Film-film Indonesia Yang Populer dan Melegenda

    Film & Musik

Meskipun saat ini film – film Hollywood tetap merupakan film yang domnian di Indonesai dan akhir – akhir ini banyaknya serangan dari film dan drama Korea juga, tapi bukan berarti Film Indonesia jelek. Ada banyak film karya anak bangsa yang tentunya pasti membuat kalian teringat dan memiliki kesan tersendiri dalam benakmu.

Film – film tersebut begitu berkesan yang tentunya susah untuk kalian lupakan. Film – film yang melegenda tersebut selain memiliki kesan tersendiri, juga beberapa diantaranya masuk dalam jajaran box office Indonesia dan juga Box office Hollywood. Penasaran dengan film apa saja, berikut ini kami sajikan film- film Indonesia yang melegenda.

1. Warkop DKI

photo via : youtube.com

Siap yang tidak kenal dengan trio warkop yang terdiri dari Dono, Kasino dan Indro. Film – film yang dibintangi oleh ketiga aktor ini sangat disukai oleh hampir semua kalangan hingga sekarang. Warkop DKI sendiri sempat merajai dunia perfilman Indonesia sejak era 70-an hingga 90-an. Dengan aksi lucu, konyol dari ketiga aktor ini pada setiap filmnya membuat film ini menjadi amat berkesan pada setiap karya yang mereka lakukan. Film Warkop DKI ini memang memiliki kesan tersendiri dalam tiap filmnya. Bahkan saat film ini dibuatkan versi remakenya yakni Warkop DKI Reborn, film ini juga menjadi film yang terlaris sepanjang masa.

2. Tjoet Nja’ Dhien

photo via : mubi.com

Sebuah film lawas pada tahun 1988 yang disutradarai oleh Eros Djarot ini menceritakan tentang kisah pahlawan wanita asal aceh Tjoet Nja’ Dhien. Dalam film ini, Tjoet Nja’ Dhien diperankan oleh Christine Hakim. Film Tjoet Nja’ Dhien ini mampu menarik perhatian banyak penonton pada masanya, dan bahkan mampu membawa pulang 9 piala citra dan Best International Film pada sesi Semaine de la Critique dalam ajang Festival Film Cannes.Dengan segudang gelar yang dimiliki oleh film yang satu ini, pantaslah apabila jika film yang satu ini dikatakan sebagai film Indonesia paling legendaris sepanjang masa.

3. Naga Bonar

photo via : youtube.com

Buat kamu yang generasi 90-an kemungkinan pernah menonton film yang satu ini. Film dengan genre komedi dan berlatar belakang perang kemerdekaan Indonesia melawan Belanda padaca kemerdekaan Indonesia di daerah Sumatera Utara. Film yang diperankan oleh Dedy Mizwar ini meskipun berlatar belakang perang, namun ada unsur komedi yang amat berkesan hingga sekarang.

4. Ada Apa Dengan Cinta?

photo via : www.shopback.co.id

Film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra ini amat sukses pada masanya. Bahkan buat para remaja yang menonton film yang satu ini pasti bikin baperan. Film Ada Apa Dengan Cinta garapan Rudy Soedjarwo ini amat disukai oleh orang – orang bahkan film yang satu ini berhasil masuk 10 besar film Indonesia terlaris sepanjang masa .

5. Laskar Pelangi

photo via : montasefilm.com

FIlm Laskar Pelangi yang ditayangkan pada tahun 2008 ini merupakan salah satu film Indonesia yang melegenda dengan banyaknya penghargaan yang didapat. Selain di dalam negri, film yang satu ini juga disukai oleh orang – orang diluar negri. Film yang satu ini memang pantas mendapat acungan jempol super baik dari alur ceritanya, maupun akting para aktornya yang jempolan. Film yan gdisutradarai oleh Riri Riza ini telah ditonton oleh sebanyak 4.6 juta orang.

6. Eiffel I’m in Love

photo via : breakingnews.co.id

Eiffel in Love, film yang tayang pada tahun 2003 ini memang bakalan bikin kamu merasa galau. Buat kamu yang pernah menonto film yang satu ini pasti baperan. Film romantis remaja melegenda yang memiliki banyak penggemar ini diperankan oleh Samuel Rizal dan telah ditonton toleh 2.6 juta penonton. Film yang satu ini memang super romantis dan gak kalah dengan film – film romantis yang baru – baru ini muncul.

7. Suzanna, sang Ratu Buaya Putih

photo via : idrus.co

Siapa sih yang gak kenal dengan ratu film horror Suzanna? Hampirs semua film yang ia bintangi masuk dalam kategori box office Indonesia saat itu. Bahkan beberapa filmnya hingga sekarang ada saja yang diputar. Beberapa judul fimnya yang sangat berkesan adalah Bernafas Dalam Kubur, Bumi Makin Panas, Nyi Blorong, Ratu Buaya Putih, Malam Satu Suro, dan lainnya. Suzanna bisa dibilang merupakan satu-satunya artis yang paling tepat untuk memerankan film horror. Bahkan mungkin bisa dibilang, hingga saat ini belum ada film horror Indonesia baru yang mampu menyaingi film – film horror yang dibawakan oleh Suzanna sang ratu film horror.

8. Catatan Si Boy

photo via : jejakjadoel.blogspot.com

Kalau jaman sekarang ada artis seperti Stefan William sebgai Boy anak jalanan, dunia perfilman zaman dahulu, tepatnya pada tahun 1987 kita punya sosok Onky Alexander. Film dengan kisah drama sederahana yang berjudul Catatan SI Boy ini mampu mencuri perhatian para penikmat film pada zamannya. Selain si Boy, tokoh lain yang terkenal dalam film ini adalah sosok Emon yang diperankan oleh Didi Petet. Berbeda dengan warkop yang sukses di remake menjadi warkop reborn, Catatan Si Boy juga pernah dibuatkan kembali dalam bentuk sinetron. Namun Mas Boy versi 80-an masih belum bisa dikalahkan oleh Catatan Si Boy modern

9. Benyamin Sueb, si Kabayan

photo via : muh-zarkasy.blogspot.co.id

Jika Suzanna adalah ratu untuk film horror, maka untuk film dengan budaya daerah yang kental Benyamin adalah rajanya. Aktor yang lair di Jakarta ini mampu dnegan baik mengangkat budaya betawi dalam setiap karya – karyanya. Selain filmnya yang bagus, aktor yang satu ini merupakan sosok aktor melegenda yang tida mungin bisa dilupakan. Benyamin sendiri telah membintangi sekitar 53 judul film yang diantarnaya adalah Samson Betawi, Benyamin Raja Lenong, Benyamin Si Abu Nawas, Si Kabayan Saba Kota, dan lainnya. Selain akting, Benyamin juga merambah dunia tarik suara dan bahkan dirinya telah mengeluarkan sekitar 75 album musik. Salah satu lagunya yang sering dan masih dinyanyikan adalah “Kompor Meleduk”.

10. Film Raja Dangdut Rhoma Irama, Satria bergitar

photo via : youtube.com

Selain film biasa, Indonesia dulu juga pernah membuat film dengan aliran dram amusikal sekitar tahun 70-an yang dibintangi oleh san raja dangdut Rhoma Irama. Rhoma sering di minta untuk menjadi aktor utama dalam banyak judul film yang sebagian besar bergenre drama musikal. Salah satu filmnya yang terkenala adalah film dengan judul Satria bergitar yang memiliki banyak penggemar hingga mereka menirukan gayanya. Sosok Rhoma dalam hal industri perfilman khususnya daram musikal dan juga penyanyi dangdut memang belum terkalahkan. Bahkan sang anak Rhido Rhoma juga tida mampu menyaingi ayahnya tersebut.

11. Petualangan Sherina

photo via : kumparan.com

Buat kamu anak generasi 90-an ataupun 2000-an, film yang satu ini pastinya berbekas di ingatan kalian. Merupakan film pertama di Indonesia yang menyajikan film drama musikal untuk anak – anak. Film Sherina ini merupakan karya sutradara Riri Riza yang paling terkenal. Semenjak suksesnya film ini, banyak anak cewek yang memasang hansaplas di sekujur badan mereka supaya kelihatan sama kerennya dengan Sherina dlam film ini. Selain filmnya, lagu – lagu dalam film ini juga terkenal dan banyak diikuti oleh orang orang, seperti lagu : “Lihatlah Lebih dekat”, “Jagon”, “Bintang – bintang”. Selain bagus, dalam film ini juga banyak pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Recent search terms:

Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >