Fakta Unik Rusia, Salah Satunya Perlu 6 Tahun Untuk Melihat Pameran di Sebuah Museum

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Rusia dikenal akan wilayahnya yang paling luas di dunia yang membentang dari timur Eropa dan utara Asia. Ketika Perang Dingin, Rusia menjadi bagian dari Uni Soviet dan kini Rusia dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin. Sebagai negara terbesar di dunia, Rusia berbatasan langsung dengan 15 negara. Selain itu, ada banyak hal unik yang bisa kalian temukan di Rusia. Apa saja itu? Berikut ini fakta unik Rusia yang perlu kamu ketahui.

1. Memiliki Luas Wilayah Terbesar di Dunia

Fakta Unik Rusia

photo via gqitalia.it

Rusia merupakan salah satu negara yang memiliki wilayah paling luas di dunia, dimana luasnya kurang lebih sekitar 17.125.200 km². Bisa dikatakan luas wilayahnya ini mencakup seperdelapan luas daratan bumi. Saking luasnya, Rusia masuk kedalam dua benua yang berbeda yaitu Eropa barat dan Asia Selatan, karena itu juga Rusia memiliki 11 zona waktu dan wilahnya terdiri dari berbagai tipe lingkungan dan tanah. Selain itu, Rusia juga memiliki populasi terbanyak ke-9 di dunia.

2. Terdapat Jalur Kereta Terpanjang di Dunia

Fakta Unik Rusia

photo via virail.com

Tak hanya dikenal memiliki luas wilayah yang besar, Rusia juga memiliki jalur kereta terpanjang di dunia yang diberi nama Trans Siberia. Trans Siberia ini menghubungkan Moskow dan Eropa Rusia dengan provinsi-provinsi Timur jauh Rusia, Mongolia, China dan Laut Jepang. Jalur kereta ini menghubungkan Moskow dengan Vladivostok dan masih diperpanjang hingga saat ini. Panjang dari jalur kereta ini bisa mencapai 9.289 km, melintasi 7 zona waktu melewati 87 kota kecil dan besar serta melewati 16 sungai termasuk Volga. Untuk menyelesaikan perjalanan, membutuhkan waktu sekitar 8 hari saja.

3. Penduduknya Lebih Banyak Didominasi Wanita

Fakta Unik Rusia

photo via istockphoto.com

Akibat dari Perang Dunia II, demografis Rusia hingga saat ini masih terkena dampaknya. Dimana jumlah wanita di negeri beruang merah ini jauh lebih banyak daripada kaum pria. Karena jumlah yang tidak seimbang ini, banyak wanita disana yang kekurangan pendamping.

4. Jangan Pernah Memberikan Wanita Rusia Bunga Kuning

Fakta Unik Rusia

photo via russiancourses.com

Khusus buat pria, jangan sekali-kali memberikan bunga berwarna kuning pada wanita di Rusia. Sebab bunga berwarna kuning melambangkan kesedihan dan kematian. Selain itu, memberikan bunga dalam jumlah genap hanya terjadi di pemakaman sebagai bentuk rasa belangsungkawa. So, jika kamu ingin membahagiakan wanita Rusia, beri saja mereka bunga dalam jumlah ganjil dan warna bunganya juga perlu diperhatikan.

5. Memiliki Gunung Tertinggi di Eropa

Fakta Unik Rusia

photo via wallpaperbetter.com

Gunung Elbrus merupakan gunung tertinggi di Eropa yang letaknya dekat dengan perbatasan Georgia. Gunung tertinggi ini berada di bagian selatan negara ini. Tingginya sendiri sekitar 5.642 m dan menjadi gunung terbesar di Rusia. Titik awal pendakian gunung ini dimulai dari stasiun kereta Garabashi kemudian menaiki ski lift dari area wisata Prielbrusie. Memiliki suhu udara yang lebih dingin, para pendaki biasanya disarankan untuk menginap agar dapat beradaptasi dengan suhu disekitarnya sebelum memulai mendaki puncak gunung. Gunung Elbrus ini juga dikenal akan cuaca extremnya dan selalu ditutupi salju meskipun sudah berganti musim panas.

6. Terdapat Patung Manusia Tertinggi di Dunia

Fakta Unik Rusia

photo via tripadvisor.co.id

Di Rusia terdapat sebuah patung bernama The Motherland Calls atau Ibu Pertiwi Memanggil. Patung ini dirancang oleh Yevgeny Vuchetich dan insinyur struktural Nikolai Nikitin. Pada tahun 1967, patung ini dinyatakan sebagai patung tertinggi di dunia karena memiliki tinggi sekitar 85 meter. Seperti namanya, patung ini menampilkan wujud seorang wanita yang memegang sebuah pedang pada tangan kanannya yang siap ia tancapkan ke musuh. Mulutnya pun terbuka dan tangan kiri membentang. Patung ini dibuat untuk memperingati para pahlawan dalam pertempuran Stalingrad di Mamayev Kurgan, Volgograd, Rusia.

7. Kota Moskow Memiliki Banyak Miliader

Fakta Unik Rusia

photo via medium.com

Tahukah kamu jika penduduk kota Moskow kebanyakan merupakan miliader. Kota ini juga menjadi salah satu kota dengan jumlah miliader terbanyak di dunia. Menurut majalah Forbes setidaknya ada 79 orang miliader. Tak heran jika kamu berlibur kesana ada banyak kemewahan yang ditampilkan.

8. Moskow Memiliki Kereta Tersibuk Ke-3 Di Dunia

Fakta Unik Rusia

photo via insider.com

Selain Tokyo dan Seoul, Moskow memiliki jaringan kereta tersibuk ke-3 di dunia. Dimana ada 12 jalur dan lebih dari 6 juta orang yang naik Moscow Metro setiap harinya. Metro disini juga tergolong cepat, sehingga kamu tak perlu menunggu lama. Selain itu di setiap pemberhentian juga terdapat jam untuk menghitung waktu.

9. Orang Rusia Diajarkan Untuk Tidak Tersenyum di Sekolah

Fakta Unik Rusia

photo via thoughtcatalog.com

Berbeda dari negara lainnya, orang Rusia dianggap tidak ramah dan memiliki kesan angkuh. Hal ini dikarenakan hampir semua orang Rusia jarang tersenyum dan diajarkan untuk tidak tersenyum di sekolah. Bagi orang Rusia tersenyum pada orang yang tak dikenal adalah hal yang aneh. Meskipun begitu bukan berarti orang Rusia tidak ramah ya, sebab bagi mereka senyum adalah sesuatu yang spesial dan berharga serta tidak mudah didapatkan. Jika sudah merasa nyaman ketika berbicara orang Rusia pasti akan tersenyum.

10. Rusia Memiliki Banyak Takhayul

Fakta Unik Rusia

photo via roadsandkingdoms.com

Rusia memiliki banyak sekali takhayul, dimulai dari menggosok kaki anjing dengan tangan kiri untuk mendapatkan uang hingga membuat permohonan jika kamu berhasil melemparkan koin ke dalam sepatu bot Peter the Great. Ada juga takhayul bahwa orang pertama yang memasuki rumah baru akan mati sehingga mereka mengirimkan kucing terlebih dahulu karena kucing memiliki sembilan nyawa. Ketika kucing menolak untuk masuk, maka struktur bangunan akan dirobohkan dan dibangun kembali di tempat lain.

11. Setiap Pengantin di Rusia Akan Melakukan Tur Kota Setelah Menikah

Fakta Unik Rusia

photo via bestwonderstore.com

Sudah tradisi di Rusia, jika ada pasangan yang baru saja menikah mereka akan melakukan tur kota setelahnya. Maka dari itu tak heran jika kamu akan melihat banyak pengantin berada dibangunan-bangunan terkenal seperti St. Basil’s dan Church of Our Savior on Spilled Blood dan disepanjang kanal St. Petersburg.

12. Untuk Melihat Pameran di Museum Ermitáž, Membutuhkan Waktu 6 Tahun

Fakta Unik Rusia

photo via expedia.co.id

Museum Ermitáž merupakan salah satu musem yang berada di Sankt Peterburg, Rusia, museum ini menjadi salah satu musem terbesar dan tertua di dunia. Musem ini didirikan pada tahun 1764 dan dibuka untuk umum sejak tahun 1852. Museum Ermitáž ini terdiri dari enam bangunan dan didalamnya terdapat lebih dari 3 juta karya. Untuk melihat keseluruhan isi museum ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 6 tahun. Bagaimana tertarik untuk mengunjunginya?

13. Salah Satu Desa Di Rusia Memiliki Gereja Yang Luar Biasa

Fakta Unik Rusia

photo via id.rbth.com

Di Rusia terdapat sebuah desa bernama Suzdal, desa ini terletak di Oblast Vladimir, Rusia letaknya di sungai Kamenka 26 kilometer dari kota Vladimir. Ada yang menarik dari desa ini yaitu ukuran desanya hanya 15 km² tapi memiliki banyak bangunan Gereja. Setidaknya ada 53 bangunan gereja disini dengan jumlah penduduk lebih dari 10.000 orang. Walaupun banyak penduduk, desa ini tetap terlihat asri dan nyaman dikunjungi. Ketika datang ke sini kamu akan disambut dengan pada rumput yang indah dan menenangkan hati.

14. Rusia Memiliki Salah Satu Kota Terdingin di Bumi

Fakta Unik Rusia

photo via ststworld.com

Tahukah kamu jika Rusia adalah salah satu negara yang memiliki kota terdingin di bumi. Kota-nya ini bernama Oymyakon yang terletak di wilayah Yakutia, Siberia dan memiliki penduduk sekitar 521 jiwa. Kota ini sempat tercatat memiliki suhu terdinggi sekitar -71.2 °C pada tanggal 26 Januari 1926. Di bulan Desember – Januari, suhu rata-rata disini tidak lebih dari -50 °C. Bisa kamu bayangkan betapa dinginnya kota ini.

15. Memiliki Jembatan Lebih Banyak Daripada Venesia

Fakta Unik Rusia

photo via funart.pro

Selama ini mungkin banyak yang mengetahui jika Venesia, Italia memiliki jembatan terbanyak. Padahal jembatan terbanyak dimiliki oleh St. Petersburg, Rusia, diketahui jumlah jembatannya tiga kali lebih banyak. Ketika berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk berwisata kanal dan menyusuri sekitar 1.000 jembatan dengan pemandangan kubah emas yang menakjubkan. Konon, pemandangan disini juga jauh lebih indah daripada di Venesia.

16. Rusia Memiliki Benteng Terbesar Di Dunia

Fakta Unik Rusia

photo via franks-travelbox.com

Di negeri beruang merah ini ada sebuah benteng yang diberi nama Kremlin Moskow. Kremlin Moskow adalah sebuah benteng dan kompleks istana bersejarah di pusat kota Moskow yang dibangun dari batu bata pada abad ke-15. Benteng ini berbatasan dengan Sungai Moskow, Katedral Santo Basil dan Lapangan Merah serta Taman Alexander. Temboknya sendiri memiliki panjang lebih dari 2 kilometer, tingginya mencapai 19 meter, lebarnya 3,5 – 6,5 meter dan luasnya sekitar 27,5 hektar. Ada 20 menara disini dan yang paling terkenal adalah Menara Spasskaya yang terdapat sebuah jam dimenaranya.

Nah, itulah beberapa fakta unik Rusia yang perlu kamu ketahui. Bagaimana sudah siap mengunjungi Rusia?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.