Rekomendasi Drama Korea Tema Bisnis, Penuh Ilmu Bermanfaat

Dibuat oleh blogunik

Drama Korea tidak hanya menceritakan tentang hal-hal tentang percintaan saja, namun ada juga beberapa drakor yang menceritakan tentang kisah-kisah yang menarik lainnya. Beberapa drakor bahkan menyelipkan beberapa pelajaran hidup yang dapat kita petik. Maka dari tak heran jika banyak orang mulai menyukai drama Korea ini.

Drakor juga dikenal memiliki beragam genre dan salah satunya yaitu genre bisnis. Seperti genrenya, drakor ini biasanya mengulas tentang kehidupan di perusahaan atau membangun sebuah perusahaan dari nol hingga sukses. Dengan menonton drakor ini, tak jarang kita dapat menambah ilmu tentang bisnis meskipun hanya sedikit saja. Untuk mempersingkat waktu, berikut ini ada beberapa drama Korea tema bisnis, dengan ilmu yang bermanfaat.

11 Drama Korea Tema Bisnis

1. Start-up – (2020)

Drama Korea Tema Bisnis, Penuh Ilmu Bermanfaat

photo via mydramalist.com

Pertama-tama ada drakor berjudul Start-up, dimana drakor ini sempat booming pada waktunya. Masih ingatkan kalian tentang berdebatan tentang tim Han Ji Pyeong atau Tim Nam Do San? Drakor ini dibintangi oleh Bae Suzy, Nam Joo Hyuk, Kim Seon Ho dan Kang Ha Na.

Drakor ini menceritakan tentang anak muda yang ingin merintis perusahaan baru. Meskipun memiliki modal dan pengetahuan tentang bisnis yang minim, hal ini bukanlah halangan untuk mereka dalam meraih mimpi. Jatuh bangun pun mereka alami, namun mereka percaya suatu saat nanti mimpi mereka akan tercapai.

Dalam drakor Start-up ini ada banyak sekali pelajaran yang dapat kita petik. Seperti gelar bukanlah segalanya, seperti Seo Dal Mi yang hanya lulusan SMA namun berhasil menjadi CEO. Berani mengambil resiko, kesempatan tidak datang dua kali maka dari itu Nam Do San berani mengambil kesempatan bekerja di Silicon Valley. Jangan takut dikritik, di drama ini Han Ji pyeong selalu memberikan kritikan pedas serta blak-blakkan pada tim Samsan karena ini demi kebaikan tim-nya. Selanjutnya, dalam drama ini kita memahami team work adalah kunci sukses dari perusahaan.

2. Itaewon Class – (2020)

Drama Korea Tema Bisnis, Penuh Ilmu Bermanfaat

photo via mydramalist.com

Selain Start-up, drakor Itaewon Class juga banyak disukai karena memiliki cerita yang sangat menarik untuk di saksikan. Drama ini sebenarnya diadaptasi dari Webtoon populer di Korea yang berjudul sama. Drama ini semakin menarik berkat akting handal para pemainnya seperti Park Seo Joon dan Kim Da Mi.

Itaewon Class menceritakan tentang mantan terpidana Park Sae Roy yang hidupnya telah terbalik setelah ia dikeluarkan dari sekolah karena memukul pembully yang ternyata anak dari CEO GRup Jangga dan ayahnya meninggal karena sebuah kecelakaan. Mengikuti kata-kata ayahnya, ia pun membuka sebuah restoran bar bernama DanBam di Itaewon. Bersama staff-nya ia berusaha keras menuju kesuksesan dan mencapai tingkat yang lebih tinggi. Drama ini dipenuhi dengan persaingan sengit antara DanBam dan Jangga.

Terlepas dari perjuangan dan rintangan yang mereka hadapi, di sepanjang drama ini ada beberapa pesan yang dapat dipetik. Park Sae Roy yang telah keluar dari penjara memiliki rencana jangka panjang untuk mencapai tujuannya. Jika kita memiliki tujuan maka kamu akan tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk mencapai cita-citamu. Ketika memiliki uang dengan jumlah yang cukup besar, daripada menghabiskannya lebih baik diinvestasikan dan setelah beberapa tahun berlalu maka uang tersebut menjadi berkali-kali lipat jumlahnya. Di zaman yang serba modern ini, kehadiran media sosial sangat membantu. Tak ada salahnya menggunakan media sosial sebagai media promosi.

Garis besar yang dapat diambil dari drakor ini yaitu ada banyak rintangan yang akan dilalui sebelum bisnis akan sukses menjadi perusahaan besar. Begitu juga dengan kehidupan, pastinya ada tantangan yang akan datang menghadang ketika dalam proses. Lelah itu pasti, namun jangan mudah menyerah. Perjuangkan cita-cita yang ingin kamu raih.

3. Money Game – (2020)

Drama Korea Tema Bisnis, Penuh Ilmu Bermanfaat

photo via mydramalist.com

Drama Korea Money Game ini ditayangkan di tvN dan sangat disukai pecinta drakor karena memiliki jalan cerita yang cukup menarik. Drakor ini bertema ekonomi yang menceritakan tentang ketakutan akan krisis ekonomi yang akan melanda Korea Selatan.

Drakor ini berfokus pada kejadian dimana bank-bank besar Korea Selatan gagal dan sedang berada di ambang kebangkrutan. Drama ini juga akan menyoroti tentang sekelompok karyawan di Komisi Jasa Keuangan yang mencoba untuk menghentikan negara dari kebangkrutan dan mencegah negara mengalami Krisis Internasional Monetary Fund (IMF) kedua.

Selain itu drama ini juga menceritakan tentang orang-orang yang bekerja untuk menjaga kestabilan perekonomian tersebut.

4. Search WWW – (2019)

Drama Korea Tema Bisnis, Penuh Ilmu Bermanfaat

photo via mydramalist.com

Drama ini berkisah tentang tiga wanita karir yaitu Bae Ta Mi, Cha Hyeon dan Song Ga Kyeong. Mereka bekerja di dua perusahaan portal web kompetitif terkemuka yaitu Unicon dan Barro. Bae Ta Mi yang sebelumnya bekerja di Unicon bersama Cha Hyeon berusaha menjadikan Barro sebagai perusahaan portal web nomor satu di Korea. Tapi, Song Ga Kyeong yang bekerja di Unicon berusaha dengan segala cara untuk mempertahankan Unicon diposisi atas.

Ketika menonton drama ini, wawasanmu tentang dunia internet, industri portal web dan kerasnya persaingan di dunia kerja akan kamu ketahui. Ada banyak pelajaran hidup tentang kesuksesan yang bisa kamu petik dari drama ini.

Tak hanya pria, para wanita pun juga bisa sukses dalam karir dan bisa hidup mandiri seperti halnya Bae Ta Mi yang bekerja keras untuk mencapai posisinya tanpa memanfaatkan koneksi. Sebelumnya Bae Ta Mi dipecat dari tempat pertamanya bekerja yang bernama Unicon. Padahal Bae Ta Mi sangat berjasa dalam mengembangkan portal tersebut hingga menjadi sukses. Karena Bae Ta Mi memiliki keahlian, ia pun mendapat tawaran bekerja di portal web lainnya bernama Barro. Berkat kerja kerasnya bersama tim, Barro pun mampu menyaingi Unicon.

Pesan yang dapat dipetik dari drama ini selanjutnya yaitu ketika kita bersungguh-sungguh dalam pekerjaan maka kamu akan meraih kesuksesan meskipun perlahan. Dalam bekerja kita juga harus jujur dan sesuai dengan kode etik agar dipercayai oleh orang lain.

5. Pegasus Market – (2019)

Drama Korea Tema Bisnis, Penuh Ilmu Bermanfaat

photo via asianwiki.com

Jika berbicara tentang drama Korea bertema bisnis, drama berjudul Pegasus Market wajib di masukkan ke dalam daftar listnya. Pegasus Market adalah tempat dimana Moon Seok Goo bekerja sebagai manajer dalam kondisi yang buruk. Jeong Bok Dong segera diangkat menjadi CEO baru setelah diturunkan jabatannya di Daema Group. Hal ini membuat Seok Goo memiliki harapan baru tentang masa depan pasar tanpa mengetahui apa niat Bok Dong yang sebenarnya yaitu menenggelamkan perusahaan untuk membalas dendam pada Daema Group.

Drakor ini merupakan adaptasi dari webtoon karya dari Kim Gyu Sam dan ditayangkan di tvN. Selama ini kebanyakan drama bergenre bisnis dianggap terlalu serius. Namun berbeda dengan drama satu ini dimana ada banyak adegan kocak yang akan menghiburmu.

Tak hanya menonjolkan sisi humornya, subkonfliknya justru berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Mulai dari keinginan untuk dipromosikan, ingin membahagiakan orang tua yang berjuang membiayai pendidikan hingga kegalauan antara mengejar mimpi atau bekerja tetap ketika dihadapkan pada realita yang pahit.

Meskipun menjadi drama Korea yang tidak terlalu populer di Indonesia, Pegasus Market menjadi drama korea rating tinggi di Korea Selatan. Jadi buat yang penasaran bagaimana jalan ceritanya, buruan deh nonton!

6. Best Chicken – (2019)

Drama Korea Tema Bisnis, Penuh Ilmu Bermanfaat

photo via asianwiki.com

Best Chicken merupakan drakor bergenre romcom dan bisnis yang bercerita tentang usaha anak muda untuk meraih cita-citanya. Untuk mewujudkan keinginannya tersebut, ia berhasil mengubah sebuah Bathhouse menjadi sebuah restoran ayam.

Dari drama Best Chicken ini ada beberapa pelajaran menarik tentang memulai suatu bisnis terutama makanan. Hal pertama yang diperhatikan yaitu tentukan bisnis yang akan dibuka baik itu dibidang makanan, pakaian, kosmetik dan lainnya. Di drama ini Choi Go memilih bisnis ayam goreng.

Setelah menentukan bisnis apa yang akan dibuka, selanjutnya ketahap mencari tempat usaha. Usahakan mencari tempat yang strategis untuk mengundang para pelanggan. Di drama ini Choi Go membuka bisnis ayam goreng sehingga memerlukan bahan-bahan yang berkualitas bagus agar terjamin. Dalam bisnis khususnya makanan diperlukan juga inovasi untuk membedakan apa kelebihan punya kita dari orang lain.

Yang tak boleh dilupakan ketika membuka sebuah bisnis yaitu promosi. Di drama ini Choi Go sendiri awalnya menggunakan selebaran. Yang terakhir, setiap bisnis pasti ada pasang surutnya sehingga diperlukan mental agar tidak terlalu kaget akan hasilnya.

7. Strongest Deliveryman – (2017)

Drama Korea Tema Bisnis, Penuh Ilmu Bermanfaat

photo via asianwiki.com

Drama Korea bertema bisnis selanjutnya yaitu Strongest Deliveryman yang dibintangi oleh Go Kyung Pyo, Chae Soo Bin, Kim Seon Ho dan Ko Won Hee. Drama ini menceritakan tentang kerja keras para pegawai paruh waktu di sebuah restoran jajjangmyeon yang berniat mendirikan perusahaan jasa kurir.

Di drama ini kamu akan melihat bagaimana perjuangan yang tak kenal lelah. Beragam hambatan akan menerjang dikala Choi Kang Soo berusaha untuk mendirikan perusahaan yang ia impikan.

8. Chief Kim (Good Manager) – (2017)

Drama Korea Tema Bisnis, Penuh Ilmu Bermanfaat

photo via mydramalist.com

Selanjutnya terdapat drama berjudul Chief Kim (Good Manager), drama ini dibintangi oleh sederet artis ternama seperti Nam Goong Min, Lee Jun Ho, Nam Sang Mi dan Jung Hye Sung. Drakor yang memiliki jumlah episode 20 ini tayang di KBS pada tahun 2017.

Chief Kim (Good Manager) ini menceritakan tentang Kim Sung Ryong yang bekerja sebagai pengelola keuangan dan sering memanipulasi data perusahaan demi keuntungan pribadi. Hal ini ia lakukan demi memenuhi impiannya untuk pergi ke Denmark. Tapi setelaj ia pindah kerja di TQ Grup yang merupakan sebuah perusahaan besar di Seoul, ia diterima sebagai manajer dibagian operasi bisnis. Namun, ia menemukan berbagai kebusukan seperti skandal korupsi besar-besaran di perusahaan tersebut dan ia justru ingin berjuang menyelamatkannya.

9. Misaeng (Incomplete Life) – (2014)

Drama Korea Tema Bisnis, Penuh Ilmu Bermanfaat

photo via asianwiki.com

Drakor ini diadaptasi dari seri webtoon dengan judul yang sama dan disiarkan di tvN pada tanggal 17 Oktober hingga 20 Desember 2014 setiap hari Jumat dan Sabtu. Kisah dalam drama ini menekankan pada perjuangan para karyawan disebuah kantor perdagangan internasional.

Drama ini begitu realistis dan mengena di hati, rasanya ceritanya sangat dekat dengan keseharian pekerja dan budaya bekerja di Korea Selatan. Karakter dalam drama ini digambarkan sebagai masyarakat kelas menengah yang berjuang dengan pekerjaannya. Dengan segala keterbatasn dan tantangan yang ada mereka berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sebaik mungkin.

Drama Misaeng ini layak untuk ditonton karena dapat menyemangati para penonton yang tetap semangat menjalani kerasnya dunia kerja yang terkadang membuat kita lelah dan muak. Seperti kata Oh Sang Shik “Saat kamu lelah dan merasa gagal, katakan ini pada dirimu: “Kamu sudah melakukan yang terbaik.” Bukan yang terbaik dari orang lain, tapi dari diri kamu yang kemarin“.

10. Midas – (2011)

Drama Korea Tema Bisnis, Penuh Ilmu Bermanfaat

photo via asianwiki.com

Midas adalah sebuah drama tentang bisnis perusahaan di saham Korea. Drakor ini menceritakan kisah kehidupan orang-orang biasa dan chaebol di merger dan akuisisi, pasar saham dan keuangan dunia.

Di ceritakan Kim Do Hyun merupakan seorang laki-laki cerdas dan ambisius yang bekerja sebagai manajer keuangan selama 3 tahun. Kim Do Hyun berambisi menjadi kaya rasa dan memutuskan untuk mencari pekerjaan yang lebih baik.

Dalam mewujudkan mimpinya itu, Kim Do Hyun pun mengalami banyak kejadian.

11. Coffee Prince – (2007)

Drama Korea Tema Bisnis, Penuh Ilmu Bermanfaat

photo via mydramalist.com

Drakor satu ini terbilang cukup lawas karena tayang pada tahun 2007. Drama ini bercerita tentang Han Gyul yang harus mengelola coffee shop atas perintah neneknya. Namun sebenarnya ia tidak memiliki niatan untuk mengelola coffee shop.

Drama ini dikemas sederhana namun ada beberapa nilai-nilai yang bisa diambil bagi kamu yang sedang berbisnis. Nilai-nilai yang disuguhkan dikombinasikan dengan momen kocak dari Choi Han Gyul dan Go Eun Chan.

 

Itulah beberapa rekomendasi drama Korea tema bisnis, penuh ilmu yang bermanfaat. Coba deh tonton drama-drama tersebut, dijamin bakalan seru abis.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *