Fansite Jimin BTS Dicekal Pemerintah Tiongkok, Ternyata Ini Alasannya

Fansite Jimin BTS Dicekal Pemerintah Tiongkok, Ternyata Ini Alasannya

Belum lama ini pemerintah Tiongkok sedang gencar-gencarnya membatasi aktivitas penggemar. Ada berbagai macam aturan ketat yang harus dipatuhi oleh para penggemar salah satunya mulai mengatur fanbase atau fansite yang memberikan dukungan secara berlebihan kepada idola-nya.

Fansite yang bandel mendukung idolanya secara berlebihan siap-siap akan di take down oleh mereka. Salah satu fansite yang terkena imbasnya yaitu fansite Jimin BTS di Weibo yang dibekukan selama 60 hari.

Pihak Weibo menjelaskan jika permasalahannya bermula dari laporan netizen pada April lalu terhadap Fansite Jimin BTS. Fansite tersebut dianggap telah melanggar aturan baru lantaran melakukan penggalangan dana ulang tahun dengan memasang banner Jimin di pesawat JejuAir.

Dalam pengumuman resminya, pihak Weibo menyatakan:

“Sejak Cyberspace Administration Of China mengumumkan aturan tambahan untuk membersihkan kekacauan fandom, Weibo telah melakukan pembersihan seperti yang diminta. Memposting beberapa pengumuman untuk mengadvokasi penggemar selebriti dan untuk menjaga ketertiban dalam komunitas ini.

Netizen melaporkan kepada kami, pada bulan April sebuah akun menggelar acara penggalangan dana untuk memasang banner di pesawat pada platform lain. Yang telah melanggar aturan. Baru-baru ini, mereka memposting hasil penggalangan dana tersebut di Weibo.

Isi unsur mendorong dan membandingkan yang merupakan masalah serius. Kami segera memblokir akun JIMIN_JMC (Jimin Bar) sehingga tidak bisa membuat postingan selama 60 hari dan menghapus postingan Weibo terkait.

Weibo sangat menentang dukungan yang dianggap tidak masuk akal kepada selebriti, dan siap untuk mengambil tindakan serius. Weibo tetap berkomitmen untuk memenuhi tanggung jawab sosial dan telah memperkuat tata kelola kami terhadap fandom untuk membersihkan perilaku online mereka.

Seluruh platform kami menggunakan standar yang sama saat mengatur dan menetapkan aturan. Setelah tindakan mendukung seorang selebriti dianggap tidak masuk akal, kami akan menanganinya dengan serius.

Ke depannya, kami akan terus membuat pengumuman berkala tentang tindakan yang diambil. Kita semua harus bekerja keras bersama untuk membersihkan fandom. Pengguna kami dipersilahkan untuk memberi kami laporan dan masukan tentang masalah ini” ujar pihak Weibo.

Artikel Terkait