Goa Hang Son Doong, Goa Terbesar Di Dunia Dengan Ribuan Keindahan Di Dalamnya

    Traveling, Alam

Para wisatawan yang berkunjung ke Vietnam, sudah pasti akan mengincar tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah yang tersaji di wilayah Vietnam. Mulai dari sawah, pantai, hutan, gunung dan goa.

photo via : www.nationalgeographic.com

photo via : www.mirror.co.uk

Salah satu tempat wisata yang banyak diincar oleh wisatawan adalah Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang. Di Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang terdapat hutan yang menyimpan sebuah goa yang sangat menakjubkan. Goa yang bernama Hang Son Doong ini ditemukan oleh seorang jagawana di Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, bernama Ho Khanh pada tahun 1991. Meski sudah beberapa tahun ditemukan, namun baru beberapa tahun lalu para ilmuwan melakukan penelitian secara mendalam. Diberinama Hang Son Doong yang berarti goa sungai pegunungan, karena goa ini dialiri oleh sungai didalamnya.

photo via : sondoongexplorer.com

photo via : lvptravel.com

Setelah melakukan penelitian, baru terbukti jika goa Hang Son Doong ini adalah goa terbesar didunia, mengalahkan goa Deer yang terdapat di Malaysia yang mana sudah tercatat sebagai goa terbesar didunia oleh National Geographic.

photo via : imgur.com

Hang Son Doong memiliki panjang lebih dari 5km, dengan bagian mencapai 200 m tinggi dan lebar 150m. Dengan ukuran yang super besar itu tak heran jika goa ini memiliki sungai, hutan dan iklimnya sendiri.

photo via : vunature.com

Di dalam Goa Hang Son Doong juga terdapat beberapa hal yang luar biasa. Selain tempatnya yang begitu luas, sehingga mampu membuat aula konser seperti tokyo dome. Di goa terbesar didunia ini juga menyimpan sebuah hutan yang ditumbuhi berbagai pohon setinggi 30 m. Dan uniknya lagi pada langit-langit goa terdapat gumpalan-gumpalan putih menyerupai awan.

photo via : www.getlostmagazine.com

Hutan di dalam goa, yang dijuluki Garden of Edam, ini terbentuk dari runtuhan langit-langit goa yang memungkinkan masuknya cahaya dan menjadi tempat tumbuh berbagai jenis lumut dan tanaman perdu. Hutan dalam goa ini pun layaknya hutan-hutan yang lain dengan memiliki kempulan kelelawar, burung, monyet dan masih banyak lagi.

photo via : redgeckotravel.com

Bukan hanya itu, goa Hang Son Doong ini juga memiliki lantai yang sangat unik. Untuk permukaannya goa ini menyimpan bebatuan kalsit yang menjulang ke atas hingga sekitar 60 m. Goa ini juga memiliki lorong-lorong yang pada saat tertentu akan terendam oleh air, sehingga hanya bisa dilalui pada musim panas.

photo via : www.mirror.co.uk

photo via : sondoong.info

Goa Hang Son Doong merupakan bagian dari 150 goa di Pegunungan Annamite, meski masih banyak yang belum disurvei. Goa Hang Son Doong menawarkan liburan yang sempurna dan siapa pun yang mengunjungi tempat yang tidak biasa ini pasti akan terpesona.

photo via : www.departful.com

photo via : www.getlostmagazine.com

 

Recent search terms:

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >