus akun ini, karena Toy Freaks pernah mengunggah video yang memperlihatkan kedua anaknya mengencingi satu sama lain, muntah, hingga saat anaknya kesakitan mengeluarkan darah dari mulut. Ayah ini merekam anaknya dalam kondisi tertekan, tersakiti dan stres dan meraup keuntungan dari penderitaan anak-anaknya. Hal ini dianggap tidak sesuai bagi anak-anak.

Nah itu dia deretan influencer dengan aksi keterlaluan yang dilakukan hanya demi konten dan meraup keuntungan. Bagaimama menurut kalian guys?

0
Artikel Terkait