Destinasi Wisata Favorit Di Malaysia. Jangan sampai kelewatan ya


    Traveling


Malaysia bisa menjadi salah satu destinasi pilihan bagi kalian yang ingin mencoba perjalanan keluar negeri namun dengan budget yang minim. Selain jaraknya dekat, kalian pun tak akan kerepotan dengan masalah bahasa. Pasalnya Indonesia dengan Malaysia masih serumpun sedikit tidaknya bahasa yang mereka gunakan masih bisa kita mengerti. Namun yang menjadi utama adalah Malaysia memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan gak kalah dengan negara-negara lainnya. Dari kota hingga pegunungan, berikut destinasi wisata favorit di Malaysia yang bisa kalian jadikan refrensi liburan nanti.

1. Menara Kembar Petronas

photo via : wallpapercave.com

photo via : http://klcityguide.my

Gak lengkap rasanya jika berlibur ke Malaysia jika tidak mengunjungi Menara Kembar Petronas (KLCC/Kuala Lumpur City Central). Di area luar kamu bisa sepuasnya berfoto dengan latar menara kembar Ptronas. Setelah puas berfoto kamu bisa masuk ke dalam menara dan menikmati segala fasilitas yang tersaji. Di lantai 41, kamu bisa menikmati pemandangan Kuala Lumpur dari Sky Bridge (jembatan penghubung kedua menara). Setelah itu kamu bisa ke lantai 86 dan menikmati observatory deck. Nah kalau kamu liburan dengan adik atau anak-anak yang masih sekolah, kamu bisa mengunjungi Petrosains di lantai 4. Petrosains merupakan tempat belajar tentang sains dan teknologi dengan cara yang menyenangkan untuk anak-anak.

2. Batu Caves

photo via : www.lonelyplanet.com

photo via : www.thepoortraveler.net/

Batu Caves tidak boleh kalian lewatkan jika berkunjung ke Malaysia. Batu Caves adalah sebuah tempat suci bagi umat Hindu, dan juga sekaligus sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik di Malaysia. Untuk dapat merasakan kemegahan Batu Caves, kamu harus menaiki 272 anak tangga yang terjal dan lumayan melelahkan. Yang membuat tempat ini menarik adalah hiasan patung Dewa Murugan tertinggi di dunia (42,7 meter) yang berlapis emas.

3. Bukit Bintang

photo via : http://www.kuala-lumpur.ws

photo via : http://www.goasiaplus.com

Kamu yang doyan belanja, maka wajib hukumnya untuk mengunjungi Bukit Bintang saat kamu liburan di Malaysia. Sejak lama Bukit Bintang sudah jadi pusat belanja paling menonjol di Kuala Lumpur. Berbagai brand dari low budget sampai dengan brand terkenal yang mahal berada di area ini. Pusat perbelanjaan terkenal, kafe terkenal, bar, pasar malam, dan berbagai macam makanan dari mulai pinggir jalan sampai restoran bisa kamu temukan disini. Makanya, kawasan ini menjadi salah satu spot favorit para wisatawan dari berbagai kalangan.

4. Menara KL

photo via : download.havas.com

photo via : http://denai.my/

Jika di Jakarta ada Monas yang selalu menarik untuk dikunjungi, maka di Malaysia ada Menara Kuala Lumpur atau KL Tower. KL Tower sebenarnya merupakan menara telekomunikasi, namun juga menawarkan beragam kegiatan untuk wisatawan. Di tempat ini kamu bisa menikmati pemandangan Kuala Lumpur menggunakan teropong observasi di observation deck. Selain itu, kamu juga perlu mencoba menantang adrenalin di Sky Box. Dari Sky Box kamu bisa kamu bisa melihat pemandangan sekeliling kota 360 derajat dalam ruangan berkaca transparan. Selain itu, ada pula XD Teather, F1 Simulator, Mini Zoo, dan Blue Coral Museum yang digabungkan dalam satu paket seharga RM110.

5. Kuala Lumpur Bird Park

photo via : www.trover.com

photo via : wikimedia.org

Bagi yang liburan bersama keluarga, ada baiknya kalian mengunjungi Kuala Lumpur Bird Park atau biasa disingkat KL Bird Park. Dengan luas area 20,9 hektar, taman burung ini diklaim sebagai taman burung terbesar di dunia. Lokasinya juga berada di pusat kota, sehingga mudah ditempuh dengan transportasi umum. Ditempat ini kamu bisa merasakan seperti berada di hutan alami karena dilengkapi dengan pohon-pohon besar, sungai dan burung-burung yang terbang bebas seperti di alam bebas. Selain itu, kamu juga dapat menonton pertunjukan di amfiteater, memberi makan, hingga foto bersama burung.

6. Kuala Lumpur Butterfly Park

photo via : travel2penang.org

photo via : www.justgola.com

Puas dengan berbagai macam burung, kamu bisa mengunjungi Kuala Lumpur Butterfly Park yang letaknya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari KL Bird Park. Dalam area yang luas, taman kupu-kupu ini memiliki suasana yang asri dan sejuk. Tak hanya anak-anak, kamu juga pasti senang bisa melihat berbagai jenis kupu-kupu beterbangan dengan indah maupun yang sudah diawetkan. Selain itu, Kuala Lumpur Bird Park juga memiliki museum serangga dan toko cinderamata.

7. Masjid Negara

photo via : http://keywordsuggest.org

photo via : www.trover.com

Seperti Indonesia yang penduduknya mayoritas beragama Islam, Malaysiapun memiliki banyak masjid yang sangat menarik untuk dikunjungi dalam rangka wisata religi. Selain untuk beribadah, kamu juga dapat mengagumi arsitektur dan mempelajari sejarah masjid. Masjid Negara adalah masjid kebanggan warga Malaysia. Masjid yang mampu menampung hingga 15.000 jamaah ini memiliki desain modern dan megah yang dipadukan dengan ciri adat budaya Melayu Islam Malaysia. Tak hanya indah, Masjid Negara juga dikelilingi oleh taman yang ditata rapi. Hal inilah yang membuat Masjid Negara tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan, bukan hanya umat Islam saja.

8. Istana Negara

photo via : www.vizitrip.com

photo via : www.flickr.com/photos/wazari

Selain tempat wisata di atas, kamu juga bisa mengunjungi Istana Negara Malaysia yang merupakan tempat tinggal raja Malaysia. Tempat yang juga disebut sebagai The King’s Palace ini memang tidak dibuka untuk umum, namun kamu tetap bisa menikmati kawasan istana dan mengagumi arsitektur bangunannya dari sela-sela pagar. Istana Negara memiliki unsur arsitektur campuran Melayu, Eropa, dan Islam dengan kubah emas. Spot favorit wisatawan untuk berfoto adalah di depan gerbang utama yang memiliki kaligrafi berwarna emas. Namun, daya tarik utama bangunan ini adalah atraksi pergantian pasukan penjaga Istana Negara yang mengenakan pakaian tradisional khas Melayu setiap dua jam sekali.

9. Berjaya Times Square Theme Park

photo via : www.timessquarekl.com/

photo via : http://www.kuala-lumpur.ws

Yang ingin mencoba wahana permainan yang ada di Malaysia, cobalah kunjungi Berjaya Times Square Theme Park yang merupakan taman hiburan indoor terbesar di Malaysia. Berjaya Times Square Theme Park terletak di lantai 5 pusat perbelanjaan Berjaya Times Square, kawasan Bukit Bintang. Nah di tempat ini kamu bisa mencoba aneka wahana seru yang terbagi menjadi dua kawasan dengan tema berbeda, yaitu Fantasy Garden dan Galaxy Station. Fantasy Garden berisikan wahana bermain dan belajar untuk anak-anak. Sementara itu, kamu bisa menguji adrenalin di wahana ekstrem Galaxy Station.

10. Sungei Wang

photo via : www.timeout.com

photo via : http://welscua.blogspot.com

Kalau kamu berkunjung ke kawasan Bukit Bintang, makan jangan lupa untuk mengunjungi Sungai Wang yang berada tepat diseberang kawasan Bukit Bintang. Di Sungai Wang ini kamu bisa puas berbelanjang aneka barang fashion, gadget, perhiasan hingga oleh-oleh tanpa takut jadi bangkrut. Pasalnya semua barang yang dijual di Sungai Wang dibanderol dengan harga miring.

11. Jalan Alor

photo via : http://www.nodestinations.com

photo via : http://www.travelingnote.com

Setelah puas jalan-jalan dan shoping di Sungei Wang, kamu wajib merapat ke Jalan Alor untuk mengisi perutmu dengan beragam kuliner yang menggugah selera. Layaknya pasar malam, sepanjang jalan ini dipenuhi deretan tempat makan yang menawarkan berbagai kudapan dan sajian lezat khas Melayu, aneka seafood, juga beragam makanan dari Thailand, China, India, dan Timur Tengah. Harga makanan di sini pun relatif murah, jadi kamu gak usah khawatir dengan nasib kantongmu. Jalan Alor semakin seru jika dikunjungi pada malam hari, sebab sepanjang Jalan Alor akan dimeriahkan dengan hiasan lampion yang indah.

12. Jalan Petaling (Chinatown)

photo via : http://kuala-lumpur.attractionsinmalaysia.com

photo via : http://www.kuala-lumpur.ws

Untuk urusan oleh-oleh, Malaysia punya tempat yang pas untuk kamu yang ingin membeli oleh-oleh untuk orang rumah. Pastikan kamu mampir ke Jalan Petaling yang dikenal sebagai kawasan Pecinan atau Chinatown di Kuala Lumpur. Kamu bisa menemukan banyak produk yang bisa dijadikan oleh-oleh, mulai dari tas, pakaian, jam tangan, gantungan kunci, hingga miniatur Twin Tower dengan harga murah asalkan kamu pandai menawar harga. Selain tempat belanja oleh-oleh yang murah, ditempat inipun kalian dapat menjumpai deretan hostel dan hotel yang bertarif murah. Banyaknya tempat makan seperti cafe, warung makan biasa hingga restoran juga menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Chinatown ini.

13. Kuil Sri Maha Mariamman

photo via : en.wikipedia.org

photo via : http://en.infoglobe.cz

Tak jauh dari kawasan Pecinan di Jalan Petaling, kamu bisa menemukan Kuil Sri Maha Mariamman. Obyek wisata satu ini adalah sebuah situs keagamaan para umat beragama Hindu. Jadi, selain dari Batu Caves, Sri Mahamariamman ini bisa dikunjungi sebagai destinasi wisata sejarah dan religi. Kuil tertua di Kuala Lumpur ini memiliki menara pintu masuk yang bertingkat dan mewah karena dihiasi patung dewa-dewi kepercayaan Hindu Tamil. Gaya arsitektur bangunan yang unik membuat kuil Sri Maha Mariamman menjadi daya tarik untuk objek foto para wisatawan. Selain itu biaya masuk ke kuil inipun gratis sehingga siapa saja bisa memasuki kuil ini yang penting kamu harus menghormati segala peraturan yang ada di kuil tersebut.

14. Cameron Highlands

photo via : asiatours.co

photo via : http://www.naumantour.com

Tak hanya menawarkan wisata belanja, Malaysia juga menawarkan wisara gunung dengan panorama yang indah. Cameron Highlands di Pegunungan Titiwangsa adalah salah satu tempat wisata di Malaysia yang paling tua. Dibangun dengan konsep taman Inggris yang mempesona, dataran tinggi yang indah ini menawarkan pemandangan yang subur, perkebunan bunga berwarna-warni, perkebunan teh, hutan, danau, habitat satwa liar, dan fasilitas rekreasi di alam terbuka.

15. Jembatan Putrajaya

photo via : http://www.cibuka.com

photo via : www.videoblocks.com/

Bila ke Malaysia tak lengkap rasanya bila tam ambil foto dengan background Jembatan Putrajaya yang merupakan kebanggaan rakyat Malaysia. Bukan sekedar jembatan penghubung jalan, namun Jembatan Putrajaya merupakan sebuah mahakarya seni yang membuat semua orang terkagum sebab dibangun dengan lampu-lampu menarik yang dipadukan secara sempurna dan cantik. Nah kamu yang ingin selfie dijembatan cantik ini, ada baiknya kamu datangnya saat malam, karena jembatan ini akan menjadi cantik ketika lampu-lampu dinyalakan.

16. Taman Negara

photo via : http://blog.tourism.gov.my

photo via : www.wegowithanuar.com

Yang suka wisata alam, Taman Negara yang ada di Malaysia ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang tepat untuk kalian. Taman Negara merupakan subuah ekowisata yang menawarkan petualangan sebagai tujuan terpopuler. Di Taman negara ini kamu bisa berpetualang di alam liar sambil menikmati ekosistem tanaman langka, burung-burung eksotis dan beberapa satwa langka seperti Harimau Malaya, Gajah Asia, dan Badak Sumatera. Bagi kalian yang suka dengan kegiatan-kegiatan alam, kamu bisa mencoba hiking, memancing, menjelajah gua dan 4WD safari. Dan yang wajib kalian coba adalah mengunjungi Canopy Walk, sebuah jembatan gantung panjang yang terletak di atas puncak pohon. Kamu juga gak usah khawatir jika mengunjungi tempat ini saat malam hari, pasalnya Taman Negara menyediakan fasilitas safari malam untuk melihat tanaman yang hanya mekar di malam hari, jamur glow in the dark, dan makhluk nokturnal seperti burung hantu, kucing macan tutul, dan naga air.

17. Taman Nasional Gunung Mulu

photo via : www.iflymagazine.com

photo via : www.iflymagazine.com

Selain Taman Negara, Malaysia juga memiliki Taman Nasional Gunung Mulu yang bisa kalian jadikan sebagai destinasi wisata alam yang menjanjikan. Taman Nasional (TN) Gunung Mulu terkenal karena struktur batu kapur yang luar biasa dan juga sistem gua yang fenomenal sehingga menjadikannya salah satu wisata alam paling manakjubkan di seluruh Asia Tenggara. TN Gunung Mulu ini memiliki gua terbesar sekaligus terpanjang di dunia. Salah satunya Sarawak Chamber, yang diperkirakan mampu menampung 40 pesawat Boeing 747. Gua ini terletak diantara hutan hujan tropis yang dialiri oleh sungai dengan air jernih serta pegunungan terjal. TN Gunung Mulu memiliki fitur Pinnacles, sebuah sinkronisasi batu kapur yang dikenal sebagai Taman Eden. Di sini juga terdapat dua puncak megah Gunung Mulu dan Gunung Api. Taman ini juga rumah bagi sejumlah spesies satwa liar seperti burung enggang, kelelawar, siamang, kijang dan babi berjenggot. Di TN Gunung Mulu, selain kalian bisa menikmati tur gua dan juga hiking, kalian juga bisa menikmati canopy walk terpanjang di dunia.

18. Langkawi

photo via : http://www.bbc.com

photo via : http://chicvoyagetravel.com

Asia Tenggara memang terkenal memiliki pantai-pantai yang indah, jika di Indonesia memiliki Bali sebagai rajanya pantai eksotis, maka di Malaysia memiliki Langkawi yang menyajikan pantai bernuansa eksotis. Langkawi adalah sebuah kepulauan yang memiliki pantai, hutan hujan, hutan bakau dan gunung yang indah. Hal ini membuat Langkawi menjadi salah satu tempat wisata di Malaysia yang paling populer. Pantai berpasir seputih salju dan birunya air laut yang jernih berlatar tebing kapur menjadi daya tarik di pulau ini. Di sini juga tersedia trekking hutan bakau dan tempat wisata di mana pengunjung dapat menikmati pemandangan Air Terjun Telaga Tujuh, burung-burung eksotis dan biawak atau monyet. Biar lebih romantis, kalia bisa menikmati keindahan Langkawi dari ketinggian di Gunung Raya dan Gunung Mat Cincang dengan menaiki gondola dan skybridge.

19. Pulau Tioman

photo via : www.tempatmenarik.my

photo via : www.booking.com

Pulau Tioman adalah sebuah pulau yang berlokasi di Laut China Selatan dan merupakan tempat wisata di Malaysia yang terkenal indah dan lengkap dengan berbagai macam fasilitas wisata. Hampir sama seperti Langkawi, Pulau Tioman juga dipenuhi hutan, lautan di sekeliling pulau ini juga dipenuhi batu karang yang indah, sehingga banyak pecinta wisata menyelam yang datang ke tempat wisata ini untuk menyelam dan snorkling.

20. Melaka

photo via : www.lonelyplanet.com

photo via : www.enchantingtravels.com

Melaka merupakan salah satu destinasi wisata di Malaysia yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Negeri Jiran ini. Memegang posisi penting pada rute laut super sibuk antara India dan Cina di pesisir barat daya Malaysia, Melaka direbutkan selama berabad-abad oleh pemerintah India, Portugis, Inggris dan Belanda. Hal ini membuat kota ini dikemas begitu menarik oleh Malaysia baik dari segi arsitektur ataupun budaya karena merupakan warisan budaya yang berharga.

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >