9 Film Tentang Wabah Penyakit Yang Mirip Dengan Virus Corona

1 bulan lalu, by blogunik

Film Wabah Penyakit Yang Mirip Dengan Virus Corona

0

Saat ini virus Corona yang berasal dari Wuhan, China terus menjadi pemberitaan di media hampir di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan virus Corona ini telah memakan ratusan hingga ribuan korban dan telah menyebar ke beberapa negara lainnya. Keadaan ini pun semakin sulit kala belum ada vaksin khusus untuk mencegah penularan virus mematikan ini. Maka dari itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan badan dan lingkungan agar virus tidak mudah menyerang.

Buat para penggemar film tentunya kondisi seperti ini akan mengingatkan kita tentang beberapa film yang menceritakan tentang wabah virus mematikan. Film-film tersebut juga mampu menggambarkan situasi yang mencekam yang mirip dengan apa yang sedang terjadi saat ini. Nah, film-film apa saja itu? Berikut ini 9 film tentang wabah penyakit yang mirip dengan kejadian wabah virus Corona.

1. Outbreak (1995)

Film Wabah Penyakit Yang Mirip Dengan Virus Corona - Outbreak

Photo via imdb.com

Outbreak adalah sebuah film bencana medis Amerika Serikat tahun 1955. Film ini menceritakan tentang virus yang sangat mematikan melanda kota California. Virus ini pada awalnya disebabkan mulai dari seekor monyet yang tanpa diketahui diselundupkan ke Amerika. Ternyata monyet yang diselundupkan itu mengidap virus demam yang sangat mematikan dan dapat membunuh orang yang terkontaminasi hanya dalam beberapa jam saja.

Awalnya Jame Jimbo Scott, seorang karyawan di fasilitas penangkaran hewan Bio-Test menyuap seorang penjaga keamanan. Namun selama perjalanan ternyata Jimbo sudah terinfeksi oleh virus bernama Motaba. Karena tak sesuai harapan untuk menjual monyet itu ia pun akhirnya melepaskannya di hutan.

Namun nasi sudah menjadi bubur, kehidupan tak berpihak pada Jimbo. Saat kembali ke rumah, ia mulai menunjukkan tanda-tanda terinfeksi dan hingga akhirnya ia menularkan virus tersebut kepada orang-orang yang ada di sekitarnya melalui sentuhan fisik.

Pada saat dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan khusus, kecerobohan perawat pun terjadi dan mengakibatkan virus itu bermutasi dan menyebar layaknya flu burung.

Virus yang berasal dari Afrika ini tidak terkendali dan dalam sekejap seisi kota sudah tercemar virus dan warga di seluruh penjuru kota mulai panik. Pasukan militer pun dikerahkan untuk mengatasi kepanikan warga tersebut dan semua dokter hebat berkumpul untuk menyelamatkan warga dan mencari cara agar virus ini tidak menyebar lebih luas.

Trailer

2. 28 Days Later (2002)

Film Wabah Penyakit Yang Mirip Dengan Virus Corona - 28 Days Later

Photo via imdb.com

28 Days Later adalah sebuah film yang dirilis pada tahun 2002 dimana film ini menceritakan tentang virus yang menyebar di London. Kasus ini berawal dari seekor simpanse yang terinfeksi kabur dari kandangnya. Virus pun semakin menyebar hingga menimbulkan kegemparan. Hal ini dikarenakan orang yang terinfeksi akan berubah menjadi zombi dalam kurun waktu 28 hari termasuk Jim sebagai orang pertama yang menjadi korbannya.

Jim sendiri mengalami koma dan ketika sadar ia mengelilingi Inggris dan tidak menemukan satu orang pun. Ia hanya melihat tanda-tanda bencana dan bekas kerusakan infrastruktur. Dalam keadaan bingun Jim pun diserang zombi dan ia selamat setelah dibantu oleh Selene dan Mark. Mereka berdua pun memberi tahu kemungkinan virus telah menyebar ke seluruh dunia.

Kemudian Jim meminta mereka untuk menemui orang tuanya di Deptford. Mereka bertiga pun menuju rumah orang tua Jim, namun sayangnya dalam perjalanan Mark diserang oleh zombir. Agar keadaan aman, Selena pun membunuh Mark.

Dalam perjalanan, mereka bertemu dengan Frank dan putrinya Hannah. Frank mengatakan militer menyediakan perlindungan di Manchester dan Frank meminta Selena dan Jim mengantarkannya ke tempat perlindungan itu.

Perjalanan menuju tempat tersebut tentunya tidak mudah karena ada banyak zombie yang berkeliaran dan mereka juga tidak tahu keadaan yang ada di tempat perlindungan tersebut.

Trailer

3. Fatal Contact: Bird Flu in America (2006)

Film Wabah Penyakit Yang Mirip Dengan Virus Corona - Fatal Contact Bird Flu in America

Photo via imdb.com

Fatal Contact: Bird Flu in America adalah film yang mengisahkan tentang seorang pebisnis Amerika yang mengunjungi China terinfeksi dengan virus flu burung. Ditambah dengan virus yang belum ada penawarnya ini mudah tersebar dari manusia ke manusia. Kepanikan pun melanda Amerika bahkan kota sebesar New York pun sempat chaos dan kerusuhan terjadi dimana-mana. Mereka juga mulai kekurangan bahan makanan, suplai obat-obatan hingga listrik.

Trailer

4. I Am Legend (2007)

Film Wabah Penyakit Yang Mirip Dengan Virus Corona - I Am Legend

Photo via imdb.com

Film I Am Legend ini dirilis pada tahun 2007 yang merupakan adaptasi dari novel karya Richard Matheson. Film ini menceritakan tentang sebuah virus yang mengubah manusia menjadi mayat hidup pemakan daging yang telah menyebar luas di New York. Manusia yang terinfeksi virus ini disebut dengan Dark Seeker, mereka akan keluar setelah gelap dan akan menggigit orang di sekitar mereka. Hanya ada satu orang yang masih bertahan di New York ia adalah seorang ilmuan bernama Robert Neville bersama anjingnya.

Ia sendiri memiliki daya tubuh yang kebal terhadap virus ini. Untuk menghindari dari para Dark Seeker ia hanya melakukan aktivitas di siang hari dan pada malam harinya ia bersembunyi. Neville sendiri bertekad untuk menemukan vaksin untuk virus ini. Kemudian ia berencana untuk menangkap satu Dark Seeker untuk dijadikan bahan penelitian. Untuk mengembalikan keadaan, ia pun harus mempertaruhkan nyawanya.

Di tengah-tengah usahanya menangkap Dark Seeker, ia selalu mencoba untuk berkomunikasi melalui sambungan radio. Ia berharap di luar sana masih ada orang lain yang bertahan hidup selain dirinya.

Trailer

5. Carrier (2009)

Film Wabah Penyakit Yang Mirip Dengan Virus Corona - Carrier

Photo via imdb.com

Film ini menceritakan tentang kisah perjalanan empat anak muda yang bersahabat mereka adalah Danny, Brian, Bobby dan Kate. Mereka mencoba menyelamatkan diri ke sebuah kota bernama Turle Bay, Turle Bay sendiri sudah terinfeksi virus yang mematikan. Di tengah perjalanan mereka berempat menemukan sebuah mobil yang dikendarai seorang pria bernama Frank dan anaknya Jodie yang mengalami kehabisan bensin dan meminta untuk membagi sedikit bensin.

Dalam kondisi ini mereka juga dikagetkan oleh anaknya yang menggunakan masker yang merupakan salah satu tanda orang yang sudah terinfeksi. Hal ini pun membuat mereka kabur dan meninggalkan mobil tersebut. Namun beberapa kejadian terjadi dan memaksa mereka untuk kembali ke mobil tersebut dan akhirnya mereka pergi bersama dalam satu mobil.

Mereka kemudian memutuskan untuk mencari serum di sebuah rumah sakit, namun hal itu sia-sia karena dokter yang menemukan serum sudah menyerah dan berencana untuk bunuh diri. Keadaan pun semakin parah ketika Bobby terkena batuk darah dari Jodie yang telah terinfeksi. Mengetahui hal ini dengan berat hati Brian meminta Bobby yang merupakan pacarnya untuk pergi.

Meskipun harus menentang perasaannya terhadap kakaknya Brian, Danny harus mengambil langkah yang lebih masuk akal yaitu meninggalkan Brian. Pada akhirnya mereka pun dilanda saling curiga satu sama lainnya karena kecemasan setelah tertular virus mematikan itu.

Trailer

6. Contagion (2011)

Film Wabah Penyakit Yang Mirip Dengan Virus Corona - Contagion

Photo via imdb.com

Film satu ini disebut-sebut memiliki kronologi yang sama dengan virus Corona yang saat ini sedang merebak. Film ini menceritakan tentang Beth Emhoff yang baru saja kembali ke Chicago selesai melakukan perjalanan bisnis dari Hongkong. Beth nampak terlihat kurang enak bdan dan terserang flu, beberapa hari kemudian penyakit yang diderita Beth semakin parah dan menyebabkan ia meninggal. Malangnya, anak Beth juga meninggak karena virus yang sama dan setelah diteliti tidak ada yang mengetahui virus apa yang menyebab kematian Beth. Kemudian suami Beth dimasukan dalam ruang isolasi karena para dokter khawatir bisa saja suami Beth juga terjangkit virus tersebut.

Beberapa dokter pun melakukan penelitian ternyata virus ini menyebar melalui sentuhan atau bekas sentuhan pada benda dan langsung menggrogoti imun tubuh manusia. Mereka pun menghubungi semua kerabat atau teman Beth yang melakukan kontak fisik dengan Beth setelah Beth pulang dari Hongkong. Mereka juga mengambil video rekaman cctv kemana saja Beth selama berada di Hongkong dan siapa saja yang melakukan kontak fisik dengannya untuk mengetahui asal usul segalanya.

Dengan cepatnya virus ini menyebar dan tanpa diketahui apa penyebab dan penawarnya hampir diseluruh dunia. Korban pun banyak berjatuhan akibat virus ini dan beberapa dokter di laboratorium terus berusaha untuk membuat vaksin untuk menyembuhkan dan mencegah terjangkit virus mematikan ini. Namun upaya semuanya tidak memdapatkan hasil sedangkan virus semakin merajalela memakan korban.

Hal ini pun berdampak pada aktifitas masyarakatnya, orang-orang jarang keluar rumah, perkantoran, mall, restoran dan tempat umum lainnya semua ditutup.

Trailer

7. Deranged (2012)

Film Wabah Penyakit Yang Mirip Dengan Virus Corona - Deranged

Photo via asianwiki.com

Deranged adalah film yang berasal dari Korea Selatan dimana film ini dirilis pada tahun 2012. Film ini menceritakan tentang mantan profesor yang berkecimpung dalam bidang biokimia. Jae Hyuk mantan profesor yang kehilangan uangnya dalam permainan saham, ia harus menjadi sales obat-obatan untuk menyambung kehidupan. Hubungan Jae Hyuk dengan keluarganya tidak cukup baik, kesibukkannya ini membuat sedikit melupakan anak dan istrinya. Pada suatu hari, Korea Selatan dikagetkan dengan sebuah penemuan mayat yang terapung di Sungai Han. Semakin seringnya banyak penemuan mayat ini, membuat orang-orang semakin cemas.

Ternyata hal ini diakibatkan oleh sejenis cacing parasit bernama”Yeongasi” yang tumbuh bermutasi. Jae Hyuk pun akhirnya menemukan kliennya sengaja menyeburkan dirinya ke perairan terdekat dan mati mengambang. Virus ini menyebar lebih cepat dari yang diperkirakan. Semua orang yang terinfeksi segera diisolasi. Tanda-tanda penyakit itu diawali dengan gejala nafsu makan berlebihan, ketergantungan terhadap air hingga banyak minum. Pada kurun beberapa waktu Yeongasi memberontak ingin keluar dari induknya dan memaksa orang yang terinfeksi itu menuju tempat berair. Film ini tidak hanya menegangkan, namun juga mengharukan karena memperlihatkan perjuangan seorang ibu untuk menyelamatkan anaknya yang terjangkit virus ini sementara dirinya juga terinfeksi.

Trailer

8. The Bay (2012)

Film Wabah Penyakit Yang Mirip Dengan Virus Corona - The Bay

Photo via .imdb.com

Film ini memiliki latar belakang di Amerika Serikat dimana wabah mematikan akibat virus yang terjadi di kota kecil bernama Chesapeake Bay. Sebenarnya virus ini telah diketahui oleh walikota. Namun walikota tersebut menolak menyebarluaskan informasi tersebut agar warga tidak panik. Namun pada akhirnya virus menyebar dan membuat warga terinfeksi hingga berubah menjadi mutan.

Trailer

9. The Flu (2013)

Film Wabah Penyakit Yang Mirip Dengan Virus Corona - The Flu

Photo via asianwiki.com

The Flu adalah film Korea yang menceritakan tentang sekelompok imigran gelap yang diselundupkan ke wilayah Bundang, Korea Selatan. Mereka semua ditempatkan di dalam sebuah kontainer, Byung Ki dan Byung Woo adalah kakak beradik yang berencana untuk membebaskan para imigran tersebut. Namun semua imigran tersebut ditemukan mati mengenaskan kecuali satu orang yang dapat kabur. Tak lama setelah berurusan dengan para imigran tersebut, Byun Woo terkena flu parah hingga meninggal dunia oleh dokter Byung Woo dikatakan telah tertular virus mematikan. Virus ini pun kini telah menular dari satu orang ke orang lainnya dalam waktu yang singkat.

Sementara itu, Kang Ji Koo adalah serorang pemandam kebakaran yang biasa melakukan penyelamatan bersama dengan sahabatnya Bae Kyung Ub. Ji Koo bertemu dengan Kim In Hae yang merupakan seorang dokter yang memiliki seorang putri bernama Kim Mi Reu. In Hae sendiri pernah diselamatkan oleh Ji Koo dalam sebuah kecelakaan mobil. Ji Joo pun mulai menyukai In Hae pada pandangan pertama karena insiden ini juga Ji Koo mengenal Mi Reu dan mereka bertiga menjadi saling mengenal.

Ketika virus mematikan ini semakin menyebar dan menimbulkan kekacauan, In Hae yang seorang dokter harus menemukan obatnya bersama dengan dokter lainnya. Malangnya tanoa In Hae sadari putrinya sendiri juga tertular virus tersebut. Masalah pun semakin rumit dikala setiap orang yang terinfeksi virus tersebut harus di karantina dan dilarang untuk keluar dari zona karantina. Menyedihkannya lagi, orang-orang yang dikarantina tersebut ternyata mengetahui jika mereka tidak akan diobati melainkan akan dimusnahkan sehingga mereka membuat kekacauan.

Pemerintah Korea Selatan bersama Amerika pun berselisih paham tentang cara menangani virus tersebut. Amerika mengambil tindakan untuk menghabisi warga Bundang sehingga virus tidak mengebar ke Korea Selayan dan seluruh dunia. Namun Presiden Korea Selatan bersikukuh untuk tetap menyelamatkan warga Bundang. In Hae dan Ji Koo pun saling membantu untuk menyembuhkan dan menemukan obat untuk virus tersebut.

Trailer

Nah, itulah beberapa film tentang wabah penyakit yang mirip dengan virus Corona. Film-film diatas sangat menarik untuk di saksikan, bahkan ada film yang kejadiannya hampir mirip dengan apa yang sedang terjadi saat ini.

0
Artikel Terkait