Game Android Terbaik dan Terpopuler di 2018

1 tahun lalu

Dengan perkembangan smartphone, otomatis aplikasi pun terus berkembang. Kusus untuk aplikasi game di android, perkembanganya tak kalah cepatnya dengan perkembangan hardware dari smartphone itu sendiri. Berbagai macam game baru terus bermunculan tiap tahun bahkan tiap bulannya.

Namun tidak semua game yang baru dikeluarkan tersebut mendapatkan sambutan meriah dari para penggemar game alias gamer. Banyak game – game yang baru dirilis tersebut malah merugi yang diakibatkan oleh tidak adanya orang – orang yang memainkannya. Memang kualitas game tiap waktunya selalu berubah, ada gam baru yang baru saja keluar meskipun dikatakan bagus namun sedikit peminatnya, ada juga game yang telah rilis lama, tapi hingga kini memiliki banyak penggemar karena saking bagus dan enak untuk dimainkan. Oleh karenanya, berikut ini kami sajikan daftar game android paling popler di tahun 2018.

1. Mobile Legends : Bang Bang

photo via : dailysocial.id

Siapa yang tak kenal dengan game yang satu ini. Game Mobile Legend yang merupakan game paling fenomenal hingga saat ini. Game ini telah didownload dan digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna. Meskipun launching dari game ini sudah lama, tetap saja kepopuleran game ini masih tetap eksis hingga saat ini. Bahkan orang – orang dari segala usia memainkan game ini, mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Game dengan genre MOBA ini memang selalu menarik perhatian para penggunanya apalagi Montoon selaku publisher dari game ini selalu memberikan update baru dan berkala guna memanjakan para pemainnya. Untuk saat ini mungkin bisa dibilang game paling populer masih dipegang oleh Mobile Legends.

2. AOV – Arena of Valor

photo via : aov.garena.co.id

sama seperti mobile legend, game yang satu ini juga memiliki genre yang sama yakni MOBA. Sebelum berubah nama menjadi AOV, sebenarnya nama game ini adalah mobile Arena dan mungkin bisa dibilang salah satu game yang paling disukai sebelumnya. Baru setelah itu ketenaran mobile legends mulai meningkat membuat mobile arena sedikit tersingkir. Mobile Arena yang telah berubah nama menjadi AOV – Arena of Valor ini sebenarnya jika dibandingkan dengan mobile legends, memiliki grafis yang lebih realistis dan juga lebih halus jika dibandingkan dengan mobile legend dan hero yang ada di dalam game ini juga tidak kalah banyak jumlahnya. Namun gamer yang memainkan game AOV ini masih sedikit jika dibandingkan dengan Mobile legend yakni hanya 10 juta download jika dibandingkan dengan Mobile Legends yang telah mencapau 100 juta downloader.

3. Vainglory 5V5

photo via : 5v5.vainglorygame

Game selanjutnya masih dengan genre MOBA yakni vainglory. Game yang satu ini mulai melejit ke permukaan setelah pertama kali kemunculannya. Meskipun dengan genre yang sama yakni MOBA, namun perbedaan yang paling mencolok antara game ini dengan 2 game MOBA lainnya seperti mobile legend dan AOV adalah mode yang digunakan adalah 5 vs 5 dan 3 vs 3. Selain mode game yang digunakan, perbedaan lainnya dari game ini adalah di game Vainglory 5v5 ini tidak ada item tambahan untuk poweup masing – masing karakter seperti yang ada di game MOBA sebelah. Jadi dalam memainkan game ini murni menggunakan kemampuan skill dari player menggunakan hero yang digunakannnya dan kemampuan mereka dalam hal timing mengeluarkan skil – skil yang dimiliki oleh hero tersebut masing – masing

4. Clash of Clans (COC)

photo via : supercell.com

Meskipun game ini adalah game yang sudah lama, namun game satu ini masih banyak peminatnya loh dan sering kali dimainkan oleh orang – orang. Game yang bertemakan strategi perang ini merupakan game buatan Supercell yang amat sukses di pasaran. Bahkan saking sukses dan terkenalnya, game COC ini telah diunduh sebanyak 500 juta kali oleh para penggemar game android mobile. Hal yang paling yang mencolok dan disukai oleh orang – orang adalah grafis dari game ini, dan cara – cara sebagaimana tangguh orang – orang untuk bisa mengatur strategi dalam memperkuat benteng miliknya sekaligus seberapa tangguh pasukan yang ia miliki tentunya. Oleh sebabnya, banyak orang menjadi ketagihan dengan game yang satu ini karena memang diperlukan cara berpikir yang amat tepat dan strategi jitu untuk memperkuat pertahanan dan sereangan milik mereka.

5. Free Fire

photo via : oxidroid.com

Game dengan genre FPS sekaligus Battle Royale ini adala game yang saat ini banyak diminati oleh orang – orang. Meskipun game yang satu ini baru saja diluncurkan oleh Garena, namun game ini mampu memikat hati para gamers pecinta battle royale untuk memainkannya. Unsur FPS layaknya di game PC seperti counter strike ataupun point blank amat melekat dalam game ini. Hanya saja, Free Fire dapat dimainkan oleh lebih banyak orang lagi dengan sistem survival tentunya. Jadi tiap orang / player harus mampu bertahan dengan apapun yang ia miliki saat berada dalam game dan menjadi satu satunya player yang masih hidup dalam sebuah season battle royalnya. Selain genre yang baru, game ini juga diminati oleh orang – orang karena untuk memainkan game ini, tidak diperlukan spesifikasi smartphone yang tinggi (smartphone dengan spesifikasi biasa – biasa saja pun mampu untuk memainkan game ini).

6. PUBG Mobile

photo via : www.androidauthority.com

Sama seperti Free Fire, game ini juga bertipe battle royale. Namun untuk game dengan tipe battle royale, mungkin game ini adalah game yang lebih dulu terkenal. PUBG sebenarnya game dengan platform PC dan biasanya bisa dimainkan di PC melalui Steam. Hanya saja game PUBG versi steam adalah berbayar, dengan kata lain, untuk memainkan game ini, kamu harus membayar sejumlah uang dengan membeli gamenya di steam. Untuk versi android sendiri, mungkin kamu harus bergembira hal itu dikarenakan game PUBG Mobile ini dapat didownload dan dimainkan secara gratis ole para gamer. Tencent selaku publisher dan juga pengembang game, membuat game ini dapat didownload dan dimainkan oleh semua kalangan secara gratis di google playstore.

7. Lineage 2 Revolution

photo via : lineage2-revolution.com

Mungkin kamu sudah pernah mencoba game yang satu ini. game yang baru – baru ini keluar memang menghebohkan jagat maya termasuk para games di seluruh dunia. Berawal dari Korea, Global hingga akhirnya server SEA pun dibuat. Di Indonesia sendiri, game besutan Netmarble ini mendapat sambutan hangat di awal – awal kemunculannya. Apalagi kalau kamu sadar, sebagian besar iklan – iklan yang ada televisi, kebanyakan adalah iklan – iklan tentang game yang satu ini. Game Lineage 2 Revolution ini memang jadi game yang menarik hati para gamer. Salah satu alasannya adalah saat memainkan game ini, mereka merasa seperti sedang tawuran. Bagaimana tidak, salah datu mode ataupun event yang ada di game ini menyediakan fasilitas war 100 orang, dengan kata lain para player ini bermain 50 vs 50.

8. Legacy Of Discord

photo via : ifanzine.com

Pecinta game bergenre MMORPG pastinya sudah tidak asing lagi dengan game yang satu ini. ‘Legacy Of Discord’ mendapatkan banyak penggemar karena iklan mereka yang terus muncul di mana-mana, ditambah lagi grafisnya yang bagus dan fitur lainnya mampu membuat para gamers terpukau. Sama halnya dengan MMORPG lainnya, yang membedakan game ini pastinya grafis yang sangat bagus ditambah lagi karakter atau hero yang sangat banyak. Hal ini memugkinkanmu bisa memilih berbagai macam hero di dalam game.

9. Lords Mobile

photo via : hitechgazette.com

Kalau kamu suka game seperti COC yakni game yang berfokus pada strategi perang, game Lords Mobile ini spertinya yang paling pas dan cocok buatmu. Hampir mirip seperti game COC, game Lords Mobile ini juga mengharuskan dirimu untuk menyusun strategi ataupun formasi perang untuk bisa mengalahkan lawan – lawanmu dan memenangkan peperangan. Dengan kemampuan game ini yang begitu universal, tentu saja game dengan genre seperti ini membuat para gamer menjadi ketagihan untuk terus memainkannya. Saking terkenalnya, game ini bahkan sempat di download sebanyak 50 juta orang pengguna di Paystore. Meskipun angka tersebut didapat dari akun playstore, bukan berarti game ini hanya tersedia disana yah. Game Lords Mobile ini bisa dimainkan secara gratis alias tidak berbayar dan dapat didownload baik di google playstore android, maupun iPhone appstore.

10. LINE Let’s Get Rich

photo via : duniagames.co.id

Dari nama permainan ini, siapa yang tidak tahu developer dibalik populernya game ini. Ya, dia adalah LINE Corporation yang juga pembuat aplikasi panggilan & pesan gratis yang mungkin saat ini ada di smartphone punyamu. Game yang bisa dimainkan oleh segala usia ini sangat cocok buat kamu penyuka permainan game yang bergenre casual. Game ini memiliki tampilan dengan desain 3D yang menarik dan tentu saja dengan alur permainan yang tidak membosankan. Jika kamu pernah bermain monopoli dengan papan monopoli ataupun uang kertasnya, nah game yang satu ini amat mirip seperti itu. Hanya saja mungkin lebih seru dan lebih cepat untuk bisa menamatkan game yang satu ini.

11. Clash Royale

photo via : clashroyale.com

Sama seperti COC / clash of Clans, games Clash Royale ini juga dibuat oleh Supercell yang merupakan salah satu top developer di Google Play Store. Clash Royale merupakan game strategi yang bisa dimainkan secara real-time multiplayer. Game yang bisa dimainkan oleh orang berumur 13 tahun ke atas ini memberikanmu misi untuk menghancurkan menara lawan, membangun dan meningkatkan koleksi kartu serta membentuk Clan agar bisa berbagi kartu dengan tim kamu sendiri. Game ini sendiri berada di peringkat ke 5 dalam top developer di google playstore sebagai game yang paling banyak didownload oleh para gamer.

12. Hay Day

photo via : supercell.com

Sama seperti game COC dan Clash of Royale, game yang satu ini juga dibuat oleh Supercell. Namun perbedaannya, game ini tidak bertemakan game strategi peperangannamun lebih seperti bagaimana caranya membuat dan membangun peternakan. Kalau kamu pernah bermain Harvestmoon ataupun Farmville, nah game yang satu ini juga mirip seperti itu. Disini kita sebagai seorang pemilik peternakan harus berusaha untuk mengembangkan peternakan yang kita miliki. Mulai dari nol, hingga akhirnya kita mampu membangun rumah ataupun memperluas lahan peternakan. Game yang satu ini bisa dibilang game yang tidak akan ada habisnya, karena tidak seperti game dengan genre lainnya, tidak ada tujuan akhir dari game yang satu ini.

13. Final Fantasy Awakening

photo via : onlinefanatic.com

Final Fantasy Awakening merupakan salah satu game yang wajib dimainkan bagi para gamer yang menyukai game dengan genre MMORPG. Bisa dibilang kalau game ini akan membuatmu berekspetasi memainkan Final Fantasy Agito, yang beberapa tahun lalu dirilis untuk Playstation 4. Di awal permainan, kamu bakalan diminta untuk membuat sebuah karakter sesuai dengan keinginanmu lengkap dengan namanya. Selanjutnya kamu akan langsung mengikuti cerita dari game dan diberikan tutorial singkat cara memainkan game ini. Sama seperti genre game sejenisnya, disini kamu juga mempunyai skill atau kemampuan bertarung yang berbeda-beda. Pada awal permainan kamu hanya dibekali 3 skill saja. Namun saat level bertambah, maka skill mu pun akan ikut bertambah.

14. Modern Combat 5: eSports FPS

photo via : www.gameloft.com

Modern Combat 5 adalah game FPS atau first Person Shooter layaknya counter strike ataupun point blank di PC. Hanya saja game FPS Modern Combat 5 ini bisa kita mainkan di hape smartphone android milik kita. Game Modern Combat 5 ini sendiri merupakan produksi dari develepor game terkenal yang pastinya buat kamu pecinta games mengenal nya, Ia siapa lagi kalau bukan Gaeloft. Game ini menyajikan sebuah permainan gama FPS yang sangat bagus. Apalagi dengan kualitas graphic yang dimilikinya, game ini sungguh memanjakan mata para penikmat games FPS. Sedikit berbeda dengan FPS yang lainnya, FPS buatan gameloft ini berisi class – class layaknya game MMORPG. Didalam game ini terdapat 9 class yang dapat dimainkan dengan berbagai kemampuan unik yang dimiliki tentunya.

15. Seven Knights

photo via : nintendoeverything.com

Salah satu game android terbaik bergenre Role Playing adalah Seven Knights yang juga masuk dalam jajaran game android terlaris karena banyak sekali gamers yang tertarik untuk mendownload dan memanikan game yang satu ini. Jika ditanyakan siapa developernya, game ini di develop oleh game maker yang tentu saja telah kalian kenal yakni Netmarble. Developer game yang telah terkenal dengan berbagai game bagus yang ia miliki ini mengajak kita bermain dalam sebuah game RPG dengan berbagai hero yang ada yang bisa kita dapatkan. Dalam berpetualang di dalam game ini, tentu saja kalian harus membuat tim yang baik dan juga kuat guna menjadi yang terbaik di dalamnya.

Baca Juga