Gedung-gedung terhijau yang diakui dunia

4 tahun, by blogunik

Pencemaran udara dan pemanasan global merupakan beberapa efek dari kurangnya lingkungan hijau didunia ini. Oleh karena itu beberapa arsitek di dunia mulai menciptakan bangunan-bangunan dengan hijau untuk mengurangi pemanasan global yang terjadi, berikut beberapa bangunan atau gedung terhijau di dunia :

 1. Pulau Kristal, Moscow

Rusia terutama di Moskow ini adalah negara yang mencanangkan pembangunan hijau untuk mengurangi pencemaran di lingkungan. Sehingga dengan adanya hal tersebut membuat di Rusia ini memiliki kawasan hijau yang terletak tepatnya di Pulau Kristal. Di pulau ini terdapat banyak rumah yang dibangun dengan tema hijau yang sengaja dirancang dengan rancangan yang sama. Selain bangunan yang hijau, di Pulau ini juga memiliki keunikan lain seperti menggunakan potensi angin dan matahari sebagai energy listriknya. Hal tersebut terus dikembangan dan dipertahankan oleh pemerintah Rusia untuk meminimalisir dampak pemansan global yg terjadi saat ini.

2. Cor, Miami

Cor yang terdapat di Miami ini diklaim sebagai gedung terhijau tidak saja di Amerika Serikat namun di dunia. Enerji matahari, turbin angin, sistem pendingin alami merupakan potensi alam yang digunakan sebagai enerji yang mengalir di Cor. tidak hanya itu saja desain Gedung Cor dibuat seindah dan sesederhana mungkin sehingga tidak menyerap dan memantul panas di lingkungan sekitarnya.

3. BMW Welt, Munich

Gedung BMW Welt ini adalah gedung yang sengaja dirancang dan dibuat untuk memperihatkan kepedulian BMW dalam usaha penghijauan alam dan juga adanya isu pemanasan global yang saat ini gempar dibicarakan orang. Dalam usahanya untuk membentuk gedung hijau yang unik ini, BMW Welt masih menggunakan potensi alam di sekitarnya untuk bisa mendukung usaha tersebut dan untuk menunjukkan pada dunia bahwa bila ada kemauan pasti akan ada jalan.

4. CH2, Melbourne

Australia merupakan benua yang memiliki kawasan hijau cukup luas, dan keberadaan CH2 semakin menguatkan keinginan pemerintah Negeri Kangguru untuk menjaga kelestarian alam. CH2 yang juga dikenal sebagai Gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menggunakan enerji daur ulang, turbin aingin, sistem pendingin alami, tenaga surya dan lainnya. Dengan keberadaan CH2 pemerintah Melbourne berharap akan menghemat sumber enerji konvensional (bahan bakar minyak) selama lebih dari 10 tahun. Yang utama dari berdirinya CH2 adalah keinginan dan usaha pemerintah Australia untuk menghijaukan bumi.

5. Bank Amerika, New York

Gedung ini dikenal dengan gedung terhijau di dunia. Gedung yang bernama Bank Amerika ini merupakan bangunan yang cukup besar dengan adanya 54 lantai. Gedung ini dijadikan sebagai gedung terhijau karena gedung memaksimalkan potensi alam yang ada untuk penyediaan fasilitas di dalam gedung. Hal ini sangatlah berefek yang sangat baik karena dengan adanya pemakaian bahan alami bisa mengurangi pencemaran di bumi. Gedung ini sangat unik karena menggunakan energy matahari untuk penggunaan lampu sehingga gedung ini juga dirancang untuk bisa memaksimalkan energy matahari yang masuk. Tidak hanya sinar matahari yang digunakan, namun juga adanya air hujan yang mengalir bisa dijadikan sebagai air di Bank Amerika tersebut. Dengan begitu, gedung ini masih bisa memberikan pelayanan yang baik dengan memanfaatkan banyak sumber daya alam yang ada di sekitarnya dan juga menjadi contoh baik bagi gedung-gedung lain yang ada di seluruh dunia untuk mencegah adanya pemanasan global.

0
Artikel Terkait