Keren! Alexa Meade Seniman Wanita Yang Mengubah Manusia Menjadi Lukisan 2D

3 minggu lalu

Didunia ini terdapat banyak seniman yang menciptakan karya seni yang menakjubkan baik itu seni tari, seni pahat, seni lukis dll. Seni itu memang tak terbatas, bagi seorang seniman, apapun yang ia pandang adalah sebuah seni. Nah ngomong-ngomong masalah seni lukis, selama ini kita keseringan melihat pelukis itu hanya melukis di kanvas dan bidang datar saja kan guys?. Ada juga yang melukis manusia yang biasa disebut body painting, tapi seni-seni tersebut sudah sangat biasa sehingga tak terdengar unik lagi.

Namun ternyata ada lho, salah satu seniman yang keluar dari kotak nyamannya alias out of the box dan memberikan karya seni yang berbeda dari pada yang lain. Dia adalah Alexa Meade, seorang seniman asal Los Angeles, Amerika Serikat. Dirinya membawa warna baru dalam dunia seni lukis lewat karya-karyanya yang membuat orang berdecak kagum guys. Jika para pelukis biasanya menuangkan karyanya melalui kanvas atau media tak bergerak lainnya seperti dinding atau papan, maka wanita kelahiran 1986 ini melukis pada media yang dapat bergerak dan bernapas, yaitu manusia, tapi bukan bodypainting biasa lho guys.

photo via : www.instyle.com

Alexa memiliki teknik lukis yang bisa dibilang mirip teknik pop art dengan mengubah manusia nampak keluar dari lukisan cat minyak atau cat air. Bedanya adalah aliran yang khas ala lukisan milik Alexa, tidak serupa dengan pop art yang mirip kartun. Dengan tangan piawainya, wanita muda ini melukis seorang manusia menjadi seolah keluar dari lukisan pada kanvas.

photo via : www.tattoodo.com

Bukan hanya melukis manusia saja, Alexa juga melukis ruangan dan semua furnitur agar terlihat seperti lukisan 2 dimensi. Ciri khas karya wanita asli Los Angeles ini terletak pada hasil lukisan yang terlihat seperti dua dimensi. Dengan perpaduan warna yang dibuat sedemikian rupa, lukisan manusia ini seolah menyatu dengan latar belakang yang juga dibuatnya. Alexa termasuk orang yang sangat detail sehingga ia memastikan properti-properti lainnya pun juga diubah menjadi dua dimensi. Alexa memadukan seni rupa, pertunjukan, dan fotografi, dalam karyanya dan menciptakan ilusi optik yang luar biasa dalam reinterpretasi realita dengan cara yang unik. Hasilnya adalah ilusi optik yang dapat berjalan dan berbicara.

photo via : youtube.com

Untuk mendapatkan hasil akhir lukisan Alexa ini tidak seperti lukisan-lukisan pada umumnya yang mana dengan goresan kuas terakhir maka lukisannya jadi. Seperti yang disebutkan tadi, Alexa ini memadukan seni rupa, pertunjukan, dan fotografi, jadi setelah dirinya puas dengan hasil lukisanya, ia mulai membuat scene untuk sesi pemotretannya. Sang objek utama atau model, benda-benda pendukung dan latar belakang yang telah dilukis, diatur dalam layout yang dikehendaki. Selayaknya foto sesi pada umumnya sang model diminta untuk melakukan beberapa alternatif pose. Sering kali keseluruhan proses ini dilakukan di hadapan publik sebagai sebuah performance dan hasil foto pilihannya merupakan produk akhir dari seni Alexa Meade.

photo via : alexameade.com

Karya seni Alexa Meade merupakan pertemuan antara seni lukis, fotografi, pertunjukan dan instalasi. Karyanya merupakan sebuah rangkaian proses yang terbatas oleh waktu yang kemudian diabadikan dalam media fotografi, mengingat Alexa Meade tidak hanya seorang pelukis, tetapi juga seorang performer dan fotografer, jadi gak heran kalau dia menggabungkan beberapa unsur tersebut kedalam karya seninya.

photo via : alexameade.com

Karya seninya ini telah melanglang buana hingga ke Inggris, Jerman, Jepang, dan Swiss. Tak hanya berbentuk foto, Alexa juga terkadang membuat pertunjukan langsung dengan menghadirkan model yang bersedia untuk dilukis dan menjadi ‘patung’ pada saat pameran berlangsung. Ada satu fakta menarik tentang lukisan yang dibuatnya, wanita lulusan Vassar College ini tidak pernah mengecat mata para modelnya. Hal ini dilakukannya agar bisa menciptakan kesan ‘hidup’ dan membuat perbedaan yang nyata antara bentuk dua dan tiga dimensi.

photo via : alexameade.com

Karya seni unik Alexa Meade, telah dipamerkan di The Smithsonian National Portrait Gallery, the Grand Palais, The United Nations building and The Lincoln Center. Dalam pameran tersebut, Alexa memperlihatkan segala proses pembuatan karya seninya guys! Dari melukis modelnya, menata pose model hingga pemotretannya. Sehingga pengunjung tidak hanya disajikan dengan lukisan 2D saja, namun juga disajikan dengan pertunjukan yang sangat menakjubkan.

 photo via : alexameade.com

Pada tahap performance Alexa Meade memberi ruang pada para pengunjung pamerannya untuk menciptakan versinya sendiri dari karya tersebut. Dimana tidak seperti lukisan pada umumnya yang hanya memperlihatkan satu sudut lihat yang fixed, Karya Alexa Meade dapat dinikmati dari berbagai sudut pandang yang berbeda yang menciptakan scene yang berbeda pula, ditambah dengan perubahan posisi dan pose yang dilakukan oleh objek utamanya. Setiap detik karyanya mengalami perubahan, karyanya merupakan kanvas hidup yang setiap momentnya tidak pernah sama. Jadi intinya tidak ada kata membosankan dalam karya seni Alexa Meade satu ini.

Karena keunikannya ini, Alexa juga ditugaskan oleh berbagai perusahaan besar seperti MINI Cooper, Ralph Lauren, Sony, dan Porsche untuk membuat karya seni untuk mereka. Alexa sekarang terkenal dengan teknik ini, yang secara optikal mengubah dunia 3 dimensi menjadi lukisan 2 dimensi yang menakjubkan.

Facebook Comments

Baca Juga