Fakta Unik Tentang Singapura Yang Kamu Harus Ketahui

    Info

Singapura adalah sebuah negara kecil yang berada di negara kepulauan Asia Tenggara, Singapura juga sangat terkenal sebagai negara yang maju dan modern di kawasan Asia Tenggara. Singapura merupakan pusat keuangan terdepan ketiga di dunia dan menjadi negara yang memerankan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan di Singapura merupakan salah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia. Negara ini juga memiliki fakta menarik yang tidak dimiliki oleh negara lainnya, seperti apa ? Nah, berikut ini fakta unik tentang Singapura :

 

1. Negara Terkecil Di Dunia

Photo via : http://orbisindiatours.com

Singapura merupakan negara terkecil di dunia. Luas negara ini tidak lebih besar dari Jakarta ibukota dari Indonesia. Singapura juga merupakan satu dari 3 negara kota yang masih berdiri hingga saat ini selain Vatikan dan Monako.

 

2. Patung Merlion Merupakan Ikon Singapura

Photo via : https://pixabay.com

Negara ini memiliki simbol negara yang diberi nama Patung Merlion. Patung ini sangat terkenal karena berkepala singa namun berbadan ikan. Meskipun Singapura dijuluki sebagai kota Singa, namun tidak ada singa di nagara ini.

 

3. Negara ke 2 Paling Padat Di Dunia

Photo via : http://www.asiaone.com

Singapura mendapat peringkat ke 2 sebagai negara paling padat di dunia setelah Monako. Hal ini di karenakan ukuran negaranya yang sangat kecil membuat negara ini sangat padat.

 

4. Memiliki 64 Pulau

Photo via : https://www.youtube.com

Singapura memiliki sekitar 64 pulau, namun dari 64 pulau tersebut hanya satu saja yang dihuni dan sisanya belum berpenghuni.

 

5. Mayoritas Penduduknya Tinggal Di Apartemen

Photo via : https://www.greyloft.com

Keterbatasan ruang di Singapura membuat negara ini harus pintar-pintar dalam hal mengelola tempat tinggal penduduknya. Di Singapura Apartemen menjadi solusi utama tempat tinggal penduduknya. Bahkan bisa dibilang untuk memiliki sebuah rumah yang mewah, sertifikat tanah tetap milik pemerintah. Hampir sebagian besar rumah disana statusnya hanya hak guna pakai saja.

 

6. Tinggi Bangunan Tidak Boleh Lebih Dari 280 Meter

Photo via : http://www.skyscraper.org

Di Singapura, tinggi bangunanpun tidak boleh lebih dari 280 meter. Sampai saat ini hanya ada tiga bangunan yang mencapai tinggi 280 meter yaitu Republic Plaza, United Overseas Bank Plaza One dan Overseas Union Bank Centre.

 

7. Membeli Pasir Dari Negara Lain

Photo via : https://www.deme-group.com

Singapura memiliki negara yang kecil, maka dari itu negara ini memreklamasi untuk memperluas wilayahnya. Untuk memperluas wilayahnya ini Singapura membeli pasir dari negara lain termasuk Indonesia. Usaha untuk memperluas daratannya ini akan berjalan terus dan berakhir pada tahun 2030.

 

8. Memiliki Air Terjun Indoor Tertinggi Di Dunia

Photo via : http://flyingthenest.tv

Negara ini tidak perlu diragukan lagi tentang kemajuan teknologi dan infrastrukturnya, salah satunya yaitu air terjun indoor buatan manusia yang tertinggi di dunia. Air terjun ini berada di Garden by the Bay yang merupakan lokasi pembibitan dan pusat penelitian berbagai macam tumbuhan dari seluruh dunia.

 

9. Memiliki Bandara Terbaik Di Dunia

Photo via : https://www.lonelyplanet.com

Changi Airport merupakan salah satu bandara terbaik di dunia. Bandara ini memiliki fasilitas penerbangan terbaik di Asia dan Dunia. Bandara Changi juga berhasil mendapat predikat terbaik di asia dengan fasilitas rekreasi terbaik. Bandara ini memang terkenal dengan layanan check-in, kedatangan, belanja, transfer, keamanan, imigrasi dan gerbang keberangkatan yang mumpuni.

 

10. Kebun Binatang Malam Hari Pertama Di Dunia

Photo via : https://bemyguest.com.sg

The Night Safari merupakan salah satu tujuan wisata yang paling menarik di Singapura. Kebun binatang ini merupakan kebun binatang malam hari pertama di dunia. Di sini para pengunjung akan diajak berjalan-jalan keliling kebun binatang menaiki tram yang disertai dengan penjelasan setiap satwanya.

 

11. Usia Di Atas 30 Tahun Wajib Menikah

Photo via : https://www.mothersdayquotes2017.com

Fakta ini bisa dibilang cukup unik, di Singapura usia diatas 30 tahun sudah harus menikah. Bahkan pemerintah di Singapura akan ikut berperan dalam hal ini. Bahkan pemerintah Singapura sudah berkerjasama dengan agen biro jodoh Social Development Unit (SDU) untuk membantu warganya untuk menemukan pendamping hidup.

 

12. Memiliki Pelajar Terbaik Di Bidang Matematika

Photo via : https://twoweeksinsingapore.wordpress.com

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting di Singapura. Bahkan, Singapura merupakan salah satu negara dengan pelajar-pelajar terbaik. Selain itu Singapura juga memiliki universitas dengan fasilitas dan pendidikan terbaik. Tak heran jika, pelajar di Singapura memiliki kemampuan matematika terbaik di dunia atau setidaknya selalu berada di dekat posisi puncak dalam kemampuan matematis global.

 

13. Hubungan Gay Di Singapura Dilarang Namun Lesbian Diperbolehkan

Photo via : https://thehoneycombers.com

Peraturan satu ini bisa dibilang cukup aneh. Di Singapura tidak diperbolehkan melakukan hubungan seksual sesama laki-laki dan aturan itu dimuat dalam undang-undang. Namun hubungan seksual sesama perempuan tidak diatur dalam undang-undang. Bagi yang melanggar undang-undang tersebut, nantinya akan diganjar hukuman dua tahun penjara.

 

14. Orang Singapura Berjalan Kaki Dengan Cepat

Photo via : https://www.businesstimes.com.sg

Di Singapura, berjalan kaki merupakan salah satu pemandangan yang lumrah. Hampir semua masyarakatnya berjalan kaki kecuali jika menempuh jarak yang jauh. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Council menunjukkan bahwa orang Singapura berjalan dengan kecepatan rata-rata 10,55 detik per 18 meter dan merupakan tercepat di dunia.

 

15. WN Singapura Bebas Visa Jika Ingin Berpergian Ke Berbagai Negara

Photo via : http://viellyc.blogspot.com

Singapura merupakan satu-satunya negara di dunia yang warganya tidak memerlukan visa untuk masuk ke Korea Utara, Korea Selatan, China atau Amerika Serikat. Hal ini karena pemerintah Singapura menjalin hubungan diplomasi yang baik ke banyak negara.

 

16. Singapura Memiliki Peraturan Yang Dendanya Sangat Mahal

Photo via : https://naperfectworld.com

Jika kamu baru ke Singapura, kamu jangan pernah jauh-0jauh dari buku pedoman atau yang lainna. Karena jika salah sedikit saja, kamu bisa terkena sanksi seperti meludah sembarangan, buah sampah, buang sisa permen karet, menyebrang di sembarangan tempat dan yang lainnya. Parahnya lagi, denda di negara ini sangatlah mahal bisa mencapai jutaan rupiah.

 

17. Memiliki Mobil Disana Sangat Susah

Photo via : https://www.todayonline.com

Di negara ini, untuk memiliki sebuah mobil sangat-sangatlah susah. Disini kita harus benar-benar memiliki banyak uang untuk memilikinya. Hal ini karena mobil disana sangat mahal dan hanya berlaku sampai 10 tahun saja. Ditambah dengan pajak tahunan yang tentunya sangat mahal serta biaya-biaya lainnya. Hal ini belum termasuk dengan denda, jika kita parkir sembarangan, BBM dan biaya perawatan.

 

18. Produk-produk Disana Tergolong Mahal

Photo via : https://www.timeout.com

Di Singapura bisa dibilang produk-produknya tergolong mahal. Contohnya saja makan, disana kamu perlu mengeluarkan uang rata-rata 5-10 dolar atau sekitar Rp. 50.000 untuk sekali makan. Nah sekarang kita hitung, dalam sehari kita perlu makan 3 kali, berapa uang yang harus kamu keluarkan untuk makan dalam sebulan ? Tak hanya makan saja, namun rata-rata barang di negara Singapura memang mahal-mahal.

 

19. Gaji Besar Namun Biaya Hidup Juga Besar

Photo via : https://www.techinasia.com

Bekerja di Singapura dianggap sukses serta memiliki uang yang banyak. Namun kenyataan tidak seindah faktanya. Hidup nyaman disana bisa tercapai jika berkerja di posisi yang benar-benar bagus. Meskipun gaji disana besar, namun pengeluaran untuk hidup disana juga bisa dibilang tinggi.

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >